Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm

Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm : Serta Dimensi Panjang dan Lebar

Posted on

Bengkeltv.id Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm : Serta Dimensi Panjang dan Lebar. Saat ini, televisi sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki di setiap rumah. Terutama dalam era digital seperti sekarang, televisi bukan hanya digunakan untuk menonton acara televisi, tetapi juga digunakan untuk bermain game, menonton film, dan banyak lagi. Ukuran layar televisi menjadi salah satu faktor yang penting ketika membeli televisi. Salah satu ukuran yang paling populer adalah Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm. Ukuran layar televisi 65 inch menawarkan pengalaman menonton yang luar biasa, terutama untuk menonton film atau acara olahraga.

Namun, mungkin sulit untuk mengukur ukuran layar televisi secara akurat. Oleh karena itu, di artikel ini, kami akan membahas segala hal tentang Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm.

Apa itu ukuran TV?

Ukuran TV merupakan faktor yang mempengaruhi harga jual televisi. Semakin besar ukurannya, maka dimensi TV secara keseluruhan akan semakin besar, dan tentu saja harganya juga semakin mahal.

Ukuran TV adalah satuan yang menggambarkan panjang sisi diagonal layar televisi. Panjang diagonal layar ini diukur berdasarkan perbedaan antara panjang dan lebar layar.

Biasanya, ukuran TV dinyatakan dalam satuan inci, yang merupakan satuan panjang internasional.

Mengapa Ukuran Layar TV Penting?

Ukuran layar televisi adalah faktor penting dalam menentukan pengalaman menonton Kalian. Semakin besar layar televisi, semakin besar juga ruang lingkup tampilan gambar yang dapat Kalian nikmati. Ukuran layar yang lebih besar juga dapat meningkatkan kualitas gambar, terutama jika Kalian menonton film atau acara olahraga dengan banyak detail.

Selain itu, ukuran layar televisi juga memainkan peran penting dalam menentukan di mana Kalian harus menempatkan televisi di rumah Kalian. Jika Kalian memiliki ruang yang cukup besar, Kalian dapat mempertimbangkan untuk membeli televisi berukuran besar seperti Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm. Namun, jika Kalian memiliki ruang yang lebih kecil

Baca juga:  Berapa Ukuran Panjang Lebar TV 65 Inch? Ini Penjelasannya

Ukuran TV 65 Inch Berapa cm

Kalian dapat membedakan rasio aspek televisi berdasarkan tahun produksinya. Sebagian besar TV 65 inci dengan resolusi Full HD, HD, atau 4K memiliki rasio aspek 16:9. Sementara itu, TV lama kebanyakan menggunakan rasio aspek 4:3 yang hanya mendukung resolusi SD. Lalu bagaimana pengaruhnya terhadap ukuran TV? Secara umum, diagonal TV sama untuk rasio aspek 4:3 dan 16:9, tetapi panjang dan lebarnya berbeda.

Rasio aspek akan menentukan ukuran panjang dan lebar TV 65 inci, jadi penting untuk Kalian perhatikan. Setiap merek TV menggunakan stKalianr diagonal yang hampir sama. Akan tetapi, panjang dan lebarnya memang beragam tergantung pada desain dan bingkainya.

1. Ukuran TV 65 Inch Aspek Rasio 4:3

Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm

Lalu, berapa cm ukuran TV 65 inci? Pertama, untuk rasio aspek 4:3, lebarnya adalah 132,1 cm dan tingginya 99,1 cm. Panjang diagonalnya 165,1 cm, yang membentang dari sudut bawah layar hingga sudut atas. Jadi, jika Kalian membeli TV 65 inci, Kalian harus menyiapkan ruang dengan lebar 132,1 cm dan tinggi 99,1 cm.

Lebar TV 65 Inch132.1 cm
Tinggi TV 65 Inch99.1 cm
Panjang Diagonal TV 65 Inch165.1 cm

2. Ukuran TV 65 Inch Aspek Rasio 16:9

Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm

Kemudian, berapa cm ukuran TV 65 inci dengan rasio aspek 16:9? Lebarnya 143,9 cm dan tingginya 80,9 cm, yang umum ditemukan pada TV modern dengan resolusi HD, FHD, dan 4K. Panjang diagonalnya tetap sama, yaitu 165,1 cm.

Lebar TV 65 Inch143.9 cm
Tinggi TV 65 Inch80.9 cm
Panjang Diagonal TV 65 Inch165.1 cm

Jarak Ideal Nonton TV 65″

Selanjutnya, untuk menonton TV 65 inci dengan nyaman, Kalian perlu memperhatikan jarak antara televisi dan tempat duduk. Idealnya, jarak antara TV dan penonton adalah 198 cm atau 2 meter agar dapat menikmati tayangan dengan nyaman. Jika terlalu jauh atau dekat, gambar mungkin menjadi kurang jelas dan detail.

Jarak aman ini direkomendasikan oleh produsen TV dan para peneliti agar penonton merasa nyaman. Radiasi dari TV dapat diminimalisir, sehingga kesehatan mata terjaga dan tidak mudah lelah. Selain itu, semakin besar ukuran inci TV, jarak pKalianng penonton perlu disesuaikan juga.

Baca juga:  Penjelasan Mengenai Ukuran TV 50 Inch Berapa Cm

Dimensi TV 65 Inch Berbagai Merek

Bila membahas masalah dimensi, hal ini akan berbeda karena frame atau bazel TV juga termasuk dalam perhitungan. Ukuran TV dari Samsung, LG, atau Sony akan memiliki dimensi yang berbeda. Jika diamati, ukuran panjang, lebar, dan tinggi bisa berubah meskipun ada beberapa seri yang menggunakan frame yang sama.

Selanjutnya, jika dihitung dari sisi diagonal, panjang dan lebarnya akan mengalami penambahan karena frame juga termasuk dalam perhitungan. Agar lebih jelas, Kalian dapat membandingkan sendiri dimensi TV dari tiap merek di bawah ini.

Coocaa LED TV Far Field 65 inch 65S6G PRO160×18.5×95.5 cm
Sony 4K UHD HDR Smart Android TV 65 inch 65X75K146.3×91.4×33.7 cm
Samsung Crystal UHD 4K LED Smart TV 65 inch 65BU8000145.09×86.96×28.18 cm
LG 4K Smart UHD AI ThinQ TV 65 inch 65UQ7550PSF146.3×91.4×26.9 cm
Samsung Crystal UHD 4K LED Smart TV 65 inch 65BU8500145.17×89.75×29.02 cm
LG 4K Smart UHD AI ThinQ TV 65 inch 65UQ8000145.4×90.6×26.9 cm
Sony 4K UHD HDR Smart Android TV 65 inch 65X80K145.4×90.6×33.9 cm
LG 4K Smart UHD AI ThinQ TV 65 inch 65UQ9000145.4×90.6×26.9 cm
Sony Bravia 4K UHD HDR Smart Google TV 65 inch 65X85K145.2×90.6×33.9 cm

Rekomendasi Merek TV 65 inchi

Berikut ini 3 merek TV 65 inci yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli:

1. Samsung QN65S96BAFXZA

TV Samsung tipe QN65S96BAFXZA merupakan salah satu TV yang menampilkan kualitas gambar luar biasa. TV ini dilengkapi panel QD-OLED yang menawarkan kontras sempurna tanpa mengurangi kecerahan warna.

2. Sony XR-65A95K

Tipe TV Sony XR-65A95K akan memberikan pengalaman menonton film yang menyenangkan. Sony menyediakan berbagai format video dan audio canggih, termasuk Dolby Vision HDR dan DTS:X, yang mendukung TV ini menjadi perangkat home theater yang mengesankan.

3. Hisense 65U8H

Jika Anda ingin mendapatkan TV 65 inci dengan harga yang terjangkau namun dilengkapi fitur kelas atas, TV Hisense 65U8H bisa menjadi pilihan yang tepat. TV ini menampilkan kualitas gambar mengesankan dengan rasio kontras yang sangat tinggi. Selain itu, TV ini juga memiliki banyak aplikasi streaming, sehingga pengguna lebih mudah menemukan konten favorit mereka.

Tips Memilih Ukuran TV yang Sesuai

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih ukuran TV yang sesuai dengan kebutuhan Kalian:

1. Pertimbangkan ruang

Pertimbangkan ukuran ruangan tempat Kalian akan menempatkan TV. Ukuran TV yang lebih besar mungkin lebih cocok untuk ruang keluarga yang luas, sedangkan ukuran TV yang lebih kecil mungkin lebih sesuai untuk kamar tidur atau ruang tamu yang lebih kecil.

Baca juga:  Ukuran TV 24 Inch Berapa Cm yang Perlu Kalian Ketahui

2. Jarak pKalianng

Perhatikan jarak antara tempat duduk Kalian dan TV. Sebagai aturan umum, Kalian harus duduk sejauh kira-kira 1,5 kali panjang diagonal TV untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik. Misalnya, jika Kalian memiliki TV 65 inci, jarak duduk yang ideal adalah sekitar 2 meter.

3. Resolusi layar

Resolusi layar juga mempengaruhi ukuran TV yang tepat. TV dengan resolusi yang lebih tinggi, seperti 4K, memungkinkan Kalian duduk lebih dekat tanpa melihat piksel individu. Jika Kalian berencana menonton konten 4K, Kalian mungkin dapat memilih TV dengan ukuran yang lebih besar.

4. Kebutuhan penggunaan

Pertimbangkan bagaimana Kalian akan menggunakan TV. Jika Kalian sering menonton film atau acara TV, Kalian mungkin ingin TV dengan ukuran yang lebih besar untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih mendalam. Namun, jika Kalian hanya menggunakan TV untuk menonton berita atau acara ringan, TV berukuran lebih kecil mungkin lebih sesuai.

5. Anggaran

Tentukan anggaran Kalian sebelum memilih ukuran TV. Ingatlah bahwa TV dengan ukuran yang lebih besar umumnya lebih mahal daripada TV dengan ukuran yang lebih kecil. Kalian mungkin perlu menyeimbangkan keinginan Kalian untuk TV yang lebih besar dengan anggaran yang Kalian miliki.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Kalian akan dapat memilih ukuran TV yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian. Selamat berburu TV yang tepat!

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai “Ukuran TV 65 Inch Berapa Cm”. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bermanfaat bagi Kalian yang sedang mencari TV 65 inci atau ingin memahami lebih lanjut mengenai ukuran TV.

Ingatlah untuk mempertimbangkan rasio aspek, dimensi, dan jarak pKalianng yang ideal agar pengalaman menonton Kalian menjadi lebih menyenangkan dan nyaman. Selamat mencari TV yang sesuai dengan kebutuhan dan selamat menikmati tayangan favorit Kalian!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *