Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci

Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci : Dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.id Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci : Dengan Mudah. Sebagai pengguna meteran listrik Prabayar, pasti tidak jarang mengalami kesulitan saat memasukkan kode token listrik. Meskipun begitu, kesulitan tersebut tidak selalu disebabkan oleh kesalahan penggunaan kode, melainkan bisa terjadi akibat token listrik yang terkunci atau diblokir.

Jika token listrik terkunci, jangan khawatir. Kami memiliki beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut, bahkan beberapa cara bisa dilakukan sendiri.

Namun, perlu diketahui bahwa masalah ini mungkin disebabkan oleh gangguan pada server PLN. PLN biasanya akan mengunci server sementara ketika melakukan perbaikan pada jalur listrik rumah kalian .

Jika hal tersebut terjadi, kalian hanya perlu menunggu hingga proses perbaikan selesai. Setelah itu, server akan kembali normal dan kalian bisa mengaktifkan kWh meteran dan memasukkan kode token listrik seperti biasa.

Apa itu Token Listrik?

Token listrik adalah kartu prabayar yang digunakan untuk mengisi daya listrik pada meteran listrik prabayar. Token listrik ini berisi informasi penting seperti nomor meteran, jumlah pulsa listrik, dan informasi lain yang diperlukan untuk mengisi daya listrik.

Seperti Ini Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci

Tidak hanya gangguan server, token listrik yang terblokir juga dapat disebabkan oleh kesalahan dari pengguna sendiri. Jika demikian, berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diikuti untuk membuka kunci token listrik. Selain itu, kami akan menjelaskan beberapa penyebab lain dari masalah tersebut serta memberikan tips penggunaan meteran listrik Prabayar yang benar.

Baca juga:  Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik :Begini Solusinya

Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci

Jika selalu gagal saat mengisi ulang token listrik, kemungkinan besar disebabkan oleh kunci pada token listrik. Berikut adalah Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci pada token listrik sesuai dengan janji yang telah kami sampaikan sebelumnya.

Menggunakan Kode Rahasia

  • Tekan angka 00 pada tombol yang terdapat di meteran listrik.
  • Setelah tekan Enter.
  • Terakhir, masukkan kode token listrik seperti biasa untuk mengisi pulsa listrik.
  • Selesai.

Menghubungi Call Center PLN

Apabila cara diatas tidak bisa membuka token listrik yang terkunci, kami sarankan kalian untuk menghbungi Call Center PLN dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Hubungi Call Center PLN di 123.
  2. Lalu sampaikan pada petugas bahwa meteran listrik di rumah kalian terkunci.
  3. Setelah itu petugas akan memberitahukan alasan kenapa bisa terjadi masalah tersebut.
  4. Selanjutnya, ikuti instruksi petugas untuk mengatasinya ( setiap kasus memiliki penyebab dan solusi yang berbeda ).
  5. Atau mintalah petugas untuk datang ke rumah dan memperbaiki masalah tersebut.

Penyebab Token Listrik Terkunci

Penyebab kunci pada token listrik bisa bermacam-macam. Salah satu faktornya adalah masalah pada server PLN. Biasanya, gangguan pada server terjadi ketika terdapat perbaikan pada jalur listrik di daerah kalian .

Selain itu, berikut adalah beberapa penyebab kunci pada token listrik terkunci:

1. Server PLN Error

Setiap meteran digital PLN memiliki ID dan meter yang unik dan terhubung dengan server PLN. Jika gagal mengisi token karena terjadi kesalahan server, maka yang bisa dilakukan hanyalah menunggu sampai PLN selesai melakukan perbaikan dan server kembali normal.

Setelah itu, token listrik bisa dimasukkan ke meteran yang terpasang di rumah kalian .

2. Meteran Terblokir Karena Salah Memasukkan Kode

Ketika memasukkan kode token ke meteran listrik, pastikan untuk berhati-hati. Jangan sampai salah memasukkan kode lebih dari tiga kali karena hal tersebut akan mengakibatkan kunci pada token listrik otomatis terblokir.

Baca juga:  Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik di Rumah 

Oleh karena itu, pastikan kode token yang dimasukkan sudah benar.

3. Meter Prabayar Bermasalah

Error pada meteran listrik prabayar dapat dideteksi dengan melihat layar meteran tersebut. Jika terdapat pesan seperti “Blocked”, gambar telapak tangan, “Periksa”, “Cancel” atau layar mati, segera hubungi PLN 123.

Hal ini akan membantu kalian mengetahui penyebab token listrik error sehingga kalian tidak akan dapat mengisi token PLN lagi.

4. Instalasi Listrik yang Buruk

Pemasangan instalasi listrik yang buruk dapat menimbulkan banyak masalah. Hal tersebut tidak hanya menyebabkan kesulitan dalam memasukkan kode token, tetapi juga dapat menimbulkan risiko yang membahayakan, seperti korsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran.

5. KwH Over Limit

Isi token listrik ternyata memiliki batasan sendiri, yaitu satu bulan. Jika KwH yang dimasukkan melebihi batas maksimal dalam satu bulan, maka token PLN akan gagal saat dimasukkan.

Hal ini diterapkan oleh PLN untuk memastikan penggunaan listrik sesuai dengan batas yang telah ditentukan. Dengan menggunakan listrik sesuai batasan yang ada, pengguna juga dapat belajar untuk lebih hemat.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Error

Token listrik prabayar dirancang dengan menggunakan sistem teknologi terkini. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjamin bahwa token listrik tidak dapat mengalami kesalahan. Jika terjadi error pada token listrik, terdapat beberapa cara untuk memperbaikinya yang dapat dilakukan.

Restart Ulang Token Listrik

Cara pertama untuk mengatasi error pada token listrik dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Pertama-tama, matikan semua perangkat elektronik yang terhubung dengan listrik. Selanjutnya, matikan saklar pada meteran rumah selama sekitar 10 menit.

Kemudian, hubungkan kembali saklar tersebut dan restart meteran dengan mengetikkan angka 07 pada meteran listrik prabayar dan tekan tombol enter. Jika langkah-langkah tersebut berhasil, barulah kalian bisa menyalakan kembali beberapa perangkat elektronik yang membutuhkan aliran listrik.

Lepas SM dengan Memutuskan SR

Untuk mengatasi error pada token listrik, terdapat cara lain yang dapat dilakukan. Pertama-tama, lepaskan SM dengan memutuskan SR. Hal ini akan mengembalikan meteran listrik pada kondisi netral.

Baca juga:  Kode Meteran Listrik Smart : Cara Menggunakan

Selanjutnya, tunggu selama 10 menit dan sambungkan kembali. Jika proses ini berhasil, maka layar untuk token listrik error akan hilang. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan kode nomor dari meteran dengan jumlah 20 digit yang bisa diperoleh dengan menghubungi PLN.

Hubungi 123

Cara terakhir untuk mengatasi error pada token listrik adalah dengan menghubungi pelayanan PLN yang beroperasi selama 24 jam. Kamu bisa menghubungi nomor 123 dan petugas PLN akan siap membantu menyelesaikan permasalahan listrik di rumahmu.

Sampaikan pertanyaan sesuai masalah yang kamu alami dan minta petugas untuk menjelaskan langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Jika kamu masih tidak bisa memperbaikinya, mintalah petugas PLN untuk datang ke rumahmu dan melakukan tindakan yang diperlukan. Dengan begitu, token pada listrik rumahmu dapat diperbaiki secara cepat.

Kesimpulan

Dalam menghadapi masalah terkunci token listrik, diperlukan beberapa langkah untuk membukanya. Pertama, pastikan token sudah dipasang dengan benar dan tidak terbalik. Selanjutnya, coba tekan tombol reset pada token dengan menggunakan benda kecil seperti pulpen atau penggaris.

Jika cara tersebut tidak berhasil, coba hubungi pihak PLN untuk mendapatkan bantuan. Namun, perlu diingat bahwa membuka token secara paksa dapat membahayakan keselamatan Anda dan memperparah kerusakan pada token.

Untuk menghindari masalah ini di masa depan, pastikan Anda selalu memeriksa dengan teliti cara memasang token sebelum menggunakannya dan memperhatikan petunjuk penggunaan yang diberikan. Jangan juga lupa untuk merawat dan membersihkan token secara rutin agar tetap dalam kondisi baik.

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Membuka Token Listrik yang Terkunci, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *