Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp

Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp dengan Baik dan Benar

Posted on

Bengkeltv.id Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp dengan Baik dan Benar. Memiliki mesin cuci di rumah adalah hal yang penting untuk menjaga pakaian kita tetap bersih dan segar. Salah satu merek yang sering kita temui adalah Sharp. Mesin cuci Sharp dikenal dengan kualitas dan durabilitasnya yang luar biasa. Namun, seperti alat rumah tangga lainnya, mesin cuci juga perlu perawatan dan pembersihan rutin untuk menjaga performanya tetap optimal. Bagaimana caranya? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang ‘Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp’. Kita akan membahas setiap langkah dengan detail dan juga berbagi beberapa tips untuk menjaga mesin cuci Kalian tetap dalam kondisi terbaik. Mari kita mulai.

Sekilas Mengenai Sharp

Dikenal luas dengan nama Sharp, Sharp Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berkedudukan di Osaka, Jepang. Perusahaan ini adalah pabrikan dan pengembang utama dari beragam perangkat elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada televisi, kulkas, blender, telepon seluler, kalkulator, dan panel LCD. Sejak 2016, mayoritas saham Sharp telah berpindah tangan ke Foxconn Group, sebuah konglomerat besar asal Taiwan.

Didirikan pada tahun 1912, Sharp dimulai dengan fokus pada produksi gesper dan pensil mekanis. Namun, dengan berjalannya waktu, Sharp telah berkembang pesat dan merambah ke berbagai jenis produk elektronik yang sekarang menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari.

Pada saat ini, Sharp menampung hampir 52.876 karyawan dan pada tahun 2020 mencatatkan laba operasional sebesar ¥52,77 miliar dan laba bersih sebesar ¥20,96 miliar.

Dengan basis perusahaan yang kuat dan beragam produk, Sharp terus berinovasi untuk menghasilkan teknologi terdepan dan memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia.

Manfaat Membersihkan Mesin Cuci

Sebelum membahas ‘Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp’, penting untuk memahami bahwa meski proses pembersihan mesin cuci tampak sederhana, hanya sebagian kecil orang yang benar-benar melakukan perawatan tersebut. Sejumlah pengguna cenderung mengabaikan kebersihan mesin cuci mereka, bisa jadi disebabkan oleh kesibukan sehari-hari atau sekadar karena malas.

Padahal, manfaat yang dapat diperoleh dari menjaga kebersihan mesin cuci sangatlah beragam. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat dirasakan jika Kalian rajin membersihkan mesin cuci:

1. Produk Awet

Berbagai faktor dapat mempengaruhi umur pakai mesin cuci, salah satunya adalah rutinitas pembersihan. Seiring berjalannya waktu, kotoran dapat menumpuk dan menempel pada perangkat. Jika kotoran ini dibiarkan, lama-kelamaan akan membentuk kerak yang sulit dibersihkan dan berpotensi menyumbat mesin.

Akibatnya, performa mesin bisa terganggu dan bisa berujung pada kerusakan. Oleh karena itu, risiko semacam ini dapat dicegah dengan rutin menjaga kebersihan mesin cuci Kalian.

2. Unit Tidak Bau

Mesin cuci bisa menjadi sumber bau yang kurang sedap, yang berpotensi merusak aroma pakaian Kalian. Ini cukup ironis, mengingat tujuan mencuci pakaian adalah untuk membuatnya bersih dan beraroma segar, bukan malah menimbulkan bau yang tidak sedap.

Penyebab utama mesin cuci berbau adalah pertumbuhan jamur dan bakteri pada celah-celah tabung. Jika Kalian menghadapi situasi ini, cukup rutin membersihkan mesin cuci untuk mencegah bau tidak sedap.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sharp 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp

Membersihkan mesin cuci Sharp dapat menjadi tugas yang mudah jika Kalian mengetahui langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah panduan yang bisa Kalian ikuti:

1. Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Dua Tabung

Perangkat elektronik biasanya memiliki rentang hidup yang tidak terlalu lama, misalnya mesin cuci yang baru biasanya berumur sekitar 5 tahun. Namun, umur tersebut dapat diperpanjang dengan perawatan yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan mesin cuci secara rutin. Tetapi bagaimana caranya membersihkan mesin cuci 2 tabung secara efektif?

  • Gunakan Pemutih

Seiring berjalannya waktu, bagian dalam mesin cuci dapat berubah warna menjadi kekuningan. Kalian bisa menangani hal ini dengan memanfaatkan cairan pemutih pakaian. Isi mesin cuci dengan air hangat hingga semua bagian yang menguning terendam, lalu tambahkan pemutih secukupnya. Jalankan mesin cuci agar pemutih dan air tercampur, lalu diamkan selama beberapa waktu. Setelah noda kuning hilang, bilas dengan air bersih.

  • Membersihkan Dengan Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci. Tuangkan air hangat ke dalam mesin cuci, lalu tambahkan baking soda dan cuka. Jalankan mesin cuci seperti biasa dan biarkan campuran ini meresap selama sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas mesin cuci hingga bersih.

  • Selalu Bersihkan Deterjen Setelah Selesai Mencuci

Membersihkan sisa deterjen setelah mencuci sangat penting dalam menjaga mesin cuci tetap awet. Deterjen yang menumpuk bisa membentuk kerak dan merusak kinerja mesin. Jadi, selain membersihkan bagian dalam, pastikan juga bagian luar mesin cuci bebas dari sisa deterjen.

Mengutamakan kebersihan mesin cuci dapat memperpanjang umur pakainya dan menjaga performanya. Namun, selain merawat mesin cuci dengan baik, kualitas mesin juga sangat berpengaruh terhadap umur pakainya. Pilihlah mesin cuci berkualitas seperti mesin cuci Sharp yang dilengkapi dengan jaminan garansi yang jelas.

2. Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Kita telah membahas cara membersihkan mesin cuci Sharp tipe bukaan atas, sekarang mari kita membahas cara membersihkan mesin cuci bagian atas. Meski tujuannya sama, proses pembersihan mesin cuci front loading dan bukaan atas memiliki perbedaan. Berikut adalah cara membersihkan mesin cuci bukaan atas:

Pertama, jalankan program pencucian dengan air panas atau biasa. Saat mesin cuci mulai beroperasi dan terisi air, tambahkan 750 ml cuka putih dan 60 gram baking soda ke dalam mesin. Pastikan cuka putih dan baking soda tercampur rata di dalam mesin cuci, lalu matikan mesin cuci. Biarkan campuran ini meresap selama sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Setelah itu, jalankan kembali mesin cuci dan lanjutkan program pencucian sampai bilas selesai. Setelah program pencucian selesai, lap bagian dalam tabung dengan kain yang telah direndam dalam campuran air panas dan cuka dengan rasio 1:1. Pastikan Kalian membersihkan bagian dalam secara menyeluruh, termasuk bagian tepi dan atap tabung.

Setelah bagian dalam dibersihkan, bersihkan juga bagian luar mesin cuci dengan campuran air hangat dan cuka. Pastikan panel mesin cuci tidak terkena air selama proses pembersihan untuk menghindari kerusakan.

Dengan cara ini, Kalian akan mengetahui cara membersihkan mesin cuci bukaan atas dengan mudah dan efektif. Lakukan pembersihan secara rutin agar mesin cuci Kalian selalu dalam kondisi terbaik.

3. Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci yang selalu digunakan tentu memerlukan perawatan dan pembersihan yang tepat. Jika sebelumnya kita telah membahas tentang cara merawat mesin cuci, sekarang kita akan membahas cara membersihkan mesin cuci Sharp tipe front loading.

Langkah pertama adalah pastikan mesin cuci kosong sebelum membersihkan. Kemudian, jalankan program pencucian dengan air panas (jika tersedia). Pencucian dengan air panas dapat membantu menghilangkan sisa deterjen yang menumpuk di dalam tabung.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Aqua Japan, Kenali Sebelum Membeli

Selanjutnya, siapkan dua cangkir cuka dan tuangkan ke dalam laci deterjen atau langsung ke dalam tabung mesin cuci. Jalankan program pencucian (khususnya dengan air panas, atur suhu pada 40°C). Cuka ini berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam mesin cuci.

Setelah mesin cuci selesai mencuci, lepaskan laci deterjen dan rendam dalam wadah besar. Jika kondisi laci deterjen sangat kotor, gunakan air rendaman yang dicampur dengan air panas dan karbol. Setelah rendaman cukup, bilas laci deterjen dan keringkan, lalu pasang kembali.

Untuk optimalisasi pembersihan pada mesin cuci front loading, membersihkan bagian dalam saja tidak cukup. Kalian juga perlu membersihkan bagian luar mesin cuci agar tampak baru dan bersih. Gunakan kain yang dibasahi dengan air panas atau hangat untuk membersihkan bagian luar mesin cuci.

Selain itu, jangan lupa membersihkan saluran yang menghubungkan laci deterjen dan tabung mesin cuci. Di sana biasanya terdapat tumpukan sisa deterjen yang cukup banyak, sehingga Kalian dapat memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menghilangkan residu tersebut.

Tips Membersihkan Mesin Cuci

Setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan mesin cuci Sharp, kita paham bahwa mesin cuci adalah alat elektronik di rumah yang sering kita gunakan setiap hari. Kadang, mesin cuci perlu menangani pakaian yang sangat kotor, misalnya pakaian yang terkena lumpur. Jika mesin cuci tidak dibersihkan secara rutin, maka mesin cuci dapat menghasilkan bau tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan mesin cuci dan menghindari bau tak sedap.

Langkah pertama dalam membersihkan mesin cuci adalah dengan membersihkan tabung, baik untuk mesin cuci model bukaan atas ataupun depan. Isilah tabung dengan air panas, kemudian tambahkan satu liter pemutih. Jalankan mesin cuci seperti biasanya.

Jika mesin cuci Kalian memiliki fitur Tub Self Cleaner, nyalakan mode ini dan biarkan mesin cuci membersihkan dirinya sendiri. Setelah selesai, biarkan mesin cuci mengering dengan sendirinya. Jika masih ada bau yang kurang sedap atau ada kotoran yang masih tersisa, ulangi proses tersebut.

Selain membersihkan tabung, Kalian juga perlu membersihkan dispenser deterjen, baik untuk deterjen bubuk maupun cair. Bersihkan dispenser pada mesin cuci model bukaan depan ataupun atas dengan larutan cuka dan air. Area ini harus dibersihkan agar bagian dalam mesin cuci tetap higienis.

Jika Kalian memiliki mesin cuci model bukaan depan, pastikan juga untuk membersihkan karet penutup mesin. Area ini rentan terhadap pertumbuhan lumut karena air bisa tersangkut di antara lapisan karet dan mesin. Gunakan pembersih serbaguna dan spons untuk membersihkan bagian ini.

Terakhir, selain membersihkan bagian dalam, Kalian juga perlu membersihkan bagian luar mesin cuci. Sebelum melakukan pembersihan, pastikan untuk mencabut stop kontak. Jangan menyiram air pada bagian yang tidak boleh basah, seperti panel kontrol elektronik.

Memahami Berbagai Tipe Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan perangkat yang sangat membantu dalam hal pencucian pakaian. Ada tiga tipe mesin cuci, dengan masing-masing tipe memiliki metode pencucian khusus untuk menghasilkan pencucian yang lebih baik. Tiga tipe mesin cuci tersebut adalah mesin cuci 2 tabung, mesin cuci 1 tabung top loading, dan mesin cuci 1 tabung front loading.

1. Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin cuci 2 tabung memiliki dua fungsi berbeda. Tabung pertama untuk mencuci dan membilas pakaian, sementara tabung kedua untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci.

Keunggulan dari mesin cuci 2 tabung adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan tipe mesin cuci lainnya. Konsumsi listriknya juga relatif lebih rendah, sebab mesin cuci ini dirancang agar lebih hemat energi.

Baca juga:  Berapa Daya Listrik Mesin Cuci? Berikut Penjelasannya

Namun, kelemahan dari mesin cuci 2 tabung adalah Kalian harus memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung pengering setelah pakaian dicuci, sehingga proses mencuci menjadi 2 tahap. Kelembutan pakaian hanya sekitar 70% karena tabung berputar secara vertikal, sehingga air tidak dapat sepenuhnya turun. Selain itu, mesin cuci 2 tabung membutuhkan jumlah air yang lebih banyak, jika kekurangan air, mesin tidak dapat berputar. Oleh sebab itu, mesin cuci 2 tabung memerlukan air paling banyak.

2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin cuci 1 tabung top loading adalah evolusi dari mesin cuci 2 tabung dengan penurunan jumlah tabung. Mesin cuci ini memiliki satu tabung yang berfungsi untuk mencuci dan mengeringkan pakaian dalam satu tabung yang sama secara otomatis. Kalian tidak perlu lagi memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lain seperti pada mesin cuci 2 tabung.

Keunggulan mesin cuci 1 tabung top loading adalah penggunaan listrik yang relatif lebih rendah dan praktis karena proses mencuci dan pengeringan dilakukan secara otomatis. Mesin cuci ini bekerja secara otomatis mulai dari mengisi air, mencuci, membilas hingga memeras cucian.

Kelemahan mesin cuci 1 tabung top loading adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan mesin cuci 2 tabung. Tingkat kelembutan hanya mencapai 70% karena mesin cuci ini masih berbentuk vertikal sehingga air tidak bisa turun sepenuhnya. Mesin cuci ini juga membutuhkan volume air yang cukup banyak.

3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Tipe mesin cuci ini memiliki satu tabung yang dirancang secara horizontal dengan arah putaran yang vertikal. Seperti mesin cuci 1 tabung top loading, mesin cuci 1 tabung front loading akan mencuci dan mengeringkan pakaian secara otomatis mulai dari pengisian air, pencucian, pembilasan, hingga pemerasan.

Keunggulan mesin cuci 1 tabung front loading adalah proses pencucian lebih efisien dibandingkan dengan 2 tipe mesin cuci sebelumnya. Risiko kerusakan pada bahan atau pakaian paling minimal karena putaran mesin bersifat vertikal. Lebih praktis karena proses pencucian dan pengeringan dilakukan secara otomatis. Jumlah air yang dibutuhkan lebih sedikit. Tingkat kelembutan yang maksimal mencapai 90%.

Kelemahan mesin cuci 1 tabung front loading adalah harganya paling mahal karena memiliki teknologi yang lebih maju. Konsumsi daya listrik lebih tinggi dan memerlukan deterjen khusus.

Itulah beberapa variasi jenis mesin cuci beserta kelemahan dan keunggulannya. Pastikan Kalian memilih mesin cuci terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Kalian. Salah satu merk mesin cuci terbaik untuk kegiatan mencuci sehari-hari adalah mesin cuci Sharp, karena dilengkapi dengan teknologi tercanggih yang dapat memudahkan pekerjaan Kalian.

Penutup

Dalam penutupan, penting untuk mengingat bahwa perawatan dan pemeliharaan mesin cuci sangat penting untuk memastikan perangkat ini berfungsi dengan baik dan tahan lama. Khususnya, mesin cuci Sharp yang canggih, perlu penanganan dan perawatan khusus agar performanya tetap optimal.

Tidak hanya itu, mesin cuci yang bersih juga berarti pakaian yang bersih dan segar. Oleh karena itu, melakukan langkah-langkah yang telah diuraikan dalam “Cara Membersihkan Mesin Cuci Sharp” ini secara rutin akan sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan keawetan mesin cuci Kalian.

Ingatlah, sebuah mesin cuci yang terawat dengan baik akan memberikan hasil terbaik dalam mencuci pakaian Kalian. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan dan merawat mesin cuci Kalian dengan benar, sehingga Kalian dapat menikmati manfaatnya dalam jangka panjang. Selamat mencoba dan semoga informasi dari bengkeltv.id ini bermanfaat untuk Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *