Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu : Semua Ukuran 

Posted on

Bengkeltv.id Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu : Semua Ukuran. Setiap model atau jenis pompa air Shimizu pasti dilengkapi dengan kapasitor. Kapasitor pada pompa air sangat penting karena berfungsi untuk membantu motor pompa saat pertama kali dinyalakan.

Jika kapasitor pompa air mengalami kerusakan, maka harus segera diganti dengan kapasitor yang baru. Namun, perlu diingat bahwa memperbaiki kapasitor pompa air yang rusak bisa menjadi sulit.

kalian dapat mengecek apakah kapasitor pompa air mengalami kerusakan dengan melihat tkalian -tkalian seperti daya dorong atau hisap pompa air. Jika terdapat kerusakan, segera lakukan penggantian kapasitor untuk menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Pastikan untuk selalu memperhatikan ukuran kapasitor yang diperlukan saat hendak mengganti pompa air. bengkeltv.id dapat memberikan informasi tentang ukuran kapasitor pompa air Shimizu untuk semua model agar memudahkan kalian dalam memilih kapasitor yang sesuai.

Fungsi Kapasitor Pompa Air Shimizu

Pada pompa air kecil, umumnya hanya terdapat satu kapasitor, sedangkan pada pompa air yang lebih besar terdapat dua kapasitor. Kapasitor yang pertama berfungsi sebagai kapasitor start (Capacitor Start), sedangkan kapasitor yang kedua berfungsi sebagai kapasitor running (Capacitor Run).

Untuk bisa membedakan antara keduanya, silahkan perhatikan dua fungsi kapasitor pompa air berikut:

1. Kapasitor Pompa Air Sebagai Kapasitor Start

Jika mesin pompa air listrik hanya memiliki satu kapasitor, maka kapasitor tersebut berfungsi sebagai kapasitor start (capacitor start) yang membantu putaran awal saat pompa air dinyalakan.

Kapasitor ini penting karena saat pompa air dinyalakan, torsi putaran awal dinamo membutuhkan arus AC yang cukup besar, sehingga tenaga dari jaringan listrik PLN saja tidak cukup. Oleh karena itu, kapasitor dipasang pada bagian foil start gulungan dinamo pompa air untuk membantu proses putaran awal.

Berikut adalah gambaran umum mengenai rangkaian listrik pada pompa air, namun perlu diingat bahwa setiap model dan merek pompa air dapat memiliki perbedaan.

Baca juga:  Pengertian dan Fungsi Tabung Pompa Air Secara Lengkap

Jika tidak ada kapasitor start atau kondisi kapasitor yang sudah rusak, dinamo pada pompa air hanya akan berdengung saja. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tenaga untuk memulai menggerakkan motor listrik, sehingga kapasitor sangatlah penting dalam proses ini.

2. Kapasitor Pompa Air Sebagai Kapasitor Run

Selain sebagai penambah daya saat pompa air pertama dinyalakan, beberapa jenis pompa air juga dilengkapi dengan kapasitor running (capacitor running). Kapasitor ini berfungsi untuk membuat putaran dinamo pompa air listrik menjadi lebih halus dan bertenaga.

Jenis kapasitor run memiliki nilai kapasitas yang lebih rendah daripada kapasitor start dan biasanya tidak termasuk jenis kapasitor elektrolit. Jika terjadi kerusakan pada kapasitor run, segera ganti dengan kapasitor baru yang memiliki nilai yang sesuai.

Jika kapasitor run terlalu tinggi, dapat menyebabkan pergeseran fasa yang tidak sempurna. Berikut adalah contoh diagram pompa air dengan kapasitor start dan running.

Arus yang mengalir ke dinamo akan menjadi terlalu besar dan dapat menyebabkan dinamo overheating.

Sebaliknya, jika kapasitor run terlalu rendah, dapat mengakibatkan pergeseran fasa yang lebih besar dari yang dibutuhkan. Hal ini dapat menyebabkan arus yang mengalir ke dinamo menjadi kurang, sehingga performa dinamo pompa air menurun dan suara pompa akan terdengar lebih kasar.

Oleh karena itu, penting untuk memilih kapasitor yang tepat untuk menjaga kinerja pompa air agar optimal.

Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu

Tiap model pompa air Shimizu membutuhkan kapasitor dengan ukuran yang berbeda. Kapasitor pada pompa air Shimizu memiliki spesifikasi tertentu terkait besar kapasitansi yang diukur dalam satuan Farad (F).

Jika ingin mencari pengganti kapasitor terbaik untuk jet pump Shimizu, pastikan untuk memilih kapasitor dengan ukuran yang sesuai. Jadi, berapa ukuran kapasitor yang dibutuhkan untuk pompa air Shimizu? Berikut penjelasannya.

  • Untuk ukuran kapasitor pompa air Shimizu PS 116, 125, 126, 121, 128, 130 bit, 135/135E bit yaitu 8 µF (±5% – 10%) 370/450 Volt AC (VAC) 50/60 Hz 70o C.
  • Sedangkan untuk pompa air Shimizu PS 226 bit dan PS 230 bit menggunakan kapasitor berukuran 16 µF.

Harap diingat bahwa penting untuk selalu mengganti kapasitor dengan ukuran yang sesuai. Mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar dapat memiliki risiko atau efek yang dapat membahayakan, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Baca juga:  Cara Mengganti Tabung Pompa Air Shimizu : Panduan Pemula

Efek Mengganti Kapasitor Pompa Air Dengan yang Lebih Besar

Ukuran kapasitor pada pompa air disesuaikan dengan kebutuhan arus dan tegangan listrik dinamo saat starting dan saat pompa air berputar. Namun, seringkali ada orang yang melakukan modifikasi dengan mengganti kapasitor menggunakan ukuran yang lebih besar.

Harap diingat bahwa hal ini dapat membahayakan kinerja pompa air karena kapasitor harus disesuaikan dengan kebutuhan listrik yang tepat.

kalian perlu mengetahui bahwa mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar tidak selalu merupakan keputusan yang tepat. Meskipun mengganti kapasitor pompa air Shimizu dengan nilai yang lebih besar dapat meningkatkan kecepatan putar dinamo, hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja pompa air sehingga lebih mudah mengalami overheat.

Dampak buruk dari penggunaan kapasitor yang lebih besar adalah dapat menyebabkan gulungan tembaga pada dinamo menjadi putus atau terbakar akibat menerima arus dan tegangan listrik yang melebihi kebutuhannya. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih besar dari kapasitor sebelumnya karena hal ini dapat memperpendek umur dinamo.

Harga Kapasitor Pompa Air Shimizu

Jika kalian ingin mengganti kapasitor pada pompa air Shimizu, kalian dapat dengan mudah membelinya di toko elektronik baik secara online maupun offline. Kapasitor pompa air Shimizu tersedia dalam berbagai ukuran.

Harga kapasitor bervariasi tergantung merek dan ukuran, tetapi tidak jauh berbeda antara toko elektronik online maupun offline, dengan kisaran harga sekitar Rp. 63.000 hingga Rp. 78.000 untuk kapasitor ori Shimizu.

Gejala Ciri-ciri Kapasitor Pompa Air Rusak

Jika kapasitor pada pompa air listrik mulai rusak, biasanya akan muncul gejala awal seperti pompa tidak mau berputar atau motor hanya bisa berputar setelah dibantu dengan putaran manual menggunakan tangan.

Salah satu ciri kapasitor yang sudah rusak adalah tidak mampu menyimpan arus listrik lagi. Bagaimana cara mengetahuinya? Cara paling mudah adalah dengan menggunakan alat multitester, avometer, atau tegangan listrik.

Apabila mengukur kapasitor pompa air menggunakan alat ukur multitester antara lain:

  1. Lakukan penyetelan pada posisi pengukuran tahanan x1.
  2. Kedua ujung multitester atau probe tempelkan pada pin kapasitor, lihat juga apakah jarum menyimpang atau bergerak.
  3. Apabila jarum tidak bergerak, coba kedua ujung jarum multitester tersebut dibalik posisinya terhadap posisi sebelumnya.
  4. Jika sudah dibalik, seharusnya jarum menyimpang dengan cepat, kemudian kembali pada posisi awal.
  5. Apabila jarum tidak ada tkalian pergerakan sama sekali, walaupun jarum multitester sudah dibolak-balik, maka bisa dikatakan kapasitor tersebut sudah rusak.
Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat dengan Mudah

Cara yang kedua ini harus kalian lakukan dengan hati-hati sebab berkaitan dengan arus listrik besar. Cara yang harus kalian lakukan antara lain:

  1. Berikan arus listrik 220 VAC pada pin kapasitor tersebut, sebentar kira-kira 1-2 detik lalu lepaskan kembali.
  2. Lalu coba gabungkan kedua pin tersebut sebentar saja.
  3. Apabila ada percikan api, maka artinya kapasitor masih bagus, namun jika tidak mengeluarkan percikan api bisa dikatakan kapasitor tersebut sudah rusak.

Cara Ganti Kapasitor Pompa Air

Setelah menemukan kapasitor yang sesuai dengan ukuran yang tepat, kalian dapat langsung melakukan penggantian. Mengganti Ukuran Kapasitor Pompa Air Shimizu terbilang cukup mudah, dan berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian ikuti.

  1. Langkah pertama, pastikan supply listrik PLN ke pompa air Shimizu telah dicabut dan amankan area sekitar pompa agar lebih aman.
  2. Kemudian, buka penutup kapasitor pada pompa air. Kapasitor biasanya terletak di bagian atas pompa air yang ditkalian i dengan bagian yang menonjol.
  3. Sebelum kalian melepas kapasitor ori Shimizu, perhatikan jalur kabel untuk menghindari kesalahan pemasangan.
  4. Biasanya terdapat pelindung kabel berupa selongsong atau pin. Silahkan longgarkan selongsong/pin tersebut menggunakan tang lancip agar saat menyambung kabel kapasitor pompai air jadi lebih mudah.
  5. Cara pasang kapasitor pompa air Shimizu bisa bolak balik karena tidak ada polaritasnya.
  6. Setelah kapasitor diganti, maka bungkus kembali sambungan kabel dengan pelindung kabel yang kalian lepas sebelumnya. Lalu, tinggal pasang tutup kapasitor pompa air dan coba nyalakan pompa air Shimuzu.

Penutup

Secara kesimpulan, ukuran kapasitor pompa air Shimizu sangatlah penting untuk diperhatikan agar pompa air berfungsi dengan optimal. Pastikan Anda mengetahui ukuran yang tepat dan mengganti kapasitor dengan benar. Jangan lupa untuk membeli kapasitor dari sumber terpercaya seperti bengkeltv.id untuk menjamin kualitas dan keamanannya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga informasi tentang ukuran kapasitor pompa air Shimizu ini bermanfaat bagi Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *