Cara Membuat Mixer Rakitan

Cara Membuat Mixer Rakitan : Sederhana dan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Membuat Mixer Rakitan : Sederhana dan Mudah. Mixer mungkin sudah sangat umum dikenal oleh para penggemar audio sound sistem. Beberapa dari mereka bahkan mencoba untuk membuat mixer rakitan sendiri.

Tersedia beragam jenis mixer di toko-toko elektronik yang menjual perlengkapan audio. Namun, tidak sedikit yang lebih memilih untuk membuat mixer sendiri demi mencapai kepuasan sesuai dengan harapan.

Para perakit mixer yang sudah profesional mungkin tidak lagi mengalami kesulitan dalam merakit mixer. Namun, bagi perakit pemula, seringkali merasa kebingungan dalam proses pembuatan atau perakitan mixer rakitan.

Komponen Atau Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses perakitan mixer audio, sebaiknya persiapkan dan pahami terlebih dahulu modul atau komponen yang akan digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  1. Diperlukan satu unit trafo 3 ampere berkualitas baik untuk merakit mixer audio. Meskipun bisa juga menggunakan trafo 1 atau 2 ampere, namun disarankan menggunakan trafo 3 ampere agar lebih stabil dan tidak menimbulkan dengungan.
  2. Modul power supply simetris teregulasi, pakai IC seri 78xx dan 79xx.
  3. Modul mixing kontrol / konsol, banyaknya modul ini akan menentukan banyaknya channel mixer. Jadi tergantung kebutuhan akan membuat berapa channel, minimal empat channel.
  4. 1 unit modul echo, sebagai efek bawaan.
  5. Kit power amplifier mini stereo, yang digunakan untuk headphone.
  6. 3 buah modul Master mixer satu potensio
  7. Kabel yang dibungkus ground mono.
  8. 3 buah Potensio mono 50K.
  9. 1 buah IC regulator 7809, yang berguna untuk menurunkan tegangan yang menuju echo.
  10. 13 buah Resistor 47k dan 4k7.
  11. Jack mic female, disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya setiap modul mixing kontrol terdapat dua mono dan stereo.
  12. Jack in / out ( RCA)
Baca juga:  Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Dengan WiFi : Panduan Lengkap

Diagram Cara Merakit Modul Elektronik Untuk Merakit Sebuah Mixer

Ada dua pilihan untuk membuat sebuah mixer audio, yaitu membeli rakitan mixer utuh yang sudah jadi atau merakit sendiri dengan cara menggabungkan beberapa modul atau kit. Merakit mixer sendiri memiliki keuntungan dalam menghemat biaya sekaligus meningkatkan keterampilan.

Selain itu, merakit mixer dari awal juga memungkinkan untuk menambah channel sesuai dengan keinginan.

Gambar Diagram Merakit Mixer Audio Sederhana

Cara Membuat Mixer Rakitan

Catatan :

Cara Membuat Mixer Rakitan, rangkaian yang disediakan bersifat fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan dan kreativitas masing-masing. Contohnya, bisa mengubah ampere trafo, mengganti potensio, menambah mixing kontrol, dan modifikasi lainnya.

  • Jika serasa tidak perlu, 2 buah resistor 47k bisa dihilangkan.
  • Ketika menginginkan memakai efek dari luar misal efek reverb alesis, jalur SEND dan RETURN adalah solusinya.
  • Potensio SEND atau RETURN dibutuhkan untuk menyeimbangkan suara terkait efek dari luar, sementara potensio echo volume berfungsi untuk mematikan echo bawaan saat ingin menggunakan efek dari luar.
  • IC 7809 merupakan IC tambahan, jadi tidak akan dibutuhkan jika modul echo sudah memakai IC tersebut pada rangkaiannya.
  • Modul atau kit yang ada pada diagram tidak harus sama, artinya bisa menggunakan modul apa saja. Sesuai selera.
  • Bisa ditambahkan modul aksesoris seperti LED VU display, inputnya bisa diambil dari output master L/R.

Langkah Merakit atau Membuat Mixer Sederhana 2 Chanel

Bagi para perakit yang sudah profesional, Cara Membuat Mixer Rakitan sederhana 2 channel sendiri tergolong mudah. Namun, bagi perakit pemula atau yang baru pertama kali membuat mixer tentunya membutuhkan bantuan dan memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Tidak perlu khawatir, karena wajar bagi pemula merasa kesulitan dalam membuat mixer sederhana 2 channel. Berikut ini akan dijelaskan cara pembuatan secara sederhana, serta disertai dengan gambar rangkaian yang sudah dibuat oleh para perakit.

Baca juga:  Cara Memasang Genset ke Listrik Rumah dengan Mudah & Aman

Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung

Perangkat audio mixer memiliki peran penting dalam menghasilkan suara dari input sebelum masuk ke penguat audio lainnya. Jika terdapat gangguan pada mixer, maka gangguan tersebut akan semakin membesar ketika diperkuat. Merakit perangkat sendiri tidak menjamin selalu berhasil membuat perangkat yang berkualitas.

Hal ini sering saya temukan ketika telah menyelesaikan perakitan perangkat dan mengetestnya ternyata hasilnya kadang mengecewakan.

Gejala sering dialami yaitu :

  • Ketika dimasukan input gain dibuka sedikit saja sudah ada dengungan.
  • Kadang bahkan, baru dinyalakan dan belum dikasih input sudah berdengung.
  • Potensio bass di arah jam 12 sudah mendengung.
  • Nois muncul di nada tinggi atau trible.

1. Power Suplay

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali saat merakit mixer adalah penggunaan power supply. Mixer rakitan biasanya menggunakan tegangan CT15 volt DC, dan apabila tegangan melebihi 15 volt dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen.

Sedangkan jika tegangan kurang dari 15 volt, mixer tidak akan berfungsi sama sekali. Namun, tegangan 12 volt masih dapat bekerja asalkan stabil tanpa drop.

2. Komponen Mixer

Kualitas suara yang dihasilkan oleh mixer ditentukan oleh kualitas komponen yang digunakan. Apabila menggunakan komponen berkualitas rendah, maka akan terjadi kecacatan pada audio. Sebagai contoh, penggunaan potensi dengan kualitas rendah pada mixer dapat memicu gangguan noise ketika potensi diputar.

3. Sistem instalasi

Penting untuk memperhatikan bagian box dan kabel yang digunakan pada bagian ini. Pada bagian kabel input, disarankan untuk menggunakan kabel yang terlindung ground, atau yang biasa disebut sebagai kabel HET.

Penggunaan kabel input ini sangat penting karena merupakan sumber sinyal. Jika terdapat masalah pada input dan diperkuat pada pre AM mic, gangguan akan semakin membesar.

Baca juga:  Perbedaan Antara Register dan Memori dalam Komputer

Penutup

Dalam pembuatan mixer rakitan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan komponen berkualitas, pemilihan power supply yang tepat, dan penggunaan kabel input yang terlindung ground. Perakitan mixer rakitan membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, terutama bagi perakit pemula.

Namun, dengan mengikuti panduan dan petunjuk yang tepat, pembuatan mixer rakitan dapat menjadi pilihan yang ekonomis dan menantang bagi para penggemar audio sound sistem.

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id Cara Membuat Mixer Rakitan. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda Cara Membuat Mixer Rakitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *