Cara Setting STB Matrix Apple HD

Cara Setting STB Matrix Apple HD DVB-T2 : Mudah dan Simpel

Posted on

Bengkeltv.id – Cara Setting STB Matrix Apple HD DVB-T2 : Mudah dan Simpel. Apakah Kalian baru saja membeli STB Matrix Apple HD dan ingin mengatur pengaturan perangkat tersebut? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap cara setting STB Matrix Apple HD.

Kalian akan mendapatkan panduan langkah demi langkah yang jelas dan mudah diikuti. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai dengan memastikan perangkat STB Kalian siap untuk digunakan.

Apa itu STB

STB adalah kependekan dari “Set-Top Box” dalam bahasa Inggris, yang dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai “Kotak Dekoder”. STB adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal televisi digital menjadi format yang dapat dilihat dan ditampilkan di layar televisi.

STB biasanya digunakan dalam konteks televisi berlangganan atau televisi digital, di mana sinyal televisi dikirim melalui kabel, satelit, atau internet. STB menerima sinyal tersebut dan mengubahnya menjadi format video yang kompatibel dengan televisi. Dengan menggunakan STB, pengguna dapat mengakses saluran televisi berlangganan, siaran langsung, video on demand, dan fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh penyedia layanan televisi.

STB umumnya dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk mengatur preferensi, mengelola saluran televisi, dan mengakses fitur-fitur lainnya. Beberapa STB juga dilengkapi dengan kemampuan perekam video digital (DVR) yang memungkinkan pengguna merekam acara televisi untuk ditonton nanti.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi telah menghadirkan STB yang lebih canggih dan serbaguna, seperti STB yang memiliki sistem operasi terintegrasi dan mendukung aplikasi dan layanan streaming seperti YouTube, Netflix, dan lainnya.

Cara Setting STB Matrix Apple HD DVB-T2

Untuk dapat bekerja dengan optimal dalam menerima siaran TV digital dan memanfaatkan semua fitur pada STB Matrix Apple HD DVB-T2, diperlukan pengaturan atau setting pada perangkat Set Top Box tersebut. Berikut adalah empat cara setting yang dapat membantu memaksimalkan fungsi dari STB Matrix Apple:

Baca juga:  Pengertian SCR (Silicon Controlled Rectifier) dan Cara Mengukurnya

1. Cara Setting STB Matrix Apple HD Untuk Mencari Saluran Digital

Untuk menemukan saluran TV digital, pengguna STB Matrix Apple dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pastikan antena TV terpasang dengan ketinggian dan arah yang tepat.
  • Sambungkan kabel antena ke port antena di STB Matrix Apple.
  • Hubungkan STB dengan TV menggunakan kabel RCA (untuk TV tabung) atau kabel HDMI (untuk TV LED).
  • Sambungkan kabel daya TV dan STB ke sumber listrik (stop kontak).
  • Nyalakan STB dan TV dengan menekan tombol Power pada kedua perangkat.
  • Ubah atau atur televisi ke mode AV.

Setelah itu, akan muncul tampilan awal STB Matrix pada layar TV dengan data yang perlu diisi. Silakan mengisi data-data sebagai berikut:

  • Bahasa OSD: Indonesia
  • Negara: Indonesia
  • Jenis Pencarian: Semua
  • Mode Pencarian: DVB-T2
  • Daya Antena: Off
  • Location Code: Isikan kode pos sesuai dengan lokasi tempat tinggal Kalian

Setelah mengisi data-data tersebut, pilih opsi “Cari Siaran” untuk memulai proses pemindaian saluran.

Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai, dan saluran yang terdeteksi akan tersimpan secara otomatis di perangkat.

Harap diperhatikan bahwa instruksi ini berlaku untuk pengguna STB Matrix Apple.

2. Cara Setting Dongle WiFi STB Matrix Apple HD

Selain untuk menikmati siaran TV digital, STB Matrix Apple juga memiliki fungsi lain yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming film, video, dan menonton konten online melalui aplikasi yang tersedia, seperti Youtube, Mitube, Vidio, Tiktok, dan lainnya.

Untuk dapat menggunakan semua fungsi tersebut dan mengakses aplikasi-aplikasi di atas, STB harus terhubung ke jaringan internet. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Dongle WiFi. Kalian dapat membeli Dongle WiFi di toko elektronik, baik secara offline maupun online, atau ada juga yang menjual STB Matrix Apple HD beserta Dongle WiFi dalam satu paket. Berikut ini adalah cara untuk mengatur koneksi Dongle WiFi pada STB Matrix Apple HD:

  • Colokan Dongle WiFi ke port USB pada STB Matrix Apple HD.
  • Nyalakan STB dan televisi, lalu tekan tombol Menu pada remote STB.
  • Cari dan arahkan ke opsi “WiFi” dan tekan Ok.
  • Akan muncul daftar jaringan WiFi yang terdeteksi oleh STB di sekitar tempat tinggal Kalian.
  • Pilih nama jaringan WiFi yang ingin Kalian sambungkan, masukkan kata sandi WiFi, lalu tekan Ok.
  • Selesai. Tekan tombol Exit untuk keluar, dan Kalian dapat mencoba membuka salah satu aplikasi, seperti Youtube. Untuk cara pengaturannya, silakan lihat pada subjudul berikutnya.
Baca juga:  Cara Menghubungkan TV ke Speaker Bluetooth dengan Benar

3. Cara Setting STB Untuk Nonton Youtube

Setelah STB Matrix Apple HD terhubung ke internet melalui Dongle WiFi, sekarang Kalian dapat memanfaatkan fungsi lain dari STB ini, yaitu mengakses aplikasi yang memerlukan koneksi internet. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur STB Matrix Apple agar dapat menonton Youtube:

  • Setelah memastikan STB terhubung ke internet, tekan tombol Menu pada remote STB.
  • Cari dan pilih aplikasi Youtube, kemudian tekan Ok untuk membukanya.
  • Tunggu beberapa saat untuk proses loading.
  • Setelah itu, akan muncul berKalian Youtube dengan daftar konten video yang beragam.
  • Pilih salah satu konten video yang ingin ditonton. Gunakan tombol navigasi pada remote STB untuk mengarahkannya, kemudian tekan Ok untuk memulai pemutaran video.
  • Selesai. Kualitas dan kelancaran video tergantung pada kecepatan internet Kalian.

4. Cara Setting Meecast TV Untuk Screen Mirroring STB Matrix Apple HD

Untuk menggunakan aplikasi Meecast TV dan menampilkan layar ponsel ke TV tanpa kabel, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi Meecast TV pada ponsel Kalian terlebih dahulu.
  • Sambungkan STB dan ponsel Kalian ke jaringan WiFi yang sama.
  • Buka aplikasi Meecast di ponsel Kalian.
  • Pilih “Apple DVB-T2” yang terdeteksi pada layar ponsel.
  • Tekan atau klik ikon globe (bola dunia) di aplikasi.

Selanjutnya, untuk menguji fungsinya, buka aplikasi Youtube dan klik ikon Video untuk menampilkan layar ponsel Kalian ke TV.

Varian STB Matrix Apple HD DVB-T2

STB Matrix Apple HD memiliki beberapa varian atau seri, dan setiap seri memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda. Berikut adalah beberapa seri atau varian STB Matrix Apple HD:

  • STB Matrix Apple HD Merah DVB-T2
  • STB Matrix Apple Silver DVB-T2
  • STB Matrix Apple Kuning DVB-T2
  • STB Matrix Garuda DVB-T2
  • STB Matrix Apple DVB2IP

Meskipun setiap varian memiliki nama yang berbeda dengan keunggulan masing-masing, namun cara pengaturan perangkatnya secara umum relatif sama.

Cara Memilih Set Top Box agar Fungsinya Maksimal

Pasar elektronik saat ini dipenuhi dengan berbagai jenis dan merek Set Top Box (STB). Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk berhati-hati dalam memilih STB agar fungsi maksimal dapat kamu dapatkan. Tidak semua STB memiliki kualitas yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan sebagai panduan agar kamu dapat memilih STB terbaik dengan fungsi maksimal.

Baca juga:  Cara Pasang Mesin TV 29 ke Tabung 21 dengan Baik dan Benar

1. Bersertifikat Kominfo

Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah apakah STB tersebut telah memiliki sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kominfo merupakan badan yang mengatur regulasi terkait siaran TV digital di Indonesia. Jika STB telah memiliki sertifikasi dari Kominfo, berarti STB tersebut aman untuk digunakan.

2. Bertanda khusus

Dalam memilih STB, kamu harus mencari yang memiliki tanda “DVB-T2” pada kemasannya, atau yang memiliki tulisan “Siap Digital”, atau yang bergambar “MODI”. Hal ini dapat menjadi jaminan bahwa STB yang kamu beli adalah produk yang aman.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Penting untuk memilih STB yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pertimbangkan kemampuan finansial dan anggaran yang kamu miliki. Sesuaikan juga dengan fitur-fitur yang disediakan oleh STB tersebut. Apakah hanya untuk menangkap siaran TV digital atau mungkin juga dapat digunakan sebagai Android TV Box yang memungkinkan akses ke berbagai layanan internet.

4. Cari ulasan (review)

Langkah terakhir adalah mencari ulasan tentang STB yang ingin kamu beli. Hal ini dapat membantu kamu mengetahui kualitas STB tersebut. Perhatikan faktor-faktor seperti kemudahan pemasangan, kenyamanan penggunaan remote control, aksesibilitas, dan kelengkapan fitur. Tentunya, adanya banyak ulasan positif akan membantu kamu memilih STB terbaik dengan harga yang sesuai.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat memilih STB dengan fungsi maksimal. Pastikan untuk memperhatikan sertifikasi, tanda khusus, kebutuhan pribadi, dan ulasan pengguna sebelum memutuskan untuk membeli STB.

Baca Juga :

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara setting STB Matrix Apple HD. Dengan panduan langkah demi langkah yang diberikan, Kalian sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengatur STB Matrix Apple HD Kalian sendiri.

Menggunakan perangkat ini akan membantu Kalian menikmati pengalaman menonton yang lebih baik dan mendapatkan akses ke berbagai konten yang menarik. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Cara Setting STB Matrix Apple HD, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *