Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135

Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 : Panduan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 : Panduan Mudah. Printer merupakan perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi mereka yang sering mencetak dokumen atau foto. Salah satu model printer yang populer adalah HP Deskjet 2135, namun seperti perangkat elektronik lainnya, printer juga memerlukan perawatan rutin agar tetap berfungsi optimal.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci cara cleaning printer HP Deskjet 2135 agar Kalian dapat mencetak dengan hasil yang prima setiap kali. Mengikuti langkah-langkah perawatan yang tepat dapat meningkatkan umur printer dan memastikan output cetakan yang bersih dan tajam. Mari kita simak bersama langkah-langkah sederhana namun efektif untuk merawat printer HP Deskjet 2135 Kalian.

Review Printer Hp Deskjet 2135

Merujuk pada situs resmi HP, printer ini dikenal dengan nama lengkap HP Deskjet Ink Advantage 2135 All-In-One Printer. Sesuai dengan namanya, perangkat ini mengadopsi teknologi Ink Advantage yang telah hadir sejak tahun 2011.

HP mengklaim bahwa teknologi ini memiliki kemampuan mencetak hingga 600 halaman hanya dengan satu cartridge. Angka ini mencakup cetakan warna hitam dan putih pada satu halaman penuh. Harga satu cartridge printer ini tidak kurang dari Rp 100 ribu, sehingga dapat dihitung bahwa biaya untuk mencetak satu lembar tidak mencapai Rp 200 perak.

Keunggulan teknologi Ink Advantage juga tercermin dalam kualitas hasil cetakan, termasuk bobot yang ringan. Meskipun ukurannya cukup besar, printer HP 2135 ini mudah dibawa atau diangkut, sehingga memudahkan pengguna saat memindahkannya ke lokasi lain.

Namun, printer HP 2135 juga memiliki kelemahan, salah satunya terkait kemampuan scan dokumen yang terbatas pada kertas ukuran A4. Jika dokumen melebihi ukuran tersebut, kemungkinan hasil scan akan terpotong. Meskipun demikian, printer ini tetap menjadi pilihan yang praktis dengan keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhitungkan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Merah Menyala : Tips Lengkap

Spesifikasi Printer Hp Deskjet 2135

  • Berikut adalah spesifikasi dari printer HP 2135:
  • Fungsi: Cetak, Salin, Pindai
  • Kecepatan cetak (hitam): hingga 7,5 ppm, mode draft hingga 20 ppm
  • Kecepatan cetak (warna): hingga 5,5 ppm
  • Teknologi: HP Thermal Inkjet
  • Kualitas Cetak: hingga 1200 x 1200 dpi (hitam) dan hingga 4800 x 1200 dpi (warna)
  • Jumlah cartridge: 2 buah
  • Dukungan Sistem Operasi: Windows 7, Windows 8, Windows 10, OS X
  • Ukuran kertas: A6, A4, B5, amplop DL
  • Format Pemindaian: JPG, TIFF, PDF, BMP, PNG
  • Resolusi Pemindaian: hingga 1200 dpi
  • Dimensi: 425 x 304 x 149 mm
  • Berat: 3,42 kg

Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135

Sebagai pengguna printer, seringkali kita menghadapi tantangan dalam mendapatkan hasil cetakan yang jelas atau terhindar dari gangguan yang membuatnya terputus-putus. Kendala semacam ini dapat timbul akibat tinta yang hampir habis atau cartridge yang terkontaminasi oleh tinta yang meluber, dan masalah serupa lainnya.

Meski demikian, dalam menanggapi permasalahan tersebut, tidak selalu perlu mengganti tinta atau cartridge baru secara langsung. Salah satu langkah pertama yang dapat diambil adalah melalui proses pembersihan atau cleaning, sebuah tindakan yang juga berlaku untuk pengguna printer HP Deskjet 2135.

Sebelum kita merinci langkah-langkah cleaning printer HP Deskjet 2135 dengan lebih mendalam, perlu dicatat bahwa proses ini memiliki perbedaan dengan prosedur cleaning pada printer Epson L3110, Canon iP2770, dan beberapa merek dan model printer lainnya.

Proses cleaning pada printer HP Deskjet 2135 tidak menggunakan jumlah tinta yang signifikan, karena tidak melibatkan komponen penyedot yang biasanya digunakan untuk membersihkan tinta yang tumpah di sekitar cartridge. Printer HP Deskjet 2135 memanfaatkan komponen seperti kuas untuk menyeka sisa-sisa tinta pada head printer yang menjadi sumber masalah hasil cetakan yang kurang optimal.

Meskipun begitu, penting untuk tetap melakukan proses nozzle check guna memastikan tinta mana yang bermasalah atau hampir habis secara rinci. Nozzle check pada printer ini dapat dilakukan secara manual. Berikut adalah panduan lengkap untuk menjalankan nozzle check dan cleaning pada printer HP Deskjet 2135:

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Bisa Connect

1. Nyalakan Printer

Mulailah dengan menghidupkan Printer HP Deskjet 2135 menggunakan tombol Power.

2. Tekan Tombol Power + Tombol X

Tekan dan tahan tombol Power, sambil itu juga tekan tombol X satu kali.

3. Periksa Hasil Nozzle Check

Setelahnya, printer akan mencetak hasil Nozzle Check. Perhatikan hasil cetakannya dengan teliti. Jika tampilannya masih jelas dan tajam, berarti kondisi tinta dan cartridge dalam keadaan baik, dan tidak perlu melakukan proses cleaning. Namun, bila hasil Nozzle Check menunjukkan kekurangan warna atau terputus-putus, hal tersebut menjadi indikasi untuk melakukan cleaning.

4. Tekan Tombol Power + Tombol X

Untuk melakukan cleaning secara manual, tekan dan tahan tombol Power, lalu tekan tombol X dua kali.

5. Proses Cleaning Printer

Printer akan menjalankan proses pembersihan pada cartridge. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ini biasanya berkisar antara 1 hingga 3 menit.

Setelah proses cleaning selesai, lakukan Nozzle Check sekali lagi menggunakan langkah-langkah di atas untuk memastikan apakah hasil cetakan sudah kembali normal atau belum. Jika masih terdapat ketidakjelasan, kemungkinan besar diperlukan penggantian tinta baru.

Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135 Otomatis

Selain menggunakan metode manual yang telah dijelaskan sebelumnya, membersihkan printer HP Deskjet 2135 juga dapat dilakukan secara otomatis melalui PC atau laptop. Meskipun prosedurnya sedikit lebih kompleks, namun hasilnya cenderung lebih optimal dibandingkan dengan pembersihan manual.

Sebelum memulai proses cleaning otomatis, pastikan bahwa driver printer HP Deskjet 2135 telah terinstal di komputer. Pastikan juga bahwa printer terhubung ke komputer menggunakan kabel USB, dan siapkan kertas pada printer untuk keperluan test print.

Setelah semua persiapan selesai, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan cleaning otomatis pada printer HP Deskjet 2135:

1. Buka Driver Printer

Mulailah dengan membuka driver printer yang telah diinstal di PC atau laptop.

2. Pilih Maintain Your Printer

Di halaman utama driver printer, pilih opsi “Maintain Your Printer”.

3. Pilih Align Cartridges

Selanjutnya, pilih opsi “Align Cartridges” pada halaman berikutnya.

Baca juga:  Solusi Praktis : Cara Mengatasi Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir Epson L360

4. Klik Next

Pada pop-up yang muncul, klik tombol “Next”.

5. Proses Cleaning Berlangsung

Sekarang, sistem akan melakukan proses cleaning printer. Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, periksa hasil cleaning untuk mengevaluasi kualitas cetakan yang dihasilkan.

Jika hasilnya memuaskan, itu berarti proses cleaning telah berhasil. Selanjutnya, klik “Scan” pada pop-up yang muncul.

6. Pilih Clean Cartridge

Selanjutnya, tampilan akan beralih ke halaman “Maintain Your Printer”. Di sini, pilih opsi “Clean Cartridge”.

7. Klik Print

Klik tombol “Print” untuk memulai proses clean cartridge.

8. Klik Done

Selama proses ini, akan muncul cetakan berupa kotak-kotak berwarna yang menunjukkan kondisi tinta pada cartridge, apakah masih mencukupi atau sudah hampir habis. Jika hasil cetakan baik, artinya cartridge masih dalam kondisi yang baik. Klik “Done”.

Namun, jika hasilnya kurang memuaskan, coba lakukan clean printer lagi dengan menekan tombol “Print” sekali lagi.

9. Clean Printer

Terakhir, klik opsi “Clean Printer”. Pada proses ini, printer akan mencetak dokumen kosong untuk memastikan bahwa tidak ada masalah lagi dengan hasil cetakan pada printer HP Deskjet 2135.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah cleaning printer HP Deskjet 2135 secara manual atau otomatis, Kalian telah berhasil merawat perangkat cetak Kalian dengan baik. Proses pembersihan ini menjadi kunci untuk memastikan printer tetap berkinerja optimal dan menghasilkan cetakan yang jelas serta tajam.

Ingatlah, menjaga kebersihan dan kesehatan printer bukan hanya sekadar menjaga tampilan fisiknya, tetapi juga meningkatkan umur perangkat serta kualitas cetakan yang dihasilkan. Semoga panduan cleaning printer HP Deskjet 2135 ini bermanfaat bagi Kalian dalam menjaga performa printer dan mendapatkan hasil cetakan yang terbaik setiap saat.

Teruslah mengikuti langkah-langkah perawatan yang tepat, dan printer HP Deskjet 2135 Kalian akan tetap menjadi mitra yang hKalianl dalam memenuhi kebutuhan cetak sehari-hari. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Cleaning Printer HP Deskjet 2135, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *