AC Tidak Mau Nyala

Penyebab AC Tidak Mau Nyala

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab AC Tidak Mau Nyala. Saat ini, memiliki AC menjadi kebutuhan yang penting bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan atau daerah dengan suhu yang panas dan jarang turun hujan.

AC bisa menjadi solusi untuk mengurangi suhu panas di dalam ruangan rumah. Namun, dalam penggunaannya, seringkali terjadi masalah atau gangguan pada AC seperti netes air, pipa kecil AC tersumbat, atau bahkan AC tidak mau menyala sama sekali. Masalah-masalah tersebut sering membuat penggunanya bingung, terutama jika mereka tidak tahu cara memperbaikinya.

Namun, jangan khawatir karena dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan AC Tidak Mau Nyala. Dengan demikian, jika Kalian mengalami masalah seperti ini pada AC di rumah, Kalian bisa memperbaikinya sendiri.

AC Tidak Mau Nyala

Untuk mengatasi masalah AC Tidak Mau Nyala, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu penyebab mengapa AC tidak mau menyala saat dihidupkan. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi AC Tidak Mau Nyala:

1. Remote AC tak menyala atau rusak

AC yang tidak mau menyala mungkin disebabkan oleh kerusakan atau kehabisan baterai pada remote yang digunakan untuk menghidupkannya.

Untuk memastikan hal ini, cobalah mendekatkan remote ke AC dan mencoba mengontrol AC tersebut dengan remote. Jika remote tidak berfungsi, coba ganti baterainya dengan yang baru.

Namun, jika setelah baterai remote AC telah diganti namun tetap tidak dapat digunakan untuk menyalakan AC, kemungkinan besar remote AC sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Baca juga:  Cara Mengatasi Remote AC Tidak Berfungsi : Tips dan Solusi Efektif

2. Filter udara tersumbat

Seberapa sering kalian mengganti filter udara pada AC? Ini adalah hal yang seharusnya dilakukan secara teratur, tetapi sayangnya sering diabaikan.

Mari kita lihat beberapa aturan dasar mengenai unit AC. Filter udara yang bersih sangat penting untuk memastikan aliran udara yang tepat. Saat filter terlapisi dengan kotoran dan debu, aliran udara terhalang.

Dalam kondisi normal, AC akan menyerap kelembapan dari rumah kalian. Tetesan air kemudian akan jatuh ke dalam baki kondensasi dan dialirkan keluar melalui saluran pembuangan.

Namun, jika filter udara AC kalian kotor, tetesan air dapat membeku dan menutupi gulungan AC dengan lapisan es. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mengganti filter udara pada AC kalian.

3. Sekring rusak

Untuk memeriksa apakah sekring berfungsi dengan baik, kalian memerlukan multimeter untuk melakukan uji kontinuitas.

Lakukan pengujian pada kedua sekring. Jika multimeter berbunyi bip, artinya sekring berfungsi dengan baik. Namun, jika salah satu dari sekring tidak berbunyi bip, maka kalian dapat membeli sekring pengganti di toko listrik.

4. Kumparan evaporator kotor

Bulu, kotoran, debu, dan segala macam kotoran lain dari kehidupan sehari-hari dapat menumpuk di gulungan evaporator, kondensor, atau filter dalam AC Anda.

Intinya, AC Anda terdiri dari banyak komponen yang rentan terhadap penumpukan kotoran.

Ketika kotoran menumpuk di berbagai komponen AC, itu membuat sistemnya kurang efisien dan pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan total dan membuat AC tidak dapat berfungsi.

5. Ada masalah kabel dan arus listrik di rumah

Secara keseluruhan, berapa banyak masalah yang kalian alami dengan peralatan listrik di rumah? Apakah lampu sering berkedip-kedip?

Apakah peralatan mengeluarkan suara berdengung ketika kalian menghubungkannya? Seringkali, tkalian-tkalian masalah kabel atau listrik dapat mempengaruhi kinerja perangkat elektronik.

Jika kalian sering mengalami hal-hal tersebut, maka kalian memerlukan ahli listrik untuk memperbaiki penyebab dasarnya.

Baca juga:  Perbedaan AC Inverter, Standar dan Low Watt Mana Lebih Baik

Dan jika masalah tersebut mempengaruhi unit AC kalian, maka kalian memerlukan bantuan profesional untuk melakukan tes diagnostik.

6. Arus listrik putus

Mengutip dari laman AC Daikin, AC adalah perangkat elektronik yang memerlukan aliran listrik agar dapat berfungsi. Jika aliran listrik terputus, maka tidak heran jika AC tidak mau menyala.

Jika kalian menggunakan stop kontak manual, coba cabut dan periksa apakah sekring atau fuse terputus. Jika iya, kalian perlu menggantinya dengan yang baru dan sesuai dengan ukuran Ampere yang tertera pada bodi fuse.

Namun, jika fuse atau sekring tidak terputus, gunakan test pen atau multimeter untuk mengetahui apakah ada aliran listrik. Jika aliran listrik ada, kemungkinan masalah ada pada unit indoor AC. Untuk mengatasi masalah ini, hubungi teknisi AC.

7. Sensor AC mati

Jika kalian menyalakan AC menggunakan remote tapi AC tidak merespon, maka sensor AC mungkin rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan atau kegagalan sensor AC, termasuk terkena air saat dicuci.

Untuk mengatasi masalah ini, coba membersihkan sensor dari air yang mungkin menempel. Lepaskan mata sensor AC dengan mencabut penghubungnya, lalu keringkan mata sensor dengan menggunakan tisu atau hair dryer.

Setelah mata sensor kering, pasang kembali dan coba hidupkan AC menggunakan remote. Jika air adalah penyebab masalah, AC seharusnya kembali normal setelah dikeringkan.

8. Bagian IC ada yang putus

Salah satu penyebab AC yang tidak menyala meskipun telah dihidupkan adalah kerusakan pada Integrated Circuit (IC) yang rusak.

Untuk masalah ini, disarankan agar Anda menghubungi teknisi profesional dan tidak melakukan perbaikan sendiri.

9. Penumpukan es

Mengutip dari Joplins, jika es menumpuk di gulungan kondensor atau bagian lain dari unit AC Anda, AC mungkin tidak berfungsi atau tidak dapat mendinginkan udara secara efisien.

Unit AC harus dilepas dan semua es harus dihilangkan sebelum dapat berfungsi dengan benar.

Baca juga:  Bolehkah AC Bocor Dinyalakan : Simak Bahaya dan Resikonya !!

10. Motor rusak

Umumnya, jika motor AC rusak, unit AC Anda tidak akan berfungsi atau mati sepenuhnya.

Dalam hal ini, Anda harus memutuskan apakah motor AC dapat diperbaiki atau harus diganti.

11. Kompresor rusak

Kerusakan pada kompresor dapat menyebabkan unit AC Anda tidak dapat dinyalakan atau mati sepenuhnya. Menjaga kompresor tetap bersih dapat membantu mencegah masalah ini.

12. Kekurangan refrigeran

Jika unit AC kalian kekurangan refrigeran, maka kemungkinan AC tidak akan menyala atau tidak dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, kalian harus selalu meminta bantuan teknisi profesional untuk memeriksa level refrigeran dan menggantinya jika diperlukan.

13. Termostat rusak

Pastikan untuk memeriksa apakah unit AC tidak dapat dinyalakan karena termostat yang rusak.

Jika kalian menduga termostat AC rusak, coba nyalakan AC dari unit utama. Jika unit dapat menyala secara manual, kemungkinan termostat yang menjadi masalah.

Kesimpulan

Kesimpulannya, terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan AC tidak mau nyala, seperti remote yang rusak, sensor yang basah, kabel atau listrik yang bermasalah, komponen yang kotor atau terkena es, motor atau kompresor yang rusak, refrigeran yang kurang, atau termostat yang buruk.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan, tergantung pada penyebab utamanya. Namun, disarankan agar kalian meminta bantuan dari profesional jika kalian tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam perbaikan AC.

Pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada AC kalian untuk mencegah terjadinya masalah dan menjaga kinerjanya yang optimal.

Dengan melakukan perawatan dan perbaikan yang tepat, kalian dapat memastikan AC tetap berfungsi dengan baik dan memberikan kesejukan yang kalian butuhkan. Demikianlah ulasan mengenai AC Tidak Mau Nyala dari bengkeltv.id, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *