Cara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang

Cara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang dengan Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang dengan Mudah. SCTV dan Indosiar adalah dua channel televisi populer di Indonesia yang menawarkan berbagai program hiburan, acara olahraga, berita dan banyak lagi. Namun, terkadang,Kalian mungkin menemukan bahwa channel ini tidak muncul di TV Anda, bahkan setelah mencoba mencarinya berkali-kali.

Ketika Kalian mencoba menemukan SCTV dan Indosiar yang hilang, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperiksa terlebih dahulu. Beberapa masalah dapat terjadi pada TV atau penerima Kalian yang membuat channel ini hilang dari daftar channel Kalian. Namun, jangan khawatir, dengan beberapa tips praktis, Kalian akan dapat menemukan SCTV dan Indosiar kembali dengan mudah. Dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap Cara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang.

Frekuensi Indosiar dan SCTV TV Digital Terbaru.

Siaran televisi yang tidak muncul di layar bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk perubahan frekuensi dan satelit yang digunakan. Seperti yang diketahui, pemerintah telah melakukan migrasi siaran TV dari analog ke digital.

Oleh karena itu, kemungkinan Indosiar dan SCTV tidak muncul di televisi Anda karena Anda belum beralih ke siaran digital dan tidak mengatur pada frekuensi yang tepat. Berikut ini adalah daftar frekuensi terbaru untuk Indosiar dan SCTV di televisi digital.

Baca juga:  Daftar Kode Receiver Nex Parabola : Terlengkap

1. Indosiar

Di bawah ini disajikan daftar frekuensi terbaru untuk Indosiar di TV digital yang berlaku untuk beberapa kota di Indonesia:

  • Jakarta: 24 UHF.
  • Bandung: 29 UHF.
  • Yogyakarta: 32 UHF.
  • Surakarta: 32 UHF.
  • Semarang: 33 UHF.
  • Surabaya: 29 UHF.
  • Medan: 34 UHF.
  • Makassar: 34 UHF.
  • Denpasar: 36 UHF.
  • Banjarmasin: 33 UHF.
  • Palembang: 32 UHF.

2. SCTV

Sementara itu, SCTV telah membagikan daftar frekuensi digital terbaru yang berlaku untuk beberapa daerah di Indonesia. Berikut ini adalah daftar frekuensinya yang telah dirangkum.

  • Jakarta: 24 UHF (498 MHz).
  • Bandung: 29 UHF (538 MHz).
  • Yogyakarta: 32 UHF (562 MHz).
  • Surakarta: 32 UHF (562 MHz).
  • Semarang: 33 UHF (570 MHz).
  • Batam: 42 UHF (642 MHz).
  • Surabaya: 29 UHF (538 MHz).

Cara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang

Cara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang, jika SCTV dan Indosiar menghilang dari saluran TV Kalian, berikut beberapa langkah yang dapat dicoba untuk menemukannya kembali:

1. Hidupkan TV Kalian

Pertama-tama, hidupkan TV yang Kalian gunakan dengan menekan tombol power (merah) pada remote.

2. Tekan Tombol Menu

Selanjutnya, tekan tombol MENU pada remote penerima Kalian.

3. Pilih Pengaturan Program

Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih saja Pengaturan Program dan klik OK.

4. Pilih Tambah Saluran

Kemudian, akan muncul pilihan menu lainnya. Kalian hanya perlu melanjutkan dengan memilih menu Tambah Saluran dan tekan OK.

5. Pilih Satelit

Jika receiver Kalian menggunakan satelit Palapa, pindahkan ke satelit Telkom dengan menekan OK, kemudian tekan tombol arah kanan atau kiri.

6. Pilih Penambahan Transponder

Lanjutkan dengan memilih Penambahan Transponder. Kemudian, masukkan frekuensi transponder 04121, Symbol Rate 12250, dan Polaritas H (Horizontal). Setelah selesai, pilih Simpan dan tekan OK.

Baca juga:  √ Pengertian Antena Yagi: Fungsi dan Cara Kerjanya Yang Paling Tepat

7. Terakhir Pilih Pencarian

Selanjutnya, Kalian hanya perlu memilih opsi Pencarian dan langsung menekan OK.

8. Channel SCTV dan Indosiar Berhasil Ditemukan

Tunggu beberapa saat, dan channel SCTV serta Indosiar akan muncul. Kalian hanya perlu menyimpannya.

Cara Mengembalikan Siaran Indosiar dan SCTV yang Hilang di TV Digital

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kalian coba untuk mengembalikan siaran Indosiar dan SCTV yang hilang di TV digital:

1. Lakukan Pemindaian Ulang Saluran

Salah satu cara yang paling mudah jika Kalian tidak ingin repot mengganti frekuensi terbaru adalah dengan melakukan pemindaian ulang saluran pada set top box atau TV digital Kalian. Secara otomatis, perangkat Kalian akan menemukan frekuensi terbaru dari berbagai saluran TV digital saat melakukan metode ini.

Selain untuk mengatasi saluran Indosiar dan SCTV yang tidak memiliki sinyal, pemindaian ulang saluran juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi jumlah saluran TV digital yang terbatas, karena dengan melakukan pemindaian ulang, biasanya STB atau TV digital Kalian akan menangkap saluran digital baru yang sebelumnya tidak terdeteksi.

2. Gunakan Antena TV Digital Outdoor

Selain perubahan frekuensi, hilangnya saluran Indosiar dan SCTV di TV digital mungkin disebabkan oleh kualitas antena yang kurang baik. Untuk pengguna set top box, disarankan untuk menggunakan antena outdoor karena jangkauannya lebih luas dibandingkan dengan antena indoor.

Tersedia berbagai model dan merek antena outdoor yang dapat ditemukan di marketplace, dan tentunya setiap model dan harga yang berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Periksa Posisi Antena

Hanya menggunakan antena outdoor saja tidak cukup, kehilangan saluran Indosiar dan SCTV di TV digital mungkin disebabkan oleh posisi antena yang kurang tepat sehingga penerimaan sinyal digital tidak optimal, yang mengakibatkan beberapa saluran TV hilang atau tidak terdeteksi.

Baca juga:  √ Frekuensi LNB Telkom 4 : UPDATE Terbaru!!

Pastikan menempatkan antena pada posisi yang tinggi dan atur arahnya menuju pemancar sinyal terdekat di daerah Kalian, atau ikuti arah antena orang lain yang mendapatkan banyak siaran TV digital. Selain itu, Kalian bisa menggunakan aplikasi SinyalTV Digital untuk mengetahui lokasi pemancar sinyal terdekat.

4. Lakukan Reset pada Set top Box

Kadang-kadang, hilangnya saluran SCTV dan Indosiar disebabkan oleh adanya gangguan sistem pada set top box Kalian, sehingga tidak dapat secara optimal menangkap sinyal digital. Jika cara-cara di atas sudah dicoba namun belum berhasil, cobalah melakukan reset pada set top box.

Melakukan reset pada set top box merupakan langkah efektif untuk mengatasi STB yang error, tidak berfungsi, tidak ada sinyal, atau tidak bisa menangkap siaran TV digital tertentu. Setiap merek dan model set top box memiliki metode reset yang berbeda, tetapi umumnya opsi ini dapat ditemukan pada menu [Pengaturan].

Penutup

Dalam kesimpulan, menemukan SCTV dan Indosiar yang hilang memang bukan pekerjaan yang sulit jika kita tahu langkah yang tepat. Dengan mengikuti cara-cara yang telah disebutkan di atas, seperti melakukan pencarian otomatis atau manual, memanfaatkan aplikasi streaming, atau mengakses melalui situs resmi, Kalian dapat kembali menikmati tayangan favorit Kalian di kedua stasiun televisi ini.

Selalu pastikan untuk menjaga pembaruan frekuensi terkini dan memeriksa sumber informasi yang kredibel untuk menghindari kebingungan. Semoga artikel dari bengkeltv.id bermanfaat dan membantu Kalian Mengenai Cara Mencari SCTV dan Indosiar yang Hilang. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *