Arah Parabola K Vision Ku Band

Arah Parabola K Vision Ku Band Yang Benar

Posted on

Bengkeltv.idArah Parabola K Vision Ku Band Yang Benar. Saat ini kita berada di era digital di mana teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat dan membawa dampak besar dalam kehidupan manusia. Salah satu aspek kehidupan yang terpengaruh oleh teknologi adalah televisi. TV telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita dan memberikan hiburan dan pengetahuan yang beragam.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kualitas siaran TV konvensional menurun sehingga pengalaman menonton TV tidak lagi menyenangkan. Oleh karena itu, banyak orang beralih ke teknologi satelit. Arah Parabola K Vision Ku Band adalah salah satu teknologi satelit terbaik yang memberikan siaran TV berkualitas tinggi.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang Arah Parabola K Vision Ku Band dan memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih teknologi satelit terbaik.

Apa itu Arah Parabola K Vision Ku Band?

Arah Parabola K Vision Ku Band adalah teknologi satelit yang menawarkan siaran TV berkualitas tinggi dengan resolusi HD dan suara jernih. Ini adalah teknologi satelit paling canggih yang tersedia di pasaran dan sangat populer di Indonesia.

Tracking Parabola K Vision

Tracking adalah kegiatan mencari sinyal satelit dari provider K Vision dengan menentukan arah dish parabola berdasarkan titik koordinat orbital bumi.

Dibandingkan dengan antena UHF, dish parabola memerlukan presisi dalam menentukan arahnya. Sedikit pergeseran saja bisa mengurangi intensitas penerimaan sinyal bahkan menyebabkan hilangnya sinyal.

Berikut adalah persyaratan untuk melakukan tracking arah dish parabola K Vision:

1. Antena Parabola

Pastikan Kalian membeli satu set perlengkapan antena parabola jaring atau mini. Namun, proses instalasi sangat mudah dengan menggunakan dish berukuran sekitar 45 cm.

Karena desain parabola mini yang ringkas, maka proses pencarian sinyal pun menjadi lebih cepat. Namun, antena besar dengan spektrum C Band lebih unggul dalam daya tahan cuaca.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Receiver K Vision Terbaru !!

2. Receiver K Vision

Layanan TV satelit K Vision hanya mendukung penggunaan receiver rekomendasi dari operator tersebut. Sinyal video yang ditransmisikan akan terenkripsi dengan metode algoritma tertentu.

Pastikan Anda membeli salah satu jenis receiver K Vision yang direkomendasikan, antara lain Bromo, Cartenz, dan GOL. Harga perangkat tersebut terbilang murah dan tersedia di berbagai toko elektronik terdekat.

Frekuensi K Vision KU Band

Tidak hanya menyiarkan siaran pada frekuensi KU Band, K Vision kini juga telah menyiarkan siaran pada frekuensi C Band melalui Satelit Telkom 4. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, K Vision menggunakan dua transponder yang memiliki frekuensi dan susunan channel yang berbeda.

Beberapa channel dapat dinikmati secara gratis pada transponder K Vision KU Band, sementara paket premium memerlukan berlangganan agar dapat diakses. Untuk mengetahui frekuensi KU Band satelit Measat 3A agar dapat mengakses saluran TV K-Vision, Anda dapat mencarinya dengan lebih jelas.

1. Frekuensi Transponder K-Vision 12396 H 31000

  • Frekuensi Transponder : 12396
  • Polaritas : Horizontal (H)
  • Symbol Rate : 31000
  • System : DVB-S2
  • FEC : 2/3
  • Tipe Frekuensi : Ku Band
  • Frekuensi LNB : Universal
  • Channel : Fox Indonesia, Fox Live, National Geographic, Kids TV, Fox Movies, Fox Crime Asia, National Geo Wild, Fox Sport Asia, Fox Family Movies, Fox Sports 3, Fox Sports 2, Fox Action Movies, RCTI, Bein Sports 1, Bein Sports 2, Fight Sport, On Channel, Vision Prime, My Kidz, My Cinema, My Family, Soccer Channel, Rock Extreme, Rock Entertainment, Zoo Moo Asia, Nick Jr, MTV, MTV Live, Nickelodeon, Zee Bioskop, Celestial Movies Indonesia, dan Celestial Classic.

2. Frekuensi Transponder K-Vision 12436 H 31000

  • Frekuensi Transponder : 12436.
  • Polaritas : Horizontal (H).
  • Symbol Rate : 31000.
  • System : DVB-S2.
  • FEC : 2/3.
  • Tipe Frekuensi : Ku Band.
  • Frekuensi LNB : Universal.
  • Channel : SCTV, Indosiar, Trans 7, Trans TV, ANTV, NET TV, Rajawali TV, Kompas TV, Metro TV, TV ONE, TVRI, Bali TV, JTV, Da Ai TV, Reformed TV, TV MU, TV 9 Nusantara, Qur’an TV, RCTI, MNC TV, I News, GTV, MNC Sport, Channel Dangdut, OK TV, Muslim TV, M Shop TV, HBO Asia, HBO Hits, Cinemax Asia, Life TV, IDX Channel, Music Information.
Baca juga:  Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Sinyal dengan Mudah

Arah Satelit K-Vision KU Band Terbaru

Bagaimana cara menentukan arah satelit K Vision? Saat ini, posisi koordinat satelit K Vision terbaru berada di sebelah barat pulau Sumatera pada garis bujur 91,4°E. Oleh karena itu, Anda perlu mengarahkan antena parabola ke arah barat agar dapat menerima frekuensi.

Selain itu, sudut kemiringan atau elevasi disk antena parabola akan berbeda-beda di setiap daerah, tergantung letak geografisnya. Semakin ke timur daerah Anda, maka sudut elevasi disk antena parabola akan semakin kecil.

Karena itu, tidak ada patokan pasti untuk menentukan sudut kemiringan antena parabola di setiap lokasi. Namun, yang jelas jika Anda berada di bagian timur, maka arahkan antena parabola ke arah barat.

Cara Tracking Frekuensi K Vision KU Band

Setelah mengetahui frekuensi K Vision KU Band dan arah satelit terbaru, langkah selanjutnya adalah melakukan tracking satelit untuk menemukan sinyal yang kuat dari provider K Vision. Proses pencarian sinyal tergolong mudah, tetapi sebelum mulai melakukan tracking atau menentukan arah disk antena parabola yang tepat, Anda harus terlebih dahulu mengatur pengaturan receiver dengan benar. Jika satelit K Vision atau satelit Measat 3A belum ada pada daftar satelit receiver, Anda harus menambahkannya terlebih dahulu.

Setelah ada satelit K Vision, selanjutnya tambahkan frekuensi transponder K Vision ke dalam daftar transponder pada satelit K Vision yang baru ditambahkan. Informasi mengenai frekuensi transponder K Vision dapat dilihat pada frekuensi di atas.

Pengaturan receiver yang benar ditandai dengan munculnya level pada indikator intensitas sinyal. Jika intensitas sinyal belum muncul, periksa kembali pengaturan receiver dan sambungan receiver ke LNB parabola.

Jika semua pengaturan sudah sesuai dan benar, lanjutkan dengan langkah tracking frekuensi. Untuk yang masih bingung terkait cara tracking K Vision Ku Band, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pasang Aplikasi Satfinder di Smartphone

Langkah pertama dalam proses pencarian sinyal K Vision adalah menggunakan alat bantu khusus yang akurat agar lebih cepat. Pertama-tama, siapkan smartphone atau HP pintar dan install aplikasi bernama Satfinder (Android) untuk menentukan posisi antena parabola.

Aplikasi Satfinder memanfaatkan GPS (Global Positioning System) pada HP untuk menentukan posisi dan arah satelit dengan tepat. Tanpa bantuan aplikasi ini, cukup sulit untuk mencari sinyal K Vision.

Baca juga:  Cara pasang 1 Parabola 2 Receiver Dengan Benar

2. Pasang Antena Parabola Mini

Setelah mengetahui arah antena melalui bantuan aplikasi Satfinder, langkah selanjutnya adalah memasang parabola mini. Pilihlah lokasi yang datar dan pastikan tidak terhalang oleh tembok atau pohon.

Pasang tiang secara tegak lurus untuk mempermudah dan mempercepat proses tracking sinyal. Pastikan juga antena tidak bergoyang agar tidak berpengaruh terhadap kualitas penerimaan frekuensi satelit.

3. Input Parameter Ku Band

Sebelum melakukan tracking sinyal satelit, Anda perlu menginput parameter K Vision KU Band ke receiver. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Sambungkan kabel parabola ke receiver.
  • Nyalakan TV dan ubah input ke HDMI.
  • Antarmuka receiver akan muncul pada layar.
  • Masuk ke pengaturan receiver dan tambahkan TP.
  • Pilih LNB Frekuensi universal.
  • Tentukan daya LNB auto.
  • Input parameter frekuensi dan simbol rate.
  • Pastikan seluruh parameter diinput berdasarkan frekuensi K Vision KU Band terbaru yang telah disajikan sebelumnya.

Dengan melakukan input parameter dengan benar, Anda dapat memperoleh sinyal K Vision dengan lebih baik dan stabil

4. Arahkan Parabola ke K-Vision

Setelah parabola mini terpasang dan parameter receiver telah diinput, langkah selanjutnya adalah melakukan proses tracking. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk memutar antena di luar, sementara Anda melihat pergerakan sinyal pada layar TV.

Untuk mempermudah proses ini, Anda dapat melakukan video call melalui ponsel atau HP menggunakan aplikasi WhatsApp. Dengan demikian, orang yang memutar parabola mini dapat melihat sinyalnya secara langsung. Cara tracking ini terbilang cukup efektif untuk mendapatkan frekuensi K Vision.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, akan memudahkan dan meningkatkan akurasi menentukan arah parabola K Vision Ku Band. Pastikan memasang parabola mini dengan benar, menginput parameter K Vision KU Band ke receiver, dan melakukan proses tracking bersama orang lain. Dengan melakukan hal tersebut, Kalian dapat menikmati berbagai siaran TV dari K Vision dengan kualitas sinyal yang baik dan stabil. Demikianlah ulasan mengenai Arah Parabola K Vision Ku Band dari bengkeltv.id, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *