Cara Reset TV LED Polytron

Panduan Lengkap Cara Reset TV LED Polytron dengan Mudah dan Cepat !!

Posted on

Bengkeltv.idPanduan Lengkap Cara Reset TV LED Polytron dengan Mudah dan Cepat !!. Permintaan pasar terhadap televisi dengan tuner digital meningkat secara signifikan, seiring keinginan masyarakat untuk menonton acara favorit mereka dengan kualitas gambar yang jelas dan bebas gangguan.

Kondisi ini mendorong Polytron Indonesia, sebuah produsen elektronik, untuk meluncurkan beberapa produk baru. Sejumlah besar unit televisi yang dirilis telah dilengkapi dengan tuner DVB-T2 untuk menangkap siaran digital dengan banyak saluran.

Walaupun produsen menawarkan garansi selama 5 tahun untuk semua jenis TV Polytron, terkadang masih ditemui beberapa masalah pada unit tersebut. Hal ini merupakan hal yang wajar, mengingat setiap perangkat elektronik memiliki batas umur pemakaian komponennya.

Untuk membantu konsumen dalam mengatasi berbagai masalah ringan pada produk TV Polytron, kami menyediakan panduan Cara Reset TV LED Polytron paling sederhana untuk semua jenis produk. Panduan ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang baru saja membeli produk dan ingin mengatasi masalah tersebut secara mandiri.

Sekilas Tentang Polytron

Cara Reset TV LED Polytron

Polytron merupakan perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan pada 18 September 1975 di Kudus, Jawa Tengah dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering.

Setahun berselang, tepatnya pada 18 September 1976, perusahaan ini mengganti namanya menjadi PT Hartono Istana Electronic. Kemudian pada tahun 2000, PT Hartono Istana Electronic melakukan penggabungan dengan perusahaan lain dan bertransformasi menjadi PT Hartono Istana Teknologi.

Mulai tahun 2000, perusahaan ini hanya menggunakan merek Polytron dan memperluas jangkauan produknya, yang semula hanya meliputi televisi dan audio.

Polytron memproduksi beragam perangkat elektronik, seperti speaker, televisi, lemari es (sejak akhir 2000), mesin cuci (sejak 2010), AC (sejak awal 2000), ponsel pintar (sejak 2011), dan banyak produk lainnya.

Kelebihan TV LED

Terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan TV LED. Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Desain Ramping dan Ringan

Salah satu keunggulan utama TV LED adalah desain yang ramping dan ringan. Hal ini memudahkan pemindahan televisi ke berbagai tempat.

Desain ramping pada TV LED dihasilkan dari teknologi pencahayaan latar yang digunakan, sehingga tidak membutuhkan ukuran besar seperti TV tabung pada umumnya.

Ketebalan TV LED umumnya hanya sekitar 25 mm. Dengan demikian, Kalian masih memiliki banyak ruang di sekitar TV LED untuk ditempatkan.

Baca juga:  Cara Setting Warna TV Polytron U Slim Mudah & Cepat

2. Dilengkapi Beragam Fitur Tambahan

Keunggulan lain dari TV LED adalah memiliki banyak fitur tambahan yang sangat berguna. Salah satunya adalah kemampuan untuk menonton film menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk atau HDD.

Selain itu, TV LED juga bisa digunakan untuk berbagi layar (share screen) dari PC atau handphone.

Biasanya, TV LED dilengkapi dengan port HDMI atau USB yang bisa digunakan untuk keperluan lain yang terkait dengan TV LED tersebut.

Tentu saja, fitur-fitur ini bervariasi tergantung pada merek pembuatnya. Semakin tinggi harga TV LED, semakin banyak dan canggih fitur yang disediakan.

3. Mudah Dirawat

Selain memiliki banyak fitur tambahan, keunggulan lain TV LED adalah perawatannya yang mudah.

Kalian hanya perlu mengatur kecerahan layar yang cukup dan menempatkan televisi dengan benar agar tidak terjatuh karena terbentur benda atau oleh anak-anak Kalian.

Hal ini penting untuk menjaga kondisi TV LED agar tetap baik dan tidak cepat rusak.

4. Lebih Tahan Lama

TV LED tidak hanya mudah dirawat, namun juga dikenal lebih tahan lama dibandingkan jenis TV lainnya.

Hal ini dikarenakan TV LED memiliki daya tahan yang lebih baik, yang dapat mencapai masa penggunaan hingga 75 ribu jam.

Sebagai hasilnya, Kalian bisa yakin bahwa TV LED merupakan jenis televisi yang awet dan tahan lama. Kalian tidak perlu khawatir mengganti televisi dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Namun demikian, sebelum membeli, Kalian perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan TV LED dengan cermat. Setelah mengetahui kelebihannya, Kalian juga harus mengetahui kekurangan TV LED tersebut.

Cara Reset TV Polytron

TV Polytron memiliki fungsi reset pabrik atau factory reset untuk menghapus semua pengaturan lama dan mengembalikan ke setelan pabrik. Berikut adalah cara reset TV Polytron untuk semua jenis:

1. Cara Reset TV LED Polytron

TV LED Polytron cocok bagi mereka yang ingin beralih dari unit lama bertipe tabung. Mereset produk tidak akan menyebabkan kerusakan asalkan kamu mengakses fitur tersebut melalui menu.

Berikut langkah-langkah cara reset TV LED Polytron:

  • Pastikan TV LED Polytron terpasang dengan benar.
  • Siapkan remote kontrol asli yang disertakan saat pembelian.
  • Tekan tombol “menu” pada remote kontrol untuk masuk ke pengaturan sistem.
  • Sorot pilihan yang diinginkan lalu tekan “menu reset” pada layar.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan factory reset.

2. Cara Reset Smart TV Polytron

Antarmuka smart TV Polytron berbeda dengan produk LED biasa, tetapi semua menu masih mudah digunakan bagi pemula. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dan hanya perlu menyesuaikan diri dengan tampilannya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Fitur di TV Polytron Paling Mudah

Berikut adalah langkah-langkah cara reset smart TV Polytron:

  • Pastikan smart TV Polytron terpasang dengan benar.
  • Siapkan remote kontrol asli yang disertakan saat pembelian.
  • Tekan tombol “home” pada remote kontrol untuk masuk ke tampilan dashboard.
  • Cari ikon “setting” untuk membuka pengaturan sistem.
  • Sorot pilihan “device preferences” dan tekan opsi “reset”.
  • Pilih “factory data reset” dan tekan “erase everything”.
  • Masukkan nomor PIN dan tekan “enter” untuk konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem selesai melakukan factory reset.

Reset Melalui Service Mode

Service Mode pada TV Polytron adalah antarmuka yang penting bagi teknisi untuk memperbaiki berbagai masalah dan melakukan reset pada TV Polytron. Namun, fitur ini hanya boleh diakses oleh orang yang berkompeten di bidang elektronik.

Kesalahan dalam menerapkan parameter tertentu pada Service Mode dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada TV Polytron. Oleh karena itu, pengguna harus memahami setiap pengaturan yang dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan.

Sebaiknya penggunaan Service Mode pada TV Polytron hanya dilakukan oleh teknisi atau orang yang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai elektronik dan prosedur perbaikan pada TV.

Berikut adalah cara mengakses fitur Service Mode pada TV Polytron:

1. Metode Pertama

Untuk mengakses menu Service Mode dengan mudah dan cepat, kamu membutuhkan remote kontrol asli. Metode ini dapat digunakan pada hampir semua tipe produk, baik LED maupun smart TV.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses Service Mode pada TV Polytron:

  • Pastikan TV Polytron berada dalam mode stand-by.
  • Tekan dan tahan tombol “menu” pada remote kontrol hingga TV menyala.
  • Masukkan nomor kode tipe produk untuk membuka tampilan Service Mode.
  • Lakukan pengaturan parameter sesuai keinginan.
  • Setelah selesai, tekan tombol “menu” untuk menyimpan parameter yang telah diatur.

2. Metode Kedua

Terdapat cara alternatif yang dapat digunakan untuk membuka Service Mode pada sebagian produk.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses Service Mode pada TV Polytron melalui metode kedua:

  • Pastikan TV Polytron berada dalam mode stand-by.
  • Tekan dan tahan tombol “menu” pada remote kontrol hingga TV menyala.
  • Sorot bagian gambar dan arahkan ke opsi “kontras”.
  • Masukkan nomor kode “1014” untuk membuka tampilan Service Mode.
  • Lakukan pengaturan parameter sesuai keinginan.
  • Setelah selesai, tekan tombol “menu” untuk menyimpan parameter yang telah diatur.

Pengguna awam harus memahami fungsi dari setiap menu yang muncul di Service Mode agar dapat menggunakannya dengan benar. Berikut adalah daftar kode Service Mode TV Polytron untuk semua tipe:

Tipe ProdukKode Service
Polytron LED1013, 1014
Polytron Smart TV1206, 1207

Pastikan untuk menggunakan kode yang sesuai dengan tipe TV Polytron yang digunakan.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Mode K Pada TV Sharp Aquos dengan Mudah

Cara Mereset TV LED Polytron Tanpa Remote

Sebelum melanjutkan reset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik menggunakan Firmware, pastikan Kalian sudah memiliki Firmware yang cocok dengan tipe TV Polytron Kalian. Firmware bisa diunduh melalui artikel yang telah diterbitkan sebelumnya.

Berikut langkah-langkah untuk mereset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik menggunakan Firmware:

  • Unduh Firmware TV LED Polytron sesuai tipe TV Kalian melalui tautan yang disediakan.
  • Pindahkan Firmware ke laptop atau PC jika Kalian mengunduhnya melalui ponsel.
  • Masukkan Flashdisk ke laptop atau PC Kalian, lalu pindahkan Firmware yang telah diunduh ke dalam Flashdisk. Pastikan Flashdisk telah diformat terlebih dahulu dan tidak ada file lain selain Firmware.
  • Untuk memindahkan Firmware ke Flashdisk, klik kanan pada file Firmware, kemudian pilih “Kirim ke > USB Drive (F:)” (sesuai nama Flashdisk Kalian).
  • Setelah berhasil dipindahkan, cabut Flashdisk dari laptop, lalu masukkan Flashdisk ke port USB pada TV LED Polytron Kalian, biasanya terletak di bagian belakang dengan label “USB”.
  • Sebelum mereset TV LED Polytron ke pengaturan pabrik, cabut kabel TV terlebih dahulu.
  • Jika kabel sudah dicabut dan flashdisk telah terpasang, tekan dan tahan tombol Power pada panel TV sambil mencolokkan kabel TV ke listrik.
  • Lepaskan tombol power jika layar TV LED menampilkan proses instalasi Firmware, tunggu hingga selesai, biasanya hanya memakan waktu beberapa menit.
  • Selama proses reset TV Polytron berlangsung, jangan mencoba mematikan TV, karena hal ini bisa menyebabkan kegagalan reset atau bahkan kerusakan pada TV.
  • Terakhir, matikan TV jika proses sudah selesai, Kalian perlu mengatur ulang TV Polytron seperti saluran, gambar, dan pengaturan lainnya.

Pastikan mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan teliti, serta menggunakan Firmware yang sesuai dengan tipe TV Polytron Kalian.

Penutup

Dalam artikel ini, bengkeltv.id telah dijelaskan cara reset TV LED Polytron dengan menggunakan remote kontrol asli. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai kelebihan dan kekurangan TV LED Polytron, cara reset smart TV Polytron, serta cara mengakses fitur Service Mode pada TV Polytron.

Namun, sebelum melakukan reset atau mengakses fitur Service Mode, pastikan untuk memahami risiko dan mengetahui setiap pengaturan yang dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih besar pada TV Polytron.

Dengan mengetahui cara reset TV LED Polytron dan informasi penting terkait produk tersebut, diharapkan dapat membantu pengguna dalam merawat dan mengatasi berbagai masalah yang muncul pada TV Polytron.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *