Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini Paling Mudah

Posted on

Bengkeltv.idCara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini Paling Mudah. Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini adalah topik yang penting bagi siapa saja yang menggunakan antena parabola untuk menonton TV. Sinyal parabola yang buruk dapat mengakibatkan gangguan dalam tampilan gambar dan suara, membuat pengalaman menonton TV menjadi tidak menyenangkan.

Namun, mencari kualitas sinyal parabola yang baik bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang memengaruhi kualitas sinyal parabola, termasuk cuaca, posisi antena, dan kekuatan sinyal. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara mencari kualitas sinyal parabola yang terbaik.

Dasar Mencari Sinyal Parabola

Parabola mini bisa menjadi alternatif ideal yang menggantikan peran antena UHF dengan daya pancar sinyal satelit yang kuat dan menjangkau seluruh Indonesia.

Meski bukan seorang teknisi, proses pemasangan parabola kecil cukup mudah. Anda hanya perlu memastikan dish ditempatkan pada lokasi yang terbuka tanpa halangan yang mengganggu.

Berikut adalah teknik pemasangan antena parabola mini:

  • Pastikan dish ditempatkan pada lokasi yang terbuka tanpa halangan seperti tembok, pohon, atau benda lainnya.
  • Lakukan pemasangan pada kondisi cuaca yang cerah agar mudah menangkap sinyal.
  • Pastikan tiang penyangga parabola tegak lurus dan tidak goyang.
  • Ketahui arah koordinat satelit yang tepat melalui aplikasi.
  • Masukkan nomor transponder terkuat saat melakukan pencarian sinyal.

Itulah beberapa faktor utama yang bisa membantu Anda dalam memasang parabola mini. Meski terlihat sepele, kesalahan kecil dapat berdampak pada kegagalan total.

Untuk memperlancar proses pemasangan, Anda perlu menyiapkan beberapa alat pendukung. Alat-alat tersebut mudah ditemukan dan tidak membebani pemula yang bukan teknisi terampil.

Beberapa alat yang dibutuhkan untuk memasang dan mencari sinyal parabola adalah:

  • Smartphone Android dengan koneksi internet yang memadai.
  • Aplikasi WhatsApp untuk melakukan panggilan video dengan rekan.
  • Aplikasi SatFinder untuk menentukan arah satelit dengan mudah.
  • Kunci pas nomor 10 dan obeng plus serta solatip warna hitam.
Baca juga:  Cara Pasang Parabola Mini Tanpa Iuran Bulanan

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini

Mencari sinyal parabola mini cukup mudah dengan menggunakan peralatan yang sederhana, namun Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang siaran satelit.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merakit parabola mini dengan menggunakan kunci pas dan obeng. Selanjutnya, pasang antena pada lokasi ideal yang tidak terhalangi oleh benda apapun.

Berikut ini adalah cara mencari sinyal parabola mini yang paling mudah:

1. Tentukan Satelit

Sebelum memulai, pastikan Anda menentukan satelit tujuan yang sesuai dengan jenis receiver yang digunakan. Sebagai contoh, K Vision beroperasi pada satelit Measat 3a dengan nomor transponder Ku Band.

DataDeskripsi
SatelitMeasat 3a
SpektrumKu Band
BeamIndonesia
Koordinat91.4 E
Transporder 112436 H 31000
Trasnporder 212396 H 31000

Anda perlu memasukkan nomor transponder tersebut pada receiver yang direkomendasikan oleh K Vision.

2. Konfigurasi Receiver

Pada dasarnya, setiap receiver yang tersedia di pasaran memiliki pengaturan yang sama. Namun, tampilan menu pada setiap receiver berbeda-beda tergantung pada produsennya.

Jadi, jika ingin mencari sinyal parabola K Vision, Anda perlu memasukkan data satelit dan nomor transponder menggunakan remote control.

Selain itu, perhatikan pengaturan default untuk LNB Ku Band seperti berikut:

DataDeskripsi
Frekuensi LNBUniversal 9750-10600
Daya LNBAuto
PolaritasAuto

3. Atur Arah Satelit

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini

Menentukan arah satelit sangat penting dalam proses tracking satelit untuk mendapatkan intensitas sinyal minimal 60 persen agar siaran parabola berjalan lancar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menentukan arah satelit menggunakan smartphone Android dan aplikasi SatFinder:

  • Hidupkan smartphone Android dengan menekan tombol power.
  • Unduh dan pasang aplikasi SatFinder.
  • Aktifkan fitur GPS untuk menentukan lokasi yang akurat.
  • Buka aplikasi SatFinder dan masukkan satelit Measat 3a.
  • Tekan gambar peta pada pojok kanan atas.
  • Detail peta akan terbuka sesuai lokasi Anda.
  • Letakkan smartphone di tanah dan putar perlahan.
  • Perhatikan sensor dan berhenti saat warnanya berubah menjadi hijau.
  • Inilah acuan untuk mengarahkan posisi dish parabola.

SatFinder merupakan aplikasi yang wajib dimiliki karena tanpa itu, sangat sulit untuk mendeteksi posisi dan sinyal satelit.

4. Putar Dish

Setelah Kalian menentukan arah satelit yang tepat menggunakan aplikasi SatFinder, Kalian bisa melakukan panggilan video dengan rekan untuk mempermudah tracking sinyal.

Baca juga:  Cara Pasang Parabola Mini Sendiri Yang Baik dan Benar

Pastikan rekan Kalian sudah memasukkan parameter satelit dan frekuensi yang tepat pada receiver. Kemudian, putarlah dish perlahan sampai Kalian mendapatkan sinyal yang cukup kuat.

Indikator siaran yang lancar adalah sinyal satelit masuk minimal sekitar 60 persen. Jika sinyal di bawah 60 persen, maka channel akan terasa macet dan mudah hilang saat cuaca buruk seperti saat mendung atau hujan.

Penyebab Kualitas Sinyal Parabola 0

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini

Ketika mengalami masalah pada parabola, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan karena dalam kondisi tertentu, masalah parabola bisa salah diduga. Sebagai contoh, intensitas sinyal 60% namun kualitas sinyal 0%, atau intensitas sinyal dan kualitas sinyal 0%. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada komponen parabola seperti LNB, switch, dan lain-lain.

Namun, pada beberapa receiver seperti LGSAT, intensitas sinyal masih bisa terbaca sebesar 23% meskipun ada komponen yang rusak. Bahkan ketika kabel tidak terhubung ke parabola, intensitas sinyal tetap terdeteksi. Hal ini biasanya membuat para teknisi bingung dalam mencari kerusakan pada parabola jika menggunakan receiver LGSAT.

Biasanya, pada receiver akan terlihat jelas jika intensitas sinyal tidak ada, yang menunjukkan bahwa receiver tidak terhubung dengan komponen parabola, baik menggunakan switch atau hanya satu LNB. Namun, jika menggunakan receiver LGSAT, sulit untuk mengetahui apakah receiver sudah terhubung dengan parabola atau tidak (tidak terdeteksi secara gamblang).

Pengetahuan dasar seperti ini perlu diketahui oleh semua orang dalam mencari kualitas sinyal, karena akan percuma jika melakukan tracking tetapi ternyata receiver tidak terhubung dengan komponen parabola. Teknik dasar dalam mencari sinyal adalah dengan mengunci frekuensi terbaru dan menggunakan monitor untuk melihat kualitas sinyal yang terdeteksi.

Seringkali, frekuensi terbaru dari salah satu transponder pada satelit yang ingin di-lock tidak diperhatikan. Beberapa orang hanya melakukan setting tanpa mengetahui informasi mengenai satelit yang akan dicari, padahal frekuensi terbaru sudah berubah.

Sebagai contoh, mencari sinyal RCTI, GTV, dan MNC TV di satelit Palapa D, namun pada receiver tidak ada sinyal. Jika tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, maka akan tetap mengutak-atik parabola (tracking). Namun, jika sudah mengetahui apa yang terjadi, seperti menggunakan receiver K-Vision atau sejenisnya, akan lebih mudah untuk mencari sinyal.

Baca juga:  Cara Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal : Panduan Pemula

Mengatasi Kualitas Sinyal Parabola 0

Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini

Kasus seperti ini biasanya terjadi pada pengguna Ninmedia yang akan memasang sendiri, berbeda dengan Nex parabola atau K-Vision yang pemasangannya biasanya dilakukan oleh teknisi dari pay TV tersebut. Sebenarnya, hal wajar jika kualitas sinyal masih 0%, karena sinyal belum tertangkap oleh receiver.

Jika hal tersebut terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari arah satelit yang tepat. Bisa menggunakan bantuan aplikasi android bernama SatFinder, namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu tiang tegak lurus agar pengaturannya lebih akurat.

Kemudian, buka aplikasi SatFinder, lalu pasang parabola menuju arah satelit berdasarkan Azimuth. Selanjutnya, naikkan dish parabola sesuai dengan elevation, dan putar LNB berdasarkan LNB Skew.

Biasanya, sinyal yang didapat pada aplikasi akan memiliki perbedaan 1-2 derajat, maka lakukan tuning secara manual dengan menggeser dish parabola. Geser dish ke atas, bawah, kanan, dan kiri perlahan-lahan hingga menemukan sinyal maksimal.

Pastikan parabola lurus menghadap ke langit tanpa terhalang oleh apapun, karena dish kecil untuk KU Band seperti Ninmedia memang sangat sensitif.

Hal – Hal Yang Menyebabkan Parabola Tidak Ada Sinyal

Pemasangan parabola di luar ruangan bisa membuatnya rentan mengalami kerusakan, seperti hilangnya channel dan masalah lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab ketika parabola tidak menunjukkan adanya sinyal:

  • Receiver tidak terhubung (konek) dengan LNB.
  • Switch atau Dseg mati.
  • LNB rusak atau mati.
  • Receiver rusak.
  • Kesalahan dalam pemrograman.
  • Perubahan frekuensi.

Itulah beberapa penyebab yang dapat membuat parabola tidak menunjukkan adanya sinyal.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Mencari Kualitas Sinyal Parabola Mini, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah dan memperbaiki kualitas sinyal parabola.

Dalam memasang dan merawat parabola, perlu diperhatikan beberapa hal agar mendapatkan sinyal yang optimal dan lancar.

Selalu periksa kondisi parabola, pilih lokasi yang tepat, dan gunakan alat yang tepat untuk memudahkan proses pencarian sinyal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memasang dan merawat parabola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *