Apa Itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG)

√ Apa Itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG) : Pengertian dan Cara Kerjanya

Posted on

Bengkeltv.id – √ Apa Itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG) : Pengertian dan Cara Kerjanya. Dalam dunia teknologi tenaga, banyak istilah dan peralatan yang seringkali menjadi asing bagi banyak orang. Salah satunya adalah Heat Recovery Steam Generator (HRSG). Mungkin bagi sebagian orang, istilah ini terdengar sangat teknis dan kompleks.

Namun, sejatinya, HRSG adalah komponen kunci dalam sistem tenaga yang berfungsi untuk memanfaatkan panas berlebih. Apa Itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG)? Mari kita kupas lebih dalam untuk memahami konsep dan fungsi dari HRSG dalam artikel ini.

Apa Itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG)

Sebagai namanya yang mengisyaratkan, Heat Recovery Steam Generator (HRSGs) adalah jenis boiler yang berfungsi untuk memulihkan dan memanfaatkan kalor yang dihasilkan dalam proses-proses yang berbeda, guna menghasilkan uap atau air mendidih.

Tujuan utama dari boiler ini adalah untuk mendinginkan gas buang yang berasal dari proses metalurgi atau kimia, sehingga gas buang tersebut dapat diproses lebih lanjut atau dibuang tanpa menimbulkan bahaya. Uap yang dihasilkan merupakan produk sampingan yang memiliki nilai manfaat. Oleh karena itu, penggunaan pembakar/burner tambahan pada HRSG biasanya jarang diperlukan.

HRSG berfungsi sebagai penghubung dalam rangkaian proses yang kompleks, yang menuntut tingkat keKalianlan dan kemampuan adaptasi boiler yang sangat tinggi. Kebocoran kecil pun dapat menyebabkan gangguan produksi selama seminggu. Masalah yang muncul pada jenis boiler ini lebih bervariasi dan lebih sulit dikendalikan dibandingkan dengan boiler konvensional.

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Setting HDMI Laptop Windows 10 ke TV

Fungsi Heat Recovery Steam Generator (HRSG)

Heat Recovery Steam Generator (HRSG) berperan dalam memanaskan air dengan memanfaatkan panas dari gas buang turbin gas, sehingga menghasilkan uap dengan tekanan dan suhu yang tetap. HRSG berfungsi sebagai penghubung antara siklus Brayton pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) dengan siklus Rankine pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Dari segi sumber panasnya, HRSG dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu unfired dan fired (auxiliary burner atau supplementary burner). HRSG unfired menggunakan gas buang turbin gas sebagai satu-satunya sumber panas. Sedangkan HRSG dengan supplementary burner dilengkapi dengan peralatan pembakaran bahan bakar sehingga dapat menggunakan gas buang turbin gas dan/atau pembakaran bahan bakar sebagai sumber panasnya.

Namun, pada umumnya HRSG yang terpasang tidak dilengkapi dengan burner karena tujuan utama penggunaan HRSG pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) adalah memanfaatkan panas tinggi dari gas buang PLTG untuk menghasilkan uap yang akan menggerakkan turbin uap. Dengan cara ini, efisiensi termal dapat ditingkatkan secara signifikan. HRSG juga dikenal dengan sebutan Waste Heat Recovery Boiler (WHRB).

Prinsip Kerja

Setelah memahami apa itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG), kita dapat menjelaskan bahwa gas buang dengan suhu tinggi dari turbin gas (sekitar 550°C) dialirkan ke dalam HRSG untuk memanaskan air di dalam pipa-pipa pemanas. Setelah itu, gas buang tersebut dibuang ke atmosfer melalui cerobong dengan suhu yang rendah (sekitar 130°C). Air di dalam pipa-pipa pemanas, yang berasal dari drum, sebagian berubah menjadi uap karena proses pemanasan ini. Campuran air dan uap kemudian kembali ke dalam drum. Di dalam drum, uap dipisahkan dari air menggunakan separator.

Baca juga:  Cara Memasang HDMI Dongle ke TV LG Pasti Berhasil

Uap yang terkumpul dialirkan untuk menggerakkan turbin uap, sementara air dikembalikan ke dalam drum untuk sirkulasi kembali ke pipa-pipa pemanas bersama dengan air pengisi baru. Proses ini berulang-ulang selama HRSG beroperasi. Untuk menghasilkan jumlah uap yang banyak dalam waktu yang relatif cepat, perpindahan panas dilakukan dengan aliran berlawanan atau cross flow, dan sirkulasi air harus cepat.

Pada prinsipnya, Heat Recovery Steam Generator dan boiler memiliki kesamaan sebagai peralatan pemindah panas yang digunakan untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan panas. Perbedaan utamanya terletak pada sumber panas yang digunakan dan susunan pipa pemanas.

Sumber panas pada Heat Recovery Steam Generator berasal dari energi panas yang terdapat dalam gas buang PLTG. Sementara itu, pada boiler, sumber panas untuk menghasilkan uap berasal dari pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar (furnace) boiler. Pada boiler, pipa-pipa pemanas disusun sebagai dinding ruang bakar, sedangkan pada HRSG, pipa-pipa pemanas disusun tegak lurus terhadap aliran gas buang.

Dengan kondisi tersebut, HRSG memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Tidak memiliki ruang bakar.
  • Tidak dilengkapi dengan sistem bahan bakar.
  • Tidak memiliki sistem udara bakar.
  • Tidak menggunakan penghembus jelaga (soot blower).

Konstruksi dan Tata Letak HRSG

Sistem tata letak HRSG memiliki berbagai variasi baik dalam jenis maupun jumlahnya. Dilihat dari sistem sirkulasi airnya, HRSG dapat dibedakan menjadi:

  • HRSG sirkulasi alam
  • HRSG sirkulasi paksa

Dalam hal tekanan kerjanya, HRSG dapat dibedakan menjadi:

  • Heat Recovery Steam Generator dengan satu tekanan (single pressure)
  • Heat Recovery Steam Generator dengan dua tekanan (dual pressure)
  • Heat Recovery Steam Generator dengan tekanan bertingkat (multi pressure)

Sementara itu, jika dilihat dari sumber panasnya, HRSG dapat dikelompokkan menjadi:

Baca juga:  Cara Melepas TV dari Bracket dengan Mudah

  • Heat Recovery Steam Generator tanpa bantuan pembakaran (nonfire)
  • Heat Recovery Steam Generator dengan bantuan pembakaran (auxiliary/supplementary burner)

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Heat Recovery Steam Generator (HRSG) adalah teknologi yang sangat penting dalam menghasilkan energi yang efisien dan berkelanjutan. Dengan kemampuannya untuk memanfaatkan kembali panas yang biasanya terbuang, HRSG berperan penting dalam peningkatan efisiensi sistem pembangkit listrik dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Meski teknologinya cukup kompleks, manfaat yang ditawarkan oleh HRSG untuk industri dan lingkungan membuatnya menjadi pilihan utama dalam operasi banyak pembangkit listrik. HRSG adalah bukti bahwa inovasi teknologi dan kepedulian terhadap lingkungan bisa berjalan seiring.

Kita perlu terus berinovasi dan mencari cara baru untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi dampak negatif kita terhadap lingkungan. Dengan demikian, memahami apa itu Heat Recovery Steam Generator bukan hanya penting bagi mereka yang bekerja di industri energi, tetapi juga bagi kita semua yang peduli terhadap masa depan planet ini. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Apa Itu Heat Recovery Steam Generator (HRSG) ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *