Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision

2 Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision dengan Akurat

Posted on

Bengkeltv.id2 Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision dengan Akurat. Satelit parabola telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin menikmati berbagai pilihan tayangan televisi dengan kualitas gambar yang jernih. MNC Vision, sebagai salah satu penyedia layanan televisi satelit terkemuka di Indonesia, menawarkan beragam konten menarik yang bisa dinikmati langsung dari kenyamanan rumah Kalian.

Namun, untuk memastikan bahwa Kalian mendapatkan sinyal terbaik, penting untuk mengetahui cara mengatur arah parabola MNC Vision dengan tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah yang dapat diikuti untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal dan menikmati pengalaman menonton yang tak terlupakan. Selamat membaca!

Mengenai MNC Vision

PT MNC Sky Vision Tbk, yang lebih dikenal dengan merek MNC Vision, adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan layanan radio dan televisi satelit berbayar di Indonesia. Dahulu dikenal dengan berbagai nama seperti Indovision, OkeVision, dan Top TV, perusahaan ini telah berkembang menjadi salah satu pemain utama dalam industri ini.

Berdiri pada tanggal 8 Agustus 1988, PT MNC Sky Vision Tbk mulai memasuki operasional secara penuh pada tanggal 1 Oktober 1994. Sebagai bagian dari MNC Vision Networks, perusahaan ini telah menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan yang tinggi dengan terdaftarnya secara resmi di Bursa Efek Indonesia. Dengan kode saham IDX: MSKY, perusahaan ini tercatat di bursa sejak tanggal 29 Juni 2012, yang mencerminkan komitmennya dalam memenuhi stKalianr dan transparansi yang tinggi dalam operasional bisnisnya.

Kelebihan MNC Vision

Sebelum kita membahas Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision, penting bagi kalian untuk memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh MNC Vision. Keunggulan dari MNC Vision ini menjadi faktor krusial yang kerap menjadi pertimbangan bagi calon konsumen.

Konsumen biasanya mencari informasi yang mendalam mengenai layanan dan detail produk yang ditawarkan sebelum akhirnya memutuskan untuk berlangganan. Dengan memahami kelebihan yang ada, kalian dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan memaksimalkan manfaat dari layanan televisi satelit ini. Mari kita telusuri bersama!

Baca juga:  Daftar Channel K Vision Secara Lengkap

1. Tahan Cuaca

MNC Vision menempati posisi unik sebagai satu-satunya penyedia layanan TV satelit di Indonesia yang memanfaatkan frekuensi S-Band.

Salah satu keistimewaan dari spektrum ini adalah ketahanan yang tangguh terhadap gangguan akibat kondisi cuaca yang kurang mendukung, seperti hujan deras atau awan yang tebal.

Tak hanya itu, pita frekuensi S-Band dikenal memiliki energi yang tinggi yang bisa ditangkap dengan baik oleh antena parabola berukuran mini. Ini berarti, kamu masih bisa menikmati tayangan TV satelit dengan kualitas yang baik tanpa harus khawatir akan gangguan cuaca, meskipun hanya menggunakan peralatan yang sederhana.

2. Channel Lengkap

Salah satu faktor yang menjadi magnet bagi pelanggan dalam memilih penyedia layanan TV satelit adalah kuantitas channel yang ditawarkan.

MNC Vision memahami hal ini dengan baik dan menawarkan rangkaian lengkap saluran nasional, ditambah dengan puluhan channel internasional yang bervariasi sesuai dengan pilihan paket langganan.

Dengan keberagaman channel yang tersedia, momen menonton TV bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan dan seru, seakan-akan menjadikan ruang tamu sebagai mini bioskop pribadi di rumah.

3. Gambar Jernih

Kualitas gambar yang jernih adalah ciri khas dari layanan TV satelit, berkat penggunaan format digital.

MNC Vision mengambil langkah lebih jauh dengan menyajikan puluhan channel yang tersedia dalam resolusi High Definition, yang menjamin kualitas gambar yang luar biasa jernih dan tajam.

Dengan demikian, kamu bisa menikmati tayangan saluran favorit dengan kualitas gambar yang begitu memukau dan menyenangkan bagi penglihatan.

4. Dolby Audio

MNC Vision tidak hanya fokus pada kualitas gambar, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada kualitas suara melalui fitur Dolby Audio yang disematkan pada layanan TV satelitnya.

Dolby Audio, yang dikenal luas karena kemampuannya dalam menghasilkan suara yang jernih dan empuk, menambah dimensi pada pengalaman menonton, sehingga terasa lebih hidup dan nyata, terutama apabila ditunjang dengan penggunaan speaker eksternal.

Salah satu keunggulan Dolby Audio adalah kemampuannya dalam mengelola volume secara otomatis, sehingga suara yang dihasilkan selalu optimal tanpa perlu melakukan penyesuaian manual.

Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision

Tracking adalah proses di mana kita mencari sinyal MNC Vision dengan cara mengatur arah dish parabola agar sesuai dengan koordinat orbit satelit yang tepat.

Baca juga:  √ Nex Parabola Vs K Vision : Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya

Proses ini memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi karena pergeseran sekecil apapun dapat berdampak pada berkurangnya kualitas sinyal atau bahkan kehilangan sinyal sama sekali.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision:

1. Parabola Mini

Siapkan satu set peralatan antena parabola mini yang dilengkapi dengan LNB S-Band. Dish parabola yang memiliki ukuran minimal 45 cm sangat dianjurkan, namun menggunakan yang berukuran di atas 80 cm akan memberikan hasil yang lebih optimal.

Kelebihan dari parabola mini adalah desainnya yang kompak, yang memudahkan dalam proses tracking sinyal. Ditambah lagi, frekuensi S-Band yang digunakan oleh parabola ini dikenal stabil dan tahan terhadap gangguan cuaca.

2. Decoder MNC Vision

Untuk dapat menikmati siaran MNC Vision, diperlukan decoder khusus yang direkomendasikan oleh penyedia layanan. Ini karena sinyal video yang disiarkan telah dienkripsi dengan algoritma khusus.

Pastikan kamu memiliki satu unit decoder MNC Vision sebagai salah satu syarat utama dalam mengakses siarannya. Penyedia layanan menawarkan opsi untuk berlangganan atau membeli perangkat ini, tergantung pada preferensi masing-masing pelanggan.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, kamu akan siap untuk melakukan proses tracking dan mengatur arah parabola MNC Vision dengan efektif.

Arah Parabola MNC Vision

MNC Vision menyebarkan siarannya melalui satelit tertentu dengan menggunakan pita frekuensi S-Band. Sebagai pelanggan, tugas kamu adalah melakukan tracking untuk mencari sinyal dan mengatur arah parabola dengan tepat.

Untuk mempermudah proses ini, kamu dapat menggunakan bantuan smartphone dan aplikasi SatFinder. Dengan ini, kamu tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk memutar dish parabola, karena aplikasi akan membantu menemukan sinyal dengan lebih cepat.

Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti untuk menentukan arah parabola MNC Vision dengan akurat:

1. Pasang Parabola

Sebagai langkah awal, lakukan pemasangan antena parabola di lokasi yang dianggap ideal. Penting untuk memastikan bahwa dish parabola tidak menghadapi hambatan apapun seperti dinding, atap, atau pohon, yang bisa mengganggu penerimaan sinyal.

  • Rakit bagian-bagian parabola mini dengan baik.
  • Pasang tiang penyangga secara tegak lurus dan kokoh.
  • Pasang dish parabola beserta LNB S-Band dengan benar.
  • Hubungkan kabel dari unit LNB ke decoder MNC Vision.
  • Hidupkan smartphone dan buka aplikasi SatFinder.
  • Hidupkan GPS dan jaringan internet selular.
  • Input nama satelit SES7 untuk menemukan arah parabola.
  • Muncul panduan untuk mengatur posisi dish pada layar.
Baca juga:  Cara Setting Receiver Ninmedia dengan Mudah

2. Arah MNC Vision

MNC Vision beroperasi dengan mengKalianlkan satelit SES 7 yang berada pada koordinat orbit 108 derajat bujur timur. Informasi ini penting sebagai acuan dalam proses tracking sinyal parabola agar dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

  • Hidupkan TV LED dan decoder MNC Vision dengan tombol yang tersedia.
  • Pastikan semua kabel terhubung dengan baik.
  • Arahkan remote kontrol receiver secara tegak lurus.
  • Tekan tombol Menu untuk membuka pengaturan sistem.
  • Sorot bagian Pengaturan dan tekan Pengaturan Sistem.
  • Akan muncul opsi untuk menginput nomor PIN sistem.
  • Masukkan angka PIN empat digit yaitu ‘0000’.
  • Sorot bagian Pemindai Satelit dan tekan tombol OK.
  • Sorot bagian tipe LNB dan pilih Single Band.
  • Tekan tombol OK dan pilih menu MNC Vision S1.
  • Muncul indikator intensitas sinyal pada layar.
  • Putar dish parabola secara perlahan untuk mendapatkan sinyal.
  • Pastikan sinyal minimal memiliki 11 bar.
  • Ketika sinyal masuk, seluruh siaran akan terbuka.

Mungkin ada kalanya beberapa orang mengalami kondisi di mana tidak ada sinyal pada MNC Vision. Ketika hal ini terjadi, langkah yang perlu diambil adalah melakukan proses tracking ulang untuk memperbaiki penerimaan sinyal.

Setelah berhasil menemukan sinyal, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pengaturan pada receiver MNC Vision. Setidaknya, lakukan konfigurasi pada urutan channel favorit sesuai dengan preferensi pribadi.

Dalam proses penentuan arah parabola, sangat penting untuk mengacu pada koordinat orbit satelit dan frekuensi yang digunakan oleh MNC Vision. Tanpa memperhatikan kedua indikator ini, akan sulit untuk menangkap siaran yang diharapkan dengan jelas.

Penutup

Sebagai penutup, memahami Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision dengan tepat adalah kunci untuk menikmati tayangan televisi dengan kualitas terbaik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dibahas sebelumnya dan memastikan bahwa parabola diarahkan sesuai koordinat orbit satelit yang benar, Kalian dapat mengoptimalkan penerimaan sinyal dan memaksimalkan pengalaman menonton televisi bersama keluarga.

Ingatlah bahwa kesabaran dan ketelitian adalah elemen penting dalam proses ini. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mengatur Arah Parabola MNC Vision, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *