Cara Pasang Parabola Mini Sendiri

Cara Pasang Parabola Mini Sendiri Yang Baik dan Benar

Posted on

Bengkeltv.idCara Pasang Parabola Mini Sendiri Yang Baik dan Benar. Dalam era digital saat ini, mengakses informasi dari berbagai penjuru dunia dapat dilakukan dengan mudah melalui beragam media. Salah satu media yang masih menjadi Kalianlan banyak orang adalah televisi. Namun, untuk menikmati tayangan televisi dengan kualitas gambar yang jernih dan pilihan saluran yang beragam, kita memerlukan antena yang tepat.

Parabola Mini muncul sebagai solusi praktis yang tidak hanya menawarkan kualitas tayangan yang baik, tetapi juga pemasangan yang relatif sederhana. Bagi Kalian yang ingin tahu bagaimana cara memasang perangkat ini tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa teknisi, artikel ini akan membahas tuntas mengenai “Cara Pasang Parabola Mini Sendiri”. Simak langkah-langkahnya berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Sekilas Mengenai Parabola Mini

Parabola mini merupakan varian parabola yang dilengkapi dengan dish berbentuk plat berukuran relatif kecil, dengan diameter berkisar antara 45cm hingga 100cm.

Keistimewaan dari parabola mini ini terletak pada kemampuannya yang cukup hKalianl dalam menangkap sinyal-sinyal pada frekuensi ku-band. Walaupun memungkinkan untuk menangkap sinyal pada frekuensi c-band, namun hasil yang didapatkan kurang optimal karena parabola mini tidak dapat menyapu secara menyeluruh seluruh frekuensi yang tersedia dalam satu satelit.

Baca juga:  Cara Mencari Channel TV yang Hilang di Parabola Matrix Paling Simpel

Untuk meningkatkan kinerja dalam menangkap sinyal c-band, sebuah komponen bernama conical scalar ring dapat dipasangkan pada LNB parabola mini. Ini akan sedikit membantu, meskipun kinerjanya tetap lebih unggul pada frekuensi ku-band.

Oleh karena itu, bagi Kalian yang berencana memanfaatkan parabola mini sebagai sarana menangkap sinyal satelit, sangat disarankan untuk memfokuskan penggunaannya pada frekuensi ku-band.

Tak kalah penting, pastikan juga untuk memilih ukuran parabola yang tepat sesuai dengan kebutuhan Kalian. Dengan melakukan hal ini, Kalian dapat menikmati tayangan televisi dengan kualitas gambar yang jernih dan minim gangguan.

Cara Memilih Parabola Mini

Berikut adalah beberapa saran yang perlu Kalian perhatikan saat memutuskan untuk memilih parabola mini dari merek K Vision, MNC Vision, Venus, Spyro, atau lainnya:

1. Kondisi Receiver

Receiver bertindak sebagai pengolah sinyal menjadi gambar yang dapat Kalian tonton di televisi. Pastikan memilih receiver yang cocok dengan tipe televisi Kalian untuk memastikan keserasian dan keamanan dalam penggunaan.

Contoh: Jika Kalian memiliki TV LCD, pilihlah receiver mpg4 HD yang dilengkapi dengan port HDMI.

2. Jumlah LNB

Sesuaikan jumlah LNB (Low-noise Block) dengan kebutuhan, tipe televisi, dan jenis receiver yang Kalian gunakan. Jumlah LNB yang lebih banyak memungkinkan Kalian untuk menerima lebih banyak saluran. Kalian juga bisa menambah LNB sesuai kebijakan, baik gratis maupun berbayar.

3. Jumlah Televisi

Pertimbangkan jumlah televisi yang Kalian miliki di rumah serta apakah ada rencana untuk menambahnya. Jika Kalian menambah televisi, maka Kalian harus menambah LNB. Selain itu, Kalian mungkin harus mengganti receiver dengan tipe yang lebih canggih.

4. Jenis Tiang Parabola

Pilihlah tiang penopang parabola mini yang berkualitas dan kuat agar tidak mudah rusak. Ini penting karena parabola biasanya ditempatkan di luar rumah dan terpapar cuaca. Tiang yang terbuat dari bahan galvanil merupakan pilihan yang bagus.

Baca juga:  Cara Menambah Satelit di Telkom 4 dengan Mudah

5. Kualitas Kabel

Pilih kabel yang terbuat dari serat ground yang padat dan berdiameter besar. Kabel yang berkualitas akan meningkatkan penerimaan sinyal, tahan panas, dan menghindari korsleting. Ini sangat penting, terutama untuk parabola jenis C band.

6. Jenis Parabola

Kalian dapat memilih antara parabola jenis dish dan solid, yang masing-masing memiliki spesifikasi tersendiri. Parabola dish cenderung memiliki sinyal yang kuat meskipun dalam kondisi hujan dan tahan terhadap angin. Sementara itu, parabola solid cocok untuk frekuensi KU Band tetapi lebih sensitif terhadap kondisi cuaca.

7. Ukuran Parabola

Parabola berukuran besar lebih efisien dalam menangkap sinyal, tetapi memerlukan ruang lebih, instalasi lebih kompleks, dan harga yang lebih tinggi. Parabola mini lebih praktis, namun Kalian harus rela menerima saluran yang terbatas, iuran bulanan, dan sinyal yang mungkin terganggu saat hujan.

8. Biaya per bulan

Pertimbangkan apakah Kalian ingin memilih parabola dengan pembayaran bulanan atau hanya satu kali di awal. Pembayaran bulanan biasanya menawarkan lebih banyak saluran, sedangkan pembayaran sekali mungkin lebih terbatas. Sesuaikan dengan kebutuhan Kalian, dan jika memungkinkan, pilih opsi tanpa iuran bulanan.

Cara Pasang Parabola Mini

Kalian dapat melakukan pemasangan parabola mini dari merek K Vision, Spyro, MNC Vision, atau Venus secara mandiri di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Mempersiapkan Alat dan Menentukan Tempat

Pertama, siapkan alat-alat yang diperlukan seperti obeng dan kunci pas. Selanjutnya, tentukan lokasi pemasangan parabola yang ideal; tempat yang tidak terlalu tinggi maupun rendah, dan bebas dari penghalang seperti dinding atau pohon.

2. Memasang Parabola

Pastikan parabola dipasang dengan tegak, seimbang, dan kuat agar tidak mudah tergoyang oleh angin. Hindari meletakkan parabola dekat kabel atau sumber listrik lainnya untuk menghindari korsleting. Pastikan juga baut-baut sudah dikencangkan dengan baik dan parabola menghadap ke arah yang tepat.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Parabola Mini yang Perlu Diketahui

3. Memasang LNB dan Konektor

Langkah berikutnya dalam pemasangan parabola mini adalah menghubungkan LNB ke receiver. Pasang konektor ke antena, lalu sambungkan kabel dari receiver ke televisi agar sinyal dan saluran dapat diterima oleh TV. Pada tahap ini, Kalian bisa memeriksa kualitas gambar dan saluran yang diterima oleh receiver.

4. Mengatur Satelit dan Sinyal

Coba cari satu saluran terlebih dahulu untuk memeriksa kualitas gambar, dan lakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Setelah itu, Kalian dapat mengatur sinyal dengan menggeser parabola ke kanan atau kiri. Sebagai alternatif, Kalian bisa menggunakan motor penggerak untuk memudahkan pengaturan.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, memasang parabola mini sendiri di rumah bukanlah tugas yang mustahil. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan memahami prinsip dasar cara kerja parabola, Kalian bisa menikmati tayangan televisi dengan kualitas gambar yang lebih baik.

Selain itu, memasang sendiri parabola mini dapat menghemat biaya dibandingkan dengan menyewa jasa profesional. Terpenting, selalu pastikan keselamatan dan keakuratan selama proses pemasangan. Jadi, dengan pengetahuan yang telah Kalian peroleh mengenai Cara Pasang Parabola Mini Sendiri, kini saatnya untuk mulai beraksi dan meningkatkan pengalaman menonton Kalian dengan cara yang mandiri dan efisien. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenaiCara Pasang Parabola Mini Sendiri ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *