Cara Pasang Gacun di TV LED

Cara Pasang Gacun di TV LED 3, 4 & 5 Kabel : Panduan Lengkap Untuk Pemula

Posted on

Bengkeltv.idCara Pasang Gacun di TV LED 3, 4 & 5 Kabel : Panduan Lengkap Untuk Pemula. Gacun merupakan alat penting yang bisa membantu Kalian ketika TV LED di rumah mengalami kerusakan. Mungkin sebagian dari Kalian bertanya-tanya, apa sih gacun itu? Bagaimana cara memasangnya di TV LED? Tidak perlu khawatir, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas semua hal yang perlu Kalian ketahui tentang cara pasang gacun di TV LED.

Kerusakan pada TV LED bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari gangguan pada komponen internal hingga faktor eksternal seperti tegangan listrik yang tidak stabil. Nah, gacun di sini berfungsi untuk melindungi komponen-komponen dalam TV LED dari kerusakan akibat tegangan listrik yang tidak stabil.

Berbekal pengetahuan dan pemahaman yang tepat, Kalian bisa memasang gacun di TV LED Kalian sendiri tanpa harus memanggil teknisi profesional. Tapi, selalu ingat bahwa keselamatan adalah hal yang utama. Pastikan Kalian melakukan semua langkah dengan hati-hati dan mengikuti instruksi dengan seksama.

Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasan tentang cara pasang gacun di TV LED.

Mengenal Sekilas Tentang Gacun

Cara Pasang Gacun di TV LED

Gacun merupakan kit elektronik berukuran sangat mini, bahkan tidak lebih besar dari kotak pemantik api. Namun, jangan sepelekan kapabilitasnya. Alat ini memiliki efektivitas luar biasa dalam memperbaiki isu-isu yang berkaitan dengan regulator daya atau power supply.

Berbasis rangkaian PWM, Gacun dikenal sebagai opsi pengganti yang efektif untuk regulator tradisional. Selain itu, alat ini juga umum dikenal sebagai ‘switching’ sebab desainnya mengikuti model switching.

Gacun biasanya dipasang di berbagai perangkat elektronik, mulai dari TV tabung, TV LED, hingga perangkat elektronik lainnya.

Meski ukurannya sangat mini, alat ini sangat praktis dan efisien dalam memperbaiki kerusakan pada perangkat elektronik tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Remote TV Universal : Mudah & Cepat

Cara Pasang Gacun Di TV LED Terbaru

Cara Pasang Gacun di TV LED

Gacun datang dalam berbagai jenis berdasarkan jumlah kabelnya, termasuk gacun 3 kabel, gacun 4 kabel, dan gacun 5 kabel.

Gacun, juga dikenal sebagai modul power supply universal, adalah rangkaian tiga kabel dengan koneksi yang simpel namun mampu memberikan perlindungan dari gangguan serta kelebihan tegangan, dan juga mampu mendeteksi sambungan pendek dan kesalahan.

Keuntungan lain dari penggunaan gacun adalah desain rangkaiannya yang simpel, pemasangan yang mudah, kinerja yang stabil, dan bisa diatur.

Dengan memakai gacun, pengguna dapat memastikan kinerja TV LED mereka lebih maksimal dan lebih aman dalam jangka panjang.

Gacun merupakan solusi yang tepat untuk memperbaiki serta membangkitkan power supply switching pada televisi, monitor, VCD, DVD, DVB, dan produk listrik lainnya.

Bagi Kalian yang penasaran tentang cara memasang Gacun di TV LED, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Kalian ikuti :

Langkah 1

Pertama-tama, lepaskan Transistor/FET utama dan tempatkan modul gacun beserta isolator di dalam heatsink (pendingin).

Langkah 2

Selanjutnya, hubungkan kabel merah ke pad solder pada pin C dari transistor switching (untuk FET pada pin D, transistor pada pin C).

Langkah 3

Lalu, sambungkan kabel hitam ke Ground utama pada televisi atau solder pada pin transistor switching (untuk transistor pada pin E, FET pada pin S). Pin E merupakan negatif dari kapasitor filter 300 volt.

Langkah 4

Lepaskan beban horizontal dan sambungkan bola lampu 100 watt, kemudian nyalakan televisi. Ini akan menyesuaikan volume pada modul untuk mencapai tegangan output yang dibutuhkan dan output lain secara otomatis akan mencapai nilai yang diharapkan. Di pabrik, modul sudah diatur untuk tegangan minimum yang berbeda-beda untuk setiap jenis televisi.

Langkah 5

Untuk kabel biru, ini berfungsi sebagai kabel off remote control yang akan mematikan output jika dihubungkan ke hot ground. Jika televisi menggunakan optocoupler, kabel biru akan dihubungkan ke pin C optocoupler dan pin E optocoupler dihubungkan ke ground. Untuk semua koneksi lainnya, pin C optocoupler harus diputuskan, namun unit kontrol harus tetap mati.

Pada TV yang menggunakan dua optocoupler, pin C dan pin E optocoupler harus dihubungkan secara paralel. Jika modul power supply memiliki koneksi seri dengan transistor standby untuk mematikan televisi, kabel biru harus dihubungkan ke pin C transistor standby dan komponen lainnya harus terputus dari pin C.

Baca juga:  Cara Cek Pemakaian TV LED Mudah Banget

Langkah 6

Selain itu, kabel biru juga berfungsi sebagai kawat pengatur tegangan.

Langkah 7

Jika setelah instalasi modul terjadi gangguan, lepaskan komponen lain pada pin C dari transistor switching dan sambungkan sirkuit paralel dengan R1 (22 ohm – 47 ohm / 3 – 5 watt) dan (470 pf – 1000 pf / 1 kv – 2 kv) pada sisi primer transformator switching.

Langkah 8

Jika modul tampaknya tidak bekerja, periksa dioda penyearah primer dan sekunder serta kapasitor filter.

Langkah 9

Jika televisi memiliki rangkaian seperti STR6309 dan tegangan utama berkurang saat dimatikan dan memasok tegangan ke CPU, Kalian perlu mengatur sirkuit listrik tambahan untuk pasokan ke CPU. Jika televisi dilengkapi dengan power supply khusus dan tidak cocok untuk memasang modul ini secara langsung, modul ini bisa dipasang pada perangkat elektronik lain, kemudian disambungkan ke televisi. Namun, perlu diingat bahwa modul harus disesuaikan dengan tegangan terendah sebelum instalasi untuk menghindari kerusakan pada komponen tegangan tinggi.

Langkah 10

Jika televisi tidak dapat dihidupkan setelah dimatikan, periksa rangkaian power off untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik.

Alasan Mengganti SMPS Dengan Gacun

Cara Memasang Gacun di TV LED, gacun kerap menjadi pilihan pengganti SMPS stKalianr dari trafo switching berdasarkan beberapa alasan berikut:

1. Nomor Komponen Dihapus

Trafo switching, khususnya komponen yang berasal dari China, sering kali tidak memiliki nomor atau nomor komponennya dihilangkan. Ini membuat proses pencarian solusi untuk peralatan yang menggunakan trafo switching tersebut menjadi sulit.

2. Komponen Tidak Tersedia Dipasaran

Beberapa komponen pada trafo switching sering kali sulit untuk didapatkan di pasar lokal. Karenanya, penggunaan gacun dianggap sebagai alternatif yang lebih praktis.

3. Jalur Pada Papan PCB Rusak

Papan PCB dapat mengalami kerusakan serius karena suhu komponen yang terlalu tinggi, yang dapat mengakibatkan papan PCB menghangus atau bahkan terbakar.

4. Solusi Perbaikan Tidak Ditemukan

Jika seluruh komponen pada trafo switching telah diganti, namun masalah tetap muncul, penggunaan gacun dilihat sebagai langkah perbaikan akhir yang bisa diambil.

Baca juga:  Cara Mengukur Tegangan Power Supply TV LED : Panduan Lengkap

Itulah beberapa alasan mengapa gacun kerap dijadikan alternatif pengganti SMPS bawaan trafo switching. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang gacun, pastikan Kalian mengerti tentang cara pemasangan dan penggunaannya agar dapat menjamin keamanan dan kinerja optimal.

Apa Saja Kegunaan Gacun?

Jika dilihat lebih detail, gacun sejatinya tak lebih dari sekedar rangkaian inverter. Gacun menggunakan IC 3842 sebagai penggerak osilator dan FET sebagai sumber dayanya.

Mengapa saya menyebut gacun sebagai inverter? Hal ini disebabkan karena ketika tegangan melintasi lilitan, selalu ada induksi yang dihasilkan dan ditransfer ke kaki kolektor FET. Tepat, bukan?

Namun demikian, gacun tetap memiliki sejumlah kegunaan lain yang sangat penting. Dengan gacun, Kalian bisa memperbaiki dan menghasilkan power supply switching pada beragam perangkat elektronik, seperti televisi, monitor, VCD, DVD, dan DVB.

Selain itu, gacun juga memberikan keuntungan seperti rangkaian yang simpel, pemasangan yang mudah dan cepat, serta performa yang stabil dan dapat diKalianlkan.

Jadi, meskipun pada dasarnya gacun hanyalah sebuah rangkaian inverter, ia memiliki beragam manfaat dan fungsi yang sangat berharga dalam bidang elektronik.

Penutup

Demikianlah ulasan lengkap dari bengkeltv.id tentang Cara Pasang Gacun di TV LED. Meskipun tampak rumit, jika Kalian mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas, proses pemasangan gacun sebenarnya cukup sederhana dan mudah dilakukan.

Sebagai teknologi alternatif, gacun menawarkan sejumlah keuntungan seperti rangkaian yang simpel, pemasangan yang mudah, dan performa yang stabil dan dapat diKalianlkan. Oleh karena itu, gacun menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai masalah pada perangkat elektronik Kalian, khususnya TV LED.

Namun, penting untuk diingat bahwa saat bekerja dengan perangkat elektronik, selalu utamakan keselamatan Kalian. Jangan lupa untuk selalu mematikan perangkat dan melepaskan kabel power sebelum melakukan perbaikan atau modifikasi.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian memahami lebih lanjut tentang Cara Pasang Gacun di TV LED. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *