Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi

Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, Atau Berisik

Posted on

Bengkeltv.id Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, Atau Berisik. Adalah hal yang umum terjadi jika mesin cuci atau pengering mesin cuci mengeluarkan suara seperti glodak-glodak, berdecit, atau nging ketika digunakan untuk mencuci. Namun, suara tersebut bisa sangat mengganggu bagi beberapa orang dan bisa menandakan adanya masalah pada mesin cuci.

Biasanya, mesin cuci mengeluarkan suara ketika digunakan untuk mencuci, namun suara tersebut seharusnya tidak seberisik itu. Suara yang dikeluarkan seharusnya hanya suara pelan berputar gantian arah, derit, dengusan kecil serta berlangsung sesuai dengan timer waktu yang dinyalakan.

Berikut adalah beberapaPenyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi :

Penyebab Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, atau Berisik

Mesin cuci atau pengering mesin cuci yang mengeluarkan suara bising seperti glodak glodak, nging, atau sejenisnya, biasanya disebabkan oleh masalah pada mesin cuci tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab suara mesin cuci yang bising:

1. Ketidakseimbangan beban cuci dalam drum mesin cuci

Mesin cuci bisa mengeluarkan suara glodak-glodak saat mencuci apabila terjadi ketidakseimbangan pada beban cuci di dalam drum mesin cuci, terutama saat mencuci beban yang terlalu banyak atau satu sisi yang lebih berat. Selain itu, kelebihan muatan pakaian saat dicuci juga bisa membuat mesin cuci mengeluarkan suara berdecit berisik.

Baca juga:  Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci : Secara Lengkap

2. Lantai tidak datar

Lantai yang tidak seimbang bisa menjadi penyebab suara bising pada mesin cuci, karena mesin cuci harus diletakkan di lantai yang datar dan seimbang. Pastikan juga kaki mesin cuci sudah disesuaikan dengan kondisi lantai.

3. Drum mesin cuci mengalami kerusakan

Suara berisik pada mesin cuci bisa disebabkan oleh kerusakan pada drum mesin cuci, seperti adanya korosi, koin, resleting, atau keausan lainnya yang membuat drum jadi penyok, berlubang, atau bengkok. Apabila drum logam bengkok, maka drum logam bisa bersentuhan langsung dengan drum lainnya saat digunakan mencuci, menyebabkan suara derit berdecit.

4. Sabuk penggerak mesin cuci bermasalah

Suara berdecit berisik selama proses perputaran mesin bisa disebabkan oleh kerusakan pada sabuk penggerak, seperti sabuk yang robek, rusak, atau tidak terpasang dengan benar.

5. Ada rak atau lemari di dekat mesin cuci

Apabila mesin cuci menabrak benda yang ada di sekitarnya saat dinyalakan, maka suara benturan glodak-glodak bisa terjadi. Pastikan jarak antara mesin cuci dan benda di sekitarnya cukup agar tidak menimbulkan suara bising.

6. Filter pompa pembuangan tersumbat kotoran

Filter pompa pembuangan yang tersumbat kotoran bisa menyebabkan suara berdecit yang keras saat mesin cuci digunakan. Hal ini disebabkan oleh sumbatan kotoran atau benda-benda kecil dari pakaian di dalam filter pompa.

7. Mesin cuci terlalu dekat dengan dinding

Mesin cuci yang terlalu dekat dengan dinding juga bisa menyebabkan suara bising, terutama saat selang air atau selang pembuangan menyentuh dinding dan bergetar saat mesin cuci digunakan. Tarik mesin cuci sedikit ke depan agar tidak menimbulkan suara bising.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi Glodak Glodak, Nging, atau Berisik

Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi, untuk mengatasi mesin cuci yang mengeluarkan suara bising seperti glodak glodak, nging, atau sejenisnya, terdapat beberapa solusi yang dapat dicoba, di antaranya:

Baca juga:  Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis dengan Mudah dan Efisien

1. Masukkan muatan sesuai kapasitas

Pastikan untuk tidak memasukkan beban cuci yang terlalu berat atau melebihi kapasitas mesin cuci. Hindari juga memasukkan item seperti selimut, keset, karpet, dan sejenisnya karena membutuhkan waktu lama bagi mesin cuci untuk menyeimbangkan sisi tabung.

2. Perbaiki lantai yang tidak datar

Jika lantai tempat mesin cuci diletakkan tidak datar atau berkontur tanah, lebih baik dilakukan pengerasan menggunakan semen agar lantai menjadi datar dan rata.

3. Bersihkan filter pompa

Jika filter pompa terdapat sumbatan kotoran, bersihkan filter tersebut secara manual dengan menggunakan sabun dan sikat gigi bekas.

4. Jauhkan mesin cuci dari benda-benda yang dapat menimbulkan sentuhan

Pastikan jarak antara mesin cuci dan benda-benda di sekitarnya cukup agar tidak terjadi benturan dengan benda-benda tersebut.

5. Perbaiki atau ganti bagian mesin cuci yang rusak

Jika terdapat bagian mesin cuci yang rusak, seperti bengkok, penyok, aus, robek, atau pemasangan yang kurang pas, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Jika tidak bisa memperbaiki sendiri, sebaiknya memanggil jasa teknisi ahli.

Pengering Mesin Cuci 2 Tabung Bunyi Berdecit

Mesin cuci dengan pengering 2 tabung terkadang mengeluarkan suara berdecit saat digunakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Tata pakaian dengan rapi dan seimbang

Ketika mengeringkan pakaian, sebaiknya tata pakaian dengan rapi dan seimbang agar proses pengeringan dapat berjalan lebih efektif. Untuk menjaga keseimbangan tabung, letakkan pakaian yang lebih berat di bagian bawah seperti handuk, jeans, dan jaket, sedangkan pakaian yang lebih ringan dapat diletakkan di bagian atas seperti pakaian dalam dan kaos.

2. Tabung tidak seimbang

Jika mesin cuci mengeluarkan suara berdecit, hal ini bisa jadi disebabkan oleh tabung yang tidak seimbang karena usia mesin yang sudah lama digunakan. Untuk mengetahuinya, periksa apakah putaran mesin cuci stabil atau tidak saat diputar secara manual. Jika tidak, solusinya adalah mengganti tabung yang rusak dengan yang baru.

Baca juga:  Perbedaan Mesin Cuci Otomatis Dan Manual Secara Lengkap

3. Dudukan tabung pengering longgar

Dudukan tabung pengering bisa menjadi longgar seiring waktu, sehingga menyebabkan tabung pengering menjadi oblok saat berputar cepat. Hal ini juga dapat menyebabkan mesin cuci mengeluarkan suara berisik. Solusinya adalah periksa seberapa longgarnya dudukan tersebut dan bawa ke teknisi untuk diperbaiki jika diperlukan.

4. Mesin cuci ditempatkan di lantai yang tidak rata

Lantai yang tidak rata dapat menyebabkan mesin cuci tidak dapat berdiri seimbang, sehingga tabung mesin cuci ikut menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan mesin cuci mengeluarkan suara berisik. Solusinya adalah memindahkan mesin cuci ke lantai yang rata.

5. As tabung pengering vs tuas rem bergesekan

Mesin cuci dengan pengering 2 tabung memiliki sistem pengereman yang bekerja ketika pintu tabung pengering dibuka. Namun, kadang-kadang tuas rem ini bisa mengalami masalah dan menyebabkan suara berdecit. Solusinya adalah memperbaiki tuas rem agar tidak nyangkut atau melepas rem tersebut.

Baca Juga :

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id tentang Cara Mengatasi Mesin Cuci Bunyi . Dengan mengetahui beberapa penyebab dan solusi yang telah disampaikan di atas, diharapkan dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah pada mesin cuci dengan pengering 2 tabung.

Jangan ragu untuk menghubungi teknisi jika diperlukan dan pastikan untuk selalu merawat mesin cuci dengan baik agar tetap berfungsi dengan optimal. Terima kasih telah membaca, semoga informasi ini bermanfaat bagi Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *