Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Penyebab & Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab & Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik. Menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik bukanlah langkah yang bijak dan bahkan dapat membawa konsekuensi serius hukumnya. Pasalnya, tanda tangan pada meteran listrik adalah bukti resmi bahwa penggunaan listrik telah tercatat dan diukur dengan benar.

Jika merasa adanya ketidaksesuaian pada tanda tangan pada meteran listrik, disarankan untuk segera menghubungi pihak PLN guna meminta verifikasi dan pengecekan ulang.

Jangan sekali-kali mencoba melakukan tindakan yang berpotensi merusak meteran listrik atau menghapus tanda tangan pada meteran listrik.

Mengganggu atau merusak meteran listrik serta tanda tangan yang terdapat pada meteran listrik bisa berujung pada gangguan pada pengukuran dan bahkan dapat mengakibatkan pelanggaran hukum yang berdampak buruk pada diri sendiri dan orang lain.

Oleh karena itu, penting untuk senantiasa menggunakan listrik dengan bijak dan mematuhi prosedur yang berlaku agar terhindar dari masalah di masa depan.

Penyebab Gambar Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Sebelum membahas cara menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik, sebaiknya dipahami terlebih dahulu alasan mengapa tanda tangan tersebut muncul pada layar meteran. Tidak jarang para pelanggan listrik bertanya-tanya tentang penyebab terbentuknya tanda tangan pada meteran listrik.

Penyebab terbentuknya tanda tangan pada meteran listrik bisa bermacam-macam, di antaranya karena beberapa faktor yang memengaruhi penggunaan listrik.

Hal ini dapat terjadi akibat perangkat elektronik yang berlebihan atau mungkin juga karena adanya gangguan pada jaringan listrik.

Baca juga:  Kode Meteran Listrik ITRON : Beserta Cara Menggunakannya

Oleh karena itu, sebelum melakukan tindakan apa pun terhadap tanda tangan pada meteran listrik, lebih baik memahami terlebih dahulu faktor-faktor yang dapat memicu terbentuknya tanda tangan tersebut.

Dengan begitu, akan lebih mudah menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Terdapat masalah injeksi pada bagian arus listrik terutama pada bagian fase atau bagian netral.
  • Pada bagian kabel netral ada yang terhubung dan telah terjadi konsleting ke bagian kabel ground.
  • Banyak pelanggan listrik tidak sadar jika instalasi menggunakan kabel ground sebagai netralnya.
  • Pada bagian kabel netral sudah melewati batas pengatur tegangan yang menjadi ketentuannya.
  • Telah terjadi induksi medan magnet cukup besar di dekat meteran listrik yang akibatkan permasalahan.

Oleh karena itu, sebelum mencari cara untuk menghilangkan tanda tangan lima jari pada layar meteran listrik, sebaiknya diketahui terlebih dahulu faktor apa yang menyebabkan munculnya tanda tangan tersebut.

Dengan mengetahui faktor penyebabnya, akan lebih mudah untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Biasanya, tanda tangan pada meteran listrik yang disertai dengan tulisan periksa “Inscek” terjadi akibat adanya kebocoran arus pada sistem listrik di rumah Anda.

Hal ini dapat menyebabkan konsleting pada aliran listrik yang mengakibatkan gangguan pada meteran listrik.

Jadi, sebelum melakukan tindakan apapun terhadap meteran listrik, sebaiknya teliti terlebih dahulu penyebab terjadinya masalah tersebut agar dapat menemukan solusi yang tepat dan mencegah terjadinya gangguan listrik yang lebih serius di masa depan.

Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Setelah mengetahui penyebab terjadinya tanda tangan pada meteran listrik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara menghilangkan atau memperbaikinya.

Namun sebelum itu, ada baiknya untuk memastikan apakah meteran listrik Anda mengalami error atau tidak dengan cara yang mudah ini:

Baca juga:  Cara Mengetahui Kapasitas Daya Meteran Listrik di Rumah 

  • Pertama silakan untuk OFF atau matikan MCB pada meteran listrik.
  • Jika sudah maka lanjut dengan tekan tombol angka 44 kemudian Enter.
  • Gunanya tekan tombol itu adalah melihat berapa besar amper yang ada.
  • Mengenai standar MCM posisi mati adalah 0.00 A, saat dicek lalu ada nilai maka dipastikan ada instalasi listrik Anda yang bocor.
  • Jika benar ada kebocoran maka lakukan pengecekan ke berbagai sub MCB dengan menggunakan tang ampere.
  • Lalu cek juga kabel sub MCB. Jika sudah ketemu bagian instalasi yang bocor, maka silakan lepas kabel dan cek kembali seperti di atas.
  • Silakan tekan 44 pada meteran lalu lihat amper muncul. Secara umum setelah melakukan pengecekan maka tanda tangan akan hilang.

Dari cara menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menemukan titik kebocoran arus dan melakukan perbaikan atau penggantian pada sumber kebocoran tersebut. Dengan cara ini, secara otomatis tanda tangan lima jari pada layar meteran listrik akan hilang.

Tips & Saran Menghilangkan Gambar Tanda Tangan

Untuk mengatasi masalah tanda tangan pada meteran listrik akibat kebocoran arus, terdapat beberapa tips dan saran yang dapat diikuti. Salah satunya adalah menggunakan kabel SNI yang berkualitas untuk menghindari kerusakan atau error pada meteran listrik yang digunakan.

Meteran listrik dilengkapi dengan beberapa sensor canggih yang dapat mendeteksi adanya masalah dan menampilkan peringatan pada layar.

Oleh karena itu, jika terjadi peringatan pada layar, segera lakukan perbaikan atau penggantian untuk menghindari terjadinya masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Jika merasa tidak yakin dalam melakukan perbaikan pada kabel instalasi yang menjadi penyebab kebocoran arus, disarankan untuk meminta bantuan dari ahli.

Baca juga:  Meteran Listrik Error dan Bunyi : Penyebab & Cara Mengatasi !!

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan atau kerusakan yang dapat memperparah masalah.

Namun, jika tanda tangan pada meteran listrik muncul akibat permasalahan lain, segera hubungi pihak PLN untuk mendapatkan bantuan.

Penting untuk tidak membuka segel meteran listrik, karena tindakan tersebut dapat melanggar aturan dan berpotensi mendapatkan denda yang cukup besar.

Kesimpulan

Secara garis besar, menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik bukanlah tindakan yang dianjurkan dan bahkan dapat melanggar aturan. Sebagai alternatif, disarankan untuk segera menghubungi pihak PLN ketika terjadi masalah pada meteran listrik.

Meski begitu, jika tanda tangan muncul akibat kebocoran arus, dapat mencoba cara yang telah dijelaskan sebelumnya dengan teliti dan menggunakan peralatan yang tepat untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada meteran listrik.

Sebagai pengguna listrik, sangat penting untuk selalu menggunakan listrik dengan bijak dan mengikuti aturan yang berlaku. Hindari melakukan tindakan yang merusak atau melanggar aturan yang dapat berdampak buruk pada diri sendiri dan orang lain.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik dari bengkeltv.id, semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *