Frekuensi TV Digital Surabaya

Daftar Lengkap Frekuensi TV Digital Surabaya dan Sekitarnya.

Posted on

Bengkeltv.idDaftar Lengkap Frekuensi TV Digital Surabaya dan Sekitarnya. Setelah penghentian siaran analog pada tanggal 2 November 2022, sebagian besar wilayah di Indonesia kini dapat menikmati tayangan televisi melalui siaran TV digital dengan gambar dan suara yang jernih serta stabil. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah terkait program Analog Switch Off (ASO) dalam proses migrasi ke siaran TV digital.

Dalam rangka tersebut, masyarakat diharapkan mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk perangkat yang diperlukan untuk menerima siaran TV digital. Misalnya, penggunaan Set Top Box diperlukan bagi pengguna TV analog yang belum mendukung teknologi DVB-T2. Dengan demikian, pengguna TV analog tidak perlu membeli televisi baru, tetapi cukup menambahkan Set Top Box. Selain itu, penting juga untuk mengetahui frekuensi siaran TV digital di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Terkait dengan frekuensi TV digital di Surabaya, seiring dengan migrasi ini, frekuensi saluran TV otomatis berubah. Mulai tanggal 20 Desember 2022, masyarakat Surabaya dan kota-kota di sekitarnya dapat menikmati siaran TV digital. Surabaya merupakan salah satu wilayah yang mengalami migrasi ke siaran digital setelah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Batam. Lalu, berapa frekuensi saluran TV digital di Surabaya?

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai frekuensi TV digital Surabaya. Jadi, bagi mereka yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi tentang frekuensi digital DVB-T2, simak ulasan berikut ini mengenai frekuensi TV digital DVB-T2 Surabaya. Baca juga artikel tentang FREKUENSI METRO TV DIGITAL DVB-T2.

Baca juga:  Kenapa TV Digital Tidak Ada Suara ? : Penyebab & Cara Mengatasinya

Frekuensi TV Digital Surabaya

Membahas mengenai kode frekuensi TV digital, di setiap daerah di Indonesia memiliki perbedaan satu sama lain terkait frekuensi. Contoh saja frekuensi TV digital Karawang, Jabodetabek, Cikarang, Malang, Purwokerto, Surabaya dan lainnya jelas berbeda.

Dengan begitu saat Kalian menambahkan channel pada TV digital akibat sebelumnya hilang, maka perlu frekuensi terbaru sesuai dengan daerah atau wilayah tempat tinggal Kalian. Kebetulan bagi Kalian yang berada di Surabaya dan sekitarnya, berikut adalah daftar frekuensi terbarunya:

FREKUENSICHANNEL
23 UHF, 490 MHz– TVOne
– ANTV
25 UHF, 506 MHz– Metro TV
– Jawa Pos TV
– TV9 Nusantara
– Magna Channel
– NTV
– BS TV
– Madu TV
27 UHF, 522 MHz– Trans TV
– Trans7
– CNN Indonesia
– CNBC Indonesia
– Kompas TV
29 UHF, 538 MHz– SCTV
– O Channel
– Indosiar
– Mentari TV
35 UHF, 586 MHz– LPP TVRI Jawa Timur (TVRI Nasional
– TVRI Jawa Timur
– TVRI Kanal 3
– TVRI Sport HD
41 UHF, 634 MHz– RCTI
– MNC TV
– GTV
– iNews

Fungsi Memasukan Frekuensi Channel TV Digital Surabaya

Daftar frekuensi di atas berlaku untuk berbagai saluran TV digital yang tersedia di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Frekuensi ini digunakan untuk melakukan pemindaian manual TV digital pada STB atau TV digital.

Jadi, saat melakukan pemindaian manual, Kalian perlu memasukkan kode frekuensi yang tepat dari saluran TV digital Surabaya yang ingin dipindai. Seperti terlihat di atas, ada beberapa saluran TV digital yang memiliki kode frekuensi yang sama.

Cara Mengecek Frekuensi Saluran TV Digital DVB-T2

Untuk memeriksa frekuensi saluran TV digital secara lebih detail, Kalian dapat menggunakan aplikasi “sinyalTVdigital”. Aplikasi ini akan memberikan informasi lengkap mengenai jangkauan saluran televisi sesuai dengan lokasi Kalian. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut:

Baca juga:  Panduan Kode Lokasi TV Digital Jawa Barat Lengkap : Update Terkini !!

  • Unduh dan pasang aplikasi “sinyalTVdigital” melalui Play Store atau App Store.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi “sinyalTVdigital” dan berikan izin untuk mengakses lokasi Kalian.
  • Di halaman utama aplikasi, klik ikon panah bidik yang terletak di bagian tengah bawah layar.
  • Kemudian, saluran TV yang tersedia di wilayah Kalian akan muncul.
  • Untuk melihat informasi lengkap tentang saluran, seperti frekuensi, kekuatan sinyal, jenis layanan, dan lainnya, klik opsi “Lihat detail mux”.
  • Jika Kalian ingin melihat daftar konten siaran TV digital, ketuk ikon galeri yang terletak di bagian kanan bawah layar.

Dengan menggunakan aplikasi “sinyalTVdigital”, Kalian dapat dengan mudah mengetahui informasi tentang frekuensi saluran TV digital dan menikmati tayangan televisi yang sesuai dengan wilayah Kalian.

Cara Mencari Sinyal TV Digital Menggunakan Set Top Box

Bagi yang masih menggunakan TV analog, Kalian dapat memasang Set Top Box dan mengikuti pengaturan berikut:

  • Sambungkan TV dengan Set Top Box yang sesuai.
  • Atur antena UHF pada posisi yang tepat sesuai arahan yang diperoleh melalui aplikasi “sinyalTVdigital”.
  • Nyalakan TV dan pilih sumber AV.
  • Aktifkan Set Top Box dan masukkan kode pos sesuai dengan domisili Kalian.
  • Masuk ke menu pengaturan dan pilih “Pencarian saluran secara otomatis”.
  • Tunggu hingga proses pemindaian sinyal TV digital selesai.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Kalian akan dapat menikmati siaran TV digital melalui TV analog Kalian dengan bantuan Set Top Box. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan teliti agar proses pengaturan berjalan dengan lancar.

Baca Juga :

Kesimpulan

Dengan mengetahui frekuensi TV Digital Surabaya, Kalian dapat menikmati siaran televisi yang jernih dan berkualitas. Melalui penggunaan aplikasi sinyalTVdigital serta langkah-langkah pengaturan yang tepat, Kalian dapat menyesuaikan TV analog Kalian menjadi TV digital dengan menggunakan Set Top Box.

Baca juga:  Frekuensi TV Digital Semarang Dan Sekitarnya : UPDATE Terbaru

Pastikan untuk melakukan pemindaian saluran secara manual atau melalui pencarian otomatis untuk menemukan saluran yang tersedia di wilayah Surabaya. Dengan demikian, Kalian akan dapat menikmati beragam konten televisi dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan teknologi TV digital untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik dan memuaskan. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Frekuensi TV Digital Surabaya, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *