Skema Rangkaian Backlight TV LED

Panduan Lengkap Skema Rangkaian Backlight TV LED dan Cara Mengukurnya

Posted on

Bengkeltv.id Panduan Lengkap Skema Rangkaian Backlight TV LED dan Cara Mengukurnya. Seiring berjalannya waktu, teknologi dalam dunia elektronik terus mengalami perkembangan pesat. Salah satu aspek penting dari teknologi ini adalah TV LED (Light Emitting Diode) yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari.

Elemen vital dalam performa TV LED adalah sistem backlight-nya, yang bertanggung jawab untuk memberikan pencahayaan yang cukup sehingga gambar dapat tampil jelas dan berwarna cerah di layar. Namun, apa yang terjadi di balik layar? Bagaimana skema rangkaian backlight TV LED bekerja? Artikel ini akan membahas secara detail tentang skema rangkaian backlight TV LED dan cara kerjanya. Mari kita mulai perjalanan pengetahuan kita.

Pengertian Tentang Skema Rangkaian Backlight TV LED

Skema Rangkaian Backlight TV LED

Skema rangkaian backlight TV LED adalah representasi visual yang menggambarkan bagaimana elemen-elemen pada sistem pencahayaan TV LED terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Sistem pencahayaan ini, yang juga dikenal sebagai backlight TV LED, terdiri dari sejumlah lampu LED yang terletak di belakang layar panel.

Ada beberapa komponen penting dalam skema rangkaian backlight TV LED, seperti driver LED, inverter, dan transformator. Driver LED memiliki fungsi untuk mengatur aliran arus listrik ke lampu LED, sementara inverter berperan sebagai perangkat yang merubah arus searah menjadi arus bolak-balik, yang kemudian dapat digunakan oleh lampu LED. Adapun transformator berfungsi untuk menyesuaikan tegangan listrik yang diberikan ke sistem backlight TV LED.

Skema rangkaian ini juga dapat menggambarkan bagaimana masing-masing komponen terhubung ke sumber tenaga listrik dan sistem kontrol di dalam TV LED. Dalam sejumlah situasi, skema rangkaian backlight TV LED bisa menjadi alat bantu yang sangat berguna bagi teknisi untuk melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak dalam sistem pencahayaan TV LED.

Mengenal Apa itu Backlight Pada TV LED

Backlight adalah elemen krusial dalam rangkaian televisi LED dan monitor LCD. Ini terdiri dari deretan lampu LED yang diletakkan dengan merata untuk memberikan iluminasi pada layar LCD di depannya.

Baca juga:  √ TV Sharp Protek : Penyebab Utama & Cara Memperbaikinya

Layar LCD pada televisi adalah jenis layar yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri, atau disebut juga dengan layar pasif. Akibatnya, tanpa pencahayaan dari belakang, gambar yang muncul pada layar akan tampak gelap dan sulit untuk dikenali. Oleh karena itu, peran utama dari backlight LED adalah menyediakan sistem pencahayaan yang merata pada layar LCD, sehingga gambar yang ditampilkan dapat terlihat jelas dan berwarna cerah.

Jadi, dapat dipahami bahwa backlight pada TV LED adalah susunan lampu yang dirancang untuk memberikan pencahayaan terang dan merata pada layar LCD di depannya. Backlight ini diletakkan di belakang berbagai lapisan layar LCD.

Pada fase awal pengembangan monitor LCD dan TV LCD, lampu backlight masih menggunakan jenis lampu neon mini yang dipasang di kedua sisi layar, yakni atas dan bawah. Lampu jenis ini juga dikenal sebagai CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp). Namun, sejalan dengan kemajuan teknologi, lampu neon tersebut telah digantikan oleh lampu LED, yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan lampu neon.

Fungsi Skema Rangkaian Backlight TV LED

Dalam hal pengecekan dan perbaikan, skema rangkaian sangatlah penting karena memberikan informasi yang diperlukan. Berikut adalah beberapa fungsi penting dari skema rangkaian backlight TV LED yang perlu kalian ketahui.

  • Untuk melakukan pengecekan atau pengukuran tegangan, kalian perlu mengetahui skema ini agar dapat melakukannya dengan baik.
  • Jika terjadi kerusakan pada TV kalian, kalian juga dapat mengKalianlkan skema rangkaian ini untuk memperbaikinya dengan benar.

Cara kerja backlight tv LED

Sebenarnya, blok backlight TV LED adalah bagian yang menyatu dengan blok panel LCD TV LED. Akan tetapi, mekanisme kerja backlight TV LED memiliki perbedaan ringan jika dibandingkan dengan mekanisme kerja backlight TV LCD.

Backlight pada TV LED beroperasi dengan memanfaatkan sejumlah lampu LED yang dihubungkan secara seri dalam jumlah tertentu, yang ditentukan berdasarkan ukuran layar panel LCD. Biasanya, backlight TV LED menggunakan lampu LED dengan tegangan 3 volt atau 6 volt.

Tegangan 3 volt diperuntukkan bagi satu lampu. Untuk ukuran layar panel LCD 16 inchi, biasanya digunakan 10 lampu yang dihubungkan secara seri. Dengan kata lain, backlight ini memerlukan total tegangan sebesar 3 volt x 10 lampu, atau sama dengan 30 volt DC.

Baca juga:  TV Sharp Alexander Standby Tidak Mau Start : Cara Mudah Mengatasinya !!

Tegangan 30 volt DC ini didapatkan dari blok Driver LED atau inverter. Mekanisme kerja backlight TV LED adalah dengan memancarkan cahaya berwarna putih di belakang panel LCD.

Ketika panel LCD menerima cahaya dari belakang, piksel-piksel berwarna Merah, Hijau, Biru dalam kristal cair akan transparan jika tidak menerima tegangan listrik. Sebaliknya, jika piksel-piksel tersebut diberikan tegangan listrik tertentu, cahaya tidak bisa menembus atau hanya dapat menembus piksel dengan warna tertentu saja. Sebagai hasilnya, layar LCD akan memunculkan warna-warna yang beragam dan membentuk sebuah gambar.

Jika piksel-piksel tersebut diberikan tegangan secara alternatif dan kemudian dimatikan secara berulang-ulang dengan sangat cepat, maka akan tercipta gambar bergerak atau video, seperti yang kita lihat pada layar TV LED saat menonton film atau siaran televisi.

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Manual

Memastikan tegangan pada backlight TV LED merupakan hal penting untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada TV. Terutama ketika terjadi kerusakan seperti hilangnya gambar, penting untuk mengetahui cara melakukan pengukuran tegangan tersebut.

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara yang tepat untuk melakukan pengukuran dengan baik.

1. Membongkar Panel TV

Langkah pertama adalah membongkar panel TV untuk melihat bagian dalamnya. Pembongkaran ini harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak ada bagian yang terlewat dan panel dapat terbuka dengan baik. Setelah dibongkar, akan terlihat lampu LED yang ada di dalam backlight TV LED yang dimiliki.

Pastikan untuk menyimpan semua bagian dengan rapi agar memudahkan saat akan melakukan pemasangan kembali.

2. Menghitung Semua Lampu LED

Setelah membongkar panel, langkah selanjutnya adalah melihat jumlah lampu LED yang terdapat pada panel tersebut. Tegangan yang dimiliki oleh backlight TV LED dapat diketahui dari jumlah lampu LED yang ada di panel. Pastikan untuk menghitung jumlah lampu dengan benar agar mengetahui tegangan dengan tepat.

Perhatikan kehati-hatian saat melakukan pembongkaran untuk memeriksa tegangan. Bagian backlight LED TV sangat rawan dan rentan terhadap kerusakan akibat guncangan berulang, yang dapat menyebabkan lampu mati. Guncangan ini dapat menyebabkan penurunan kualitas lampu dan bahkan berakhir dengan ketidakmampuan lampu untuk menyala.

Baca juga:  Penyebab dan Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal

Lakukan pembongkaran dengan hati-hati agar tidak memberikan guncangan berlebihan yang dapat membuat lampu mati. Kerusakan yang terjadi akan menyebabkan kerugian yang besar, padahal tujuannya hanya untuk melakukan pemeriksaan. Kehati-hatian dan kelembutan adalah kunci untuk melakukan pengecekan tegangan backlight TV LED dengan baik dan lancar.

Cara Mengukur Tegangan Backlight TV LED Dengan Alat

Cara kedua yang dapat digunakan adalah dengan mengukur tegangan menggunakan alat khusus. Terdapat beberapa kelebihan dan manfaat dalam menggunakan alat khusus ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dapat kalian peroleh saat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat tersebut.

  • Lebih mudah dalam pengukuran, karena tidak perlu melakukan pembongkaran.
  • Lebih aman untuk TV, karena tidak diperlukan pembongkaran sehingga risiko terkena guncangan lebih kecil.

Alat yang digunakan untuk pengukuran ini disebut zener tester dan dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu membongkar TV. Kalian juga dapat membuat atau merakit alat ini sendiri dengan menggunakan rangkaian khusus untuk pengecekan tegangan pada backlight TV LED.

Penutup

Dalam mengakhiri artikel ini, kita telah membahas secara mendalam tentang skema rangkaian backlight TV LED. Pengetahuan tentang ini penting untuk setiap orang yang ingin memahami cara kerja dan memperbaiki TV LED mereka sendiri, atau bahkan untuk para profesional dalam bidang teknologi. Dengan pemahaman yang tepat, kita bisa lebih menghargai teknologi yang kita gunakan setiap hari dan memanfaatkannya dengan lebih baik.

Namun, harus diingat bahwa rangkaian backlight ini memiliki komponen yang sangat sensitif. Sehingga, diperlukan kehati-hatian dan pengetahuan yang tepat saat menangani rangkaian tersebut. Jika Kalian tidak yakin, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi profesional. Terakhir, jangan lupa untuk selalu mematuhi stKalianr keselamatan saat bekerja dengan peralatan elektronik.

Semoga artikel dari bengkeltv.id dapat membantu Kalian memahami lebih baik tentang skema rangkaian backlight TV LED. Ingatlah bahwa teknologi selalu berkembang, dan pengetahuan kita juga harus berkembang bersamanya. Teruslah belajar dan eksplorasi tentang dunia teknologi untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *