Biaya Service TV LED Pecah

√ Biaya Service TV LED Pecah Beserta Cara Merawatnya

Posted on

Bengkeltv.id – √ Biaya Service TV LED Pecah Beserta Cara Merawatnya. Di era digital yang serba canggih ini, televisi LED telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling banyak digunakan di rumah-rumah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan kualitas gambar yang tajam dan fitur-fitur menarik, tak heran jika televisi LED menjadi pilihan utama banyak orang.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba layar televisi LED Kalian mengalami kerusakan dan pecah? Salah satu hal yang pasti muncul di benak adalah: Berapa biaya service TV LED pecah? Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai biaya service TV LED yang mengalami kerusakan pada layarnya dan beberapa tips yang mungkin berguna dalam menangani masalah ini. Mari kita mulai!

Pengertian TV LED

TV LED, yang merupakan kependekan dari Television Light Emitting Diode, adalah jenis televisi yang menggunakan dioda pemancar cahaya atau LED sebagai sumber pencahayaan layarnya. Ini merupakan teknologi yang relatif baru dan merupakan evolusi dari televisi LCD (Liquid Crystal Display).

Dalam TV LCD, lampu latar yang digunakan adalah lampu CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp). Sedangkan pada TV LED, lampu latar yang digunakan adalah LED. Keuntungan penggunaan LED sebagai lampu latar ini adalah konsumsi daya yang lebih rendah, umur pakai yang lebih panjang, dan kualitas gambar yang lebih baik karena LED mampu menghasilkan warna yang lebih kaya dan kontras yang lebih tinggi.

TV LED juga umumnya lebih tipis dibandingkan dengan TV LCD, yang membuatnya lebih mudah dipasang di dinding dan lebih sesuai untuk desain interior modern. Selain itu, TV LED juga sering dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti smart TV yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet, menjalankan aplikasi, dan streaming konten video secara langsung dari televisi mereka.

Kelebihan TV LED

Terdapat beragam keunggulan dari TV LED yang bisa menjadi alasan bagi kalian untuk memutuskan memilihnya. Seperti yang kita tahu, keberadaan televisi memiliki peranan penting dalam memperkaya wawasan seseorang. Hal ini khususnya berlaku bagi mereka yang gemar menonton acara berita atau program yang sarat dengan informasi dan pengetahuan. Memiliki televisi berkualitas pasti akan membuat pengalaman menonton menjadi lebih menyenangkan. Nah, TV LED bisa menjadi pilihan yang tepat untuk itu. Berikut adalah kelebihannya:

1. Hemat Listrik

Penting untuk kalian ketahui bahwa TV LED dan TV LCD itu berbeda. Salah satu perbedaan utamanya adalah pada sistem pencahayaan. TV LED menggunakan diode pemancar cahaya (LED), yang membuatnya lebih hemat energi dibandingkan dengan jenis TV lainnya, tak peduli seberapa besar ukuran layarnya.

2. Desainnya lebih tipis

Salah satu keistimewaan TV LED adalah desainnya yang lebih ramping dibandingkan dengan televisi jenis lain. Berkat teknologi yang digunakannya, beberapa lapisan telah dipindahkan ke sisi layar, yang memungkinkan desainnya menjadi lebih tipis. LED dipasang di keempat sisi layar untuk memproyeksikan cahaya ke tengah layar.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Bercak Hitam pada TV LED : Tips Efektif.

3. Lebih awet

Siapa yang tidak ingin memiliki televisi yang tahan lama? TV LED adalah solusi yang tepat untuk kalian. Daya tahannya lebih unggul dibandingkan dengan jenis televisi lain. TV LED bisa bertahan hingga 75 ribu jam pemakaian, terutama jika kalian memilih merek yang terpercaya. Merek ternama biasanya menjamin kualitas yang lebih baik.

4. Diproduksi oleh brand yang ternama

TV LED banyak diproduksi oleh merek-merek terkenal yang sudah memiliki nama di Indonesia, seperti Samsung, Sharp, LG, dan banyak lagi. Dengan memilih produk dari merek terkenal, kualitas dan daya tahan televisi ini bisa lebih terjamin.

5. Ramah lingkungan

TV LED juga dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan karena mengurangi paparan radiasi. Menghindari paparan radiasi berlebihan penting untuk kesehatan, dan TV LED membantu dalam hal ini.

6. Perawatan yang cukup mudah

Mempunyai TV LED tidak memerlukan perawatan yang rumit. Kalian bisa menjaga kualitasnya dengan mengatur tingkat kecerahan secukupnya. Tingkat kecerahan yang terlalu tinggi biasanya akan membuat televisi menggunakan lebih banyak energi.

7. Multifungsi

Jika kalian menginginkan televisi yang memiliki beragam fungsi, TV LED adalah pilihan yang tepat. Selain sebagai alat tontonan, TV LED juga bisa digunakan untuk berbagai hiburan lainnya. Dengan menghubungkannya ke internet, kalian bisa bekerja sambil menikmati hiburan melalui satu perangkat yang efisien

Mengenai Biaya Service TV LED Pecah

Biaya Service TV LED Pecah, dari segi desain TV LED memiliki layar yang lebih ramping dibandingkan dengan TV tabung atau plasma. Namun, layar yang ramping ini cenderung lebih rentan mengalami kerusakan seperti pecah jika mengalami benturan, oleh karena itu penting untuk menempatkannya dengan hati-hati agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada layar LED diantaranya adalah gambar yang kabur, garis vertikal, layar pecah, layar gelap, garis horizontal, dan sebagainya. Ketika layar LED mengalami kerusakan seperti pecah, maka diperlukan penggantian layar baru yang biayanya bisa cukup tinggi, sekitar 80% dari harga TV LED yang baru.

Berikut ini kita akan membahas mengenai biaya perbaikan untuk TV LED dengan layar yang pecah. Jadi, bagi kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, mari simak penjelasan berikut.

Mengganti layar LED yang pecah di pusat servis biasanya memerlukan biaya yang cukup besar, terutama jika garansi sudah berakhir. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga layar LED baru kira-kira mencapai 80% dari harga TV yang baru.

Sebagai alternatif untuk mengurangi biaya, kalian bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layar bekas sebagai pengganti.

Berikut adalah perkiraan harga untuk penggantian layar LED:

UKURAN LAYARHARGA
19 InchRp 500.000 – Rp 800.000
24 InchRp 800.000 – Rp 1.000.000
32 InchRp 1.200.000 – Rp 1.700.000
42 InchRp 2.000.000 – Rp 3.000.000

Daftar Harga Service TV Terbaru

Televisi adalah salah satu sarana hiburan yang tak terpisahkan di rumah. Umumnya, ada ruang khusus TV tempat anggota keluarga berkumpul untuk menikmati acara kesukaan atau bermain video game bersama. Ketika televisi mengalami kerusakan, penting untuk mengetahui perkiraan biaya perbaikan TV agar dapat mempersiapkan anggarannya. Berikut adalah daftar biaya perbaikan TV beserta berbagai jenis layanan yang mungkin diperlukan!

DAFTAR HARGA SERVICE TV
JasaHarga
Jasa Pengecekan*Rp 85.000,-
Jasa Service TV LCD & LED
31 inch kebawahRp 200.000,-
32 inch – 41 inchRp 250.000,-
42 inch keatasRp 350.000,-
Jasa Service TV Tabung
31 inch ke bawahRp 150.000,-
32 inch ke atasRp 200.000,-
*Biaya pengecekan tidak dikenakan apabila menggunakan jasa lainnya dan akan dikenakan apabila tidak jadi menggunakan jasa service.
Biaya tidak termasuk biaya sparepart, hanya jasa untuk service terkait
Baca juga:  Cara Cek Pemakaian TV LED Mudah Banget

Penyebab TV LED Kalian Rusak

Biaya Service TV LED Pecah, Setelah Memahami TKalian-tKalian Kerusakan TV LED. Kini, kita akan melangkah lebih jauh dalam membicarakan apa saja yang bisa menyebabkan televisi mati secara tiba-tiba atau mengalami kerusakan lainnya.

Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan kerusakan pada televisi, sehingga Kalian perlu mengganti LED dan mencari informasi mengenai biaya penggantian layar LED TV yang rusak:

1. Arus Listrik Tidak Stabil

Untuk memastikan TV LED berfungsi dengan baik, arus listrik yang stabil sangat diperlukan. Ketidakstabilan arus listrik dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen di dalam televisi.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa arus listrik di rumah Kalian stabil agar televisi tetap awet.

Ketidakstabilan arus listrik juga dapat mengakibatkan kualitas gambar televisi menurun, yang tentunya dapat mengurangi kenyamanan saat menonton.

2. Dinyalakan Saat Petir

Untuk menghindari biaya penggantian layar LED TV yang mahal, sangat disarankan untuk tidak menghidupkan televisi saat cuaca sedang buruk. Hindari mengaktifkan televisi saat ada petir karena hal ini bisa menyebabkan televisi atau antena terkena sambaran petir.

Sebaiknya, cabut kabel televisi dari stopkontak saat cuaca buruk untuk menjaga keamanan televisi Kalian, sehingga dapat bertahan lebih lama. Dengan begitu, Kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli televisi baru

3. Cabut Colokan Televisi Saat Tidak Digunakan

Sebaiknya jangan biarkan kabel televisi terus terhubung dengan stopkontak ketika tidak digunakan, karena ini bisa menyebabkan kerusakan pada televisi Kalian. Cabut kabelnya untuk memperpanjang umur pemakaian televisi.

Hindari juga menghidupkan televisi terus-menerus yang bisa menyebabkan kerusakan dan mengharuskan Kalian untuk membeli televisi baru. Cari tahu harga televisi baru, misalnya TV LED 42 inci yang harganya sekitar Rp3.000.000, agar Kalian bisa lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Jika Kalian tidak ingin mengeluarkan biaya besar, perhatikan cara penggunaan televisi Kalian dan hindari hal-hal yang bisa menyebabkannya rusak.

4. Tempat Lembab

Untuk menghindari biaya penggantian layar LED TV yang mahal, disarankan untuk tidak menempatkan televisi di area yang lembab.

Hal ini sangat krusial karena TV LED sensitif terhadap kelembaban dan kondisi lembab bisa menyebabkan komponen di dalam televisi berkarat dan akhirnya tidak berfungsi dengan baik.

Layar televisi juga bisa mengalami masalah dalam menampilkan gambar akibat kondisi lembab. Hindari hal ini untuk menghemat pengeluaran yang tidak perlu.

Perawatan TV LED, LCD, dan Tabung

Disamping Memperhatikan Fitur yang Ditawarkan, Daya Tahan Juga Menjadi Pertimbangan Utama Dalam Memilih Televisi Dengan Merek dan Tipe Tertentu.

Meski pada umumnya TV LED bisa bertahan selama 5-7 tahun, dengan perawatan yang tepat, TV LED Kalian bisa awet hingga lebih dari 10 tahun. Simak rahasia di baliknya berikut ini:

1. Ventilasi TV harus baik

Penting untuk memastikan sirkulasi udara di sekitar TV cukup, agar panas yang dihasilkan tidak berlebihan dan menyebabkan overheating.

Sebelum memasang TV, hitung jarak antara TV dengan dinding atau benda di sekitarnya. Memang umum untuk memasang TV di dinding, tetapi sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu sirkulasi udara.

Lebih baik meletakkan TV di atas meja agar perangkat Kalian bisa mendingin setelah digunakan dan lebih aman.

2. Matikan jika tidak ditonton

Kita sering mendengar saran untuk “mematikan TV saat tidak digunakan” sebagai langkah hemat energi. Ini benar.

Tidak hanya hemat energi, mematikan TV saat tidak ditonton juga bisa memperpanjang umur TV. Semakin sering TV dibiarkan menyala tanpa henti, performanya akan menurun dan kerusakan lebih cepat terjadi.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mengaktifkan Bluetooth di TV Sharp Aquos

Jadi, hindari kebiasaan meninggalkan TV menyala semalaman untuk menghemat energi dan memperpanjang usia TV.

3. Setelan TV jangan terlalu tinggi

Meski banyak iklan TV yang mempromosikan gambar tajam dengan warna mencolok dan tingkat kecerahan tinggi, jangan terburu-buru tergiur.

Gambar dengan warna cerah dan kecerahan tinggi memerlukan energi lebih banyak. Semakin banyak energi yang digunakan, TV Kalian akan lebih cepat rusak.

Oleh karena itu, aturlah kontras dan kecerahan pada tingkat yang wajar untuk menghemat energi dan memperpanjang usia TV Kalian.

4. Bersihkan secara berkala

Membersihkan TV secara rutin bisa membantu memperpanjang umur perangkat. Debu yang menempel di layar TV bisa mempengaruhi kualitas gambar.

Pastikan untuk membersihkan debu dan kotoran di TV dengan cairan pembersih khusus atau cairan pembersih kacamata, dan gunakan kain lembut. Hindari menggosok dengan kasar. Jika perlu, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam TV.

Dengan rutin membersihkan TV, selain terlihat lebih baru, debu tidak akan masuk ke dalam mesin dan menyebabkan penyumbatan yang bisa memperpendek umur TV Kalian.

5. Jangan diletakkan persis di dekat jendela

Sinar matahari memang menguntungkan bagi kesehatan manusia, namun tidak demikian halnya untuk perangkat TV. Paparan sinar matahari dapat berdampak negatif pada layar TV.

Sebagai akibatnya, layar TV dapat mengalami kekusaman lebih cepat dan kualitas gambar yang ditampilkan menjadi tidak jernih. Selain itu, menempatkan televisi di area yang terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan perangkat menjadi cepat panas, bahkan ketika baru saja dinyalakan

6. Hubungkan dengan regulator voltase

Regulator tegangan dapat melindungi TV dari perubahan tegangan yang mungkin terjadi karena kondisi cuaca yang tidak baik atau pemadaman listrik.

Ketidakstabilan tegangan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen internal TV dan dalam beberapa kasus bahkan bisa menimbulkan risiko bagi penghuni rumah. Untuk mencegah hal ini dan memperpanjang masa pakai TV, sangat disarankan untuk memasang regulator tegangan.

Dengan mengadopsi langkah pencegahan ini, Kalian dapat melindungi TV Kalian dari kerusakan yang diakibatkan oleh perubahan tegangan yang tak terduga.

7. Jauhkan dari benda mengandung magnet dan smartphone

Magnet dan ponsel memiliki potensi untuk mengganggu kinerja TV. Benda yang memiliki medan magnet kuat, seperti speaker aktif, dapat menyebabkan distorsi pada gambar dan merusak kualitas tampilan.

Sementara itu, ponsel memancarkan gelombang elektromagnetik yang juga bisa berdampak negatif pada kualitas gambar TV. Oleh karena itu, penting untuk menjauhkan benda-benda elektronik seperti ini dari TV Kalian.

Penutup

Sebagai simpulan, penting bagi kita untuk memahami berbagai aspek yang terkait dengan Biaya Service TV LED Pecah. Memperbaiki TV LED yang pecah bisa menjadi solusi ekonomis dibandingkan dengan membeli yang baru. Namun, ada berbagai faktor yang mempengaruhi biaya, seperti ukuran layar, merek, dan kerusakan yang dialami.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan riset dan konsultasi dengan ahli service TV sebelum mengambil keputusan. Dengan begitu, Kalian dapat memastikan bahwa perbaikan yang akan dilakukan sesuai dengan anggaran dan ekspektasi Kalian.

Dalam jangka panjang, pemahaman akan biaya service TV LED yang pecah akan membantu Kalian dalam pengelolaan keuangan dan juga menjaga kualitas tayangan televisi di rumah Kalian. Selalu bijaklah dalam mengambil keputusan terkait perawatan dan perbaikan perangkat elektronik agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Biaya Service TV LED Pecah, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *