Cara Menonton Siaran Ulang TV

Cara Menonton Siaran Ulang TV : Panduan Lengkap dan Praktis

Posted on

Bengkeltv.idCara Menonton Siaran Ulang TV : Panduan Lengkap dan Praktis. Berbagai alasan bisa membuat kita melewatkan acara televisi favorit kita. Mungkin jam kerja yang panjang, jadwal kegiatan yang padat, atau bahkan acara khusus yang tidak dapat dihindari. Namun, apakah ini berarti kita harus menyerah dan mengabaikan episode terbaru dari serial kesayangan atau berita penting yang kita tunggu-tunggu? Tentu saja tidak! Di era digital ini, berbagai teknologi telah memungkinkan kita untuk menonton siaran ulang TV kapan saja dan di mana saja.

Tapi bagaimana caranya? Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai cara menonton siaran ulang TV dengan mudah dan efisien. Jadi, mari kita selami lebih dalam dan pastikan Kalian tidak ketinggalan momen televisi penting Kalian lagi.

Apa itu Siaran Ulang TV?

Siaran ulang TV merupakan tayangan televisi yang sebelumnya sudah diputar dan kemudian disiarkan kembali pada jadwal yang berbeda. Siaran ulang ini biasanya dapat diakses pada hari yang sama atau hari berikutnya setelah penayangan pertama.

Melalui siaran ulang TV, berbagai jenis acara seperti drama, film, pertandingan olahraga, atau jenis hiburan lainnya dapat dinikmati kembali oleh penonton. Keberadaan siaran ulang TV ini memberikan kemudahan bagi penonton untuk menyaksikan ulang acara TV favorit mereka yang mungkin terlewatkan pada jadwal tayang aslinya.

Syarat Menonton Siaran Ulang

Keberadaan format digital dalam dunia pertelevisian kini semakin diminati oleh banyak orang, memberikan pilihan beragam saluran dengan kualitas audio dan visual yang luar biasa.

Akan tetapi, masih ada satu pertanyaan yang kerap muncul dari penonton Indonesia, yakni bagaimana caranya menonton tayangan televisi yang terlewatkan. Pertanyaan ini terutama sering diungkapkan oleh mereka yang baru mengenal teknologi dan belum begitu paham tentang perkembangannya.

Untuk menikmati siaran ulang televisi, ada dua syarat pokok yang harus dipenuhi. Meski demikian, bagi Kalian yang masih merasa kebingungan, kami sudah menyiapkan panduan detail mengenai cara menonton siaran ulang TV yang bisa membantu memahami dan memenuhi syarat-syarat tersebut.

1. Koneksi Internet

Kini, internet telah menjadi kebutuhan yang memungkinkan kita untuk mengakses beragam konten, termasuk video dan siaran TV yang sebelumnya telah ditayangkan.

Baca juga:  Cara Flash TV LED Sharp Aquos : Panduan Paling Mudah

Namun, agar proses streaming berlangsung mulus tanpa hambatan seperti penundaan video, penting untuk memastikan bahwa Kalian terdaftar pada layanan internet dari provider yang menawarkan kecepatan internet yang memadai. Dengan begitu, Kalian dapat menikmati konten secara optimal tanpa gangguan.

2. Smart TV / Smartphone

Untuk menonton siaran ulang, Kalian memiliki dua opsi perangkat, yaitu melalui smart TV dan smartphone. Kedua perangkat ini memiliki kemampuan untuk melakukan streaming online secara langsung.

Walaupun ada opsi lain seperti merekam siaran menggunakan hard disk eksternal, namun tidak semua jenis televisi mendukung fitur ini dan biayanya cenderung lebih tinggi. Karena itu, menggunakan smart TV atau smartphone menjadi solusi yang lebih efisien dan terjangkau bagi penonton yang ingin menikmati siaran ulang dengan cara yang mudah dan praktis.

Cara Menonton Siaran Ulang TV

Jangan merasa khawatir lagi jika Kalian terlewat menonton acara TV favorit, karena kini Kalian bisa menikmatinya melalui streaming online. Beberapa penyedia layanan televisi berbasis on demand bahkan menawarkan berbagai pilihan siaran yang bisa diakses pengguna.

Berikut adalah beberapa Cara Menonton Siaran Ulang TV dengan mudah:

1. Hidupkan Smart TV

Persiapkan perangkat elektronik seperti smart TV atau smartphone Kalian untuk menikmati siaran ulang. Kedua perangkat ini bisa langsung terkoneksi dengan layanan internet.

Untuk menyalakan smart TV, cukup tekan tombol power dan pastikan perangkat terkoneksi dengan jaringan internet. Gunakan penyedia layanan seluler yang hKalianl untuk menghindari gangguan saat menikmati siaran ulang.

2. Akses Layanan Streaming

Layanan interaktif seperti TV On Demand memiliki legalitas resmi dan telah mendapatkan izin untuk beroperasi. Mereka berkolaborasi dengan berbagai stasiun televisi untuk menayangkan konten video yang bisa diakses secara online.

Kalian bisa memilih salah satu layanan dari penyedia seperti Vidio, RCTI Plus, atau UseeTV. Setiap penyedia layanan memiliki fitur dan variasi channel yang berbeda-beda.

Berikut adalah cara mudah untuk menonton siaran ulang melalui TV On Demand:

  • Pastikan perangkat smart TV Kalian dalam keadaan hidup.
  • Pasang salah satu aplikasi video on demand, misalnya Vidio.
  • Akses layanan dari Vidio dan akan muncul daftar saluran yang bisa diakses.
  • Pilih stasiun televisi tertentu sesuai dengan keinginan Kalian.
  • Kalian sudah siap untuk menonton siaran ulang TV sesuai dengan pilihan Kalian.

3. Menonton Siaran Ulang

Untuk menonton siaran ulang acara TV dari layanan Video On Demand (VOD), Kalian memiliki dua opsi, yaitu melalui aplikasi atau browser. Pilihlah cara yang menurut Kalian paling praktis sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Setelah membuka layanan video on demand, Kalian akan menemukan daftar saluran TV yang tersedia. Pilihlah saluran yang diinginkan dan atur resolusi tayangan sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Baca juga:  Cara Menyambung HP ke TV Changhong Mudah & Simple

Cara Nonton Ulang Siaran TV di TV On Demand

Layanan TV On Demand adalah layanan resmi yang telah mendapatkan izin dari stasiun TV terkait, sehingga berbeda dengan pihak-pihak yang mengunggah siaran secara sembarangan di YouTube, situs streaming, dan lainnya. Kalian tidak perlu merasa khawatir merugikan pihak lain karena layanan ini 100% legal.

Biasanya, setiap layanan TV On Demand memiliki fitur Catch Up yang memungkinkan pengguna untuk menonton ulang siaran hingga 7 hari sebelumnya. Misalnya hari ini tanggal 10 Januari 2021, maka siaran yang bisa ditonton hanya sampai tanggal 4 Januari 2021. Jadi, segera tonton sebelum siaran tersebut hilang.

Dalam artikel ini, bengkeltv.id akan memberikan daftar layanan TV On Demand yang bisa Kalian gunakan untuk menonton ulang siaran TV yang terlewat. Layanan ini bisa diakses melalui situs web atau aplikasi ponsel. Saat ini, layanan ini masih gratis dan dapat digunakan untuk menonton siaran dari stasiun TV seperti RCTI, ANTV, Trans 7, SCTV, Indosiar, dan stasiun TV nasional lainnya.

1. Vidio

Vidio adalah layanan streaming video yang diluncurkan pada tahun 2014 dan dimiliki oleh PT Surya Citra Media Tbk, sebuah anak perusahaan dari Elang Mustika Teknologi. Layanan ini menyediakan berbagai jenis konten, seperti siaran langsung TV Indonesia, film, drama, pertandingan olahraga, dan lainnya.

Dengan Vidio, pengguna bisa menonton lebih dari 80 saluran TV, baik lokal maupun internasional, secara live. Selain itu, ada juga fitur Catch Up untuk menonton siaran TV yang terlewat.

2. RCTI+

RCTI Plus adalah layanan TV On Demand dan Over The Top yang dioperasikan oleh divisi RCTI dari Media Nusantara Citra. Layanan ini resmi diluncurkan saat RCTI merayakan ulang tahun ke-30 pada tanggal 24 Agustus 2019 oleh Bapak Hary Tanoesoedibjo.

Dengan RCTI Plus, pengguna bisa menonton siaran langsung dari empat saluran MNC Group, yaitu RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews. Selain itu, ada fitur catch up yang memungkinkan pengguna untuk menonton ulang siaran yang terlewat.

3. Usee TV

Usee TV, atau Indihome TV, adalah layanan televisi interaktif pertama yang disediakan oleh Telkom Indonesia. Layanan ini biasanya digunakan oleh mereka yang berlangganan paket Indihome dengan biaya bulanan mulai dari Rp.300.000-an, yang mencakup akses internet, TV, dan telepon jika diinginkan.

Saat artikel ini ditulis, ada total 126 saluran yang sebagian besar termasuk dalam paket layanan tersebut. Saluran TV dengan kategori Sport, Movies, Music, Kidz, Knowledge, Entertainment, dan Lifestyle sebagian besar adalah saluran internasional. Tidak mengherankan jika layanan ini bersifat premium dan berbayar.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Mengaktifkan Bluetooth di TV Sharp Aquos

Adakah Cara Nonton Ulang TV Tanpa Internet?

Menonton ulang siaran TV yang telah berlalu tanpa menggunakan internet bisa menjadi tantangan, kecuali jika Kalian memiliki kemampuan untuk merekam siaran langsung dari layar televisi. Namun, jika ada cara yang lebih mudah, mengapa harus memilih jalan yang lebih sulit?

Namun perlu diingat, mengakses layanan TV On Demand tidak selalu membutuhkan kecepatan internet yang sangat tinggi seperti yang ditawarkan oleh Indihome. Kecepatan 2 Mbps sudah cukup memadai untuk melakukan streaming video dengan resolusi 360p – 480p. Hal yang paling krusial adalah stabilitas koneksi internet, sehingga Kalian dapat menikmati pengalaman streaming tanpa hambatan atau gangguan.

Apa Keuntungan Menonton Siaran Ulang TV?

Menikmati siaran ulang TV menawarkan sejumlah keuntungan, termasuk:

  • Dengan adanya siaran ulang, Kalian tidak lagi perlu cemas melewatkan acara TV favorit karena kesibukan atau jadwal yang bertabrakan. Dengan siaran ulang, Kalian bisa menyesuaikan waktu menonton dengan jadwal Kalian.
  • Terkadang, kita mungkin melewatkan sebagian momen penting dari acara TV favorit kita. Dengan siaran ulang, Kalian dapat melihat kembali bagian-bagian yang hilang tersebut, sehingga tidak kehilangan momen atau informasi penting dari acara tersebut.
  • Siaran ulang TV biasanya lebih singkat dibandingkan dengan siaran aslinya karena iklan yang ditampilkan biasanya lebih sedikit. Hal ini memungkinkan Kalian untuk lebih fokus menikmati acara dan terbebas dari gangguan iklan berlebihan.
  • Menonton siaran ulang dapat menghemat waktu Kalian. Kalian tidak perlu menunggu jadwal tayang tertentu, tetapi dapat menontonnya sesuai waktu luang Kalian, seperti saat istirahat atau di malam hari.

Dengan demikian, menonton siaran ulang TV bisa menjadi solusi praktis yang menguntungkan. Kalian bisa menikmati acara TV favorit kapan saja, tanpa khawatir melewatkan momen penting.

Penutup

Dengan demikian, teknologi kini telah mempermudah kita untuk menikmati acara televisi favorit kapan saja, tanpa perlu khawatir melewatkan satu episod pun. Mulai dari Vidio, RCTI Plus, Usee TV, dan berbagai layanan TV On Demand lainnya, semua memberikan opsi untuk menonton ulang siaran TV yang telah lewat.

Keberadaan teknologi ini juga memberikan kita fleksibilitas untuk menikmati tayangan ulang sesuai dengan waktu luang kita. Semoga informasi dan tips dalam artikel bengkeltv.id ini membantu Kalian dalam menemukan cara terbaik untuk menonton siaran ulang TV dengan mudah dan praktis. Selamat menonton!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *