TV LED Gambar Biru

Penyebab TV LED Gambar Biru dan Solusinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV LED Gambar Biru dan Solusinya. Teknologi digital semakin lama semakin berkembang dengan pesat, menghasilkan berbagai macam produk dan inovasi baru, salah satunya adalah Televisi LED. Salah satu permasalahan yang mungkin muncul saat menggunakan TV LED adalah saat layar menampilkan gambar berwarna biru.

Apakah Kalian pernah mengalami hal ini? Kondisi dimana TV LED Kalian tiba-tiba menampilkan gambar biru bisa menjadi tKalian adanya masalah pada televisi Kalian. Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang masalah TV LED gambar biru, penyebabnya, serta bagaimana cara mengatasinya. Sehingga, Kalian dapat kembali menikmati acara kesayangan atau film favorit Kalian dengan gambar yang jernih dan kualitas warna yang sempurna.

Penyebab Warna TV LED Gambar Biru

TV LED Gambar Biru, apakah kalian pernah menemui masalah saat menonton TV, dimana tampilan warnanya tidak seperti biasanya? Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan abnormalitas pada warna TV, seperti kerusakan pada komponen internal TV LED, LCD, atau digital yang dapat merubah warna menjadi hijau, merah, atau biru.

Kadangkala, TV memperlihatkan tiga warna tersebut secara serentak, meskipun gambar masih terlihat jelas. Dominasi warna yang tidak tepat tentunya akan sangat mengganggu dan TV tidak akan mampu menampilkan warna yang tajam.

Jika kamu menemui masalah TV LED dengan gambar biru, ada beberapa komponen yang perlu diperiksa untuk menemukan akar masalah dan solusi yang tepat. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat mengubah warna TV, yang perlu kalian pahami:

1. Gangguan Transistor Warna

Sejatinya, televisi (TV) memiliki tiga warna utama (RGB) yaitu merah (red), hijau (green), dan biru (blue). Ketiga warna ini digabungkan untuk menciptakan berbagai warna lain pada TV. Misalnya, warna putih pada TV adalah hasil dari kombinasi ketiga warna di atas, sedangkan warna cyan adalah campuran dari warna hijau dan biru.

Untuk mengendalikan warna pada TV, transistor warna digunakan yang terpasang pada PCB. Biasanya, transistor warna ini berlokasi di bagian belakang TV tabung. Jika ada kerusakan pada komponen ini, biasanya akan menghilangkan satu atau dua warna. Untuk memperbaikinya, kita perlu mengetahui ampere dan tingkat mikrofarad pada Pins.

Tetapi, memeriksa semua transistor warna utama dapat berakibat kerusakan yang lebih serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui transistor warna mana yang mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Metode untuk menemukan transistor warna yang rusak bisa dilakukan dengan menukar transistor satu dengan yang lain. Misalnya, jika transistor warna biru diganti dengan transistor warna merah, maka transistor warna yang bermasalah dapat diganti setelahnya.

Baca juga:  Mengapa Layar HP Bergaris dan Goyang? Berikut Penyebabnya

Lebih jauh lagi, transistor warna yang lemah juga dapat menjadi penyebab warna TV tidak normal. Kelemahan ini biasanya ditKaliani dengan hilangnya salah satu warna.

Jika Pins mengalami kondisi ini, segera periksa solderan pada transistor. Jika solderan retak, lakukan solder ulang agar warna TV kembali normal dan tidak terganggu.

2. Kerusakan Soket Tabung/IC Kroma

Soket tabung yang berkarat bisa jadi alasan warna TV menjadi tidak normal. Permasalahan ini biasanya kerap muncul pada TV yang telah lama digunakan, sebab TV yang terus-menerus menyala bisa memicu panas berlebih dan merusak soket tabung.

Fungsi utama soket tabung adalah menjaga stabilitas warna pada TV. Apabila soket tabung mengalami kerusakan, kalian bisa menggantinya dengan yang baru. Tidak hanya itu, bagian IC kroma di dalam tabung juga cukup rentan terhadap kerusakan. Untuk mengidentifikasi kerusakan pada area ini, periksalah bagian output dari depan sampai belakang.

Bila kerusakan pada IC dibiarkan begitu saja, TV bisa jadi kehilangan suara, gambar bahkan bisa mati total. Biasanya, bila warna menghilang, maka bagian indentasi menjadi area utama yang perlu diperbaiki. Pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi soket tabung dan bagian IC kroma pada TV kalian, agar kualitas gambar dan suara tetap optimal.

3. Tegangan Turun

Penyimpangan warna TV dapat disebabkan oleh penurunan tegangan pada katoda. Tegangan yang tidak stabil berpotensi merusak refleksi warna.

Warna pada layar TV bisa menjadi lebih gelap atau tampak seperti ditutupi oleh bayangan tipis berwarna hitam. Lakukanlah pengukuran pada setiap katoda RGB. Jika berada dalam kondisi normal, angka yang seharusnya muncul adalah 75-125 VDC.

Setelah melakukan pengukuran pada katoda RGB, lanjutkan dengan memeriksa setiap komponen yang berada dalam jalur yang sama dengan unit katoda. Sebagai contoh, jika katoda KR menunjukkan kondisi yang tidak normal, maka lakukan pengukuran pada komponen yang berada dalam jalur yang sama dengan KR.

Gantilah komponen yang menunjukkan tegangan yang tidak normal. Dengan melakukan langkah ini, warna pada TV dapat kembali ke kondisi semula.

4. Masalah Resistor

Resistor adalah komponen krusial dalam perangkat elektronik, termasuk televisi. Di dalam TV, ada resistor pembatas yang berperan dalam mengendalikan aliran arus dan menjalankan sistem TV.

Uniknya, resistor tidak memiliki polaritas, atau kutub positif dan negatif. Karenanya, pemasangan resistor pada PCB bisa dilakukan dengan posisi mana pun.

Resistor ditKaliani dengan gelang warna pada tubuhnya, yang menggambarkan nilai resistornya. Ada dua tipe resistor, yaitu tetap dan variabel. Resistor tetap memiliki nilai resistansi yang konstan, sementara nilai resistor variabel bisa diubah, biasanya dipengaruhi oleh suhu.

Jika resistor terekspos pada voltase tinggi dan memanjang, resistor bisa putus dengan mudah. Ini bisa mengakibatkan warna TV menjadi abnormal. Untuk menyelesaikan masalah ini, gantilah resistor pembatas dengan resistor baru yang sesuai jenis dan spesifikasinya. Pastikan bahwa resistor yang dipasang memiliki nilai resistansi yang tepat dan cukup, untuk memastikan kualitas gambar dan suara TV kalian tetap optimal.

Baca juga:  Cara Menonaktifkan Kunci Layar Samsung dengan Mudah

5. Kerusakan Mainboard TV

Apabila warna TV terlihat tidak normal, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa mainboard. Perhatikan kabel LVDS pada mainboard yang terhubung dengan controller board.

Pastikan bahwa kabel antena dan kabel-kabel lainnya terpasang dengan ketat dan berada pada posisi yang seharusnya. Jika ada kabel yang terlepas, pasanglah kembali dengan benar. Selanjutnya, lakukan reset pada FPCB, dari controller board menuju driver board.

Jangan lupa juga untuk memeriksa sambungan solder pada konektor kabel menuju board. Melalui langkah-langkah ini, TV diharapkan bisa kembali beroperasi dengan baik.

Cara Mengatasi TV LED Gambar Biru

TV LED Gambar Biru, hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh masalah pada perangkat keras TV tersebut. Jika masalah ini tidak dapat Kalian atasi sendiri, Kalian mungkin memerlukan bantuan teknisi profesional.

Bila layar biru dihasilkan oleh isu pada backlight layar, kemungkinan itu adalah cacat produk yang ada sejak pembelian. Kalian dapat menukarkan unit tersebut sebelum periode garansi berakhir.

Namun, untuk permasalahan yang lebih ringan, Kalian dapat mencoba memperbaikinya sendiri di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Kalian coba untuk mengatasi layar TV yang berubah menjadi biru:

1. Pastikan Kabel Sinyal Terhubung Ke Tv

Apabila layar TV Kalian mendadak berubah menjadi biru, hal ini bisa jadi terjadi karena ada masalah pada hardware di dalam TV tersebut.

Jika masalah ini tak bisa diperbaiki sendiri, Kalian mungkin perlu meminta bantuan seorang teknisi untuk menyelesaikannya.

Bila perubahan warna biru pada layar disebabkan oleh masalah pada backlight, bisa jadi ini merupakan cacat produk sejak awal pembelian. Kalian bisa langsung menukar unit TV tersebut dengan yang baru sebelum masa garansi berakhir.

Namun, untuk masalah yang lebih ringan, Kalian bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri di rumah. Ikuti saja langkah-langkah yang telah kami siapkan berikut ini untuk mengatasi layar TV yang berubah menjadi biru.

2. Pastikan Tidak Ada Gangguan Dari Sumber Sinyal Lain

Langkah selanjutnya dalam menangani layar TV yang berubah warna biru adalah dengan memastikan apakah ada sumber sinyal lain yang masih terhubung dengan TV Kalian, seperti DVD player atau konsol game.

Jika antena telah terpasang dengan baik pada port HDMI TV dan muncul pesan “tidak ada sinyal” serta layar tetap berwarna biru, Kalian bisa mencoba untuk memindahkan kabel sinyal ke port HDMI lainnya.

Namun, jika port HDMI kedua masih saja menampilkan layar TV berwarna biru dan tidak ada sinyal saluran TV yang terdeteksi, mari kita lanjutkan ke langkah penyelesaian masalah pada layar TV LED berwarna biru berikutnya.

3. Lakukan Reset Saluran Tv

Untuk mengatasi permasalahan layar TV yang berubah menjadi biru, salah satu metode yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset pada saluran TV. Cara melakukan reset ini adalah dengan mencopot kabel listrik TV dan membiarkannya selama 15 hingga 20 menit.

Baca juga:  Panduan Praktis Cara Memperbaiki Tombol Rice Cooker

Hal ini bertujuan untuk membiarkan suhu komponen di dalam TV kembali normal. Dalam beberapa kasus, perubahan warna layar TV menjadi biru dikarenakan suhu komponen TV yang terlampau panas.

Metode ini juga dapat diaplikasikan sebagai solusi perbaikan TV yang tidak mengeluarkan suara untuk semua merk.

Selain itu, jangan lupa untuk melepas kabel HDMI yang terhubung ke TV. Setelah waktu tunggu sekitar 20 menit berlalu, kembalikan semua kabel ke port masing-masing dan hubungkan kembali kabel listrik TV.

Apabila permasalahan ini tetap belum terselesaikan, maka kita bisa melanjutkan ke solusi selanjutnya.

4. Pastikan Kabel Sinyal Hanya Terhubung ke Satu Tv Saja.

Sumber masalah ini bisa jadi berasal dari kesalahan yang tidak disadari oleh kalian sendiri. Misalnya, jika kalian mencoba menghubungkan satu antena ke dua TV, inilah yang bisa menjadi penyebab warna TV menjadi tidak normal.

Hal tersebut sebenarnya tidak mungkin dilakukan karena satu kabel sinyal tidak dapat dihubungkan ke dua TV yang berbeda.

Untuk mengatasi masalah layar TV berwarna biru akibat situasi ini, solusinya adalah dengan menambahkan kabel sinyal antena baru. Dengan cara ini, kalian masih bisa menampilkan gambar pada kedua TV.

5. Periksa Kebel Antena

Warna dominan biru pada TV mungkin disebabkan oleh kabel antena yang rusak atau putus. Kondisi ini dapat terjadi karena serat kabel antena TV mudah putus jika dipaksa untuk ditekuk.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti seluruh kabel antena yang sedang digunakan.

Kenapa harus seluruhnya? Karena menentukan bagian mana dari kabel yang memiliki serat putus sangat sulit.

Bagaimana mengecek apakah kabel antena lah yang menjadi sumber masalah? Kalian bisa mencobanya dengan mengganti kabel antena lama dengan yang baru.

Jika gambar TV kembali normal setelah penggantian kabel, maka dapat disimpulkan bahwa kabel antena inilah penyebabnya. Metode ini juga bisa digunakan sebagai solusi untuk layar TV yang tidak menampilkan gambar.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari bengkeltv.id mengenai cara mengatasi TV LED Gambar Biru. Menghadapi masalah ini memang sedikit memusingkan, namun dengan memahami beberapa langkah yang telah kita bahas, kita dapat menemukan solusinya.

Tentu saja, jika permasalahan yang terjadi lebih kompleks atau di luar kemampuan kita, sebaiknya jangan ragu untuk memanggil teknisi profesional untuk mengatasinya. Karena dalam beberapa kasus, mungkin dibutuhkan pengetahuan teknis lebih lanjut atau bahkan perbaikan dan penggantian komponen TV.

Ingatlah bahwa selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, perawatan rutin dan penggunaan TV yang benar akan sangat membantu dalam mencegah munculnya masalah ini di masa mendatang.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam mengatasi masalah TV LED Gambar Biru. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga TV Kalian bisa kembali berfungsi dengan normal. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *