Cara Jumper Fuse Kipas Angin

Cara Jumper Fuse Kipas Angin dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Jumper Fuse Kipas Angin dengan Mudah . Kipas angin adalah salah satu perangkat elektronik yang paling umum digunakan di rumah. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan kipas angin, seperti kipas angin yang mati tiba-tiba. Hal ini bisa terjadi karena adanya masalah pada fuse kipas angin.

Jika Kalian mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir! Dalam artikel ini, saya akan membahas cara jumper fuse kipas angin dan memberikan tips dan trik untuk memperbaiki kipas angin yang rusak.

Apa Itu Fuse Kipas Angin?

Cara Jumper Fuse Kipas Angin

Fuse pada kipas angin adalah komponen keamanan yang dirancang untuk melindungi kipas angin dari kenaikan arus yang berlebihan atau korsleting listrik yang dapat merusak komponen internal kipas angin. Fuse ini biasanya berupa tabung kaca kecil dengan kawat penghantar di dalamnya yang akan meleleh jika terjadi kenaikan arus yang berlebihan.

Ketika kawat penghantar meleleh, maka listrik tidak akan mengalir ke kipas angin dan mencegah kerusakan pada komponen kipas angin itu sendiri.

Fuse kipas angin dapat diganti jika rusak atau putus, tetapi harus diganti dengan jenis fuse yang sesuai dengan spesifikasi kipas angin Kalian. Jangan mencoba mengganti fuse dengan kawat atau benda lain karena dapat menyebabkan bahaya kebakaran atau kerusakan pada kipas angin Kalian.

Cara Jumper Fuse Kipas Angin

Jika kipas angin baru Kalian rusak atau mati total, kemungkinan disebabkan oleh sekring panas yang putus di dalam lilitan dinamo kipas angin. Namun, jika Kalian tidak ahli dalam perbaikan alat elektronik, sebaiknya jangan mencoba mengganti sekring sendiri karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Baca juga:  Panduan Lengkap : Urutan Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Cari orang yang mengerti perbaikan alat elektronik untuk mengganti sekring kipas angin Kalian. Jangan mencobanya sendiri karena jika terjadi kesalahan sedikit saja, bisa menyebabkan kawat lilitan putus tanpa tahu bagaimana menyambungkannya kembali.

Untuk melakukan jumper pada fuse kipas angin, Kalian tidak perlu membongkar dinamo kipas angin. Cukup membongkar kipas dan penutup belakang dinamonya saja.

Siapkan obeng plus, tang potong, sehelai kabel panjang 20 cm, minyak pelumas mesin jahit, lakban, kuas, atau kain lap.

  • Pertama-tama, bongkar kipas dengan menggunakan obeng. Bersihkan debu yang menempel pada kipas dengan kuas atau kain lap. Putar rotor kipas dengan tangan dan beri minyak pelumas pada as bagian depan dan as belakang.
  • Kupas sedikit pembungkus kabel yang ada dari dinamo ke leher kipas. Cari kabel berwarna putih dengan strip hitam atau putih saja. Ini adalah kabel arus masuk ke dinamo.
  • Ambil sehelai kabel 20 cm, lalu kupas sedikit ujungnya dan satu ujung yang lain sambungkan ke kabel berwarna putih strip hitam tadi dan isolasi dengan lakban.
  • Cari 2 kabel yang terhubung ke kapasitor, buka isolasi pembungkus sambungannya dan hubungkan salah satu dari 2 kabel ke sehelai kabel yang telah terhubung ke kabel putih strip hitam.
  • Lakukan tes sebentar dan pastikan cara jumper fuse kipas angin yang dilakukan benar.

Cara Cek Fuse Pada Kipas Angin

Jika kipas angin tidak berfungsi atau tidak berputar bahkan tidak berbunyi ketika dihubungkan ke arus listrik, kemungkinan terjadi kerusakan pada fuse. Sebaiknya, segera ganti fuse yang baru tanpa membongkar dinamo.

Sebelum mengganti fuse, pastikan untuk memeriksa kondisinya terlebih dahulu. Berikut adalah cara memeriksa thermofuse kipas angin:

Baca juga:  Kipas Angin Tanpa Kapasitor dan Cara Memperbaikinya.

  • Pilih selektor OHM pada multimeter.
  • Lakukan kalibrasi nol pada jarum multimeter.
  • Hubungkan probe pada multimeter ke kaki-kaki komponen thermofuse. Thermofuse tidak memiliki polaritas pada kaki komponennya.
  • Jika jarum pada multimeter bergerak menunjukkan angka, maka thermofuse tersebut masih bagus dan kondisinya tidak putus. Namun, jika jarum multimeter tidak bergerak, berarti thermofuse tersebut putus.

Perlu diketahui bahwa fuse kipas angin memiliki warna kabel yang berbeda. Misalnya, kabel fuse kipas angin Cosmos memiliki warna biru yang telah terhubung pada kabel penghubung ke arus listrik.

Mengetahui warna kabel fuse akan mempermudah Kalian untuk membedakan komponen atau kabel yang perlu diperbaiki atau diganti. Dengan begitu, saat melakukan perbaikan, Kalian tidak akan salah memperbaikinya.

Tips dan Trik Memperbaiki Kipas Angin yang Rusak

Jika kipas angin Kalian rusak, jangan buru-buru membuangnya. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memperbaiki kipas angin yang rusak:

  • Bersihkan kipas angin secara teratur
    Debu dan kotoran dapat menumpuk di kipas angin dan menyebabkan kerusakan. Pastikan untuk membersihkan kipas angin secara teratur menggunakan kain bersih atau kuas halus.
  • Periksa kabel dan soket
    Pastikan kabel dan soket kipas angin terhubung dengan baik. Jika tidak, coba periksa apakah ada kabel yang putus atau soket yang rusak.
  • Ganti baling-baling yang rusak
    Jika baling-baling kipas angin Kalian rusak, gantilah dengan yang baru. Pastikan untuk membeli baling-baling yang sesuai dengan kipas angin Kalian.
  • Oleskan pelumas pada poros kipas
    Jika kipas angin berbunyi keras atau terasa berat, cobalah mengoleskan sedikit pelumas pada poros kipas. Ini dapat membantu kipas angin berputar lebih lancar.
  • Periksa motor kipas
    Jika kipas angin masih tidak berfungsi setelah Kalian melakukan langkah-langkah di atas, kemungkinan besar masalahnya ada pada motor kipas. Coba periksa apakah ada kabel yang putus atau motor yang rusak. Jika motor rusak, Kalian mungkin perlu menggantinya dengan yang baru.
Baca juga:  Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat & Cara Mengatasinya

Jangan lupa untuk mematikan kipas angin dan mencabutnya dari soket listrik sebelum melakukan perbaikan. Selalu berhati-hati dan jika Kalian tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan, lebih baik bawa kipas angin Kalian ke tukang servis yang terpercaya.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai Cara Jumper Fuse Kipas Angin yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kipas angin yang rusak. Dalam melakukan perbaikan, pastikan untuk selalu berhati-hati dan mematikan kipas angin serta mencabutnya dari sumber listrik terlebih dahulu.

Jangan mencoba melakukan perbaikan jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup, dan lebih baik meminta bantuan dari tukang servis yang terpercaya.

Semoga informasi yang telah disampaikan oleh bengkeltv.id dapat bermanfaat dan membantu Kalian dalam memperbaiki kipas angin yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *