Cara Pasang Parabola K Vision

Cara Pasang Parabola K Vision & Setting Receiver

Posted on

Bengkeltv.idCara Pasang Parabola K Vision & Setting Receiver. Banyak yang memilih untuk menggunakan siaran TV satelit berlangganan karena tidak perlu membayar iuran bulanan. Hal ini disebabkan masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau sinyal UHF digital.

Kelebihan menggunakan siaran TV satelit adalah jumlah saluran yang lebih banyak dan beragam. Selain itu, sinyal yang kuat mampu menjangkau seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke.

K Vision adalah layanan siaran satelit berlangganan yang simpel dan dapat menjadi solusi untuk menonton TV digital. Layanan ini menawarkan channel nasional lengkap yang dapat dinikmati secara gratis dan mendukung pengisian voucher.

Kami telah menyediakan panduan tentang Cara Pasang Parabola K Vision secara mandiri tanpa bantuan teknisi. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana, dapat memilih untuk menonton TV satelit sebagai pengganti layanan UHF

Apa Itu K Vision ?

Untuk yang belum mengetahui apa itu K-Vision, berikut penjelasan singkat sebelum membahas mengenai cara pemasangan parabola. K-Vision adalah penyedia TV satelit berlangganan yang menjual paket tanpa iuran bulanan.

Melalui K-Vision, Anda dapat menikmati channel nasional lengkap secara gratis dan juga dapat melakukan pengisian voucher. Bagi yang ingin menikmati channel-channel pilihan, aktivasi K-Vision dapat dilakukan melalui beberapa cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Pemasangan

Sebelum membahas cara pemasangan, perlu diperhatikan peralatan yang diperlukan. Berikut beberapa alat dan komponen yang dibutuhkan untuk memasang parabola, antara lain:

1. Alat-Alat

  • Parabola mini.
  • Receiver, dekoder atau set-top box K Vision.
  • LNB Ku Band.
  • Televisi.
  • Kabel antena (sesuai kebutuhan).
  • Remot TV & receiver Nex Parabola.
  • Smartphone/HP pintar.
  • Tang.
  • Kunci pas.
  • Tangga.
Baca juga:  Daftar Frekuensi Measat Ku Band : Terlengkap !!

2. Pengetahuan Dasar

Selain peralatan, Anda juga perlu memahami dasar-dasar dalam melakukan setting atau pemasangan parabola. Untuk para pemula, pengetahuan dasar tentang teknisi dan pemasangan sangat mudah dipelajari.

Untuk memperjelas pengetahuan tersebut, Anda hanya perlu mempelajari implementasi dunia satelit dan antena parabola mini. Biasanya, saat membeli parabola mini dan receiver, sudah dilengkapi dengan buku panduan atau panduan pengoperasiannya.

Cara Pasang Parabola K Vision

Instalasi parabola K Vision dapat dilakukan dengan mudah dan dapat menghemat biaya teknisi. Pastikan untuk memilih antena berdiameter kecil dengan ukuran minimal 45 cm karena lebih praktis dan simpel.

Berikut tahapan Cara Pasang Parabola K Vision untuk pemula agar lebih jelas:

1. Pasang Parabola Mini

Langkah awal dalam pemasangan parabola K Vision adalah memastikan Anda memilih parabola mini agar lebih mudah dalam proses pemasangan. Setelah itu, mulailah memasang pada lokasi yang tidak terhalang oleh tembok atau pohon.

Pastikan juga tiang antena tegak lurus untuk mempermudah proses pencarian sinyal K Vision. Selain itu, tiang penyangga antena juga harus kokoh dan tidak goyang karena dapat mempengaruhi kualitas sinyal.

Setelah itu, hubungkan kabel dan pasang LNB Ku Band dengan benar sebagai langkah awal dalam pemasangan K Vision. Pastikan kabel diurutkan dengan rapi dan melewati jalur yang aman.

2. Setting Decoder K Vision

Untuk jalur Ku Band, Anda perlu memasukkan parameter satelit dan frekuensi dari Measat 3a. Nyalakan televisi beserta decoder K Vision dan masuk ke pengaturan untuk menambahkan transponder.

Berikut ini adalah transponder frekuensi K Vision di Measat 3a:

SatelitMeasat 3a
Koordinat91.4 E
Transporder 112396 H 31000
Transporder 212436 H 31000
Frekuensi LNBUniversal 9750 – 10600

3. Mencari Sinyal K Vision

Untuk mempercepat pencarian sinyal K Vision, dapat dilakukan pointing satelit dengan bantuan dua orang. Salah satu orang dapat melakukan video call menggunakan aplikasi WhatsApp saat memutar dish parabola.

Baca juga:  Arah Parabola K Vision Ku Band Yang Benar

Berikut adalah cara paling mudah untuk mencari sinyal K Vision:

  • Pertama, silakan pasang aplikasi bernama SatFinder yang sudah di unfuh di Google Play Store (Android).
  • Kemudian lanjut dengan membuka aplikasi SatFinder dan input satelit measat 3a.
  • Nantinya Anda akan melihat arah satelit dan posisi parabola K Vision yang terpasang.
  • Kemudian silakan putar antena parabola mengikuti arahan satfinder.
  • Jika sudah dan menemukan sinyal, maka selanjutnya silakan kencangkan baut untuk mengunci arah parabola.
  • Guna kenyamanan dalam menonton siaran, kualitas sinyal usahakan mencapai angka minimal yaitu 65 %.
  • Kemudian silakan Anda jalankan prosedur scan otomatis untuk memindai saluran dan decoder guna menyimpan channel.

Untuk kenyamanan menonton, pastikan kualitas sinyal mencapai minimal 65 persen. Setelah itu, aktifkan fitur scan otomatis untuk mencari sejumlah channel pada transponder.

4. Aktivasi STB K Vision

Setelah melewati langkah-langkah di atas, untuk dapat menonton channel K Vision pilihan atau premium, kalian perlu melakukan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu untuk membuka siaran gratis.

Cara aktivasi STB K Vision cukup mudah, yaitu dengan mengirimkan data melalui WhatsApp Bot resmi dari provider dan beberapa cara lainnya. Jika proses berhasil, kalian akan menerima nomor ID pelanggan yang digunakan untuk top up voucher atau membeli paket.

Dengan berhasilnya membeli paket, menkaliankan bahwa kalian telah berhasil memasang dan mengatur receiver parabola K Vision sendiri tanpa bantuan teknisi. Bagaimana? Mudah, bukan cara memasang parabola K Vision sendiri?

Biaya Pemasangan K Vision

K Vision beroperasi pada jalur C Band dan Ku Band dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertimbangan pertama bagi calon pelanggan tentu harga pemasangan perangkat.

Jalur C Band memerlukan piringan antena berdiameter besar dengan biaya yang relatif mahal. Sedangkan frekuensi Ku Band mendukung teknologi terbaru sehingga hanya membutuhkan parabola mini.

Baca juga:  Cara Beli Voucher Nex Parabola dengan Praktis dan Cepat

Harga satu set parabola mini cukup terjangkau, bahkan lebih murah daripada membeli antena UHF. Inilah salah satu alasan utama mengapa peminat siaran televisi satelit selalu meningkat.

Estimasi biaya pemasangan parabola K Vision:

  • Parabola mini 45 cm Rp. 125.000,-
  • Decoder K Vision Ku Band Rp. 295.000,-

Dengan biaya hanya 400 ribu, Anda dapat menikmati siaran TV satelit dari operator K Vision. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya bulanan untuk menonton puluhan saluran Free to View.

Pelanggan hanya perlu mengisi voucher dan membeli paket untuk membuka channel premium sesuai dengan selera. Bandingkan dengan estimasi biaya pasang UHF yang harus menggunakan antena bagus, kabel kitani, tiang besi, dan STB DVB-T2.

Penutup

Dengan demikian, memasang parabola K Vision sendiri tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kalian dapat menikmati siaran TV satelit dengan mudah dan terjangkau.

Pastikan untuk memilih peralatan yang tepat, memperhatikan posisi dan pengaturan sinyal, serta melakukan aktivasi untuk membuka channel premium. Dengan begitu, kalian dapat menikmati siaran TV satelit dengan kualitas yang lebih baik dan beragam pilihan channel.

Demikianlah ulasan mengenai cara pasang parabola K Vision. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian dalam memasang parabola K Vision sendiri. Terima kasih telah membaca artikel dari bengkeltv.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *