Cara Membuat Lampu LED Strip

Cara Membuat Lampu LED Strip yang Kreatif

Posted on

Bengkeltv.idCara Membuat Lampu LED Strip yang Kreatif. Dalam era modern ini, pencahayaan bukan lagi hanya sekadar fungsi praktis, tetapi juga menjadi elemen penting dalam menciptakan atmosfer dan gaya ruangan. Salah satu cara yang populer untuk menambahkan sentuhan kreatif pada pencahayaan adalah dengan menggunakan lampu LED strip. Dengan berbagai pilihan warna dan kemampuan untuk mengatur intensitas cahaya, lampu LED strip memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam merancang tata cahaya yang unik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis tentang cara membuat lampu LED strip sendiri. Selain menjadi proyek DIY yang menyenangkan, pembuatan lampu LED strip secara mandiri juga memungkinkan Kalian untuk menyesuaikan pencahayaan ruangan sesuai dengan selera dan gaya pribadi. Mari kita eksplorasi langkah-langkah sederhana yang dapat membantu Kalian menciptakan suasana ruangan yang penuh warna dan kreativitas dengan lampu LED strip.

Apa Itu LED Strip ?

Pernahkah Kalian menemui hiasan lampu yang menghiasi mall, restoran, gedung, atau bahkan taman belakangan akhir-akhir ini? Salah satu jenis lampu yang tengah menjadi tren di kalangan masyarakat, tak lain dan tak bukan adalah lampu Strip LED! atau lebih dikenal dengan sebutan lampu ribbon light.

Lampu Strip LED merupakan jenis lampu yang terdiri dari rangkaian chip SMD LED yang dipasang pada suatu sirkuit panjang. Bentuknya fleksibel dan dilengkapi dengan perekat yang kuat di bagian belakang lampu. Lampu ini juga sering disebut dengan beberapa istilah, seperti LED Tape, Ribbon light, lampu selang, flexible LED Strip, dan sebagainya.

Berkat warnanya yang cantik dan kesan mewahnya, kini banyak yang mengintegrasikan lampu LED Strip sebagai bagian dari pencahayaan, baik di gedung pertokoan maupun rumah tinggal.

Fungsi Lampu Strip LED

Produk lampu Strip LED tidak hanya sekadar sebagai sumber cahaya, tetapi juga menawarkan beragam fungsi yang membuatnya semakin diminati. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menambah aksen pencahayaan, memberikan sentuhan dekoratif pada suatu ruangan, dan berperan sebagai lampu backlight yang dapat menciptakan atmosfer yang berbeda.

Dengan keberagaman fungsi tersebut, lampu LED strip mampu memberikan nuansa yang unik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penggunaannya sebagai aksen pencahayaan dapat memberikan sorotan pada elemen dekoratif atau area tertentu dalam ruangan. Sebagai lampu dekorasi, lampu strip LED bisa dipasang pada berbagai permukaan atau bentuk untuk menciptakan tata cahaya yang artistik dan menarik.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Cek Layar HP Samsung untuk Kinerja Optimal

Selain itu, lampu LED strip sering digunakan sebagai lampu backlight, memberikan iluminasi lembut pada objek tertentu seperti panel TV, meja kerja, atau bagian interior furnitur. Dengan pencahayaan yang tidak langsung ini, suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan menenangkan.

Selain itu, lampu LED strip menyediakan pilihan beberapa jenis chip SMD (Surface Mount Device), memungkinkan pengguna untuk memilih intensitas cahaya dan efisiensi energi yang sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan pengaturan tegangan dan arus juga menjadi fitur penting, memberikan kontrol yang lebih baik terhadap kinerja lampu sesuai dengan lingkungan penggunaan.

Cara Membuat Lampu Led Strip Mengikuti Musik

Sebelum lampu disco dapat menyesuaikan diri dengan musik, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merakitnya terlebih dahulu.

Proses perakitan diperlukan karena susunan listrik harus dipasang dengan cermat, memungkinkan lampu LED untuk mengikuti irama musik yang sedang diputar. Oleh karena itu, sebelum Kalian mulai memasangnya, disarankan untuk mempersiapkan bahan dan peralatan yang diperlukan.

Berikut beberapa bahan dan peralatan yang perlu Kalian siapkan untuk merakit lampu LED yang responsif terhadap musik:

  • Lampu LED Strip:
    Pilih jenis lampu LED Strip yang sesuai dengan preferensi Kalian, berdasarkan jenis, motif, dan panjang yang dibutuhkan.
  • Resistor 22K:
    Gunakan resistor 22K sebagai penghambat arus listrik dalam rangkaian.
  • Mosfet IRFZ44N:
    Gunakan Mosfet IRFZ44N untuk mengatur tegangan, sehingga dapat menyesuaikan tingkat kecerahan lampu.
  • Mic Condenser:
    Gunakan mikrofon kondensator untuk menangkap suara di sekitarnya.
  • Solder dan Timah:
    Persiapkan solder dan timah untuk menghubungkan komponen elektronik.
  • Kabel Jepitan Buaya:
    Siapkan kabel jepitan buaya untuk menghubungkan komponen dan membuat sambungan yang kuat.
  • Aki Motor:
    Pastikan Kalian memiliki aki motor yang dapat digunakan dalam proyek ini.

Setiap orang dapat membuat lampu LED Strip yang responsif terhadap musik, asalkan mereka memastikan bahwa susunan listrik dan sensor suara telah terpasang dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah untuk merakit lampu LED Strip agar dapat mengikuti irama musik:

  • Soldering Mosfet dan Resistor:
    Solder kaki tengah dari Mosfet IRFZ44N dengan salah satu sisi dari resistor 22K.
  • Penghubung Resistor-Mosfet:
    Tekuk sisi lain dari resistor 22K dan hubungkan dengan salah satu kaki lain dari Mosfet IRFZ44N. Jika kawat resistor terlalu panjang, potong sesuai kebutuhan.

Dengan merinci persiapannya dan mengikuti langkah-langkah tersebut, Kalian akan dapat membuat lampu LED Strip yang menyala sesuai dengan irama musik yang diputar.

Cara Membuat Lampu LED Strip

Langkah berikutnya adalah memasang mikrofon kondensator. Pastikan bahwa kabel positif dan negatif mikrofon kondensator tersebut terpasang dengan benar.

Baca juga:  Cara Menambah Channel di STB Indihome dengan Cepat dan Mudah

Sambungkan bagian kabel negatif dari mikrofon kondensator ke kaki kanan mosfet. Sementara itu, hubungkan bagian kabel positif ke kaki kiri mosfet yang sebelumnya terhubung dengan resistor.

Tempelkan lampu LED Strip ke mosfet.

Pasangkan kabel jepitan buaya positif ke lampu LED Strip, dan kabel jepitan buaya negatif ke salah satu bagian mosfet.

Sambungkan rangkaian kabel ini ke aki motor sebagai sumber daya listrik.

Seiring dengan itu, lampu LED Strip akan menyala dan mengikuti irama musik.

Cara Membuat Lampu LED Strip

Terdapat jenis rangkaian lain yang dapat dipakai untuk menyusun LED Strip agar sesuai dengan musik, seperti yang terlihat dalam ilustrasi di bawah ini.

Cara Membuat Lampu LED Strip

Cara Instalasi Pemasangan LED STRIP

Jika ingin menghubungkan LED Strip DC dengan panjang lebih dari 5 meter menggunakan hanya 1 unit Power Supply, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil:

Pastikan bahwa tegangan listrik yang digunakan adalah 12V atau 24V DC, karena LED Strip DC beroperasi pada tegangan tersebut.

Perhatikan kebutuhan watt, di mana semakin besar watt akan menghasilkan arus yang lebih besar.

Setiap gulung atau roll LED Strip umumnya memiliki panjang 5 meter. Jika panjang yang dibutuhkan melebihi 5 meter, lakukan penyambungan dengan sistem paralel.

Hindari menggunakan sistem seri untuk penyambungan, karena hal ini dapat mengakibatkan pencahayaan yang tidak merata dan kecerahan yang tidak optimal antara roll pertama dan roll berikutnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dengan benar, Kalian dapat menyambung LED Strip DC dengan panjang lebih dari 5 meter menggunakan hanya 1 unit Power Supply.

1. Berikut ini adalah rekomendasi skema instalasi LED STRIP:

Cara Membuat Lampu LED Strip

  • Ilustrasi pertama menunjukkan skema instalasi yang benar, yakni menggunakan sistem paralel.
  • Pemasangan dapat dilakukan dengan menarik kabel dari setiap gulungan LED Strip ke terminal power supply atau dengan menarik kabel utama berukuran besar dari unit Power Supply dan menghubungkan setiap gulungan (setiap 5 meter) ke kabel utama tersebut.
  • Penting untuk menggunakan kabel berukuran besar yang sesuai dengan kapasitas Ampere, karena dengan daya yang sama, listrik dengan tegangan rendah akan menghasilkan arus yang lebih besar dibandingkan dengan listrik yang memiliki tegangan tinggi.
  • Sebagai contoh, dengan daya 120 Watt, listrik ber tegangan 220V akan mengalirkan arus sebesar 1,83 Ampere, sementara listrik ber tegangan 12V DC dengan daya yang sama akan mengalirkan arus sebesar 10 Ampere.
  • Menggunakan kabel yang kecil dapat menghambat aliran arus dengan efektif, menyebabkan cahaya yang dihasilkan tidak maksimal, dan meningkatkan risiko pemanasan berlebih serta potensi bahaya.

2. Gambar kedua adalah skema Instalasi LED STRIP yang salah :

Cara Membuat Lampu LED Strip

  • Dalam ilustrasi kedua, terlihat penyambungan menggunakan sistem seri, di mana gulungan pertama sepanjang 5 meter langsung dihubungkan ke gulungan berikutnya dan seterusnya.
  • Pemasangan dengan metode ini dapat menghasilkan pencahayaan yang tidak merata antara gulungan pertama dan gulungan berikutnya. Selain itu, unit LED Strip dapat menjadi panas karena arus yang melalui LED Strip menjadi besar.
  • Sebagai catatan, sistem seri dapat mengakibatkan ketidakmerataan pencahayaan dan meningkatkan risiko pemanasan berlebih, yang dapat mempengaruhi kinerja dan umur pakai LED Strip. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sistem paralel untuk memastikan distribusi cahaya yang optimal dan mengurangi risiko pemanasan berlebih.
Baca juga:  Cara Menyambung Kabel Fiber Optik Indihome Paling Lengkap

Harga Lampu LED Mengikuti Irama Musik

Harga lampu LED yang responsif terhadap irama musik bervariasi, umumnya di kisaran 100 hingga 150 ribu rupiah.

Harga tersebut dipengaruhi oleh faktor seperti ukuran, daya listrik yang digunakan, dan fitur tambahan yang dimiliki oleh lampu LED Strip.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk memilih lampu LED yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor ini, Kalian dapat memilih lampu LED yang cocok untuk menciptakan atmosfer ruangan yang hidup dan penuh warna, sejalan dengan irama musik yang sedang diputar.

Keunggulan Lampu LED Strip

Sebagai bentuk penerangan yang sangat diminati, lampu LED strip menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan lampu jenis lainnya.

Beberapa keunggulan dari lampu LED strip meliputi:

  • Efisiensi energi yang tinggi dan penggunaan listrik yang ekonomis.
  • Investasi jangka panjang yang menguntungkan karena daya tahan yang lama.
  • Kemampuan untuk secara bertahap mengurangi biaya tagihan listrik.
  • Memberikan penerangan optimal meskipun menggunakan daya yang relatif rendah.
  • Fleksibilitas dalam penggunaan dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis dekorasi interior.

Penutup

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa membuat lampu LED strip bukanlah tugas yang sulit dan dapat diakses oleh siapa pun dengan sedikit usaha. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Kalian dapat menciptakan lampu LED strip yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Kalian. Selain memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan, lampu LED strip juga memiliki banyak kegunaan praktis.

Dengan teknologi LED yang semakin canggih, Kalian dapat menyesuaikan suasana ruangan sesuai dengan suasana hati dan kegiatan yang sedang berlangsung. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat lampu LED strip sendiri dan memberikan sentuhan personal pada pencahayaan ruangan Kalian.Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Membuat Lampu LED Strip. Semoga bermanfaat untuk Kalian. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *