Water Heater Listrik Bocor

Penyebab Water Heater Listrik Bocor dan Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab Water Heater Listrik Bocor dan Cara Mengatasinya. Apakah Kalian sedang mengalami masalah dengan Water Heater Listrik Bocor? Jika ya, maka Anda tidak sendirian. Water heater listrik adalah perangkat yang sangat penting untuk rumah Anda, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dingin. Namun, seperti perangkat lainnya, water heater listrik juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling umum adalah bocor.

Masalah ini bisa terjadi kapan saja, dan bisa sangat mengganggu. Apalagi jika bocorannya cukup parah, maka bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi masalah Water Heater Listrik Bocor dengan cepat dan efektif.

Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah Water Heater Listrik Bocor. Kami akan membahas penyebab bocor, tanda-tanda bahwa water heater Anda bocor, serta langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Penyebab Water Heater Bocor Air

Water Heater Listrik Bocor

 

Penyebab water heater bocor air dapat bervariasi, tergantung pada kondisi dan umur water heater. Beberapa penyebab umumnya meliputi

1. Pemanas air bocor di bagian tangki

Kebocoran pada pemanas air umumnya terjadi setelah pemakaian lebih dari 5 tahun. Hal ini disebabkan karena tangki pemanas air sudah mulai berkarat dan mengalami keretakan sehingga menimbulkan kebocoran. Selain itu, kebocoran juga bisa terjadi karena tertimpa benda keras, misalnya genteng yang jatuh atau AC yang roboh jika water heater diletakkan tepat di bawahnya.

Namun, jika pemanas air masih tergolong baru dan sudah mengalami kebocoran pada tangkinya, kemungkinan disebabkan oleh kualitas tangki yang buruk.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memenuhi kebutuhan air panas di rumah, sebaiknya memilih pemanas air jenis tankless yang menggunakan bahan lebih bagus ketimbang jenis lainnya.

Meskipun demikian, pemanas air jenis tankless juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel kami tentang kelebihan dan kekurangan tankless water heater.

Baca juga:  Cara Scan Ulang TV Digital LG : Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan

2. Bocor dibagian seal

Penyebab lain kebocoran pada mesin pemanas air adalah kerusakan pada seal. Seal yang sudah rusak akan kehilangan kemampuan merekat secara sempurna karena sudah keras.

Kerusakan pada seal ini biasanya sering terjadi dan menjadi penyebab umum kebocoran pada mesin pemanas air. Hal ini terjadi karena pemakaian yang membuat seal keras dan menyebabkan keretakan.

3. Selang yang sudah retak

Keretakan pada selang juga sering menjadi penyebab kebocoran pada water heater. Kualitas selang yang kurang baik dapat menyebabkan keretakan pada selang dan membuatnya tidak tahan lama. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih selang pemanas air dengan kualitas terbaik agar tidak mengalami kebocoran setelah beberapa tahun digunakan.

Selain itu, jika instalasi water heater sudah terpasang dengan rapi, akan sangat merepotkan jika harus membongkarnya kembali untuk memperbaiki kebocoran. Hal ini terlebih lagi jika biaya untuk pemasangan instalasi air panas juga tidak sedikit.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kualitas selang pemanas air saat memilih water heater untuk meminimalkan risiko kebocoran dan menghindari biaya tambahan untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasinya Water Heater Bocor

Jika Anda mengalami masalah dengan water heater yang bocor air, berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya:

1. Matikan sumber listrik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat menghadapi masalah water heater bocor air adalah mematikan sumber listrik. Pastikan Anda mematikan aliran listrik ke water heater untuk mencegah kecelakaan dan risiko kebakaran.

2. Pastikan aman untuk diperbaiki

Sebelum memperbaiki water heater yang bocor air, pastikan bahwa kondisi lingkungan sekitarnya aman untuk diperbaiki. Pastikan area sekitar water heater kering dan tidak ada benda-benda yang mudah terbakar atau bisa mengganggu saat sedang diperbaiki.

3. Temukan sumber kebocoran

Langkah selanjutnya adalah mencari sumber kebocoran pada water heater. Periksa seluruh bagian water heater, termasuk pipa, tank, dan klep pengaman untuk menemukan sumber kebocoran. Identifikasi bagian yang rusak dan perlu diperbaiki atau diganti.

4. Perbaiki atau ganti bagian yang rusak

Setelah menemukan sumber kebocoran, langkah selanjutnya adalah memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak. Jika kerusakan cukup parah, Anda mungkin perlu mengganti seluruh water heater dengan yang baru.

Namun, jika kerusakan hanya pada bagian tertentu, seperti pipa atau klep pengaman, Anda bisa memperbaikinya sendiri atau memanggil teknisi yang ahli untuk membantu.

Baca juga:  √ Apa Itu Water Heater? Pengertian dan Jenis-Jenisnya

5. Tes kembali water heater Kalian

Setelah memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak, tes kembali water heater Anda untuk memastikan tidak ada lagi kebocoran dan water heater berfungsi dengan baik.

Nyalakan kembali sumber listrik ke water heater dan biarkan air mengalir untuk memastikan water heater berfungsi normal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah water heater bocor air dengan efektif dan memastikan water heater Anda berfungsi dengan baik dan aman.

Namun, jika Anda tidak yakin untuk melakukan perbaikan sendiri, sebaiknya memanggil teknisi yang ahli untuk membantu mengatasi masalah water heater bocor air.

Tips Aman Pasang Water Heater di Rumah

Pemasangan water heater di rumah memang sangat penting, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan suhu dingin. Namun, sebelum memasang water heater, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pemasangan berjalan aman dan terhindar dari risiko kebakaran atau kecelakaan. Berikut ini adalah beberapa tips aman pasang water heater di rumah:

1. Pastikan instalasi sesuai prosedur

Untuk menghindari korsleting atau kebocoran listrik, proses pemasangan water heater harus dilakukan dengan baik. Pastikan instalasi steker atau sumber listrik sudah sesuai dengan standar SNI.

Selain itu, jika rumah Anda menggunakan water heater, pastikan grounding listrik terpasang dengan baik. Grounding adalah sistem jalur kabel yang dibuat khusus dan dipasang menuju titik tanah sehingga tidak tersambung langsung dengan kabel lain.

Pemasangan grounding yang baik dapat mencegah pengguna terkena aliran listrik jika terjadi kebocoran listrik pada water heater. Oleh karena itu, pastikan proses pemasangan grounding dilakukan dengan baik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat menggunakan water heater.

2. Perhatikan posisi steker

Jika Anda menggunakan water heater listrik, pastikan untuk memasangnya kira-kira 1,5 meter dari lantai agar mempermudah proses pemasangan dan pengaturan. Namun, jika menggunakan water heater gas, pastikan ruang kamar mandi memiliki ventilasi yang baik untuk mencegah suhu yang terlalu panas.

Selain itu, pastikan steker terlindungi dari air dan tidak terkena percikan air saat Anda mandi. Posisi steker yang tepat bisa menjadi sulit bagi orang awam untuk diatur.

Oleh karena itu, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi listrik atau teknisi resmi dari tempat Anda membeli water heater untuk memastikan steker dipasang di tempat yang aman dan tepat.

3. Water heater dilengkapi ELCB

Electric-Leakage Circuit Breaker (ELCB) adalah teknologi yang berfungsi sebagai alat pengaman listrik. Fitur ini berfungsi untuk memutus aliran listrik secara otomatis jika terjadi kebocoran listrik melalui perangkat water heater.

Baca juga:  Cara Menggunakan STB Indihome Tanpa Berlangganan dengan Benar

Pastikan water heater yang digunakan telah dilengkapi dengan fitur ELCB ini untuk memastikan keamanan selama menggunakan water heater. Dengan adanya ELCB, Anda dan keluarga dapat mandi air hangat menggunakan water heater dengan lebih aman.

4. Lakukan perawatan rutin

Meskipun menggunakan water heater canggih, tetap perlu dilakukan perawatan rutin. Water heater perlu dirawat setidaknya satu tahun sekali. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas, colokan kendur, dan jangan lupa untuk membersihkan permukaan water heater secara rutin.

Pipa air water heater juga harus bebas dari debu, pasir atau partikel kecil lainnya yang dapat menghambat kinerja water heater di rumah Anda. Perawatan rutin ini akan membuat unit pemanas air di rumah jadi lebih tahan lama dan terhindar dari kerusakan.

Dengan mengikuti tips aman pasang water heater di rumah yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menikmati manfaat water heater dengan aman dan terhindar dari risiko kecelakaan atau kebakaran. Pastikan juga untuk melakukan perawatan berkala pada water heater agar selalu berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Kesimpulan

Ketika menggunakan water heater listrik, sangat penting untuk memperhatikan faktor keamanan agar terhindar dari risiko kebocoran dan kerusakan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memilih water heater yang dilengkapi dengan teknologi Electric-Leakage Circuit Breaker (ELCB) dan melakukan perawatan rutin setiap tahunnya.

Pastikan pula pemasangan water heater dilakukan dengan benar dan perhatikan kualitas selang serta instalasi listrik yang baik dan aman. Dengan melakukan semua hal tersebut, Anda dapat menikmati manfaat water heater dengan lebih aman dan nyaman.

Jika mengalami masalah kebocoran pada water heater, segera perbaiki dan jangan biarkan terus berlanjut. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah serta membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

Dengan memperhatikan semua tips dan saran dalam artikel ini, diharapkan Anda dapat menggunakan water heater listrik dengan aman dan terhindar dari risiko kebocoran dan kerusakan. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Water Heater Listrik Bocor, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *