Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu

Efek Jika Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang

Posted on

Bengkeltv.idEfek Jika Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu Terlalu Panjang. Memilih ukuran pipa kapiler yang tepat untuk kulkas satu pintu dapat menjadi tantangan tersendiri. Sebab, proses ini membutuhkan pemahaman teknis dan pengetahuan yang mendalam tentang prinsip kerja alat pendingin tersebut.

Ukuran pipa kapiler menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi efisiensi kulkas, dan menjadi pertimbangan penting saat membeli atau memperbaiki kulkas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang “Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu”, membantu Kalian mengerti pentingnya faktor ini dan bagaimana cara memilih ukuran yang tepat.

Apa Itu Pipa Kapiler

Pipa kapiler merupakan saluran terkecil yang terdapat pada berbagai perangkat pendingin seperti AC, kulkas, dan lainnya. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis pipa lain pada perangkat tersebut.

Pada alat seperti freezer atau dispenser, ukuran pipa kapiler berkisar antara 0,26″ hingga 0,31″, sedangkan pada AC, ukurannya berkisar antara 0,5″ hingga 0,7″ untuk kapasitas 1/2 hingga 2 pk. Gangguan yang sering terjadi pada pipa kapiler pada perangkat pendingin umumnya disebabkan oleh penyumbatan dari kotoran atau oli.

Fungsi Pipa Kapiler

Sebelum merujuk pada Tabel Ukuran Pipa Kapiler, penting untuk memahami peran pipa kapiler. Pipa kapiler memegang beberapa fungsi krusial di dalam kulkas, di antaranya adalah:

1. Menghubungkan Dua Bagian Komponen

Kulkas memiliki dua segmen komponen yang beroperasi secara simultan, yaitu segmen dengan tekanan tinggi dan segmen dengan tekanan rendah. Pipa kapiler bertindak sebagai penghubung kedua segmen ini.

Ia bekerja dengan merubah tekanan pada segmen dengan tekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler. Setelah melalui pipa kapiler, tekanan pada segmen tersebut menjadi rendah.

Jika suhu dan tekanan menurun, maka suhu bisa berkurang sampai mencapai fase cair. Ini akan membuat suhu di dalam kulkas menjadi paling rendah.

2. Mengalirkan Refrigan

Meski ukuran pipa kapiler pada AC 1 pk beragam, fungsinya tetap identik yaitu untuk menghantarkan refrigeran. Refrigeran adalah komponen cair yang berada di dalam kulkas, oleh karena itu pergerakannya harus melalui pipa kapiler. Ketika refrigeran bergerak melalui pipa kapiler, kadang kala suara seperti aliran air dapat terdengar.

Baca juga:  Tabel Ukuran Pipa Kapiler, Untuk AC 1 PK dengan Cara Membacanya

Ukuran pipa kapiler harus ditentukan dengan hati-hati agar dapat berfungsi dengan baik sebagai penghantar refrigeran. Biasanya, produsen kulkas telah menetapkan stKalianr ukuran untuk pipa kapiler yang digunakan. Jika ingin melakukan penggantian, harus mengacu pada ukuran atau diameter dan panjang pipa kapiler yang ada.

Apa Efek Jika Pipa Kapiler Terlalu Panjang ?

Tentu, ada implikasinya. Jika panjang pipa kapiler terlampau pendek, maka resistensi gesekan pipa akan berkurang.

Kondisi ini menyebabkan kapasitas pipa untuk menyalurkan refrigeran cair dari kondensor ke evaporator menjadi lebih besar dibandingkan dengan kapasitas tekanan kompresi.

Kenaikan kapasitas aliran refrigeran cair ini disebabkan oleh semakin lebarnya pipa kapiler, sehingga resistansi dalam pipa berkurang.

Sebagai hasilnya, refrigeran cair dapat mengalir dengan lebih lancar dari kondensor menuju evaporator.

Namun, dampaknya adalah akan terjadi kelebihan refrigeran cair pada evaporator sehingga tekanan bertambah. Ketika tekanan di dalam evaporator naik, suhu evaporator juga akan ikut naik.

Oleh sebab itu, tidak seluruh refrigeran cair mampu menguap sepenuhnya di dalam evaporator, karena suhu tersebut melampaui titik didih refrigeran.

Refrigeran cair yang gagal menguap sepenuhnya di dalam evaporator ini akan masuk ke kompresor.

Kondisi ini berpotensi merusak kompresor, karena tekanan dan suhu refrigeran yang berlebihan dapat membebani kompresor secara berlebihan.

Oleh karena itu, perhitungan panjang pipa kapiler yang ideal perlu dilakukan dengan cermat untuk menjaga keseimbangan aliran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator.

Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu, Bagaimana Efeknya?

Sebaliknya, jika panjang pipa kapiler berlebihan, maka resistensi gesek dalam pipa akan meningkat.

Situasi ini terjadi karena kapasitas penyaluran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator menjadi lebih terbatas dibandingkan dengan kapasitas tekanan kompresi.

Konsekuensinya, evaporator akan mengalami kekurangan refrigeran cair sehingga tekanannya berkurang. Apabila tekanan di dalam evaporator turun, suhu di dalam evaporator juga ikut menurun.

Situasi ini bisa mengakibatkan rendahnya efisiensi pendinginan pada sistem karena suhu di dalam evaporator tidak cukup rendah untuk menguapkan refrigeran cair secara efektif.

Di sisi lain, jumlah refrigeran cair di kondensor akan bertambah karena penurunan aliran refrigeran cair dari kondensor ke evaporator.

Peningkatan suhu dan tekanan pada kondensor bisa mengakibatkan sistem menjadi tidak stabil dan efek pendinginan pun menurun.

Dalam kondisi seperti ini, panjang pipa kapiler yang berlebihan bisa berdampak negatif terhadap performa sistem pendinginan.

Baca juga:  Cara Memasang Baterai Remote TV dengan Benar

Oleh karena itu, penentuan panjang pipa kapiler harus dilakukan dengan teliti agar dapat menciptakan keseimbangan yang ideal antara aliran refrigeran cair dan kapasitas pendinginan pada sistem.

Bagaimana Cara Menentukan Panjang Pipa Kapiler Kulkas?

Penentuan pipa kapiler harus dilakukan dengan hati-hati dan bukan sembarangan. Untuk panjang pipa kapiler pada kulkas 1 pintu, beberapa referensi menyarankan untuk tidak kurang dari 5 kaki (1,5 meter) dan tidak melebihi 16 kaki (4,88 meter).

Apabila panjang pipa kapiler terlalu pendek, aliran refrigeran akan berlangsung lebih cepat dan volume aliran refrigeran akan bertambah. Sebaliknya, jika pipa kapiler terlalu panjang, resistensi akan meningkat dan efek pendinginan akan cepat menurun.

Selain menjadi tidak efisien, tekanan bisa naik sangat tinggi sehingga evaporator tidak akan cukup dingin dan kompresor harus bekerja lebih keras. Oleh karena itu, penentuan pipa kapiler harus dilakukan dengan cermat dan sejalan dengan anjuran dari produsen kulkas.

Berapa Panjang Pipa Kapiler Kulkas 2 Pintu

Pada dasarnya, ukuran panjang pipa kapiler untuk kulkas 1 pintu dan 2 pintu tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam penghitungannya.

Secara umum, panjang normalnya sekitar 170cm, tetapi angka ini dapat disesuaikan berdasarkan spesifikasi yang ditentukan oleh masing-masing pabrikan.

Pipa kapiler terdiri dari berbagai ukuran yang diukur berdasarkan diameter dalam (inside diameter/ID) pipa tersebut.

Ukuran panjang yang digunakan dalam setiap lemari es biasanya juga dipengaruhi oleh jenis bahan pendingin, suhu, dan kondensor yang digunakan.

Rumus Pipa Kapiler

Bagi kalian yang ingin mengganti pipa kapiler, terdapat tabel perbandingan ukuran pipa kapiler yang dapat digunakan sebagai referensi. Namun, penting bagi kalian untuk dapat menghitung rumus penghitungan, terutama jika ingin mengganti pipa kapiler dengan ID yang berbeda meskipun karakteristiknya sama.

Sebagai contoh, jika kalian ingin mengganti pipa kapiler dengan ukuran 0.040 ID dan panjang 3 meter. Dalam daftar perbandingan pipa kapiler, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Untuk ID di bawah 0.036, faktornya adalah 0.62
  • Untuk ID di bawah 0.042, faktornya adalah 1.25

Jadi, jika dihitung secara manual, akan menjadi seperti berikut.

Jika menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.036,

  • 0.62 x 3 meter = 1.86 meter

Jika menggunakan pipa kapiler dengan ID 0.042,

  • 1.25 x 3 meter = 3.75 meter

Daftar Harga Pipa Kapiler Kulkas Terbaru

Berikut ini adalah daftar harga terbaru untuk pipa kapiler kulkas:

Baca juga:  Pengertian Motor DC dan Peran Pentingnya dalam Dunia Teknologi

Pipa Kapiler kulkas ac 031 ecer METERANRp8.50
Pipa Kapiler Freezer 031 meteran capillary tube capiller tembaga 0.31 0.031mm meter kulkas es showcase 1 2 pintu kondensor kompresorRp6.50
Filter Kosong 1 2 lubang Kulkas AC pipa tembaga 1/4 inci 1 pk kapiler Saringan oli kompresor StrainerRp7.00
pipa kapiler kulkas ukuran 0,64 jual per meterRp12.00
pipa kapiler kulkas ukuran 0.54 jual per meterRp10.00
filter kosong kulkas 1x2 kulkas pipa kapiler body 3per4Rp6.00
PIPA KAPILER TEMBAGA UKURAN 0.26 PANJANG 30M roll capiler tembaga AC KULKASRp157.00
PIPA KAPILER TEMBAGA UKURAN 0.54 PANJANG 30M roll capiler tembaga AC KULKASRp249.00
Thawzone Pembersih Sumbatan Pipa Kapiler Filter Kulkas Freezer Moisture Control Flushing Refrigerator metil Metyl SumbatRp4.00
PIPA KAPILER KULKAS 0,31 MM 0,031" X 1,5MM X 30M SSFRp135.00

Harap dicatat bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat dan terkini, disarankan untuk menghubungi toko atau distributor terdekat.

Penutup

Dalam dunia kulkas, ukuran pipa kapiler memainkan peran yang sangat penting. Namun, terkadang jika ukuran pipa kapiler pada kulkas 1 pintu terlalu panjang, masalah yang tidak diinginkan dapat muncul.

Salah satu efek negatif yang mungkin terjadi adalah penurunan efisiensi pendinginan kulkas. Ini disebabkan oleh semakin panjangnya pipa kapiler, semakin tinggi pula tekanan yang diperlukan untuk memompa refrigeran. Akibatnya, kompresor kulkas akan bekerja lebih keras dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Efek lain yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada kompresor kulkas akibat overheat. Selain itu, ukuran pipa kapiler yang terlalu panjang juga dapat menyebabkan penurunan tekanan refrigeran dan mengurangi kinerja optimal kulkas.

Untuk menghindari efek negatif ini, disarankan agar ukuran pipa kapiler pada kulkas 1 pintu disesuaikan dengan stKalianr yang telah ditetapkan oleh produsen kulkas. Jangan mencoba mengubah ukuran pipa kapiler tanpa berkonsultasi dengan teknisi kulkas yang berpengalaman terlebih dahulu. Dengan demikian, kulkas akan bekerja secara optimal dan memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id yang membahas tentang Efek Ukuran Pipa Kapiler Kulkas 1 Pintu yang Terlalu Panjang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian, dan terima kasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *