Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Panduan Lengkap Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Posted on

Bengkeltv.idPanduan Lengkap Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP. Mengetahui Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP merupakan informasi yang menarik dan dapat memicu kreativitas kita dalam memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai. Dalam dunia online, terdapat banyak pembahasan yang membahas tentang cara membuat adaptor 12v dari charger hp di berbagai blog.

Pembahasan tersebut sangat bermanfaat ketika kita ingin membuat lampu LED menggunakan charger yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi tersebut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian LED Strip

LED Strip adalah jenis lampu dekoratif yang terdiri dari rangkaian LED kecil yang terpasang pada pita atau strip fleksibel. LED Strip biasanya digunakan untuk memberikan efek pencahayaan tambahan pada area tertentu di dalam atau luar ruangan, seperti di balik panel TV, di atas plafon, atau sebagai pencahayaan aksen pada mebel atau dekorasi dinding.

LED Strip tersedia dalam berbagai panjang dan warna, dan dapat dikontrol secara individual melalui remote atau aplikasi yang terhubung dengan sistem smart home. Selain itu, LED Strip biasanya sangat hemat energi dan memiliki umur panjang sehingga menjadi pilihan yang populer untuk menggantikan lampu pijar atau neon yang konvensional.

Namun, sebelum memasang LED Strip, penting untuk memastikan bahwa instalasi dilakukan dengan benar dan aman, dan mengikuti petunjuk penggunaan yang disediakan oleh produsen. Juga, pastikan untuk membeli produk LED Strip berkualitas tinggi dari produsen terpercaya untuk mendapatkan hasil terbaik dan menjaga keamanan penggunaan di rumah atau bisnis Kalian.

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Membuat lampu LED dari charger hp bisa dilakukan dengan mudah. Komponen yang dibutuhkan untuk merangkai lampu LED juga mudah ditemukan dan tidak harus baru, bisa menggunakan barang bekas yang masih layak. Berikut adalah komponen yang perlu disiapkan:

Baca juga:  Komponen Lampu Philips yang Sering Rusak Yang Perlu Kalian Tahu

  • Lima resistor dengan nilai 10 ohm
  • Lima dioda lampu LED
  • Charger bekas yang masih dalam kondisi baik

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, kita dapat menggunakan lampu LED dengan berbagai warna yang berbeda atau bahkan menggunakan lampu LED dengan warna yang berbeda dalam satu rangkaian yang sama. Berikut adalah layout rangkaian lampu LED dengan charger hp:

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP
Penempatan komponen saat merangkai lampu LED strip dengan charger hp dapat disesuaikan dengan layout di atas. Jalur penempatan komponen harus disesuaikan dengan penjelasan yang terdapat pada layout.

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Saat melakukan pemasangan komponen, penting untuk tidak salah memasang bagian positif dan negatif. Jika salah dalam menempatkan polaritas, lampu LED strip tidak akan menyala seperti yang diharapkan..

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Cara Membuat Adaptor 12v dari Charger Hp

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Mengetahui cara membuat adaptor 12v dari charger hp merupakan informasi menarik lainnya yang patut diperhatikan. Charger yang biasanya digunakan sebagai alat pengisi daya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai adaptor untuk perangkat lain seperti tape recorder dan arduino. Untuk membuat adaptor 12v tersebut, beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Charger hp bekas
  • Satu buah DC jack power
  • Tang potong
  • Pengupas kabel

Cara membuat adaptor 12v dari charger hp dimulai dengan memotong bagian ujung charger hp menggunakan tang potong dan mengupas isinya. Setelah itu, kita akan menemukan dua kabel dengan kutub positif yang biasanya berwarna merah atau putih, dan kutub negatif yang berwarna hitam. Kedua jenis kabel ini kemudian dipelintir dengan menggunakan pengupas kabel atau cutter.

Selanjutnya, untuk membuat adaptor 12v dari charger hp, kita perlu melepas bagian DC jack dan memutar bagian inti hingga saling melilit. Agar lebih terlindungi, bagian luar lilitan dapat ditutupi dengan socket pelindung yang diputar.

Kita juga bisa menambahkan lem pada bagian socket agar proses perekatan menjadi lebih kuat. Setelah dimodifikasi dengan baik, charger bekas ini bisa dijadikan adaptor dan digunakan untuk perangkat lain, seperti mini USB dan USB.

Baca juga:  Skema Lampu LED Philips - 13 Watt Terbaru

Keunggulan Lampu Led Strip

Lampu LED strip tidak hanya hemat biaya dan memberikan pencahayaan yang baik, tetapi juga memiliki kelebihan lainnya, antara lain:

  • Merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan karena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  • Mengurangi biaya tagihan listrik dari waktu ke waktu
  • Memberikan penerangan maksimal meskipun hanya menggunakan daya yang kecil
  • Fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis ruangan, termasuk untuk dekorasi ruangan.

Tips Menggunakan Lampu LED Untuk Dekorasi

Ketika berbicara tentang dekorasi, lampu LED dapat digunakan untuk berbagai area dan proyek yang berbeda.

Dekorasi Dinding

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Ternyata tidak sulit untuk memiliki ruangan yang cantik dan Instagramable! Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lampu strip LED untuk penerangan dinding. Lampu strip LED ini dapat digunakan dalam beberapa kategori, di antaranya:

Pertama, pencahayaan dinding tersembunyi. Ini bisa menjadi pilihan cerdas karena dengan cara yang sederhana, pencahayaan ini bisa memberikan kesan kelembutan dan modern. Cocok untuk hunian atau kantor dengan plafon yang rendah atau tinggi.

Selain itu, lampu dinding yang dipasang pada permukaan juga bisa menjadi alternatif untuk memberikan kesan yang unik dan modern. Pemasangannya cukup mudah, cukup dengan menempelkan strip lampu LED pada bagian indoor atau outdoor.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah penggunaan lampu strip LED sebagai hiasan dinding yang kreatif. Dengan cara yang sederhana, kamu bisa membentuk strip LED menjadi huruf atau bentuk yang diinginkan. Pemasangan dan pelepasannya juga sangat mudah, sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Lampu LED Untuk Backlight

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Untuk membuat ruangan terlihat modern dan unik, Ruppers bisa memilih penerangan LED untuk digunakan di belakang area TV. Meskipun jarang dilakukan, cara ini ternyata sangat sederhana namun bisa memberikan gaya yang apik secara keseluruhan.

Selain itu, menambahkan pencahayaan juga bisa menambah keindahan ruangan, terutama saat perangkat elektronik dimatikan atau ruangan dalam keadaan gelap. Pemasangannya juga sangat mudah dan aman karena tidak bersentuhan langsung dengan perangkat elektronik.

Baca juga:  Skema Rangkaian Lampu TL 36 Watt

Kamu bisa memilih penerangan LED berwarna putih, kuning, atau kombinasi yang dapat berubah warna. Pilihlah sesuai selera dan kebutuhanmu ya!

Strip Lampu LED Untuk Dekorasi Mobil

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Tahukah kamu bahwa strip lampu LED dapat diaplikasikan pada mobil? Selain mudah dipasang dan dilepas, penggunaan strip lampu LED juga aman untuk digunakan. Dengan cara ini, kendaraanmu bisa terlihat menarik dengan instan.

Dengan memasang strip lampu LED pada mobil, kamu bisa menonjolkan interior mobil dan memberikan sentuhan estetika yang luar biasa. Untuk memilih warna yang tepat, pastikan untuk menyesuaikannya dengan selera. Namun, jika boleh memberikan saran, menggunakan warna putih sangat cocok untuk kendaraan.

Pencahayaan Untuk Tangga

Cara Merangkai LED Strip Dengan Charger HP

Ide ini mungkin terdengar jarang, namun sangat efektif dalam membuat tangga hunian atau kantor terlihat lebih mewah. Pemasangannya juga sangat mudah, karena bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan jasa profesional.

Dengan menambahkan pencahayaan pada tangga, ruangan terlihat lebih luas meskipun ukuran tangga yang sempit. Untuk hasil yang maksimal, pastikan menggunakan warna putih atau kuning.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel di bengkeltv.id mengenai cara merangkai LED Strip dengan charger HP. Kami berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi Kalian yang ingin melakukannya sendiri.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah yang perlu Kalian lakukan dengan hati-hati dan memperhatikan keamanan saat merangkai kabel dan memasang LED Strip.

Setelah selesai merangkai LED Strip dengan charger HP, Kalian dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti dekorasi dalam ruangan, penerangan di area yang kurang terang, dan lain-lain.

Terima kasih sekali lagi telah membaca artikel kami. Selalu berhati-hati dan memperhatikan keamanan saat melakukan proyek DIY seperti merangkai LED Strip dengan charger HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *