Cara Setting Palapa D

Cara Setting Palapa D : Panduan Secara Lengkap

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting Palapa D : Panduan Secara Lengkap. Palapa D adalah satelit komunikasi yang sangat penting dalam industri penyiaran. Dengan melakukan pengaturan yang tepat, Kalian dapat meningkatkan kualitas penyiaran Kalian secara signifikan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara melakukan setting Palapa D agar Kalian dapat mengoptimalkan penggunaan satelit ini.

Mengenai Cara Setting Palapa D

Palapa D adalah satelit yang dibuat oleh perusahaan Thales Alenia Space yang berbasis di Perancis. Satelit ini berhasil ditempatkan di orbit 113 BT menggunakan platform SpaceBus 4000 B3 yang terbukti efisien.

Saat ini, Palapa D hampir sepenuhnya melayani semua lembaga penyiaran di Indonesia. Kelebihan Palapa D terletak pada cakupan siarannya yang tidak hanya terbatas pada Indonesia, tetapi juga mencakup beberapa negara tetangga.

Menangkap sinyal yang dipancarkan oleh satelit Palapa D pada dasarnya cukup mudah karena lokasinya yang berada tepat di atas wilayah Indonesia. Oleh karena itu, para teknisi dapat menjalankan tugas mereka dengan cepat dan efisien.

Cara Setting Palapa D

Baiklah, berikut ini kami akan membagikan beberapa langkah pengaturan Palapa D yang dapat dipelajari dan diterapkan.

1. Cara Setting Palapa D dengan Menambahkan Satelit Palapa D di Receiver Parabola

Dengan penuh keyakinan, kami akan berbagi langkah-langkah untuk melakukan pengaturan Satelit Palapa D dengan menambahkan satelit tersebut ke receiver parabola Kalian. Langkah ini sangat penting dilakukan sebelum Kalian dapat menikmati beragam channel yang tersedia pada satelit Palapa D.

Berikut adalah cara melakukan pengaturan Satelit Palapa D dengan menambahkan satelit tersebut ke receiver parabola:

  • Tekan tombol Menu pada remote.
  • Klik kursor ke kanan pada remote untuk menampilkan opsi Pengaturan Satelit, lalu pilih Tambah Satelit dan tekan Ok.
  • Tekan Ok pada remote atau tekan angka 1 untuk memunculkan keyboard. Gunakan keyboard tersebut untuk menambah atau mengubah nama satelit.
  • Untuk menyimpan pengaturan, tekan tombol Menu pada remote.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian akan dapat melakukan setting Satelit Palapa D dan menambahkannya ke receiver parabola Kalian. Selamat menikmati beragam channel yang tersedia pada satelit Palapa D!
Baca juga:  Memahami Perbedaan Sensor dan Transduser Secara Lengkap

2. Cara Setting Palapa D dengan Menambahkan Saluran di Receiver Parabola

Cara Setting Palapa D, setelah menambahkan satelit pada receiver parabola, langkah selanjutnya dalam cara setting Palapa D adalah menambahkan saluran pada receiver tersebut agar Kalian dapat menikmati tayangan dari berbagai channel. Proses ini juga mudah dan cepat dilakukan.

Berikut ini adalah cara setting Satelit Palapa D dengan menambahkan saluran pada receiver parabola:

  • Arahkan remot ke TV dan tekan tombol Menu.
  • Pilih Instalasi dan tekan Ok.
  • Selanjutnya, pilih satelit atau nama satelit, kemudian arahkan kursor ke bawah dan pilih opsi Tambah TP, lalu tekan Ok.
  • Masukkan data frekuensi, polaritas, dan simbol rate yang diperlukan. Setelah itu, Kalian akan melihat intensitas dan kualitas sinyal di layar TV.
  • Pilih “Cari” jika Kalian ingin menambahkan semua saluran yang ada pada transponder. Pilih mode pencarian semua untuk melakukan ini.
  • Tekan tombol Exit ketika proses pencarian selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian akan dapat dengan mudah menambahkan saluran pada receiver parabola setelah melakukan setting Palapa D. Selamat menikmati berbagai channel yang tersedia!

Palapa D Habis Masa Orbitnya

Masa orbit Palapa D telah berakhir pada bulan Juni tahun lalu, 2020. Namun, PT. Indosat telah menyiapkan satelit pengganti yang akan ditempatkan pada posisi yang sama dengan Palapa D, yaitu 113 derajat bujur timur. Satelit pengganti tersebut diberi nama Nusantara 2 dan telah diluncurkan di Pusat Peluncuran Satelit Xichang (XSLC). Namun, sayangnya, peluncuran mengalami kegagalan.

Meskipun demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) bersama PT. Indosat telah memastikan bahwa saluran TV pada Palapa D tidak akan mengalami gangguan. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir kehilangan saluran favorit mereka.

Baca juga:  Cara Ganti IC Memory TV LG : Panduan Lengkap

Daftar Frekuensi Satelit Palapa D Terbaru

Sebagai warga negara Indonesia, seharusnya kita patut berbangga atas penggunaan frekuensi satelit Palapa D sebagai bentuk dukungan terhadap produk dalam negeri. Namun, sayangnya, seringkali terjadi gangguan pada satelit Palapa D yang memerlukan perbaikan. Akibatnya, teknisi terpaksa mengalihkan dan mengganti frekuensi TV menjadi acak, yang sayangnya merugikan para penonton yang mengKalianlkan sinyal satelit Palapa D.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Pertama, kita dapat mencari dan memasukkan secara manual kode frekuensi satelit Palapa pada transponder. Alternatif lainnya adalah dengan mencari sinyal acak yang dikeluarkan oleh satelit tersebut. Namun, perlu diingat bahwa kedua langkah ini bisa memakan waktu yang cukup lama.

CHANNELFREKUENSIKETERANGAN
Indosiar, SCTV (Indonesia) dan O Channel3835 H 7000FTA2
Papua Channel3832 V 1600FTA2
KTV (Indonesia)3819 V 1000FTA2
TV 9 Nusantara3815 V 1700FTA2
Aceh TV, Bandung TV, Jogja TV, Surabaya TV3814 H 6363FTA2
TVOne3786 H 5632FTA2
INews dan MNC TV3774 H 6500FTA2
TVRI, TVRI Nasional, TVRI Sport, dan TVRI 33767 H 4000FTA2
TVRI Nasional3762 H 3500FTA2
Net3752 H 4700FTA2
Efarina TV3750 V 2083FTA2
Net3746 H 4400FTA2
Madani TV, Nada Muslim TV, dan Saling Sapa TV3627 H 17985FTA2
Klik Music dan K Vision3600 V 31000FTA dan $ KVision2
Point of Sale Media Network3429 H 1250FTA2

Tabel Saluran di Satelit Palapa D

Kehilangan kode frekuensi satelit Palapa D menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh sejumlah penonton. Dampaknya adalah mereka akan kehilangan akses ke berbagai saluran favorit, seperti RCTI, Indosiar, TVRI, dan GTV. Terdapat beberapa penyebab mengapa saluran-saluran televisi tersebut menghilang dari daftar siaran.

CHANNELFREKUENSIKETERANGAN
Akhyar TV, MGI TV, Niaga TV,  Suara Muslim Radio Network4014 H 7200FTA
Da Ai TV Indonesia4044 V 2833FTA
Jaya TV (Indonesia)4047 H 1650FTA
Ashiil TV, Fatwa TV, dan Insan TV4052 H 3333FTA
Kompas TV dan Motion Radio4055 V 2900FTA
Radio Rodja dan Rodja TV4057 H 2727FTA
Al-Manar TV, Digdaya TV, HollaGo, Jak TV, Nusantara TV, Metro TV (Indonesia), dan BBC4080 H 28125FTA
Indosiar, Matrix Garuda, Matrix TV, Matrix Shop, MNC Shop 884100 V 29900FTA
MWD, MWD Movies, MWD Music, dan Thazin FM Radio4110 H 11669FTA
MWD4122 H 2244FTA
Elshinta, Indosiar, O Channel, dan SCTV (Indonesia)4131 H 12250FTA
Matrix Garuda4140 V 29900$
GTV (Indonesia), INews, MNC TV, dan RCTI4186 V 8800FTA
Baca juga:  √ Bagaimana Cara Cek Elco? Berikut Panduan Mudahnya

Cara Memasukkan Kode Frekuensi ke Receiver

Setelah frekuensi-frekuensi satelit Palapa telah disediakan sebelumnya, selanjutnya akan dijelaskan cara memasukkan kode frekuensi satelit Palapa ke dalam receiver.

Untuk memasukkan kode frekuensi yang tercantum pada tabel di atas ke dalam receiver, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan untuk mengetahui kode frekuensi dari satelit Palapa terlebih dahulu.
  • Masukkan angka frekuensi dalam MHz pada bagian paling kiri.
  • Selanjutnya, isi polaritasnya, baik Horizontal atau Vertikal.
  • Terakhir, masukkan angka Symbol Rate menggunakan satuan kSPs pada bagian paling kanan.

Penutup

Dalam artikel ini, bengkeltv.id telah dibahas tentang cara setting Palapa dengan tujuan untuk membantu Kalian dalam mengatur dan mengoptimalkan penggunaan layanan ini. Palapa adalah sebuah platform komunikasi yang memberikan kemudahan dalam berinteraksi dengan sesama pengguna.

Selain itu, ada juga opsi untuk mengatur privasi dan keamanan. Kalian dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat dan mengirim pesan kepada Kalian, serta memilih tingkat keamanan yang sesuai dengan preferensi pribadi Kalian.

Terakhir, pastikan Kalian menjelajahi fitur-fitur Palapa yang tersedia, seperti obrolan grup, panggilan suara, dan berbagi file. Pelajari cara menggunakan fitur-fitur ini untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam berkomunikasi melalui platform Palapa.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Kalian akan dapat melakukan setting Palapa dengan mudah dan memanfaatkan semua fitur yang disediakan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *