Printer Sharing Tidak Bisa Connect

Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Bisa Connect

Posted on

Bengkeltv.idCara Mengatasi Printer Sharing Tidak Bisa Connect. Dengan adanya fitur Sharing Printer, kini pengguna dapat menggunakan satu perangkat Printer untuk mencetak dokumen dari beberapa komputer sekaligus. Biasanya, fitur Sharing Printer digunakan oleh karyawan perusahaan atau para guru di sekolah.

Bagi pengguna yang sering menggunakan fitur Sharing Printer, tentu sudah mengetahui keuntungan yang didapat. Namun, apa yang terjadi jika Printer Sharing tidak dapat terhubung ke komputer lain dan hanya terhubung dengan komputer server? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

Jika Printer Sharing Tidak Bisa Connect, maka aktivitas mencetak dokumen hanya dapat dilakukan dari komputer server. Sementara untuk komputer lain yang sebelumnya dapat menggunakan Printer tersebut, tidak dapat melakukan pencetakan dokumen.

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab  Printer Sharing Tidak Bisa Connect, salah satunya adalah kabel LAN yang berfungsi sebagai penghubung antara Printer dan komputer. Apa yang harus dilakukan ketika menghadapi masalah seperti ini? Langsung saja cari tahu jawabannya di bawah ini.

Penyebab Windows Cannot Connect to the Printer

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan munculnya pesan “cannot connect to the printer”. Kendala ini sering terjadi ketika file mscms.dll tidak terbaca oleh sistem.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kesalahan ini. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu dipahami.

  • File mscms.dll tidak terdeteksi – Saya pribadi tidak terlalu paham tentang fungsi utama dari file ini. Namun, berdasarkan hasil riset yang saya lakukan, beberapa pengguna Windows percaya bahwa setiap printer membutuhkan file mscms.dll agar sistem dapat terhubung dengan printer.
  • Alamat server berubah – Masalah ini mungkin muncul ketika alamat server printer telah berubah. Oleh karena itu, pastikan kembali apakah jaringan yang dijadikan server masih sama dengan sebelumnya.
  • Driver usang/rusak – Pada dasarnya, driver berfungsi untuk menghubungkan sistem Windows dengan hardware/software. Oleh karena itu, jika terjadi masalah pada driver, printer juga akan terdampak.
  • Provider WiFi mengalami gangguan – Jika PC/Laptop yang dijadikan server mengalami gangguan jaringan, hal ini dapat menyebabkan pihak client (PC lainnya) tidak dapat menggunakan printer untuk mencetak.
  • Service printer tidak berjalan dengan baik – Tidak diketahui pasti apa penyebabnya ketika service tidak berjalan dengan optimal. Namun, biasanya dengan me-restart PC/laptop, service printer dapat kembali normal.
  • Printer tidak berfungsi – Meskipun ada yang mengatakan bahwa pesan kesalahan ini tidak selalu disebabkan oleh kerusakan printer, namun belum tentu hal tersebut benar. Untuk memastikannya, Anda dapat mencoba menghubungkan printer ke PC/laptop lain.
  • dll…
Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Merah Menyala : Tips Lengkap

Cara Mengatasi Printer Sharing Tidak Bisa Connect

Seperti yang telah disebutkan, fitur Printer Sharing dalam aktivitas mencetak dokumen memiliki banyak manfaat, terutama dalam hal anggaran. Hal ini disebabkan karena dengan fitur ini, kalian hanya memerlukan satu perangkat Printer untuk memenuhi kebutuhan mencetak dokumen di beberapa komputer.

Jika tidak ada fitur ini, maka kalian akan membutuhkan satu Printer di setiap komputer untuk mencetak dokumen. Namun, dengan adanya fitur Printer Sharing, kalian dapat menghubungkan kabel LAN dari komputer server ke Printer untuk mencetak dokumen dari beberapa komputer sekaligus.

Selanjutnya, komputer lain dapat terhubung dengan Printer melalui akses WiFi yang sama dengan komputer server. Kemudian, dokumen yang dicetak akan dikirim melalui jaringan WiFi tersebut.

Namun apabila terjadi masalah Printer Sharing tidak terhubung (Error 0X0000011B), hal ini mengakibatkan komputer lain selain komputer server tidak dapat mencetak dokumen melalui printer tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya tidak terburu-buru untuk membeli printer baru sebelum menyelesaikan masalah tersebut.

Di sini kami memiliki informasi terkait penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah Printer Sharing Tidak Bisa Connect, antara lain adalah:

1. Kabel LAN Terlepas / Kurang Kencang

Salah satu cara pertama adalah dengan memeriksa kabel LAN yang terhubung ke Printer atau ke komputer. Terkadang, masalah ketidak-terhubungan pada Printer Sharing dapat disebabkan oleh kabel LAN yang lepas atau tidak terpasang dengan kuat. Masalah ini juga dapat menjadi penyebab ketidakmampuan Printer untuk melakukan Scan atau masalah lainnya pada Printer.

Jika mengalami masalah seperti ini, segera pastikan bahwa kabel LAN terpasang dengan benar. Kemudian, periksa status Printer Sharing, dan jika sudah terhubung, coba untuk mencetak ulang dokumen yang ingin diprint.

Baca juga:  Cara Mengatasi Error Printer Canon MP237 : Terlengkap

2. Periksa Driver Printer

Cara kedua adalah dengan memeriksa Driver Printer, karena terkadang masalah pada Printer Sharing bukan disebabkan oleh masalah koneksi, melainkan masalah pemilihan Driver Printer yang salah.

Masalah ini biasanya terjadi pada pengguna Printer Sharing di sekolah atau kantor, dimana terdapat beberapa Printer Server yang terhubung ke banyak komputer. Oleh karena itu, pastikan bahwa Driver Printer yang dipilih sudah sesuai dengan Printer yang akan digunakan.

3. Restart Print Spooler

Cara ketiga adalah dengan me-restart Print Spoiler dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Windows + R
  • Ketik services.msc
  • Setelah itu cari Print Spooler
  • Klik Restart pada pilihan menu sebelah kiri
  • Tunggu hingga proses restart selesai

Setelah dilakukan langkah-langkah di atas, biasanya masalah Printer Sharing yang tidak terkoneksi akan teratasi dan kalian dapat menggunakan fitur tersebut kembali untuk mencetak dokumen. Sebagai tambahan informasi, disini kalian juga dapat melakukan Cleaning Printer sebelum mencetak dokumen.

4. Mulai Ulang Komputer Server

Selain me-restart Printer Spooler, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan me-restart komputer Server. Hal ini diperlukan ketika masalah yang terjadi disebabkan oleh adanya virus pada komputer server.

Setelah me-restart, disarankan untuk memasang Anti Virus pada komputer tersebut. Software Anti Virus dapat membantu untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya masalah yang sama di masa mendatang.

5. Update Sistem Operasi

Masalah Printer Sharing yang tidak terhubung juga dapat terjadi ketika komputer yang digunakan masih menggunakan sistem operasi yang sudah usang dan perlu di-update. Untuk mengatasi masalah ini, silakan update sistem operasi ke tingkat yang diperlukan.

6. Uninstall Driver Printer

Cara terakhir untuk mengatasi masalah ketidak-terhubungan pada Printer Server adalah dengan menghapus Driver Printer yang sudah terpasang, lalu melakukan instalasi ulang. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga:  Cara Mengatasi Printer Canon Ip2770 Lampu Orange Berkedip 4 Kali

Namun, sebelum melakukan instalasi ulang Driver Printer, disarankan untuk membersihkan cache terlebih dahulu. Dengan begitu, semua bug atau file cache yang mungkin menjadi penyebab terjadinya masalah ini dapat terhapus.

Penutup

Untuk mengatasi masalah Printer Sharing yang tidak dapat terhubung, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan seperti memeriksa kabel LAN, memeriksa Driver Printer, me-restart Print Spoiler atau komputer Server, mengupdate sistem operasi, dan melakukan instalasi ulang Driver Printer.

Pastikan untuk memilih cara yang sesuai dengan masalah yang terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan cache dan memasang Anti Virus pada komputer server untuk mencegah terjadinya masalah yang sama di masa depan.

Dengan melakukan cara yang tepat, masalah Printer Sharing yang tidak dapat terhubung dapat segera teratasi. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan oleh bengkeltv.id mengenai Printer Sharing Tidak Bisa Connect, semoga informasi tersebut dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *