Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch.

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch.

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch. TV LED Polytron 24 inch adalah salah satu produk elektronik yang sangat populer di Indonesia. Namun, seperti semua produk elektronik, TV LED Polytron 24 inch juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada TV LED Polytron 24 inch adalah masalah dengan Tegangan Backlight.

Tegangan Backlight pada TV LED Polytron 24 inch sangat penting karena berfungsi sebagai sumber cahaya pada layar TV. Jika Tegangan Backlight rusak, maka layar TV tidak akan bisa menampilkan gambar dengan baik.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengatasi masalah Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch.

Mengenal Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch

Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch.

Untuk memperbaiki masalah backlight TV LED Polytron 24 yang hanya menyala sebentar, diperlukan pemahaman mengenai apa itu backlight pada TV LED. Backlight merupakan barisan lampu LED yang terletak di belakang layar TV LED. Fungsi dari backlight ini adalah untuk memberikan penerangan pada layar sehingga tampilan gambar dapat terlihat oleh mata manusia.

Sistem pada TV LED berbeda dengan TV tabung, karena pada TV LED membutuhkan sumber cahaya terpisah untuk menerangi layar sehingga layar tersebut dapat diterima oleh mata manusia. Layar pada TV LED sebenarnya adalah layar LCD, tetapi menggunakan LED untuk menggantikan lampu CCFL.

Oleh karena itu, memahami prinsip kerja backlight pada TV LED sangat penting dalam memperbaiki masalah yang terkait dengan pencahayaan pada TV LED Polytron 24.

Baca juga:  Penyebab & Cara Memperbaiki Putaran Dinamo Mesin Cuci Lemah

Tegangan Backlight TV LED Polytron

Jika ingin mengetahui Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch, Kalian mungkin akan bertanya-tanya cara mengukur tegangan backlight tersebut.

Untuk mengukur tegangan backlight pada TV LED Polytron, perlu membuka panel terlebih dahulu dan menghitung jumlah lampu LED yang terdapat di dalamnya. Namun, tidak dapat dipastikan dengan pasti berapa tegangan yang dibutuhkan untuk proteksi backlight pada TV LED Polytron karena tegangan untuk lampu LED sendiri bervariasi tergantung pada tipe TV yang digunakan.

Sebagai contoh, pada TV LED Polytron 24 inci tipe PLD 24T800, nilai VCC-nya sekitar 33 volt yang dapat ditemukan pada skema power supply TV LED Polytron 24 inci.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa spesifikasi tegangan backlight pada masing-masing tipe TV LED Polytron sebelum melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang terkait dengan backlight.

Tipe Backlight TV LED Berdasarkan Voltase

Tipe backlight TV LED saat ini dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan voltase supply-nya, yaitu LED backlight TV 3V dan LED backlight TV 6V. Kedua jenis ini tersedia di pasaran dan hampir seluruh TV yang beredar menggunakan salah satu dari keduanya sebagai sumber penerangan backlight.

Tipe LED Backlight TV Berdasarkan Ukuran

Selain Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch, tipe LED backlight juga dapat dibedakan berdasarkan ukurannya. Namun, tidak ada standar tertentu dalam hal ukuran lampu, karena hampir semua ukuran tersedia di pasaran dan bisa berbeda antara merek satu dengan merek lainnya.

Jika backlight pada TV LED Polytron hanya menyala sebentar, kemungkinan disebabkan oleh penyebaran cahaya yang tidak merata karena posisi lampu yang tidak sesuai. Oleh karena itu, penting untuk memilih ukuran lampu yang sesuai dengan jenis dan tipe TV Anda.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dalam tentang Skema Blok Diagram TV LED Beserta Fungsinya

Saat ini, LED backlight tersedia dalam berbagai ukuran berdasarkan jumlah lampu, seperti LED backlight 3 lampu, 5 lampu, atau bahkan 6 lampu.

Tipe LED Backlight TV Berdasarkan Bentuk Lensa

Tipe LED backlight TV juga dapat dibedakan berdasarkan bentuk lensanya, yaitu cembung atau cekung pada permukaannya. Kedua bentuk ini memiliki alasan dan tujuan masing-masing dan keduanya dapat digunakan tanpa masalah yang signifikan terhadap hasil perbaikan.

Namun, lebih baik jika lampu pengganti yang dipasang sesuai dengan voltase Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch untuk menghindari kerusakan pada power supply. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tipe backlight TV LED yang digunakan.

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Manual

Pastikan tegangan pada backlight TV LED merupakan hal penting untuk mengetahui apakah ada masalah pada TV. Terutama jika terjadi kerusakan seperti hilangnya gambar, maka perlu dilakukan pengukuran tegangan dengan benar. Berikut ini akan dijelaskan cara melakukan pengukuran yang baik dan benar.

1. Membongkar Panel TV

Langkah pertama dalam memperbaiki backlight TV LED adalah membongkar panel TV untuk melihat bagian dalamnya. Pembongkaran harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti untuk memastikan tidak ada bagian yang terlewat dan agar panel dapat terbuka dengan baik dan sempurna. Setelah dibongkar, akan terlihat lampu LED yang terdapat di dalam backlight TV LED yang dimiliki.

Agar memudahkan saat akan melakukan pemasangan kembali, disarankan untuk menyimpan semua bagian dengan rapi setelah dibongkar. Hal ini juga dapat membantu dalam mengidentifikasi komponen yang rusak atau perlu diganti.

2. Menghitung Semua Lampu LED

Setelah membongkar panel TV, langkah selanjutnya adalah memeriksa jumlah lampu LED yang terpasang pada panel. Tegangan yang dibutuhkan oleh backlight TV LED dapat dilihat dari jumlah lampu LED yang terpasang di panel. Oleh karena itu, pastikan untuk menghitung jumlah lampu dengan benar agar dapat mengetahui besaran tegangan yang dibutuhkan.

Baca juga:  Apa Penyebab Kenapa Set top Box Bisa Meledak dan Solusinya

Namun, perlu diingat bahwa saat melakukan pembongkaran untuk mengecek tegangan, dibutuhkan kehati-hatian. Bagian backlight LED TV sangat rawan dan mudah rusak ketika terkena guncangan terus-menerus, sehingga dapat membuat lampu mati. Kualitas lampu juga dapat menurun akibat guncangan tersebut, bahkan pada akhirnya dapat membuat lampu tidak dapat menyala.

Oleh karena itu, pembongkaran harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak memberikan guncangan yang berlebihan dan membuat lampu mati. Kerusakan yang terjadi dapat menyebabkan kerugian yang besar, padahal niat awalnya hanya ingin mengecek saja. Kuncinya adalah hati-hati dan perlahan agar dapat melakukan pengecekan tegangan backlight TV LED dengan baik dan lancar.

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Dengan Alat

Cara kedua yang dapat digunakan untuk mengukur tegangan adalah dengan menggunakan alat khusus yang dirancang untuk tujuan tersebut. Terdapat beberapa kelebihan dan manfaat dari penggunaan alat khusus ini, di antaranya:

  • Lebih mudah dilakukan pengukuran, karena tidak perlu melakukan pembongkaran pada TV.
  • Lebih aman bagi TV, karena tidak perlu dilakukan pembongkaran, sehingga kemungkinan kerusakan akibat guncangan lebih kecil.

Alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran adalah zener tester, yang dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu membongkar TV. Selain itu, kalian juga dapat membuat atau merakit alat sendiri dengan rangkaian khusus untuk melakukan pengecekan tegangan backlight TV LED.

Penutup

Dengan demikian, itulah ulasan mengenai Tegangan Backlight TV LED Polytron 24 inch dari bengkeltv.id. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memperbaiki masalah pada backlight TV LED.

Tetap berhati-hati dan teliti saat melakukan pembongkaran atau pengukuran tegangan, sehingga dapat meminimalisir risiko kerusakan pada TV. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *