Biaya Service TV LED Polytron

Biaya Service TV LED Polytron yang Perlu kalian Ketahui.

Posted on

Bengkeltv.idBiaya Service TV LED Polytron yang Perlu kalian Ketahui. Berapa Biaya Service TV LED Polytron yang tidak menampilkan gambar atau layar gelap, atau bahkan mati total? Di artikel ini, kami akan membahas tentang harga jasa service TV LED Polytron, termasuk ketika layar TV mengalami garis-garis.

Kerusakan pada layar LED adalah masalah umum yang sering terjadi pada TV Polytron. Beberapa masalah yang mungkin terjadi antara lain layar yang kosong tanpa gambar, layar yang gelap, layar dengan garis-garis pada LED, hingga kerusakan terparah yaitu layar mati total.

Untuk memperbaikinya, diperlukan jasa service yang biayanya berbeda-beda tergantung jenis dan tingkat kerusakan yang dialami. Berapa harga jasa service untuk TV LED Polytron yang mengalami garis-garis pada layarnya? Teruslah membaca artikel ini untuk mengetahuinya!

Biaya service TV LED Polytron sangat berbeda dengan TV LCD dan bahkan TV tabung. Bahkan, biaya penggantian panel LED saja bisa mencapai setengah harga beli TV baru. Hal ini disebabkan oleh panel teknologi terbaru yang digunakan pada layar TV LED yang berbasis diode, memberikan kualitas gambar yang lebih jelas, lebih kaya warna, dan tentunya lebih hemat listrik.

Jenis-Jenis Kerusakan TV LED Polytron

TV LED Polytron dapat mengalami beberapa jenis kerusakan yang berbeda. Berikut adalah beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada TV LED Polytron:

Baca juga:  Cara Setting Timer TV Xiaomi Paling Mudah

1. Layar Blank Hitam atau Putih

Jika layar TV LED mengalami blank hitam atau putih, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada kabel LVDS, kabel ribbon, PSU, atau bahkan pada bagian kapasitor elektroli. Sebelum diperbaiki, setiap part tersebut harus diperiksa satu per satu.

Dalam beberapa kasus, arus listrik yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan layar menjadi blank karena menyebabkan korsleting yang menyebabkan sekring pico putus sehingga tidak ada daya listrik yang masuk ke layar. Jika ini masalahnya, maka hanya perlu mengganti sekring yang rusak dengan yang baru.

2. LED Bergaris-Garis

Biasanya, masalah LED bergaris pada TV LED disebabkan oleh kerusakan pada panel diode display. Jika memang demikian, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti layar LED-nya.

Namun, sebelum menentukan bahwa kerusakan terjadi pada panel, coba periksa terlebih dahulu kabel LVDS yang terhubung ke mainboard. Kabel yang sudah rusak, soket kabel yang longgar, atau kabel yang berjamur bisa menyebabkan masalah LED bergaris.

3. Warna Layar Terdistorsi

Jika TV ditempatkan terlalu dekat dengan benda yang memiliki medan magnet kuat, maka warna pada layar dapat terdistorsi.

Selain itu, pada panel yang berkualitas rendah sering mengalami distorsi warna jika terlalu panas. Masalah ini biasanya dapat diperbaiki dengan service ringan dengan biaya yang relatif murah.

4. Layar Gelap Namun Suara Normal

Masalah seperti ini sering terjadi ketika TV mengalami goncangan yang kuat, sehingga port kabel fleksibel yang menghubungkan layar bisa menjadi longgar atau bahkan terlepas.

Selain itu, masalah pada PSU dan IC driver inverter juga dapat menyebabkan layar mati, tanpa memengaruhi bagian audio.

Biaya Service TV LED Polytron

Biaya Service TV LED Polytron bervariasi tergantung jenis dan tingkat kerusakannya. Berikut adalah detail biayanya:

Baca juga:  Panduan Cara Setting WiFi Di Smart TV Sharp Secara Lengkap

NoServiceBiaya
1Pengecekan kerusakanRp50.000 – Rp75000
2Layar 19 inchRp100.000 – Rp150.000
3Layar 24 inchRp150.000 – Rp200.000
4Layar 32 inchRp200.000 – Rp250.000
5Layar 32 – 42 inchRp250.0000 – Rp300.000
6Layar > 42 inchRp300.000 ke atas
7Layar TV tabung40% – 70% dari biaya layar LED

Catatan: Harga di atas hanya sebagai perkiraan yang diberikan oleh beberapa teknisi service elektronik di perkotaan. Harga di daerah masing-masing bisa saja berbeda.

Harap dicatat! Biaya yang disebutkan di atas hanya berlaku untuk jasa service saja, belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang rusak.

Biasanya, biaya pengecekan tidak akan dikenakan jika menggunakan jasa service. Namun, jika tidak menggunakan jasa service karena alasan tertentu, seperti teknisi tidak menyanggupi atau alasan lainnya, tetap akan dikenakan biaya pengecekan meskipun tidak dilakukan service.

Biaya Penggantian Panel LED Polytron

Kerusakan serius seperti layar pecah, TV terkena petir, kerusakan panel, dan TV terendam banjir tidak dapat diperbaiki melalui service. Satu-satunya cara adalah dengan mengganti LED yang rusak dengan yang baru.

Jika TV masih dalam masa garansi, klaim garansi dapat diajukan ke service center dengan membawa TV dan surat garansi.

Jika tidak ada garansi, LED baru dapat dibeli dan diganti sendiri atau melalui teknisi dengan biaya sekitar sebagai berikut:

NoUkuran PanelHarga
1Layar 14   inchRp300.000 –   Rp500.000
2Layar   19 inchRp550.000   – Rp750.000
3Layar 24   inchRp800.000 –   Rp1000.000
4Layar   32 inchRp1.200.000   – Rp1.750.000
5Layar 39   inchRp1.500.0000   – Rp2.000.000
6Layar   42 inchRp2.000.000   – Rp3000.000
7Layar 50-55   inchRp4.000.000   – Rp5.000.000

Catatan: Biaya tersebut hanya untuk penggantian LED dan tidak termasuk biaya service serta penggantian komponen lain yang mungkin diperlukan.

Baca juga:  Cara Setting TV Sharp Aquos dengan Mudah

Tips Agar TV LED Lebih Tahan Lama

Sebelumnya telah dijelaskan tentang biaya perbaikan TV LED Polytron, termasuk biaya penggantian panel LED Polytron. Agar TV LED di rumah bisa lebih awet dan tahan lama, berikut adalah beberapa tips merawatnya:

  • Matikan TV LED ketika tidak digunakan.
  • Jangan biarkan TV LED dalam mode standby.
  • Perhatikan letak TV LED agar terlindungi dari paparan sinar matahari langsung atau panas yang berlebihan.
  • Pastikan ventilasi ruangan TV LED baik untuk mencegah terjadinya overheating.
  • Sesuaikan tingkat kecerahan dan kontras TV LED sesuai dengan kondisi pencahayaan ruangan.
  • Gunakan stabilizer untuk melindungi TV LED dari lonjakan atau fluktuasi tegangan listrik yang bisa merusak komponen di dalamnya.
  • Pastikan TV LED terbebas dari debu dengan membersihkannya secara berkala.
  • Jauhkan TV LED dari perangkat elektronik lain seperti handphone atau speaker yang dapat memengaruhi kualitas sinyal pada layar.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan TV LED di rumah bisa lebih awet dan tahan lama sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan perbaikan atau penggantian komponen.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai Biaya Service TV LED Polytron dari bengkeltv.id. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memperbaiki atau merawat TV LED Polytron di rumah. Jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga TV LED agar tetap awet dan tahan lama. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *