Cara Mengatasi Lampu Kuning pada Meteran Listrik

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Kuning pada Meteran Listrik

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Kuning pada Meteran Listrik. Agar lampu kuning pada meteran listrik bisa diatasi, pertama-tama kamu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Ada berbagai macam permasalahan yang sering dialami pada meteran listrik, mulai dari listrik mati tapi meteran nyala hingga lampu kuning berkedip.

Namun, jangan anggap sepele masalah ini karena jika tidak ditangani dengan baik, meteran listrik bisa rusak dan menimbulkan indikasi yang tidak diketahui oleh pengguna.

Biasanya, ciri-ciri meteran listrik rusak ditandai dengan munculnya kode, bunyi, dan permasalahan lain yang tidak biasa.

Sebagai pemilik rumah, kamu mungkin pernah mengalami masalah dengan meteran listrik, termasuk menyala lampu indikator berwarna kuning.

Namun, sebelum memanggil teknisi listrik, pastikan terlebih dahulu untuk memeriksa kabel listrik dan kotak listrik di rumahmu.

Selalu berhati-hati dalam melakukan perbaikan meteran listrik karena bisa membahayakan keselamatanmu dan merusak meteran listrik.

Untuk menjaga agar meteran listrik selalu berfungsi dengan baik, lakukan perawatan rutin dan pastikan tidak ada masalah pada sistem listrik di rumahmu. Dengan begitu, aliran listrik di rumahmu bisa tetap stabil.

Kenapa Lampu Kuning pada Meteran Listrik Menyala?

Untuk diketahui, terdapat beberapa lampu indikator pada meteran listrik yang memiliki makna yang berbeda.

Terkait dengan lampu kuning yang menyala pada meteran listrik, apa sebabnya hal tersebut terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga:  Cara Mengatasi inSCEk Pada Meteran Listrik :Begini Solusinya

1. Lampu Hijau

Perlu diketahui bahwa lampu indikator berwarna hijau pada meteran listrik akan menyala selama masih terdapat aliran listrik yang masuk ke rumahmu.

Namun, jika tidak ada hantaran listrik atau terjadi pemadaman dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), maka lampu hijau tersebut akan mati.

2. Lampu Kuning

Lampu indikator berwarna kuning yang menyala pada meteran listrik menunjukkan adanya masalah pada jaringan kabel di rumahmu. Lampu ini baru akan mati setelah masalah tersebut berhasil diperbaiki.

Perlu diingat bahwa nyalanya lampu kuning pada meteran listrik tidak bisa diprediksi dan bisa terjadi kapan saja tanpa terduga. Lampu ini akan menyala mengikuti masalah yang sedang terjadi pada jaringan kabel di dalam rumahmu.

Jangan mengabaikan lampu indikator kuning pada meteran listrik karena bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem kelistrikan di rumahmu. Segera periksa jaringan kabel atau hubungi teknisi listrik yang berpengalaman untuk memperbaiki masalahnya.

3. Lampu Merah

Lampu indikator berwarna merah pada meteran listrik akan berkedip secara terus menerus ketika MCB (Miniature Circuit Breaker) berada pada posisi on dan ada penggunaan listrik di dalam rumah. Kedipan lampu merah ini juga menunjukkan jumlah penggunaan listrik yang sedang berlangsung.

Sementara itu, jika lampu indikator berwarna kuning pada meteran listrik menyala, itu menandakan adanya masalah pada kelistrikan rumahmu.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, misalnya kebocoran arus atau jenis kabel yang tidak sesuai pada instalasi yang menyebabkan kebocoran arus listrik.

Namun, cara mengatasi lampu kuning pada meteran listrik tergolong mudah. Caranya adalah dengan memeriksa kabel listrik dan kotak listrik di rumahmu untuk memastikan tidak ada masalah pada sirkuit listrik.

Baca juga:  Kode Meteran Listrik Smart : Cara Menggunakan

Jika tidak menemukan masalah pada kabel atau kotak listrik, segera hubungi teknisi listrik yang berpengalaman untuk memeriksa meteran listrikmu.

Penting untuk selalu memperhatikan perawatan dan penggunaan instalasi listrik yang baik untuk mencegah terjadinya masalah pada meteran listrik dan menjaga agar aliran listrik di rumahmu tetap stabil.

Cara Mengatasi Lampu Kuning pada Meteran Listrik

Jika tidak segera ditangani, munculnya lampu indikator berwarna kuning pada meteran listrik dapat menimbulkan kerugian dan bahaya yang mengancam keselamatan para penghuni.

Berbagai sumber menyarankan bahwa cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meminta bantuan dari profesional atau melaporkannya langsung pada pihak PLN, karena berhubungan dengan arus listrik yang berbahaya.

Ini menjadi satu-satunya cara untuk meminimalkan kerusakan atau bahaya yang lebih besar. Kamu dapat menghubungi PLN melalui telepon dengan nomor 123 dan tambahkan kode area tempat tinggalmu.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi customer service PLN melalui media sosial. Tim PLN akan datang dan memperbaiki meteran listrik di rumahmu untuk memastikan aliran listrik kembali stabil dan aman untuk digunakan.

Penting untuk selalu memperhatikan perawatan dan penggunaan instalasi listrik yang baik agar terhindar dari masalah pada meteran listrik dan menjaga keselamatan penghuni rumahmu.

Untuk lebih jelasnya, berikut pilihan pengaduan PLN yang bisa kamu lakukan.

1. Pengaduan lewat Telepon

Tekan terlebih dahulu kode area, misalnya (021) untuk area Jakarta lalu call nomor 123.

Setelah tersambung tekan nomor 2 untuk pengaduan gangguan yang dialami.

2. Pengaduan melalui SMS

Ketik INFO lalu kirim ke 0838 8888 123 dan jelaskan keluhan yang kamu alami.

3. Pengaduan via Media Sosial

Kamu bisa melakukan proses pengaduan lewat media sosial resmi milik PLN.

Baca juga:  Meteran Listrik Error dan Bunyi : Penyebab & Cara Mengatasi !!

Kesimpulan

Penting untuk menjaga aliran listrik yang stabil dan aman di rumah dengan memperhatikan tanda-tanda indikator pada meteran listrik, termasuk lampu indikator berwarna kuning yang menunjukkan adanya masalah pada kelistrikan rumahmu.

Pastikan untuk melakukan perawatan dan penggunaan instalasi listrik yang baik untuk mencegah terjadinya masalah pada meteran listrik. Jika terdapat masalah pada meteran listrik, segera hubungi teknisi listrik yang berpengalaman atau laporkan pada pihak PLN untuk memperbaikinya.

Dengan begitu, kamu dapat meminimalkan kerusakan atau bahaya yang lebih besar dan menjaga keselamatan para penghuni rumahmu.

Itulah cara Cara Mengatasi Lampu Kuning pada Meteran Listrik. Semoga informasi yang telah disampaikan oleh bengkeltv.id dapat membantu kalian dalam menjaga aliran listrik di rumahmu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *