Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik di Rumah 

Posted on

Bengkeltv.id Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik di Rumah. Tiap-tiap rumah memiliki kondisi listrik yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kapasitas daya meteran listrik yang digunakan.

Semakin besar kapasitas daya yang dipakai, maka semakin besar biaya listrik yang harus dikeluarkan. Kapasitas daya meteran listrik juga mempengaruhi jumlah peralatan listrik yang dapat digunakan.

Karena setiap rumah memiliki kapasitas daya listrik yang berbeda-beda, banyak pertanyaan muncul tentang berapa watt daya listrik yang tersedia di rumah. Untuk mengetahuinya, kalian dapat memeriksanya langsung.

Bagaimana cara mengetahui kapasitas daya meteran listrik di rumah? Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kapasitas kWh meteran listrik.

Apa itu Daya Listrik?

Daya listrik adalah ukuran seberapa besar daya listrik yang masuk ke rumah untuk menghidupkan peralatan elektronik. Dalam kata lain, daya listrik juga dapat diartikan sebagai kemampuan suatu peralatan listrik untuk menghasilkan energi pada suatu waktu.

Satuan umum yang digunakan untuk besaran daya listrik adalah Watt atau volt ampere (VA). Ada berbagai jenis besaran daya listrik yang tersedia untuk digunakan di rumah, mulai dari 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA, 5.500 VA hingga 6.600 VA. Pemilihan besaran daya listrik harus disesuaikan dengan ukuran rumah, jumlah anggota keluarga, serta faktor apakah rumah juga digunakan sebagai tempat usaha atau tidak.

Saat ini, PLN memberikan dua jenis layanan listrik, yaitu pascabayar dan prabayar. Pada sistem pascabayar, pengguna membayar seluruh biaya tagihan listrik pada bulan berikutnya.

Baca juga:  Meteran Listrik Token Tidak Berkurang Penyebab dan Solusinya

Sementara pada sistem prabayar, pengguna harus membeli pulsa berupa nomor token untuk mengisi listrik. Besaran pulsa dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing. Banyak orang yang memilih cara prabayar karena dianggap dapat membantu mengontrol penggunaan listrik setiap bulannya.

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik rumah hampir sama dengan cara cek sisa KWH token listrik, di mana dapat dilakukan secara online untuk mengetahui kapasitas dayanya. Meskipun mudah, masih banyak orang yang belum mengetahui caranya.

Jika Anda termasuk salah satu dari mereka, ini adalah saat yang tepat untuk mengetahui cara mengecek kapasitas daya meteran listrik rumah. Berikut adalah Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengetahui Kapasitas Daya Listrik Melalui Meteran

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara pertama untuk mengetahui kapasitas daya meteran listrik adalah dengan memeriksa langsung kode-kode yang tertera pada meteran listrik. Biasanya, pada meteran listrik terdapat kode CL yang berisi informasi tentang kapasitas daya yang digunakan. Kode CL pada meteran listrik memiliki arti sebagai berikut.

  • CL 2 : 450 kVA
  • CL 4 : 900 kVA
  • CL 6 : 1300 kVA
  • CL 10 : 2200 kVA
  • CL 16 : 3500 kVA

Keterangan : KVA merupakan singkatan dari Kilo Volt Amper, yang merupakan satuan untuk daya sebenarnya ditambah daya aktif.

Pada meteran listrik, kita seringkali menemukan kode-kode tertentu. Namun, kode-kode ini sebenarnya memiliki makna atau arti tertentu. Berikut adalah cara membaca kode pada meteran listrik.

  1. Kode CL 2 artinya 2 Ampere.
  2. Angka 230/400V 50Hz artinya 220 volt
  3. Angka 6000 pada meteran listrik menunjukkan rated breaking capacity MCB, yang mengindikasikan kemampuan MCB untuk memutuskan aliran listrik hingga arus maksimal 6000 A.
  4. Angka 3 menunjukkan klasifikasi l2t, yang menggambarkan karakteristik energi listrik maksimal yang dapat dilalui melalui MCB.

Dengan menggunakan kode CL pada meteran listrik, Anda juga dapat menghitung kapasitas daya listrik di rumah. Cara ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengalikan angka CL dengan kapasitas volt.

Baca juga:  Meteran Listrik Error dan Bunyi : Penyebab & Cara Mengatasi !!

  • Daya Listrik = 2 A x 220 V = 420 VA.

Jadi, kapasitas daya meteran listrik tersebut adalah 450 VA. Nilai tersebut telah dibulatkan untuk memudahkan pengucapan.

2. Mengecek Daya Listrik Melalui Website PLN

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara lain untuk mengetahui kapasitas daya listrik dapat dilakukan secara online melalui situs resmi PLN. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama kunjungi situs https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html.
  2. Kemudian isi data yang diperlukan.
  3. Pada bagian identitas pelanggan, silahkan isi dengan ID pelanggan meteran listrik.
  4. Kemudian, tinggal tekan tombol “Cari“.
  5. Setelah itu, akan muncul informasi terkait ID Pelanggan, yang mencakup nama pelanggan, nomor pelanggan, dan kapasitas daya listrik.

3. Mengetahui Daya Listrik Lewat PLN Mobile

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara lainnya untuk mengetahui kapasitas daya listrik adalah melalui aplikasi PLN Mobile di HP. Cara ini lebih mudah karena Anda dapat mengetahui kapasitas daya kapan saja dan di mana saja melalui HP Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, silahkan download aplikasi PLN Mobile.
  2. Kemudian, setelah itu buat akun PLN Mobile dengan memasukkan nama, email, nomor HP dan buat password untuk login.
  3. Jika sudah, selanjutnya tinggal klik “tambah ID pelanggan” dan masukkan ID Pelanggan meteran listrik Anda. Lalu, klik tombol “Periksa“.
  4. Maka setelah itu akan muncul informasi seperti, nama pelanggan, tarif, daya serta alamat.
  5. Selanjutnya, tinggal tekan simpan agar pengecekan daya lebih praktis. Karena akan langsung tertera di halaman utama aplikasi PLN Mobile.

4. Mengecek Daya Melalui Simulasi Tagihan Listrik

Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik

Cara terakhir untuk mengetahui kapasitas daya meteran listrik di rumah adalah melalui simulasi tagihan atau pembayaran listrik secara online. Anda dapat memeriksanya melalui layanan e-commerce yang digunakan untuk membayar tagihan atau membeli token listrik.

Misalnya, melalui aplikasi OVO, GoPay, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya, atau bahkan melalui layanan mobile banking, internet banking, dan SMS Banking.

Baca juga:  Kode Meteran Listrik Melcoinda : Cara Menggunakannya

Untuk mengetahui kapasitas daya listrik melalui aplikasi e-commerce yang digunakan untuk membayar listrik, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan ID Pelanggan, kemudian tekan tombol “Periksa”. Setelah itu, informasi meteran listrik Anda akan ditampilkan secara rinci, termasuk kapasitas daya listrik rumah Kalian.

Fungsi Mengetahui Daya Listrik Rumah

Mengetahui kapasitas daya listrik di rumah memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:

  1. Mengetahui batasan daya listrik yang tersedia di rumah, sehingga dapat menghindari kelebihan daya dan potensi terjadinya korsleting atau bahkan kebakaran.
  2. Menghitung penggunaan listrik yang seimbang dengan kapasitas daya yang tersedia di rumah, sehingga dapat menghemat biaya listrik.
  3. Memastikan bahwa peralatan listrik yang digunakan di rumah sesuai dengan kapasitas daya yang tersedia, sehingga dapat memperpanjang umur dan meningkatkan efisiensi penggunaan peralatan tersebut.
  4. Memudahkan dalam memilih jenis layanan listrik yang sesuai dengan kebutuhan, seperti pemakaian listrik prabayar atau pascabayar.
  5. Memudahkan dalam merencanakan dan mengatur penggunaan listrik di rumah agar lebih efisien dan hemat energi.

Penutup

Sekarang kalian sudah mengetahui berbagai cara untuk mengetahui kapasitas daya meteran listrik di rumah, mulai dari melalui kode pada meteran listrik, website resmi PLN, aplikasi PLN Mobile, hingga layanan e-commerce.

Dengan mengetahui kapasitas daya meteran listrik, kalian dapat menghindari kelebihan daya listrik yang berpotensi menyebabkan korsleting atau bahkan kebakaran, serta mengatur penggunaan listrik di rumah secara lebih efisien dan hemat energi.

Jangan lupa, selalu pastikan bahwa peralatan listrik yang digunakan di rumah sesuai dengan kapasitas daya yang tersedia untuk memastikan keamanan dan efisiensi penggunaan listrik. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik, yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *