Cara Memperbaiki Warna TV LG

Cara Memperbaiki Warna TV LG : Menjadi Normal

Posted on

Bengkeltv.idCara Memperbaiki Warna TV LG : Menjadi Normal. TV LG adalah salah satu merek TV terkemuka di dunia. Meskipun TV LG dikenal memiliki kualitas gambar yang sangat baik, namun bisa saja terjadi masalah dengan warna pada TV tersebut.

Warna yang tidak akurat atau tampilan yang terlalu pucat atau terlalu cerah bisa mengganggu pengalaman menonton TV Anda.

Tapi jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas cara memperbaiki warna TV LG yang rusak.

Penyebab Warna di TV LG Tidak Sesuai

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki atau mengatasi masalah warna pada TV LG, sebaiknya para pemilik TV LG mengetahui penyebab umum yang membuat warna pada TV tidak normal. Masalah tersebut bisa berasal dari pengaturan yang tidak tepat, komponen yang sudah tua atau rusak akibat pemakaian yang lama.

Salah satu faktor yang sering menjadi penyebab masalah warna pada TV LG adalah gangguan transistor warna. Sebagai informasi, TV terdiri dari tiga warna dominan yaitu merah, hijau, dan biru yang digunakan untuk menciptakan warna lain.

Transistor warna pada TV berfungsi untuk mengendalikan ketiga warna tersebut, dan biasanya terletak di bagian belakang TV tabung. Jika terjadi kerusakan pada transistor warna, biasanya akan mengakibatkan hilangnya satu atau dua warna.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan pengetahuan mengenai ampere dan kadar mikrofarad dari transistor warna yang rusak. Penting untuk memeriksa satu per satu transistor warna dominan agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Jika salah satu transistor warna rusak, ganti dengan yang baru.

Kondisi transistor warna yang lemah juga bisa menjadi penyebab warna TV tidak normal. Hal ini biasanya ditandai dengan hilangnya salah satu warna. Jika mengalami kondisi ini, segera periksa solderan pada transistor dan lakukan solder ulang jika diperlukan agar warna pada TV kembali normal.

Demikianlah beberapa faktor penyebab masalah warna pada TV LG. Dengan mengetahui penyebabnya, pemilik TV LG dapat memperbaiki masalah warna pada TV mereka dengan lebih mudah dan efektif.

Gangguan Transistor Warna

Secara prinsip, televisi (TV) terdiri dari tiga warna utama (RGB), yaitu merah (red), hijau (green), dan biru (blue). Dengan mencampurkan ketiga warna utama tersebut, warna-warna lain dapat dihasilkan.

Contohnya, warna putih pada layar TV tercipta dari campuran ketiga warna tersebut. Sedangkan warna cyan dibentuk dari campuran warna hijau dan biru.

Baca juga:  Panduan Lengkap Skema Rangkaian Backlight TV LED dan Cara Mengukurnya

TV menggunakan transistor warna yang terpasang pada PCB untuk mengontrol warna. Biasanya, transistor warna ini terletak di bagian belakang TV tabung.

Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, maka biasanya akan terjadi kehilangan satu atau dua warna. Untuk mengatasinya, kita perlu mengetahui ampere dan kadar mikrofarad pada Pins.

Namun, memeriksa semua transistor warna dominan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui transistor warna yang rusak dan perlu diganti.

Salah satu cara untuk menemukan transistor warna yang rusak adalah dengan mencoba menukar satu transistor dengan yang lainnya. Sebagai contoh, kita dapat mencoba menukar transistor warna biru dengan transistor warna merah, kemudian mengganti transistor warna yang mengalami kesalahan.

Selain itu, kelemahan pada transistor warna juga dapat menyebabkan warna TV menjadi tidak normal, ditandai dengan hilangnya salah satu warna. Jika Pins mengalami kondisi seperti ini, segera periksa solderan pada transistor tersebut. Jika solderan pecah, lakukan penggantian solderan agar warna TV kembali normal.

Kerusakan Soket Tabung/IC Kroma

Cara Memperbaiki Warna TV LG

Soket tabung yang berkarat bisa menjadi penyebab warna TV tidak normal, terutama pada TV yang sudah tua. Hal ini disebabkan oleh panas yang dihasilkan ketika TV dinyalakan terus menerus, yang dapat menyebabkan kerusakan pada soket tabung.

Soket tabung berfungsi menjaga warna TV agar tetap stabil, sehingga jika terjadi kerusakan, dapat diganti dengan soket yang baru. Selain itu, bagian IC kroma pada tabung juga rentan terhadap kerusakan. Untuk memeriksanya, periksa bagian output dari depan hingga belakang untuk mengecek apakah ada kerusakan pada IC.

Jika kerusakan pada IC tidak segera ditangani, maka TV bisa kehilangan suara, gambar bahkan mati. Biasanya, hilangnya warna pada TV disebabkan oleh bagian indent yang menjadi masalah utama.

Jadi, jika kamu mengalami masalah warna pada TV LG, pastikan untuk memeriksa soket tabung dan IC kroma. Jangan biarkan masalah ini terus berlanjut karena dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius pada TV kamu

Tegangan Turun

Penurunan tegangan pada katoda dapat menjadi penyebab warna TV tidak normal. Tegangan yang tidak stabil dapat merusak pantulan warna pada TV, sehingga warna dapat terlihat lebih gelap atau tertutup bayang tipis berwarna hitam.

Untuk memperbaiki masalah ini, lakukan pengukuran masing-masing katoda RGB untuk memeriksa apakah tegangan pada katoda tersebut normal atau tidak. Tegangan yang seharusnya tertera pada katoda RGB adalah antara 75-125 VDC.

Selanjutnya, periksa setiap komponen yang satu jalur dengan unit katoda yang tidak normal. Misalnya, jika katoda KR tidak normal, periksa komponen yang satu jalur dengan KR dan ganti komponen yang memiliki tegangan tidak normal.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Iklan di TV Changhong : Tips Mudah

Dengan melakukan pengukuran dan penggantian komponen yang rusak, warna TV akan kembali normal seperti semula. Jadi, jika kamu mengalami masalah warna pada TV LG, jangan ragu untuk memeriksa tegangan pada katoda dan komponen yang terkait untuk memperbaikinya.

Masalah Resistor

Cara Memperbaiki Warna TV LG

Komponen resistor sangat penting dalam perangkat elektronik, termasuk pada TV yang memiliki resistor pembatas untuk mengatur arus masuk dan bekerja pada sistem TV.

Resistor tidak memiliki kutub positif atau negatif, sehingga bisa dipasang dengan cara apa pun pada PCB.

Resistor memiliki gelang warna pada badannya yang menunjukkan nilai dari resistor tersebut. Ada dua jenis resistor, yaitu tetap dan tidak tetap.

Perbedaan antara keduanya adalah resistor tidak tetap dapat diubah nilainya, sedangkan resistor tetap memiliki nilai yang tetap. Perubahan nilai resistor tidak tetap dipengaruhi oleh suhu.

Jika resistor terlalu panjang atau terkena voltase yang tinggi, kemungkinan besar akan putus. Hal ini dapat menyebabkan warna TV menjadi tidak normal. Oleh karena itu, perlu melakukan penggantian pada resistor pembatas sesuai dengan jenis dan spesifikasinya.

Kerusakan Mainboard TV

Cara Memperbaiki Warna TV LG

Jika warna pada TV terlihat tidak normal, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa bagian mainboard. Perhatikan kabel LVDS pada mainboard yang terhubung dengan controller board.

Pastikan kabel antena dan kabel lainnya tidak longgar dan terpasang pada posisi yang tepat. Jika kabel terlepas, pastikan untuk memasangnya kembali dengan benar. Selanjutnya, reset FPCB dari controller board ke driver board.

Pastikan juga untuk memeriksa sambungan solder pada konektor kabel ke board. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, TV diharapkan dapat beroperasi dengan normal kembali.

Cara Memperbaiki Warna TV LG

Setelah mengetahui penyebab mengapa warna TV LG dominan, langkah selanjutnya adalah memperbaiki permasalahan tersebut. Cara memperbaikinya mirip dengan cara memperbaiki warna TV merek Sharp dan Polytron, yaitu dengan menyesuaikan faktor penyebabnya:

1. Atur Ulang Kecerahan TV

Jika permasalahan disebabkan oleh pengaturan yang kurang tepat, solusinya adalah dengan mengatur ulang kecerahan. Caranya, masuk ke menu pengaturan pada TV.

  • Silakan masuk menu “Pengaturan”.
  • Lalu masuk opsi “Gambar”, kemudian pilih ke “Standar” atau “Vivid”.
  • Lanjut atur ulang gambar (contrast, brigtness, color, tint dan lainnya).
  • Jika sudah kemudian klik “OK”.

2. Mengganti RGB yang Mati

Jika penyebab warna TV LG dominan karena RGB mati, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengukuran pada setiap terminal katoda tabung untuk mengetahui besarnya tegangan. Pada kondisi normal, tegangan pada tiga terminal katoda (KR, KG, KB) akan terukur sama.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Bercak Putih di Layar TV LCD : Mudah Kok !!

Namun, jika salah satu terminal katoda memiliki tegangan yang lebih besar, maka blok penguat tegangan katoda akan mengalami masalah. Untuk memperbaikinya, perlu melakukan solder ulang pada retakan di terminal transistor.

Namun, jika RGB mati, satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan melepas RGB dan menggantinya dengan yang baru. Dengan cara ini, warna pada TV LG diharapkan bisa kembali normal dan tidak menunjukkan warna tertentu pada layar.

3. Mengganti IC Chroma yang Rusak

Seperti halnya cara memperbaiki sebelumnya, jika terdapat komponen yang rusak dan membuat warna TV LG menjadi dominan pada satu warna, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa dan memperbaiki apakah komponen chroma benar-benar rusak. Jika tidak dapat diperbaiki lagi, maka perlu diganti dengan yang baru.

Ketika mengganti IC chroma, pastikan untuk menggantinya dengan jenis yang sesuai agar hasilnya normal. Untuk memastikannya, lepaskan IC chroma yang rusak dan bawa sebagai contoh saat membeli yang baru di toko elektronik terdekat.

4. Bersihkan Karat

Jika permasalahan disebabkan oleh adanya karat pada soket tabung penghubung, solusinya adalah dengan membersihkannya. Caranya, lepas soket tabung tersebut dan bersihkan karat yang ada.

Namun, jika karat pada soket tabung sangat parah sehingga tidak bisa dibersihkan dan menyebabkan hilangnya warna pada TV LG, maka solusinya adalah dengan melepas dan menggantinya dengan soket yang serupa.

5. Cek Kondisi Tabung

Terakhir, pastikan untuk memeriksa apakah tabung pada TV berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk memeriksanya, dapat dilakukan secara manual dengan mencari kerusakan yang terjadi pada komponen tabung atau panel dengan langkah-langkah berikut:

  • Lepas hubungan terminal katoda tabung dengan PCB.
  • Lalu gunakan multimeter dan atur ke mode pengukuran tegangan DC 250V.
  • Setelah itu tempelkan probe hitam multimeter ke jalur ground.
  • Sedangkan probe merah multimeter tempelkan pada setiap katoda.
  • Saat probe merah disentuhkan ke layar menghasilkan warna sesuai terminal katoda yang disentuh maka itu normal.
  • Tetapi jika tampilan warna dilayar TV LG ada yang redup berarti katoda tabung emisinya sudah melemah.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai cara untuk memperbaiki masalah warna pada TV LG Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah yang sedang Anda alami.

Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan rutin pada TV Anda agar kualitas gambar selalu optimal dan tidak mengalami masalah yang serupa di kemudian hari. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *