Cara Memperbaiki Remote TV Multi

Cara Memperbaiki Remote TV Multi : Mudah dan Cepat

Posted on

Bengkeltv.id – √ 8 Cara Memperbaiki Remote TV Multi : Mudah dan Cepat. Kerusakan pada remot televisi dapat mengganggu kenyamanan saat menonton. Sebab, pengoperasian televisi menjadi sulit karena harus mengubah channel atau mengatur volume langsung pada panel televisi.

Namun, perlu diketahui bahwa kerusakan pada remot TV hanya mempengaruhi fungsi pengontrolan channel dan volume saja.

Kerusakan pada remot TV biasanya disebabkan oleh kerusakan fisik seperti terjatuh atau terkena air, bukan karena masalah pada komponen elektronik.Sebelum memperbaiki remot, periksa terlebih dahulu kondisi fisiknya untuk menentukan apakah masih layak diperbaiki atau tidak.

Cara memperbaiki remot TV Samsung, Sharp, Polytron, atau Multi universal hampir sama karena memiliki kesamaan pada sistem komponen elektroniknya.Oleh karena itu, teknisitv akan membagikan cara memperbaiki remot TV Multi. Dalam pembahasannya, simaklah dengan lebih jelas di bawah ini.

Cara Memperbaiki Remote TV Multi Terbaru

Sebelum memulai proses perbaikan, perlu dilakukan pengecekan atau pengetesan terhadap fungsi remot terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah kerusakan terjadi pada remot atau pada televisi.

Hal ini disebabkan karena remot memiliki pengirim sinyal (transmitter) sedangkan televisi memiliki penerima sinyal (receiver). Oleh karena itu, kerusakan juga dapat terjadi pada televisi.

Ada cara mudah untuk mengetes apakah remot masih dalam kondisi baik atau sudah rusak menggunakan kamera smartphone. Cara Memperbaiki Remote TV Multi berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Nyalakan kamera pada smartphone.
  • Kemudian arahkan kamera smartphone pada lampu infra merah yang ada diremot.
  • Selanjutnya tekan salah satu tombol yang ada diremot (bebas tombol apa saja) sambil perhatikan layar smartphone.
  • Jika remot masih dalam keadaan normal, maka akan terdapat cahaya yang muncul seperti kedipan lampu ketika salah satu tombol diremot ditekan.
Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi Remote TV Infrared Gratis Terbaik Saat Ini

Memperbaiki Remote TV Yang Tidak Merespon

Cara Memperbaiki Remote TV Multi, setelah dilakukan pengetesan menggunakan kamera smartphone dan tidak terdeteksi nyala kedipan lampu indikator LED, langkah selanjutnya adalah mencari penyebab kerusakan yang sering terjadi pada remot televisi.

Berikut beberapa penyebab yang perlu diperhatikan:

1. Baterai Remot Habis

Sumber daya listrik sangat penting bagi kinerja dan fungsi remot televisi. Hampir semua jenis remot menggunakan baterai sebagai sumber daya.

Oleh karena itu, jika remot tidak berfungsi, bisa jadi disebabkan oleh baterai yang habis atau sudah tidak berfungsi dengan baik.Untuk memastikan kondisi baterai, dapat dilakukan pengukuran tegangan dengan menggunakan multimeter.

Atau, dapat juga mencopot baterai dan mencoba menggunakan pada alat elektronik lain, seperti jam dinding, untuk melihat apakah masih berfungsi atau tidak. Hal ini dapat membantu menentukan apakah baterai yang menjadi penyebab remot tidak berfungsi.

2. Besi Penghubung Berkarat

Setelah memeriksa baterai remot, langkah selanjutnya adalah memeriksa besi penghubung antara baterai dan remot.Pastikan tidak ada karat pada besi penghubung tersebut karena dapat menghambat aliran daya listrik dari baterai ke remot.

Karat dapat terjadi jika menggunakan baterai dengan kualitas rendah yang mudah bocor, sehingga terjadi reaksi kimia dan menyebabkan besi penghubung berkarat.Jika dibiarkan, karat dapat menghambat aliran listrik dari baterai dan menyebabkan kerusakan pada remot.

Jika baterai terasa lembab atau terjadi kebocoran, sebaiknya langsung diganti dengan baterai baru yang berkualitas baik.Dengan begitu, dapat menghindari terjadinya karat pada besi penghubung dan memastikan aliran daya listrik yang lancar ke remot.

3. Lampu LED Infrared Remot Rusak

Fungsi dari lampu LED infrared pada remot adalah sebagai transmitter atau pengirim sinyal. Meskipun jarang terjadi kerusakan pada lampu LED infrared, namun kerusakan pada solderan yang longgar bisa terjadi.

Baca juga:  Penyebab Kerusakan TV Panasonic dan Solusinya Untuk Semua Tipe

Solusinya adalah dengan melakukan penyolderan ulang pada kaki-kaki yang sudah mulai longgar.Pastikan polaritasnya ketika mengganti LED pengganti dan disolder kembali pada remot. Dengan demikian, kerusakan pada lampu LED infrared dapat diatasi dengan mudah.

4. Jalur PCB dan Keypad Kotor

Karena sering digunakan dan sering berpindah tangan, bagian keypad pada remot sangat rentan terkena kotoran yang dapat menghalangi koneksi tombol ke jalur PCB pada remot. Tanda-tanda kerusakan pada keypad adalah beberapa tombol pada remot tidak berfungsi.

Untuk mengatasi masalah ini, membersihkan jalur PCB dengan cotton bud atau alkohol dapat membantu mengangkat kotoran yang menempel pada remot.

Dengan membersihkan keypad pada remot, koneksi antara tombol dan jalur PCB dapat terjaga dengan baik sehingga tombol pada remot dapat berfungsi kembali seperti semula.

5. Sensor Remot Tidak Berfungsi

Penyebab lain dari remote yang tidak merespon adalah sensor infrared yang tidak berfungsi. Meskipun jarang terjadi, solusinya adalah dengan mengganti sensor infrared yang rusak dengan yang baru.

Beberapa televisi memiliki modul yang terpisah, sehingga memudahkan dalam penggantian bagian yang rusak.Dengan mengganti sensor infrared yang rusak, maka remote dapat berfungsi kembali seperti semula dan mengontrol televisi dengan lancar.

6. Kode Remot Tidak Sesuai

Jika menggunakan remote TV multi universal, kemungkinan remote yang tidak berfungsi adalah karena kesalahan dalam memasukkan kode remot yang sesuai untuk merk dan tipe televisi yang digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, cukup dengan memasukkan kode remot yang sesuai dengan merk dan tipe televisi yang digunakan.Dengan memasukkan kode remot yang benar, maka remote dapat berfungsi dengan normal dan mengontrol televisi dengan baik.

7. Remot TV Basah

Penyebab lain dari remote yang tidak berfungsi adalah adanya cairan yang masuk ke dalam area PCB, sehingga PCB menjadi basah.Cara mengatasinya adalah dengan membongkar remote TV dan mengeringkan bagian PCB yang basah. Namun, jika remote TV terkena cairan, maka kemungkinan besar remote TV akan mati total.

Baca juga:  Kode Remot TV Changhong : Terlengkap

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera membawa remote TV ke ahli teknisi untuk diperiksa dan diperbaiki. Dengan demikian, remote TV dapat kembali berfungsi dengan normal dan mengontrol televisi dengan baik.

8. PCB (Printed Circuit Board)

Langkah selanjutnya adalah dengan membongkar remote TV dan memeriksa bagian PCB. PCB merupakan bagian dari remot TV yang berisi komponen-komponen dari remot televisi.Lakukan pengecekan pada semua komponen yang terdapat pada PCB, apakah masih dalam kondisi baik atau ada solderan yang longgar atau rusak.

Jika ditemukan solderan yang longgar atau rusak, solusinya adalah dengan melakukan penyolderan ulang pada komponen atau bagian yang terkena masalah.Dengan melakukan penyolderan ulang, koneksi antara komponen dan PCB dapat terjaga dengan baik sehingga remote TV dapat berfungsi dengan normal dan mengontrol televisi dengan lancar.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Memperbaiki Remote TV Multi yang tidak berfungsi dengan baik. Dari mengganti baterai hingga membersihkan remote, langkah-langkah tersebut dapat membantu mengatasi masalah umum yang sering terjadi pada remote TV multi.

Namun, jika masalah persisten, ada baiknya untuk meminta bantuan teknisi yang ahli untuk menangani masalah tersebut.Dengan merawat remote TV multi Anda dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa remote tersebut selalu berfungsi dengan baik dan Anda dapat menikmati acara TV favorit Anda tanpa masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *