Cara Menonton YouTube di TV LG

Tips dan Trik Cara Menonton YouTube di TV LG Semua Tipe

Posted on

Bengkeltv.idTips dan Trik Cara Menonton YouTube di TV LG Semua Tipe. Dalam era digital ini, hiburan tidak hanya datang dari televisi konvensional. Semakin banyak orang memilih untuk menonton konten video favorit mereka melalui platform seperti YouTube, yang menyajikan berbagai jenis video, mulai dari tutorial, ulasan produk, hingga film pendek dan serial. Meski menonton YouTube di perangkat pribadi seperti smartphone atau komputer cukup nyaman, namun ada kalanya kita ingin menikmati konten-konten favorit di layar yang lebih besar seperti televisi. Jika Kalian memiliki televisi cerdas dari LG, Kalian beruntung karena Kalian bisa menonton YouTube langsung dari TV Kalian.

Berikut ini, kita akan membahas tentang ‘Cara Menonton YouTube Di TV LG’. Panduan ini akan sangat membantu Kalian untuk menikmati berbagai video yang Kalian sukai dengan nyaman di layar TV yang lebih besar dan jelas. Tidak perlu repot-repot lagi untuk streaming video di ponsel lalu mencoba menghubungkannya ke TV. Dengan TV LG, Kalian bisa langsung mengakses dan menikmati YouTube di televisi Kalian. Mari kita mulai panduan ini dan buka dunia baru menonton YouTube yang lebih luas dan menarik.

Mengenal LG

LG Electronics Inc., yang dalam bahasa Hangul dikenal sebagai LG 전자 atau dalam romanisasi Korea disebut LG Jeonja, adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang elektronik. Perusahaan ini berkedudukan di Yeouido-dong, Seoul, Korea Selatan.

Sebelumnya dikenal dengan nama GoldStar, LG Electronics merupakan bagian dari LG Corporation, salah satu chaebol atau konglomerat terbesar di Korea Selatan. Pada tahun 2014, perusahaan ini mencatatkan penjualan hingga US$55,91 miliar atau setara dengan Rp. 59,04 triliun.

LG Electronics memiliki empat divisi bisnis utama, yaitu Hiburan Rumah, Komunikasi Seluler, Perabot Rumah & Solusi Udara, serta Komponen Kendaraan. Selain itu, perusahaan ini juga berkolaborasi dengan Starion India sebagai supplier utama untuk produk refrigerasi dan mesin cuci di subbenua India.

Pada tahun 1995, LG Electronics membeli Zenith dan memegang 37,9% saham LG Display hingga tahun 2013. Dalam bidang produksi televisi LCD, sejak tahun 2008, LG Electronics telah menjadi produsen terbesar kedua di seluruh dunia.

Baca juga:  Panduan Mudah & Sederhana Cara Setting TV LG Semua Tipe

Saat ini, perusahaan ini beroperasi di 128 negara dan mempekerjakan sekitar 83.000 orang.

Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Sebelum membahas ‘Cara Menonton YouTube di TV LG’, penting untuk memahami bahwa TV digital dan smart TV bukanlah hal yang sama. Banyak orang menganggap kedua istilah ini saling bergantian, padahal kenyataannya adalah TV digital adalah teknologi yang lebih baru, sedangkan smart TV sudah ada sebelumnya. Meski tampak mirip, ada perbedaan signifikan antara kedua jenis televisi ini yang belum diketahui oleh sebagian besar orang. Berikut adalah penjelasan tentang perbedaan antara TV digital dan smart TV.

1. Sinyal yang Digunakan

Perbedaan mendasar antara TV digital dan smart TV adalah jenis sinyal yang mereka gunakan. TV digital menggunakan sinyal digital, memungkinkan penyebaran sinyal hingga ke wilayah terpencil. Di sisi lain, smart TV menggunakan sinyal analog atau koneksi internet. Namun, perlu dicatat bahwa ada juga smart TV yang masuk dalam kategori TV analog.

Oleh karena itu, penggunaan smart TV tidak selalu identik dengan TV digital. Dalam beberapa situasi, Kalian mungkin perlu menggunakan set top box jika ingin menonton tayangan TV digital pada TV analog tanpa perlu menggantinya.

2. Koneksi Internet

Perbedaan lainnya terletak pada konektivitas internet. Umumnya, TV digital tidak membutuhkan koneksi internet untuk mengakses saluran tertentu.

Namun, smart TV memerlukan koneksi internet untuk mengakses berbagai saluran TV. Berkat konektivitas internet, smart TV memiliki jangkauan saluran yang lebih luas, tidak hanya saluran lokal, tetapi juga saluran internasional.

3. Pemakaian Antena

Pada TV digital, jenis antena yang digunakan biasanya adalah antena dalam, sementara smart TV menggunakan antena parabola, baik yang diletakkan di dalam atau di luar rumah. Hal ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk memilih antena sesuai kebutuhan mereka.

4. Jenis TV

Sebagian besar TV digital juga termasuk dalam kategori smart TV, karena menggunakan teknologi terkini. Beberapa TV digital bahkan telah dimasukkan ke dalam kategori smart TV dengan fitur teknologi yang sangat canggih. Namun, tidak semua smart TV adalah TV digital, karena beberapa di antaranya merupakan model yang lebih lama. Dengan kata lain, hanya sebagian smart TV yang masuk dalam kategori TV digital.

5. Fitur Pendukung

TV digital memiliki fitur khas yaitu DTV atau pencarian siaran digital. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari saluran TV digital tanpa perlu menggunakan set top box sebagai alat konversi suara dan gambar ke TV digital. Namun, karena tidak semua smart TV adalah TV digital, maka tidak semua smart TV dilengkapi dengan fitur pencarian siaran digital.

Baca juga:  Penyebab & Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di TV Sharp

Sehingga, beberapa pengguna smart TV yang tidak menggunakan koneksi internet mungkin memerlukan set top box untuk menerima sinyal digital dan menayangkannya pada TV.

Cara Menonton YouTube di TV LG Biasa

Jangan berpikir bahwa TV LG biasa tidak mampu terhubung ke internet untuk menikmati berbagai konten multimedia. Nyatanya, dengan sedikit usaha, Kalian dapat dengan mudah mengakses platform seperti YouTube.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghubungkan TV LG Kalian ke YouTube:

1. Menggunakan Anycast

Anycast adalah alat penerima sinyal WiFi berbentuk dongle HDMI yang memungkinkan Kalian menonton YouTube di TV LG biasa. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Persiapkan satu unit Anycast atau merek yang sejenis.
  • Nyalakan TV LG Kalian menggunakan tombol power pada remote.
  • Colokkan Anycast ke port HDMI di bagian belakang TV LG.
  • Hubungkan kabel data dari port USB TV ke port microusb Anycast untuk memberinya daya.
  • Tunggu beberapa saat hingga TV LG mendeteksi sinyal eksternal.
  • Install aplikasi Anycast pada smartphone Kalian melalui Google Play Store.
  • Hubungkan TV LG Kalian dengan smartphone melalui Anycast.
  • Setelah terhubung, tampilan smartphone Kalian akan muncul di layar TV LG.
  • Kalian dapat membuka dan menonton YouTube.

2. Menggunakan kabel MHL

Metode yang sederhana dan ekonomis untuk menghubungkan HP ke TV LG tanpa menggunakan WiFi adalah dengan menggunakan kabel MHL. Dengan metode ini, Kalian masih bisa menonton YouTube meskipun TV Kalian tidak memiliki koneksi WiFi. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Siapkan kabel MHL dan pastikan ponsel Kalian mendukung koneksi MHL.
  • Siapkan kabel HDMI dengan panjang yang cukup jika perlu.
  • Nyalakan TV LG Kalian menggunakan tombol power pada remote.
  • Colokkan ujung kabel HDMI ke port pada converter MHL.
  • Sambungkan ponsel Kalian ke port converter MHL.
  • Tunggu hingga TV LG Kalian mendeteksi sinyal eksternal.
  • Setelah terhubung, tampilan HP Kalian akan muncul di layar TV.
  • Kalian dapat membuka aplikasi YouTube dari ponsel Kalian dan menonton video yang diinginkan.

3. Menggunakan kabel HDMI

TV LG jenis LED biasa dapat dihubungkan dengan laptop menggunakan kabel HDMI, ini sangat berguna untuk berbagai keperluan termasuk menonton YouTube. Berikut adalah caranya:

  • Siapkan laptop merk apa saja dan satu kabel HDMI.
  • Nyalakan TV LG Kalian menggunakan tombol power pada remote.
  • Sambungkan laptop dengan TV LG Kalian menggunakan kabel HDMI.
  • Nyalakan laptop Kalian dan tunggu sampai televisi mendeteksi sinyal eksternal.
  • Aktifkan fitur screen mirror dengan menekan salah satu tombol keyboard di laptop.
  • Tampilan laptop Kalian akan secara otomatis muncul di layar TV LG.
  • Buka browser favorit Kalian dan kunjungi situs YouTube untuk menonton.
  • Pastikan kabel HDMI tetap terhubung ke port yang tersedia di belakang TV.
Baca juga:  Kode Remot TV Sanken Bazzon dan Cara Setting

Cara Menonton YouTube di Smart TV LG

Smart TV adalah perangkat canggih yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi khusus dan penerima WiFi, yang memudahkan pengguna untuk terhubung dengan jaringan internet tanpa perlu peralatan tambahan.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menonton YouTube di Smart TV LG:

  • Pertama, aktifkan hotspot di smartphone Kalian, gunakan sandi yang terdiri dari angka saja.
  • Kemudian, nyalakan Smart TV LG Kalian menggunakan remote kontrol dan tekan tombol Home untuk masuk ke menu pengaturan.
  • Selanjutnya, masuk ke menu koneksi dan pilih nama WiFi yang ditampilkan di ponsel Kalian.
  • Setelah berhasil terhubung, kembali ke halaman utama Smart TV LG Kalian.
  • Buka aplikasi YouTube dan Kalian dapat menikmati berbagai video sesuai keinginan.
  • Kecepatan streaming video YouTube akan sangat bergantung pada penyedia jasa telekomunikasi dan kondisi jaringan di tempat Kalian. Jika gagal terhubung, matikan Smart TV LG Kalian dan ulangi langkah-langkah untuk menghubungkan ke WiFi.

Produk-produk modern saat ini umumnya dilengkapi dengan fitur Smart TV yang menawarkan berbagai kelebihan. Banyak orang yang mulai tertarik dan beralih dari TV LED biasa ke model terbaru yang dapat terhubung ke internet.

Penutup

Mengakses beragam konten multimedia seperti YouTube di TV LG, baik itu model biasa ataupun Smart TV, kini bukan lagi hal yang sulit. Dengan berbagai metode yang telah dijelaskan dalam artikel ini, Kalian bisa menikmati video-video favorit langsung dari layar TV yang lebih besar, memberikan sensasi menonton yang lebih memuaskan.

Apakah Kalian pengguna TV LG biasa atau Smart TV, penting untuk memahami cara mengoptimalkan perangkat tersebut. Dengan demikian, Kalian tidak hanya bisa menonton YouTube, tapi juga berbagai aplikasi dan layanan lainnya yang tersedia di internet.

Mudah-mudahan, penjelasan dari bengkeltv.id tentang ‘Cara Menonton YouTube di TV LG’ dalam artikel ini dapat membantu Kalian menikmati konten favorit dengan lebih mudah dan nyaman. Selamat menonton dan menjelajahi dunia YouTube dari TV LG Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *