Cara Setting Remote AC Changhong

Trik dan Tips Cara Setting Remote AC Changhong

Posted on

Bengkeltv.id Trik dan Tips Cara Setting Remote AC Changhong. Setiap teknologi memiliki kekhasan dalam pengoperasiannya, termasuk juga AC (Air Conditioner) yang kini menjadi perangkat penting di rumah maupun perkantoran. Changhong, sebagai salah satu produsen elektronik terkemuka, menawarkan AC dengan berbagai fitur canggih yang membutuhkan pemahaman untuk mengoperasikannya dengan maksimal, khususnya dalam hal setting remote-nya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara setting remote AC Changhong untuk mendapatkan penyesuaian suhu dan fitur lainnya yang paling optimal dan sesuai dengan kebutuhan Kalian. Jadi, jika Kalian baru saja membeli AC Changhong atau mungkin saja Kalian adalah pengguna lama yang ingin tahu lebih banyak tentang cara memanfaatkan remote AC dengan baik, artikel ini sangat cocok untuk Kalian.

Mengenal AC Changhong

AC, singkatan dari Air Conditioner, merupakan perangkat elektronik yang bertujuan untuk menyejukkan suhu ruangan.

Dahulu, AC dianggap sebagai barang kemewahan, tetapi sekarang sudah menjadi perangkat umum yang dimiliki hampir setiap individu atau keluarga, terutama bagi mereka yang berdomisili di area urban.

Harga yang semakin terjangkau menjadikan perangkat pendingin ini mudah ditemui di berbagai lokasi, mulai dari minimarket, rumah pribadi, restoran, kantor, hingga usaha kecil.

Berada di wilayah beriklim tropis, Indonesia mengalami musim panas atau kemarau hingga setengah tahunan. Sehingga, AC menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang untuk melakukan aktivitas harian dengan kenyamanan.

Jika Kalian berencana membeli atau mengganti AC 1 PK di rumah, Changhong bisa menjadi rekomendasi karena menawarkan kualitas yang hKalianl.

Mengenai Remote AC Changhong

Remote AC Changhong merupakan jenis remote AC universal yang kompatibel dengan hampir semua merk AC yang tersedia di Indonesia, termasuk tentu saja, AC Changhong. Ditambah lagi, remote universal ini menawarkan kualitas yang sebanding dengan remote asli serta memiliki daya tahan yang lebih lama.

Namun, pengguna tidak dapat langsung menggunakan remote AC Changhong setelah membelinya. Sebelumnya, mereka harus melakukan beberapa pengaturan menggunakan kode remote yang beragam untuk tiap jenis AC.

Saat ini, hampir semua remote universal, termasuk remote AC Changhong, masih memanfaatkan teknologi IR (infra merah) yang memancarkan gelombang infra merah untuk mentransfer sinyal ke penerima IR di AC.

Baca juga:  Bahaya Mode Dry Pada AC Yang Wajib Diketahui !!

Akan tetapi, sinyal IR tidak dapat beroperasi tanpa adanya kesesuaian kode antara pengirim pada remote dan penerima pada AC. Karenanya, remote AC universal membutuhkan kode yang akurat untuk menyambungkan sistem remote dengan AC dan memastikan kedua perangkat dapat berkomunikasi dengan baik.

Kode Remote AC Changhong

Mencari kode remote AC Changhong dapat dilakukan dari berbagai sumber. Kode-kode tersebut berperan sebagai kata sandi untuk menyambungkan remote universal dengan AC Changhong.

Berikut adalah beberapa kode remote AC Changhong yang dapat diterapkan pada remote universal:

  • Kode Utama untuk Remote Universal: 059, 079, 934, 947, 304, 311, 319
  • Kode untuk Remote Universal Seri 0: 071, 073, 086, 051, 052, 087, 088, 089, 091, 092, 058, 067, 093, 008, 010, 011, 014, 016, 026, 028, 053, 057
  • Kode untuk Remote Universal Seri 1: 159, 162, 181, 100, 102, 104, 128, 184, 182, 183

Dengan memanfaatkan kode-kode ini, pengguna remote universal dapat menghubungkan AC Changhong dengan remote mereka dan mengendalikan AC dengan mudah.

Fungsi Tombol Remote AC Changhong

Tombol remote AC Changhong memiliki berbagai fungsi yang berbeda-beda tergantung pada model dan fitur AC Changhong yang digunakan. Namun, umumnya tombol remote AC Changhong memiliki fungsi-fungsi berikut:

1. Power

Awalnya, kita temukan tombol berwarna merah bertKalian power atau on/off. Tombol ini krusial karena ia bertugas untuk menghidupkan dan memadamkan AC.

2. Temp

Berikutnya, ada tombol Temp, yang fungsinya mengendalikan suhu AC Changhong. Dua tombol Temp ada pada remote AC Changhong, yang mengarah ke atas untuk meningkatkan suhu, dan yang mengarah ke bawah untuk menurunkannya.

3. Mode

Kemudian, tombol mode digunakan untuk mengubah mode pada AC Changhong. Ada tiga mode yang tersedia di AC Changhong, yaitu mode Cool, Dry, dan Fan. Tombol ini memungkinkan pengguna memilih mode sesuai kebutuhan untuk menciptakan kondisi ruangan yang ideal.

4. Turbo

Ada tombol turbo pada AC Changhong yang berfungsi mirip dengan fitur fast cooling pada AC lain. Menggunakan tombol ini, performa AC Changhong meningkat dan ruangan menjadi dingin lebih cepat. Singkatnya, tombol turbo memungkinkan pendinginan lebih cepat dan efisien pada AC Changhong.

5. Speed

Selanjutnya, ada tombol untuk mengatur kecepatan kipas pada AC Changhong. Dengan menekan tombol ini, pengguna dapat memilih kecepatan kipas sesuai kebutuhan. Indikator pada remote AC menampilkan kecepatan kipas yang telah ditetapkan, bisa diatur lebih tinggi atau rendah. Tombol ini membantu pengguna mengatur sirkulasi udara yang paling sesuai di ruangan.

Baca juga:  Arti Simbol Remote AC Sharp : Paling Lengkap Terbaru

6. H-Sweep

Lalu, ada tombol H-sweep yang memungkinkan AC Changhong menyebar udara dingin secara horisontal. Menekan tombol ini, udara dingin disebarkan lebih merata di ruangan, menciptakan kenyamanan yang lebih baik.

7. V-Sweep

Tombol selanjutnya adalah V-sweep, dengan fungsi serupa H-sweep namun penyebarannya berbeda. Menekan tombol ini, AC Changhong akan menyebar udara dingin secara vertikal, memastikan sebaran udara dingin merata dan kenyamanan pengguna optimal.

8. Health

Fitur health pada AC Changhong berfungsi mirip dengan eco mode pada AC merk lain. Mengaktifkan fitur ini, AC Changhong akan bekerja lebih efisien dan menghemat energi, menciptakan suasana yang sehat dan ramah lingkungan di ruangan.

9. Timer

Tombol timer pada remote AC Changhong digunakan untuk mengatur waktu AC. Menekan tombol ini, pengguna dapat mengatur kapan AC akan otomatis hidup atau mati. Ini membantu penghematan energi dan penggunaan AC Changhong yang lebih efisien sesuai kebutuhan.

10. Sleep

Tombol sleep digunakan untuk mengaktifkan sleep mode pada AC Changhong. Menekan tombol ini, pengguna dapat merasakan kenyamanan optimal saat beristirahat. Fitur sleep mode pada AC Changhong menjaga suhu ruangan tetap stabil, memastikan tidur yang nyenyak dan bangun dengan segar di pagi hari.

11. Settime

Tombol Settime digunakan untuk mengatur waktu pada layar indikator remote AC Changhong. Menekan tombol ini, waktu pada remote AC Changhong dapat disesuaikan dengan waktu pada perangkat lain. Fitur ini membantu pengaturan waktu yang tepat dan penggunaan AC Changhong yang lebih baik.

12. Quiet

Terakhir, tombol quiet digunakan untuk mengaktifkan mode quiet pada AC Changhong. Menekan tombol ini, AC Changhong akan bekerja lebih tenang dan mengurangi kebisingan. Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menciptakan suasana tenang dan nyaman di ruangan, khususnya saat beristirahat atau bekerja.

Cara Setting Remote AC Changhong

Untuk menjamin performa terbaik dan mencegah potensi kerusakan produk, penggunaan AC Changhong harus dilakukan secara tepat. Jika merasa kesulitan, Kalian bisa merujuk ke buku petunjuk yang disertakan saat pembelian unit baru.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengatur remote AC Changhong secara benar:

  • Tutuplah semua saluran udara, termasuk pintu dan jendela yang sebelumnya terbuka, untuk mempercepat proses pendinginan dan mengurangi konsumsi listrik.
  • Hidupkan AC Changhong dengan menekan tombol power pada remote.
  • Biarkan AC Changhong bekerja selama satu menit dengan suhu ruangan sekitar 22 hingga 24 derajat Celsius. Ini memungkinkan mesin dan sensor untuk beradaptasi.
  • Pilih mode operasi sesuai dengan kebutuhan Kalian, seperti cool, dry, atau fan. Pilih “cool” jika ingin merendahkan suhu ruangan.
  • Kurangi suhu secara perlahan setiap satu derajat untuk memaksimalkan fungsi kompresor. Hindari pengaturan suhu langsung ke suhu rendah.
  • Hentikan pengaturan suhu saat udara sudah terasa nyaman, lalu sesuaikan kecepatan putaran kipas dengan menekan tombol speed.
Baca juga:  Bolehkah AC Bocor Dinyalakan : Simak Bahaya dan Resikonya !!

Banyak orang biasanya mengatur suhu AC langsung ke titik terendah, hal ini sebenarnya dapat memberi beban lebih pada kompresor dan meningkatkan konsumsi listrik. Selain itu, proses pendinginan menjadi kurang efisien, yang dapat mengurangi umur AC.

Jika kebiasaan ini berlangsung lama, risiko error atau kerusakan pada AC menjadi lebih besar. Namun, dalam mode fan, pengaturan suhu tidak bisa dilakukan karena AC berfungsi seperti kipas angin biasa.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan Kalian bisa mengatur remote AC Changhong dengan benar dan minim risiko kerusakan pada produk.

Penutup

Sebagai penutup, perlu dipahami bahwa proses pengaturan remote AC Changhong sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Ingatlah untuk selalu rujuk ke panduan pengguna yang ada, atau kontak layanan pelanggan jika Kalian merasa perlu bantuan lebih lanjut. Cara setting remote AC ini sangatlah penting untuk menjamin efisiensi penggunaan AC Kalian dan memastikan bahwa Kalian mendapatkan suhu ruangan yang nyaman dan sesuai dengan keinginan Kalian.

AC Changhong dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penggunanya, dan dengan menguasai cara setting remote dengan baik, Kalian dapat memanfaatkan fitur dan fungsi AC Changhong secara maksimal. Jadi, jangan ragu untuk mengambil inisiatif dan memahami lebih dalam tentang perangkat yang satu ini.

Semoga artikel dari bengkeltv.id ini dapat membantu Kalian dalam memahami cara setting remote AC Changhong dan memberikan manfaat yang signifikan untuk penggunaan AC Kalian sehari-hari. Teruslah menjelajahi dan belajar tentang teknologi di rumah Kalian, karena pengetahuan itu akan memberikan kenyamanan dan efisiensi yang tidak ternilai harganya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *