Mesin Cuci Bocor

Mesin Cuci Bocor : Penyebab, Solusi dan Cara Mencegah

Posted on

Bengkeltv.idMesin Cuci Bocor : Penyebab, Solusi dan Cara Mencegah. Jika Kalian memiliki mesin cuci yang bocor, Kalian pasti merasa kesal dan khawatir. Kerusakan ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada mesin cuci Kalian dan juga bisa merusak lantai dan benda lain di sekitarnya.

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat mesin cuci bocor dan beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab, solusi, dan cara mencegah mesin cuci bocor.

Penyebab Mesin Cuci Bocor

Mari kita bahas terlebih dahulu berbagai faktor yang dapat menyebabkan mesin cuci bocor atau rembes.

Penyebab utama dari masalah ini bisa jadi bersifat non-teknis atau teknis.

Faktor non-teknis meliputi beban cucian yang terlalu berat, penggunaan deterjen yang berlebihan, dan kebiasaan mengubah pengaturan waktu secara manual. Biasanya, pengaturan waktu yang diubah secara manual terjadi pada mesin cuci dengan dua tabung. Terkadang, kita tidak sabar menunggu mesin mencuci selesai dan akhirnya memutar pengaturan waktu mesin yang sedang berjalan. Hal ini dapat mengganggu siklus pencucian dan menyebabkan air meluap dan merembes keluar.

Sementara itu, faktor teknis yang dapat menyebabkan mesin cuci bocor antara lain selang yang bocor, sambungan yang longgar, dan kerusakan pada dinamo mesin cuci.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Kalian lakukan untuk memperbaiki mesin cuci yang bocor:

Baca juga:  Kode Error Mesin Cuci Polytron Penyebab & Cara Mengatasinya

1. Ikuti Panduan Penggunaan Mesin Cuci dengan Benar

Jika kebocoran disebabkan oleh masalah non-teknis, perlu mengubah kebiasaan penggunaan mesin cuci. Perlu mempelajari cara menggunakan mesin cuci dengan membaca manual yang disediakan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kapasitas drum mesin cuci yang digunakan untuk mencuci.

Hindari memasukkan terlalu banyak pakaian, terutama jika bahan kain mudah menyerap air. Pastikan juga untuk menggunakan deterjen dengan takaran yang tepat untuk menghindari penyumbatan di saluran pembuangan. Kedua hal ini dapat menyebabkan air meluap dan bocor dari mesin cuci.

2. Bersihkan Selang Pembuangan

Penyebab kebocoran mesin cuci juga dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan di selang. Hal ini menyebabkan aliran air menuju saluran pembuangan tidak lancar dan malah meluap. Untuk itu, penting untuk secara rutin memeriksa dan membersihkan selang mesin cuci.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerusakan mesin cuci akibat penyumbatan oleh kotoran atau benda asing. Jangan khawatir, melepas dan memasang kembali selang ini sangat mudah sehingga dapat dilakukan sendiri.

3. Ganti Selang Mesin Cuci

Jika kamu tidak menemukan penyumbatan pada selang mesin cuci, tetapi air tetap bocor, kemungkinan besar penyebab utamanya adalah adanya lubang pada selang mesin cuci. Untuk memperbaiki masalah ini, perlu mengganti komponen selang yang bocor.

Pertama, bukalah bagian belakang mesin cuci dan cabut selang yang terhubung ke saluran pembuangan. Selanjutnya, pasang selang baru dan ikat dengan kabel ties agar sambungannya lebih rapat.

4. Ganti Karet Mesin Cuci

Jika kamu menggunakan mesin cuci front loading dan menemukan air menggenang atau rembes, perlu memeriksa dengan baik dari mana sumber air tersebut berasal. Jika sumber utamanya adalah celah pada pintu mesin, maka perlu mengganti karet pintu mesin.

Baca juga:  Cara Mengeringkan Pakaian di Mesin Cuci : Tips Mudah dan Cepat

Karet ini berfungsi untuk menahan air agar tidak merembes keluar ketika mesin cuci berputar. Jika karet pintu mesin kotor, berlubang, atau bahkan sudah retak, maka ini dapat menyebabkan air bocor keluar. Selain pada pintu mesin, karet penahan air juga dapat ditemukan pada ujung saluran pembuangan.

5. Ganti Dinamo Mesin Cuci

Jika kebocoran mesin cuci disebabkan oleh kerusakan pada dinamo, maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya. Dinamo mesin dan girboks mungkin sudah tua sehingga tidak mampu lagi menahan air dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  • Gulingkan mesin cuci agar bagian bawahnya mudah diakses.
  • Buka seluruh baut di dasar mesin cuci dan lepaskan alas mesin.
  • Periksa bagian girboks yang tertahan oleh baut di sampingnya.
  • Lepaskan baut girboks dan baut di bagian tabung mesin cuci.
  • Ganti girboks dengan komponen baru yang sudah disiapkan.
  • Pasang kembali seluruh bagian mesin cuci dengan kencang.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat memperbaiki mesin cuci yang bocor akibat kerusakan pada dinamo.

Cara Merawat Mesin Cuci

Merawat mesin cuci sangat penting agar mesin tetap awet dan berkinerja prima dalam mencuci pakaian. Berikut adalah beberapa tips merawat mesin cuci:

  1. Bersihkan tabung mesin cuci setelah digunakan. Gunakan kain bersih yang lembut dan lap seluruh bagian tabung dengan kain yang sudah dicampur air dan soda kue. Cara ini cukup efektif untuk mengangkat kotoran, jamur, dan bau tidak sedap di dalam tabung mesin cuci.
  2. Bersihkan penyaring mesin cuci secara berkala, minimal satu minggu sekali. Cara membersihkannya adalah dengan merendamnya dalam air yang sudah dicampurkan dengan soda kue dan sedikit detergen. Sikat perlahan hingga bersih, bilas, dan jemur penyaring hingga kering sebelum dipasang kembali.
  3. Gunakan mesin cuci sesuai kapasitasnya. Setiap mesin cuci memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Hindari mencuci pakaian di luar kapasitas mesin cuci karena dapat menghambat perputaran mesin sehingga tidak bekerja secara optimal.
  4. Jangan menggunakan terlalu banyak detergen karena dapat menghasilkan banyak residu dan bau tidak sedap pada tabung mesin cuci.
  5. Dengan merawat mesin cuci dengan benar, kamu dapat memperpanjang usia mesin cuci dan memastikan mesin cuci berkinerja prima saat mencuci pakaian.
Baca juga:  Panduan Lengkap : Cara Cek Dinamo Mesin Cuci Dengan Multiteste

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai masalah mesin cuci bocor yang kerap menjadi momok bagi pemilik mesin cuci. Dari berbagai penyebab dan solusi yang telah dijabarkan, diharapkan Kalian dapat mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada mesin cuci Kalian dan mengambil langkah tepat untuk mengatasinya. Jangan biarkan masalah ini mengganggu kinerja mesin cuci Kalian dan merusak pakaian kesayangan Kalian.

Ingatlah untuk selalu merawat dan menjaga mesin cuci agar tetap dalam kondisi prima. Perawatan rutin dan pengecekan komponen akan membantu Kalian mengantisipasi potensi bocor dan mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi profesional jika Kalian menghadapi kesulitan dalam mengatasi masalah ini.

Kini saatnya Kalian menikmati kinerja mesin cuci yang optimal tanpa kekhawatiran akan bocor yang mengganggu. Selamat mencuci dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *