Frekuensi Nex Parabola

Frekuensi Nex Parabola C-Band & Ku Band : UPDATE Terbaru !!

Posted on

Bengkeltv.idFrekuensi Nex Parabola C-Band & Ku Band : UPDATE Terbaru !!. Di era teknologi yang serba canggih ini, dunia komunikasi dan hiburan terus berkembang dengan pesat. Salah satu aspek yang penting dalam perkembangan tersebut adalah televisi parabola. Dalam menikmati siaran televisi melalui parabola, kita perlu memahami berbagai hal termasuk frekuensi yang digunakan. Kali ini, kita akan membahas tentang “Frekuensi Nex Parabola C-Band”.

Frekuensi ini menjadi kunci dalam mengakses berbagai siaran berkualitas tinggi yang disuguhkan oleh Nex Parabola. Baik Kalian seorang penggemar serial televisi, pecinta sepakbola, atau penikmat film, mengetahui Frekuensi Nex Parabola C-Band akan memberikan Kalian pengalaman menonton yang tak terlupakan.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu C-Band, mengapa frekuensi ini penting, serta bagaimana cara mengatur frekuensi Nex Parabola C-Band dengan tepat untuk memaksimalkan kepuasan dalam menikmati tayangan favorit Kalian. Mari kita mulai!

Pengertian C-Band dan KU-Band

Sebelum kita melangkah lebih jauh membahas frekuensi pada Nex Parabola, penting bagi kalian untuk memahami apa itu frekuensi C-Band dan KU-Band. Berikut penjelasannya:

1. C-Band

C-Band merupakan salah satu tipe pita frekuensi yang telah banyak digunakan sejak dulu. Keunggulan dari C-Band adalah kestabilan dan kekuatannya, terutama pada saat cuaca buruk seperti hujan lebat.

Akan tetapi, karena C-Band beroperasi pada frekuensi yang relatif lebih rendah, penggunaannya memerlukan antena parabola berukuran lebih besar, seperti Parabola Jaring.

Ini adalah alasan mengapa ketika parabola mulai populer, yang banyak tersedia adalah Parabola Jaring, karena kebanyakan mengKalianlkan frekuensi C-Band.

2. KU-Band

Dahulu kala, KU-Band dianggap kurang unggul dibandingkan dengan C-Band, terutama ketika cuaca hujan. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi, kini KU-Band mampu bersaing dengan C-Band dalam hal kualitas.

KU-Band mulai diminati karena mampu beroperasi dengan antena parabola berukuran lebih kecil dan proses pemasangannya lebih mudah.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika saat ini banyak orang lebih memilih untuk menggunakan Parabola Mini ketimbang Parabola Jaring.

Namun, terkadang konsumen merasa bingung dalam memilih antara keduanya. Jika tujuan utamanya hanya untuk menikmati siaran lokal dari TV Nasional, kedua pilihan tersebut sudah cukup. Namun, perlu diperhatikan pilihan channel tambahan yang mungkin berbeda-beda dan harus disesuaikan dengan receiver.

Baca juga:  Mengatasi Masalah Remote Receiver Parabola Tidak Berfungsi

Pilihlah sesuai kebutuhan dan hindari berlebihan. Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua. Jika suatu saat Parabola kalian tidak menangkap sinyal dan gambar tidak muncul sama sekali, tetap tenang, kemungkinan ini hanya gangguan sementara.

Kode Frekuensi Nex Parabola Terbaru

Penyiaran Nex Parabola ditransmisikan melalui satelit dengan kekuatan sinyal yang tinggi, yang mampu mencakup wilayah seluruh Indonesia. Sinyal ini dapat dengan mudah ditangkap oleh antena parabola, baik tipe jaring maupun mini, menjadikannya pilihan yang sangat sesuai untuk masyarakat di daerah perkotaan maupun pedesaan yang belum mendapatkan akses sinyal UHF. Ayo beralih ke siaran digital agar keluarga Kalian di rumah dapat menikmati tayangan dengan kualitas yang lebih baik dan gambar yang lebih jernih.

1. Nex Parabola C Band

Sebagai informasi tambahan, frekuensi C-Band memiliki ketahanan terhadap gangguan cuaca seperti kondisi mendung dan hujan lebat. Namun, perlu diingat bahwa untuk menangkap sinyal dengan frekuensi ini, diperlukan antena parabola berukuran besar, minimal dengan ukuran 6 kaki.

Transporder Utama

DATADESKRIPSI
ProviderNex Parabola
SatelitTelkom 4
SpektrumC Band
BeamSE Asia
Koordinat108 E
Transporder3900 V 29800
Frekuensi3900
PolaritasVertikal
Simbol Rate29800
VideoMPEG-4
SistemDVB-S2
EnkripsiYa
Modulasi8PSK
ReceiverRekomendasi

Transporder Tambahan

DATADESKRIPSI
ProviderNex Parabola
SatelitTelkom 4
SpektrumC Band
BeamSE Asia
Koordinat108 E
Transporder4180 V 29800
Frekuensi4180
PolaritasVertikal
Simbol Rate29800
VideoMPEG-4
SistemDVB-S2
EnkripsiYa
Modulasi8PSK
ReceiverRekomendasi

2. Nex Parabola Ku Band

Spektrum KU-Band sangat sesuai untuk kalangan modern yang menginginkan kemudahan dalam menikmati siaran TV satelit. Hanya dengan menggunakan antena parabola mini berukuran 60 hingga 100 cm, serta proses pemasangan yang praktis, tontonan TV satelit dapat dinikmati tanpa kerumitan.

Transporder Utama

DATADESKRIPSI
ProviderNex Parabola
SatelitSes 9
SpektrumKu Band
BeamSE Asia
Koordinat108 E
Transporder11861 V 45000
Frekuensi11861
PolaritasVertikal
Simbol Rate45000
VideoMPEG-4
SistemDVB-S2
EnkripsiABV
Modulasi8PSK
ReceiverRekomendasi

Transporder Tambahan

DATADESKRIPSI
ProviderNex Parabola
SatelitSes 9
SpektrumKu Band
BeamSE Asia
Koordinat108 E
Transporder11921 V 45000
Frekuensi11921
PolaritasVertikal
Simbol Rate45000
VideoMPEG-4
SistemDVB-S2
EnkripsiABV
Modulasi8PSK
ReceiverRekomendasi

Cara Input Frekuensi Nex Parabola

Nex Parabola adalah penyedia layanan televisi satelit yang baru muncul di industri ini, menawarkan beragam siaran yang lengkap. Untuk membuka enkripsi video dan menggunakan voucher, disarankan agar menggunakan receiver yang direkomendasikan. Walaupun jarang terjadi, kadang-kadang transponder satelit mengalami perubahan sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan. Hal ini bisa menyebabkan daftar saluran pada Nex Parabola hilang seluruhnya.

Baca juga:  Apa Penyebab Nex Parabola Tidak Ada Sinyal? : Solusi Mengatasinya

Namun, jangan khawatir, pemirsa bisa dengan mudah mengatasi masalah ini dengan memasukkan nomor transponder yang baru. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi frekuensi pada Nex Parabola:

  • Pastikan antena parabola terpasang dengan benar.
  • Hidupkan TV LED bersama receiver Nex Parabola dengan menekan tombol.
  • Tekan tombol setting pada remote kontrol receiver.
  • Sorot bagian instalasi dan pilih menu pengaturan antena.
  • Muncul beberapa opsi untuk mengedit dan menambahkan transponder.
  • Masukkan nomor transponder Nex Parabola terbaru.
  • Tekan menu scan untuk memulai proses pencarian channel.
  • Seluruh channel akan tersimpan secara otomatis dan selesai.

Dalam praktiknya, penyedia layanan Nex Parabola merilis beberapa variasi tipe receiver. Meskipun demikian, tampilan antarmuka dan susunan menu pada masing-masing receiver relatif serupa, sehingga mudah digunakan bahkan bagi pemula.

Data transponder tidak hanya berguna dalam mengatasi masalah hilangnya saluran, tetapi juga sering dijadikan acuan dalam pelacakan sinyal. Hal ini membuat proses mengunci sinyal satelit target menjadi lebih mudah dan cepat.

Daftar nomor frekuensi terbaru dari Nex Parabola tersedia pada spektrum C-Band dan jalur KU-Band. Kalian memiliki kebebasan untuk memilih jalur transmisi mana yang sesuai dengan tipe parabola yang Kalian gunakan.

Berikut adalah prinsip dasar dalam mencari sinyal satelit untuk layanan Nex Parabola:

  • Pasang antena parabola tipe C-Band atau Ku Band.
  • Beli decoder yang direkomendasikan oleh Nex Parabola.
  • Masukkan nomor transponder sesuai dengan tipe parabola.
  • Tracking sinyal satelit yang dipilih.
  • Lakukan scan otomatis dan tunggu hingga selesai.

Decoder NEX Parabola

NEX Parabola menggandeng MATRIX, salah satu produsen receiver terkemuka, dalam kemitraannya. Pada awalnya, hanya ada dua jenis receiver yang ditawarkan, yang dikemas dalam kotak berwarna merah dan kuning. Kedua jenis ini termasuk dalam kategori Hybrid, yang berarti dapat digunakan untuk frekuensi C-band maupun Ku-band.

Perbedaan antara keduanya terletak pada chipset yang digunakan; kotak merah menggunakan chipset dari NationalChip (Guoxin), sementara kotak kuning menggunakan chipset Montage.

Saat ini, jumlah varian receiver telah bertambah, yang dapat menyebabkan calon pengguna merasa bingung dalam memilih. Berdasarkan toko resmi “Nex Parabola Official Shop” yang tersedia di Shopee dan Tokopedia, terdapat 5 varian receiver yang saat ini dijual, yaitu:

  • NEX Parabola Garuda G2 Biru
  • NEX Parabola Garuda G1 Hijau
  • Mola NEX Parabola – Tipe Mola (Hitam)
  • Mola NEX Parabola – Tipe Dangdut (Merah)
  • Mola NEX Parabola – Tipe Dangdut (Kuning)

Dari kelima varian yang tersedia, Garuda G2 yang dikemas dalam kotak berwarna biru menjadi varian yang paling banyak diminati.

Harga dari masing-masing varian cenderung relatif sebanding. Akan tetapi, pembelian secara daring (online) biasanya menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pembelian secara luring (offline), meskipun perlu mempertimbangkan biaya pengiriman (ongkir).

Baca juga:  Kelebihan Receiver Nex Parabola yang Perlu Diketahui

Daftar Paket NEX Parabola

Seperti kebanyakan TV berlangganan satelit lainnya, harga paket dan daftar channel di NEX Parabola selalu mengalami perubahan hampir setiap bulannya. Selain itu, pengguna decoder Matrix Garuda juga memiliki opsi untuk membeli paket dengan kode yang sama. Berikut adalah informasi terkini mengenai paket dan daftar channel yang dapat ditemukan di situs resmi NEX Parabola:

1. BASIC – Paket 10

Harga: Rp. 9.900/30 hari. Channel yang tersedia meliputi Animal Planet, Discovery Channel, BBC Lifestyle Asia, BBC Earth Asia, BBC World News Asia Pacific, AXN East Asia, ONE, GEM, Rock Entertainment, Rock Extreme, MTV, HGTV, TLC, AFN, Citra Culinary & Travel, dan PET TV.

2. KIDS – Paket 12

Harga: Rp. 9.900/30 hari. Channel yang tersedia meliputi Nick Jr, Nickelodeon, Dreamworks TV, dan Animax.

3. LIGA INDONESIA – Paket 19

Harga: Rp. 39.000/30 hari. Channel yang tersedia meliputi Indosiar HD plus, O Channel HD Plus, dan NEX INFO.

4. SPORTS + LIGA INDO – Paket 23

Harga: Rp. 49.000/30 hari. Channel yang tersedia meliputi Champions TV 3, Champions TV 4, dan channel paket 19.

5. CHAMPIONS + LIGA INDO – Paket 25

Harga: Rp. 69.000/30 hari. Channel yang tersedia meliputi Champions TV 1, Champions TV 2, dan channel paket 19.

6. MOLA + LIGA INDO – Paket 27

Harga: Rp. 109.000/30 hari. Channel yang tersedia meliputi Mola TV 1, Mola TV 2, dan channel paket 19.

7. DIAMOND + LIGA INDO – Paket 29

Harga: Rp. 169.000/30 hari. Paket ini mencakup semua channel yang disebutkan di atas.

8. PREMIUM + LIGA INDO – Paket 35

Harga: Rp. 109.000/30 hari. Paket ini mencakup semua channel yang disebutkan di atas kecuali Mola TV.

Penutup

Sebagai simpulan, Frekuensi Nex Parabola telah menarik perhatian banyak pengguna televisi satelit dengan kualitas tayangan yang mengesankan. Kehadiran Nex Parabola dalam industri penyiaran telah menyajikan alternatif baru yang menggabungkan teknologi canggih dengan beragam konten yang menarik.

Penting untuk selalu memastikan bahwa perangkat parabola Kalian disetel pada frekuensi yang tepat untuk memaksimalkan kualitas tayangan. Dalam dunia yang terus berkembang, Frekuensi Nex Parabola tampil sebagai contoh bagaimana inovasi dan kualitas dapat berjalan beriringan, memberikan konsumen lebih banyak pilihan dalam mengakses hiburan dan informasi.

Teruslah mengikuti perkembangan terbaru agar tidak ketinggalan dalam menikmati manfaat dari kemajuan teknologi dalam industri penyiaran. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Frekuensi Nex Parabola, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *