Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar

Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab & Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar. Mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling penting dalam kehidupan modern kita. Dalam kebanyakan kasus, mesin cuci dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun tanpa masalah.

Namun, pada beberapa kesempatan, Kalian mungkin mengalami masalah dengan mesin cuci Kalian, seperti mesin cuci LG Turbo Drum yang tidak berputar.

Mengenal Mesin Cuci LG Turbo Drum

Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar

Mesin cuci LG Turbo Drum adalah mesin cuci yang menggunakan teknologi Turbo Drum untuk membersihkan pakaian dengan lebih efektif. Teknologi ini menggunakan gerakan putar yang berlawanan arah dengan arah jarum jam dan searah dengan arah jarum jam pada drum mesin cuci. Hal ini membantu mencuci pakaian dengan lebih efektif dan membersihkan kotoran yang membandel.

Selain teknologi Turbo Drum, mesin cuci LG Turbo Drum juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti kontrol suhu yang dapat disesuaikan, pengaturan kecepatan putar, dan kapasitas mesin yang besar. Mesin cuci ini juga dilengkapi dengan layar digital yang mudah dibaca dan mudah digunakan.

Mesin cuci LG Turbo Drum memiliki berbagai model yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Mesin cuci ini juga diketahui hemat energi dan ramah lingkungan, sehingga dapat membantu menghemat biaya listrik dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Dalam rangka memperpanjang masa pakai mesin cuci LG Turbo Drum, disarankan untuk melakukan perawatan yang baik dan rutin, seperti membersihkan drum dan filter secara teratur serta menghindari overloading mesin.

Baca juga:  Fungsi Kapasitor Mesin Cuci : Pengertian beserta Cara Pasangnya

Penyebab Mesin Cuci LG Turbo Drum Tidak Berputar

Berikut beberapa alasan mengapa drum mesin cuci LG Turbo Drum tidak berputar:

  • Kapasitor mengalami kerusakan
  • Sabuk penggerak putus atau terlepas
  • Motor atau dinamo mengalami kerusakan
  • Mainboard mengalami kerusakan

Kalian dapat memeriksa setiap penyebab di atas satu per satu. Apabila Kalian menemukan salah satu masalah, Kalian dapat memperbaikinya atau menggantinya jika komponen tersebut rusak.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo Drum yang Tidak Berputar

Untuk mengatasi masalah mesin cuci LG Turbo Drum yang tidak berputar meskipun lampu indikator dalam kondisi normal, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba:

1. Periksa Kabel Listrik

Kabel listrik yang rusak bisa menjadi penyebab mesin cuci mati mendadak. Untuk memeriksanya, lakukan langkah berikut:

  • Lepaskan kabel listrik.
  • Jika ada kabel putus atau berjumbai, ganti kabel tersebut.
  • Periksa stopkontak, karena kemungkinan kerusakan bukan pada mesin cuci melainkan stopkontak.
  • Jika mesin cuci tetap tidak berputar setelah kabel diganti, segera hubungi teknisi mesin cuci.

2. Mesin Pembilas Tidak Berfungsi dengan Baik

Sisa detergen yang tertinggal di pakaian bisa disebabkan oleh beban pakaian yang melebihi kapasitas mesin cuci atau mesin pembilas yang tidak bekerja dengan baik. Berikut cara mengatasi mesin cuci yang tidak berputar karena pembilas tidak bekerja dengan baik:

  • Periksa bagian pemasok air.
  • Jika selang pemasok air tertekuk, luruskan agar air mengalir dengan baik.
  • Pastikan selang pembuangan air tidak tersumbat.
  • Jika masih bermasalah, ganti selang dengan yang baru.

3. Mesin Cuci Bocor

Kebocoran sering menjadi penyebab mesin cuci mati mendadak. Jika mesin cuci bocor, lakukan langkah berikut:

  • Ganti selang pengisian dan pembuangan air dengan selang baru.
  • Campurkan setengah cangkir cuka dengan satu liter air pada cucian. Campuran ini efektif untuk mengurangi residu busa yang meluap.
  • Periksa bantalan mesin. Ganti bantalan mesin jika sudah rusak.

4. Lantai Tidak Rata

Lantai yang tidak rata bisa menyebabkan mesin cuci tidak berputar. Hal ini umum terjadi pada mesin cuci satu tabung yang dilengkapi sensor getaran.

Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Menyambung Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Getaran mesin cuci menjadi lebih kuat saat lantai tidak rata, sehingga menyebabkan kerusakan. Solusinya adalah dengan meratakan permukaan lantai.

5. Masalah pada Sensor Mesin Cuci

Seiring kemajuan teknologi, beberapa mesin cuci dilengkapi dengan sensor untuk bekerja secara otomatis. Namun, hal ini juga bisa menjadi penyebab mesin cuci mati mendadak. Sensor biasanya mendeteksi kondisi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, sehingga proses pencucian tidak dapat dilanjutkan. Coba periksa beberapa sensor pada mesin cuci Anda seperti berikut:

  • Jika sensor pintu mesin kurang rapat, tutuplah dengan rapat hingga sensor kunci aktif.
  • Jika sensor air menyala, tunggu hingga air mengalir kencang dan mesin kembali beroperasi secara otomatis.
  • Saat sensor kelebihan muatan aktif, kurangi jumlah pakaian yang dicuci.
  • Jika sensor listrik aktif, berarti daya listrik untuk mencuci tidak cukup. Hentikan kegiatan mencuci untuk menghindari korsleting listrik.

6. Lid Switch Rusak

Lid switch adalah saklar yang berfungsi mendeteksi gerakan pintu mesin cuci. Jika saklar ini rusak, mesin tidak bisa mendeteksi apakah pintu dalam keadaan tertutup atau terbuka, sehingga mesin tidak akan berputar.

Kerusakan ini bisa terjadi karena terminal kontak mengalami korosi sehingga arus listrik tidak bisa mengalir. Atasi masalah ini dengan membersihkan kontak saklar. Jika belum berhasil, Anda mungkin perlu membeli lid switch baru seharga sekitar Rp70.000.

7. Mesin Cuci Berdengung dan Tidak Berputar

Salah satu alasan mengapa mesin cuci tidak berputar dan terus mengeluarkan suara berdengung adalah karena muatan di dalam tabung terlalu banyak.

Jika ini terjadi, solusinya mudah: kurangi jumlah pakaian yang dimasukkan. Meskipun ini memerlukan waktu lebih lama untuk mencuci pakaian, setidaknya mesin cuci Anda tetap awet.

8. As Macet

Penyebab terakhir mesin cuci tidak berputar adalah as mesin cuci yang macet. Biasanya as macet disebabkan oleh masalah pada dinamo mesin cuci, seperti dinamo yang kotor.

Cara mengatasi masalah ini sangat mudah: bersihkan dinamo dari debu agar kinerjanya tidak terhambat. Jika setelah dinamo dibersihkan mesin cuci tetap tidak bekerja normal, kemungkinan kapasitor putus. Anda harus memeriksa kapasitor dan menyambungkannya kembali.

Baca juga:  Arti Kode Error Mesin Cuci LG dan Cara Mengatasinya

Rekomendasi Mesin Cuci LG yang Bisa Dipertimbangkan

Tidak yakin mesin cuci LG mana yang harus dipilih? Beberapa rekomendasi berikut ini bisa menjadi pertimbangan:

1. LG P120RT

Varian mesin cuci LG 2 tabung ini memiliki kapasitas 12kg yang cukup besar. LG P120RT sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti Roller Jet Pulsator untuk membersihkan pakaian secara lembut dan fitur Wind Jet Dry untuk mengeringkan pakaian secara optimal agar terhindar dari jamur. Harga mesin cuci LG ini juga cukup terjangkau.

2. FM1007N3W

Jika Anda mencari mesin cuci LG front loading, varian ini bisa menjadi pilihan. Spesifikasi mesin cuci ini meliputi berbagai teknologi, seperti 6 Motion DD untuk menghasilkan cucian yang lebih bersih, serta Inverter Direct Drive Motor yang membuatnya bebas getar dan berisik saat digunakan. Terdapat juga fitur Smart Diagnosis yang dapat digunakan jika Anda menemukan masalah pada perangkat.

3. T2108VS2M

Mesin cuci LG top loading ini memiliki kapasitas 8kg yang cukup besar untuk kebutuhan sehari-hari. Mesin cuci ini hemat energi, higienis, dan tahan lama karena mengadopsi teknologi smart inverter. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari Smart Motion hingga Smart Diagnosis ada pada mesin cuci ini.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai mesin cuci LG Turbo Drum yang tidak berputar. Semoga informasi ini membantu Anda dalam mengatasi masalah yang terkait dengan mesin cuci tersebut.

Jangan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut dan berkonsultasi dengan ahli perbaikan jika menghadapi masalah yang lebih kompleks. Ingat, menjaga mesin cuci Anda agar tetap dalam kondisi prima adalah langkah penting dalam memastikan keawetan dan efisiensi penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *