Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Beserta Tabel & Kode

Posted on

Bengkeltv.id Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp Beserta Tabel & Kode. Ukuran kulkas 1 pintu Sharp seringkali menjadi pertimbangan bagi banyak orang dalam memilih kulkas yang tepat untuk kebutuhan mereka. Namun, sebelum membeli kulkas 1 pintu Sharp, ada satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik yaitu ukuran.

Terlalu besar atau kecilnya ukuran kulkas dapat membuat kulkas bekerja lebih berat dari yang seharusnya, yang dapat mengakibatkan overload pada kulkas tersebut.

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp dapat memperpendek umur kulkas dan mengurangi efisiensi energi yang digunakan.

Oleh karena itu, sebelum memilih kulkas 1 pintu Sharp, pastikan untuk mempertimbangkan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ruang yang tersedia.

Hal ini akan membantu kalian memilih kulkas yang tepat dan menghindari ukuran overload pada kulkas kalian.

Jenis Overload Kulkas 1 Pintu Sharp

Overload protector berfungsi sebagai pengaman kompresor kulkas agar terhindar dari kerusakan akibat arus listrik yang berlebihan. Prinsip kerja overload adalah membatasi arus yang mengalir pada lilitan kompresor kulkas, baik pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu.

Jenis overload yang digunakan pada kulkas 1 pintu merk Sharp terdiri dari dua jenis, yaitu yang berbentuk bulat dan berbentuk pipih (gepeng).

Meskipun bentuknya berbeda, keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai pengaman kompresor dari arus listrik berlebih.

Jika arus listrik melebihi batas kemampuan hantar arus (KHA) dari lilitan kompresor, maka overload secara otomatis akan memutus arus, sehingga kompresor tidak rusak akibat arus berlebihan.

Baca juga:  Ukuran Overload Kulkas Polytron 1 Pintu Yang Harus Kalian Ketahui

Sehingga kalian tidak perlu khawatir jika perlu mengganti overload dengan bentuk yang berbeda.

Letak Overload Pada Kulkas Sharp 1 Pintu

Untuk mengganti overload pada kulkas 1 pintu Sharp, kalian harus mengetahui letak overload tersebut.

Letak overload pada kulkas 1 pintu Sharp berada di bagian kompresor, yang fungsinya melindungi kompresor dari arus listrik berlebih.

Beberapa tipe kulkas Sharp 1 pintu mungkin menggunakan jenis overload protector yang berbeda. Ada yang menggunakan eksternal overload protector yang terpasang di luar kompresor, dan ada juga internal overload yang terpasang di dalam body kompresor.

Jika suhu kompresor terlalu panas, overload akan memutus arus secara otomatis dan akan menyala kembali setelah suhu kompresor dingin. Jika overload eksternal rusak, kerusakan dapat mudah diperbaiki.

Namun, jika overload internal mengalami kerusakan, harus diganti secara keseluruhan bersama kompresornya. Beruntungnya, internal overload jarang mengalami kerusakan dan lebih awet dibandingkan yang eksternal.

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp

Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp bervariasi, namun umumnya menggunakan ukuran 1/8 HP dengan tegangan sekitar 95W, yang hampir sama dengan ukuran overload kulkas Polytron 1 pintu. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kulkas Sharp 1 pintu menggunakan ukuran yang berbeda.

Sementara itu, kulkas 2 pintu umumnya menggunakan overload ukuran 1/6 HP karena memiliki kinerja yang berbeda dengan kulkas 1 pintu. Kulkas dua pintu membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan kulkas satu pintu.

Ketika mengganti overload, kalian perlu mempertimbangkan tidak hanya kualitas, tetapi juga ukuran yang sesuai dengan kulkas kalian. Untuk itu, penting untuk mengetahui ukuran-ukuran overload pada kulkas Sharp 1 pintu.

Berikut adalah tabel ukuran overload yang biasa digunakan pada kulkas Sharp 1 pintu. Dengan mengetahui tabel ini, kalian dapat memilih ukuran yang tepat saat membeli komponen yang baru di toko online atau offline.

Baca juga:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Sharp 1 Pintu Paling Mudah

Jenis OverloadUkuran Overload
Overload Bulat1/4 HP = 190W
1/5 HP = 150W
1/6 HP = 125W
1/8 HP = 95W
1/10 HP = 75W
Overload Pipih (Gepeng)1/4 HP = 190W
1/5 HP = 150W
1/6 HP = 125W
1/8 HP = 95W
1/10 HP = 75W

Jadi, silakan sesuaikan ukuran overload dengan kulkas kalian yang mengalami kerusakan agar kalian tidak salah memilih dan bingung dalam memilih ukuran yang tepat.

Harga Overload Kulkas Sharp

Harga overload kulkas Sharp 1 pintu cukup bervariasi, namun tetap terjangkau. Harga di satu toko mungkin berbeda dengan harga di toko lainnya. Namun, di sini kami akan memberikan harga rata-rata overload kulkas merk Sharp 1 pintu.

Ukuran OverloadHarga
1/3 HPRp. 14.000 – Rp. 22.000
1/4 HPRp. 15.000 – Rp 20.000
1/5 HPRp. 14.000 – Rp. 18.500
1/6 HPRp. 12.250 – Rp. 15.000
1/8 HPRp. 10.000 – Rp. 15.000
1/10 HPRp. 10.000 – Rp. 15.000

Ciri-Ciri Overload Rusak

Ketika kinerja kulkas terganggu, salah satu bagian yang mungkin mengalami kerusakan adalah overload. Pemilik kulkas dapat mengetahui apakah overload mengalami kerusakan dengan melihat tkalian-tkalian yang diberikan. Berikut adalah tkalian-tkalian ketika overload tidak berfungsi:

1. Kulkas Tidak Dingin

Salah satu tkalian overload yang rusak adalah mesin kulkas tetap menyala seperti biasa, namun tidak dapat menghasilkan suhu dingin yang diperlukan. Hal ini dapat sangat meresahkan karena dapat mengurangi kualitas makanan yang disimpan dalam kulkas. Jika kalian mengalami masalah ini, kemungkinan overload rusak akibat tertutup kotoran.

2. Mesin Kulkas Mati

Ciri kedua overload yang rusak lebih parah dibandingkan sebelumnya, yaitu mesin kulkas mati total dan tidak dapat dinyalakan sama sekali. Jika mesin kulkas tidak berfungsi, besar kemungkinan kerusakan terjadi pada overload. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya arus listrik akibat tertutupnya overload oleh debu.

Baca juga:  Kulkas LG 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin : Penyebab dan Solusi Praktisnya

3. Kompresor Tidak Bekerja

Kulkas yang mengeluarkan panas akan menyebabkan overload terkikis. Jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, hal ini dapat memutus arus listrik dan mempengaruhi kinerja kompresor. Ciri lainnya yang harus diperhatikan adalah letak dari kedua komponen yang saling melekat.

Jika overload mengalami kerusakan, pastikan untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh overload kulkas Sharp 1 pintu sebelum membelinya. Lebih baik lagi, bawa kulkas kalian ke tempat servis elektronik untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan demikian, kinerja kulkas dapat kembali normal dan makanan tetap terjaga kualitasnya.

Kesimpulan

Memilih ukuran overload yang tepat adalah hal yang penting saat memilih kulkas 1 pintu Sharp. Ukuran yang tidak sesuai dapat menyebabkan overload pada kulkas, yang dapat mempengaruhi efisiensi dan umur kulkas.

Namun, dengan mengetahui tkalian-tkalian overload yang rusak, kalian dapat segera mengambil tindakan untuk menggantinya. Pastikan untuk memilih overload yang tepat dan memperhatikan karakteristik yang dimilikinya.

Sebagai pemilik kulkas, perlu memperhatikan kinerja kulkas dengan baik untuk menjaga kualitas makanan yang disimpan. Dengan perawatan yang tepat dan penggantian komponen yang rusak, kulkas 1 pintu Sharp dapat bertahan lama dan menjaga makanan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Demikianlah ulasan mengenai Ukuran Overload Kulkas 1 Pintu Sharp dari bengkeltv.id. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memilih dan merawat kulkas 1 pintu Sharp dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *