Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix

Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix : Panduan Lengkap Pemula

Posted on

Bengkeltv.idCara Setting Remote Receiver Parabola Matrix : Panduan Lengkap Pemula. Dalam era teknologi yang serba canggih ini, banyak orang yang memanfaatkan perangkat parabola untuk menikmati tayangan televisi dengan kualitas yang lebih baik. Salah satu merek yang cukup populer di kalangan pengguna adalah Matrix.

Namun, untuk memaksimalkan fungsi dan kenyamanan dalam menggunakan perangkat ini, penting bagi kita untuk mengetahui cara setting remote receiver parabola Matrix dengan tepat. Melalui artikel ini, kita akan mengupas tuntas langkah-langkah yang harus diikuti untuk mengatur remote control perangkat parabola Matrix, sehingga Kalian dapat menikmati tayangan favorit dengan lebih nyaman dan efisien. Jadi, mari kita mulai tanpa menunda lebih lama!

Parabola Matrix

Antena parabola memegang peranan penting dalam dunia komunikasi sebagai alat yang memiliki jangkauan tinggi dalam pengiriman dan penerimaan sinyal radio, data, siaran televisi, serta radar (radiolokasi). Di Indonesia, istilah parabola kerap diasosiasikan sebagai sarana untuk menangkap siaran TV satelit.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh antena parabola dalam menerima siaran TV satelit adalah kualitas gambar yang luar biasa jernih dan tajam. Ditambah lagi, kekuatan sinyal yang dimilikinya mampu mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Sebagai tambahan nilai plus, harga antena parabola kini semakin terjangkau dan variasi channel yang tersedia sangat beragam, bahkan bisa mencapai jumlah ratusan.

Di tengah banyaknya pilihan merk antena parabola, Matrix muncul sebagai salah satu produsen yang mendapat perhatian khusus di Indonesia. Produk-produk dari Matrix kini menjadi incaran dan pilihan banyak orang, tidak hanya karena kualitasnya yang prima, tetapi juga berbagai kelebihan lainnya. Akibat dari popularitas ini, produk antena parabola dari Matrix kini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko alat-alat parabola yang tersebar di seluruh Indonesia, serta di berbagai platform belanja online.

Mengenal Tombol Set Pada Remote Receiver

Tombol SET adalah salah satu elemen kunci yang dapat ditemukan pada sejumlah remote receiver, yang posisinya biasanya terletak di bagian atas, berdekatan dengan tombol Power. Tombol ini seringkali dilengkapi dengan lampu indikator yang berada tepat di atasnya, yang akan berkilau ketika tombol SET ditekan selama beberapa detik.

Baca juga:  Cara Memasang Parabola Matrix Dengan Mudah & Praktis

Tombol SET memegang peranan yang sangat krusial dalam proses pengaturan kode remote receiver. Kehadiran tombol ini menjadi syarat mutlak karena tanpa adanya tombol SET, kita tidak akan dapat melakukan pengaturan kode secara langsung dan ini berarti penggunaan remote universal untuk mengkonfigurasi berbagai tombol pada remote tidak akan berjalan secara optimal.

Dalam praktiknya, tombol SET seringkali dioperasikan bersamaan dengan tombol Power. Akan tetapi, terdapat beberapa remote yang memungkinkan penggunaan tombol SET secara mandiri. Pada remote yang mengharuskan penggunaan kombinasi tombol SET dan Power, perlu diingat bahwa jika tombol SET ditekan terlalu lama, hal ini dapat menyebabkan seluruh pengaturan pada remote kembali ke pengaturan awal atau ter-reset.

Cara Setting Remote Receiver Parabola

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix, ada baiknya untuk selalu mengingat bahwa metode yang akan digunakan bisa jadi beragam tergantung pada merek atau model dari perangkat yang dimiliki.

Karena itu, sangat disarankan untuk membaca dengan teliti dan memahami instruksi yang ada sebelum melangkah lebih jauh mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan. Meskipun begitu, perlu diakui bahwa prinsip dasar dalam pengaturan ini cenderung serupa. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Pastikan parabola, receiver, dan TV terhubung dengan baik.
  • Pilih menu “Add Remote”.
  • Pilih “Edit Satelit” untuk mengubah satelit tertentu.
  • Tekan tombol hijau.
  • Atur frekuensi yang dibutuhkan.
  • Pilih menu “Instalasi”.
  • Pilih “Ubah Satelit” untuk menambahkan satelit baru.
  • Tekan tombol “Menu”.
  • Tekan kursor kanan pada remote.
  • Klik “OK”.
  • Nyalakan receiver Nusantara HD.

Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix

Langkah-langkah yang akan dijabarkan berikut ini dapat Kalian terapkan apabila remote asli yang Kalian miliki tidak bisa difungsikan, baik karena mengalami kerusakan atau karena hilang. Penting untuk diingat bahwa cara ini tidak hanya berlaku untuk perangkat parabola Matrix, tetapi juga dapat dijadikan solusi dalam mengatur remote receiver parabola merk Tanaka.

Namun, perlu dicatat bahwa penggunaan remote universal seringkali memiliki keterbatasan dalam mendukung seluruh fitur yang tersedia pada remote bawaan. Untuk lebih memahami hal ini, mari kita lanjutkan dengan menelaah penjelasan berikut.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Receiver Restart Terus : Solusi Ampuhnya

1. Menggunakan auto scan

Salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan fitur auto scan. Sesuai dengan namanya, metode ini bekerja secara otomatis, yang tentunya akan memudahkan penggunaan tanpa perlu banyak repot. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada beberapa remote yang mungkin tidak memiliki dukungan untuk fitur auto scan ini. Sebagai langkah awal, pastikan terlebih dahulu apakah remote universal yang Kalian gunakan mendukung fitur ini. Jika memang mendukung, Kalian dapat melanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pastikan receiver sudah menyala.
  • Pastikan remote universal telah terpasang baterai.
  • Tekan tombol SET pada remote.
  • Perhatikan layar.
  • Jika terdapat perubahan volume atau channel, lepaskan tombol SET.
  • Uji coba remote untuk mengganti channel atau volume.
  • Selesai.

2. Menggunakan cara manual

Apabila metode yang telah dijelaskan sebelumnya tidak membuahkan hasil, Kalian masih memiliki opsi untuk mencoba cara manual dalam mengatur remote receiver parabola. Dalam melakukan pengaturan secara manual, Kalian perlu mengetahui kode-kode yang spesifik. Jika Kalian belum mengetahui kode-kode tersebut, jangan khawatir karena Kalian bisa melihat daftar kode yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Siapkan remote universal.
  • Tekan dan tahan tombol Power serta tombol SET.
  • Lampu indikator akan terus menyala.
  • Masukkan kode yang sesuai.
  • Setiap angka yang dimasukkan akan ditkaliani oleh kedipan lampu indikator.
  • Lampu akan mati ketika semua kode sudah dimasukkan.
  • Jika berhasil, remote dapat langsung digunakan.
  • Jika tidak berhasil, cobalah menggunakan kode lainnya.
  • Selesai.

Cara Setting Remote Receiver Universal Tanpa Tombol SET

Setelah memahami Cara Setting Remote Receiver Parabola Matrix, perlu diketahui bahwa semua metode yang telah dijelaskan sebelumnya melibatkan penggunaan tombol SET. Akan tetapi, mungkin ada beberapa situasi di mana remote yang Kalian miliki tidak dilengkapi dengan tombol SET.

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Tenang, Kalian tetap dapat melakukan pengaturan meski remote yang Kalian gunakan tidak memiliki tombol SET. Sebelum melanjutkan, penting untuk mengetahui dua jenis remote yang umumnya tersedia.

1. Remote Universal

Remote universal, sesuai dengan namanya, memiliki kemampuan untuk digunakan pada berbagai merek perangkat. Salah satu keuntungan dari remote jenis ini adalah kemampuannya untuk menggantikan remote bawaan yang mungkin mengalami kerusakan atau hilang. Selain itu, remote universal biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan remote asli.

Baca juga:  Panduan Lengkap Cara Upgrade Firmware K Vision

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua remote universal dapat langsung cocok dengan setiap perangkat dan mungkin memerlukan pengaturan lebih lanjut. Beberapa merek remote universal yang cukup populer di pasaran antara lain Chung He, Joker, dan Chung Hop.

2. Remote Non Universal

Jenis remote ini umumnya eksklusif untuk satu merek saja. Oleh karena itu, saat membeli, penting untuk memastikan bahwa remote tersebut cocok dengan merek TV yang digunakan. Jika tidak sesuai, remote ini tidak akan berfungsi karena hanya kompatibel dengan satu merek dan biasanya tidak dilengkapi dengan tombol SET. Oleh karena itu, meskipun sudah diatur berulang kali, jenis remote ini tidak dapat digunakan dengan merek lain.

Itulah beberapa cara untuk mengatur remote receiver parabola. Meskipun ada remote universal yang tersedia, lebih baik menggunakan remote asli karena memiliki beberapa keunggulan, seperti daya tahan yang lebih baik, fitur yang lengkap sesuai dengan TV, dan banyak lagi. Meskipun harganya mungkin sedikit lebih mahal, kualitasnya tetap terjamin.

Penutup

Dalam artikel ini, bengkeltv.id telah membahas cara setting remote receiver Parabola Matrix dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Semoga informasi yang telah kami berikan bermanfaat bagi Kalian yang ingin mengatur remote receiver Parabola Matrix Kalian sendiri.

Dengan mengikuti panduan yang kami berikan, Kalian akan dapat dengan mudah mengatur remote receiver Parabola Matrix Kalian sendiri dan menikmati program-program favorit Kalian tanpa hambatan. Jika Kalian mengikuti langkah-langkah dengan cermat, Kalian akan dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Kami harap artikel ini memberikan solusi yang Kalian cari dan memberikan pemahaman yang jelas tentang cara setting remote receiver Parabola Matrix. Jika Kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan Parabola Matrix atau mencari bantuan dari teknisi yang berpengalaman.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga berhasil dalam pengaturan remote receiver Parabola Matrix Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *