Fungsi Tombol Remot TV Polytron

Fungsi Tombol Remot TV Polytron : Cara Mudah Mengoperasikan TV Kalian

Posted on

Bengkeltv.idFungsi Tombol Remot TV Polytron : Cara Mudah Mengoperasikan TV Kalian. Kalian baru saja membeli TV Polytron dan mengalami kesulitan dalam menggunakan remotnya? Memang, Fungsi Tombol Remot TV Polytron sedikit berbeda dengan remot TV lainnya karena Polytron adalah merek TV lokal. Sehingga desain, fungsi, dan penggunaannya tidak mengikuti stKalianr luar negeri.

Namun demikian, pada dasarnya Fungsi Tombol Remot TV Polytron tetap menggunakan teknologi IR (infra merah). Jadi, jika Kalian ingin memahami lebih lanjut mengenai petunjuk penggunaan tombol remot TV Polytron, silakan simak dengan seksama penjelasannya di bawah ini.

Kegunaan Remote TV Polytron

Remote TV Polytron memiliki banyak kegunaan yang tidak hanya sebatas untuk mengubah channel televisi. Beberapa kegunaan lain dari remote TV Polytron akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

Pertama, remote TV dapat digunakan untuk menyalakan televisi. Cukup dengan menekan tombol atas yang biasanya berwarna merah, Kalian dapat menyalakan televisi dari jarak jauh. Selain itu, remote TV juga dapat digunakan untuk mengatur volume suara televisi, baik memperbesar atau memperkecil suara.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan remote TV Polytron, Kalian juga dapat memprogram dan mengubah program televisi sesuai dengan keinginan Kalian. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman menonton televisi menjadi lebih optimal. Jika Kalian ingin mencari channel yang belum ada, remote TV Polytron juga dapat membantu Kalian dalam mencarinya.

Pengaturan warna pada televisi juga dapat dilakukan dengan menggunakan remote TV Polytron. Bahkan, remote TV ini dapat digunakan untuk membuat televisi mati atau sleep secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah Kalian atur sebelumnya. Oleh karena itu, memiliki remote TV Polytron menjadi sangat penting, terutama jika televisi Kalian adalah merek Polytron.

Baca juga:  Cara Memperbaiki TV LED Polytron Tidak Ada Gambarnya : Mudah & Simpel

Tentang Remote TV Polytron dan Cara Kerjanya

Polytron adalah perusahaan elektronik yang didirikan pada tahun 1975 di Kudus, Jawa Tengah dan dimiliki oleh Hartono bersaudara. Polytron memproduksi berbagai macam produk elektronik seperti smartphone, TV, AC, mesin cuci, kulkas, speaker, dan lain sebagainya.

Salah satu produk Polytron yang paling populer adalah televisi. Kualitasnya terbukti baik dan harganya terjangkau bagi semua kalangan, terutama kalangan bawah. Meskipun merupakan produk lokal, teknologi yang digunakan tidak kalah dengan produk luar negeri, termasuk teknologi remote TV-nya.

Remote TV Polytron dijual secara bundling dengan TV yang dibeli. Saat ini, semua remote TV Polytron masih menggunakan bentuk remote tombol. Belum ada yang menggunakan sistem touchpad seperti kebanyakan merek TV lainnya. Meski begitu, remote tombol tersebut sudah cukup efektif digunakan untuk mengontrol TV Polytron.

Remote TV bekerja dengan menggunakan teknologi infra merah, yaitu sinyal infra merah yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia namun dapat diterima oleh transmitter. Karena termasuk dalam gelombang elektromagnetik pada spektrum cahaya yang tidak dapat dilihat, dibutuhkan receiver yang dapat menerima sinyal tersebut.

Oleh karena itu, pada TV Polytron, terdapat receiver infra merah yang dapat menangkap gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh remote. Remote infra merah tersebut dapat memancarkan sinyal dengan jarak maksimal 10 meter.

Fungsi Tombol Remot TV Polytron secara Detail dan Lengkap

Berikut adalah beberapa tombol yang terdapat pada remote TV Polytron dan juga remote TV merek lainnya:

1. Tombol Power

Tombol power terdapat di bagian kiri atau kanan atas pada remote TV, dan berwarna merah. Tombol ini digunakan untuk menghidupkan atau mematikan TV.

Baca juga:  TV Polytron Hidup Sebentar Mati Lagi ? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Dalam dunia elektronik, tombol ini juga disebut sebagai tombol standby karena akan memasukkan TV ke dalam mode standby, bukan mati total seperti saat kita menekan tombol off secara manual pada TV.

2. Tombol Navigasi Up Down

Tombol navigasi up down terletak di bagian tengah pada remote TV, dan biasanya berbentuk melingkar bersamaan dengan tombol volume.

Fungsi utamanya adalah untuk mengubah channel siaran TV. Namun, tombol navigasi up down juga dapat berguna saat kita melakukan pengaturan TV, yang berfungsi untuk memindahkan opsi pilihan menu pada layar televisi.

3. Tombol Volume + dan –

Tombol volume + dan – pada remote TV digunakan untuk mengatur tingkat volume atau keras lembutnya suara yang dikeluarkan dari TV atau perangkat speaker yang terhubung.

Selain itu, tombol ini juga dapat digunakan untuk memindahkan menu pada opsi pengaturan. Dengan begitu, kita dapat mengatur berbagai jenis menu pengaturan yang ada pada TV dengan mudah.

4. Tombol EZ

Tombol EZ pada remote TV Polytron digunakan untuk mengaktifkan fitur Soundwave Technology. Fitur ini hanya tersedia pada smart TV Polytron, sedangkan untuk TV keluaran lama belum mengadopsinya.

Soundwave Technology merupakan fitur andalan dari Polytron Cinemax Wave yang memungkinkan pengguna untuk menikmati audio dari Cinemax Wave melalui perangkat penerima lain seperti headphone bluetooth atau speaker bluetooth.

5. Tombol Nomor

Tombol nomor pada remote TV terdiri dari angka 0-9. Fungsinya adalah untuk memilih channel atau saluran televisi secara cepat dan tepat.

Dibandingkan dengan menggunakan tombol navigasi up down, penggunaan tombol nomor jelas lebih mudah dan cepat dalam mencari saluran televisi karena mendukung input ganda.

6. Tombol Menu

Tombol yang digunakan untuk mengakses menu pengaturan pada TV Polytron terdiri dari beberapa jenis tombol. Menu pengaturan tersebut berisi fitur pengelolaan channel, pencarian saluran TV, pengaturan bahasa dan waktu, serta masih banyak lagi fitur pengaturan lainnya.

Baca juga:  Cara Memperbaiki Warna TV Polytron (All Type) dengan Mudah

Untuk mengelola menu pengaturan lebih lanjut, pengguna dapat menggunakan tombol navigasi up down dan tombol volume left right, serta tombol OK yang berfungsi sebagai tombol enter.

7. Tombol Warna

Tombol warna pada remote TV terdiri dari warna merah, hijau, kuning, dan biru, masing-masing berfungsi untuk menjalankan fungsi yang berkaitan dengan pengaturan yang sedang dijalankan.

Namun, jika tidak sedang melakukan pengaturan khusus, tombol warna ini tidak akan berfungsi sama sekali, sehingga pengguna tidak perlu khawatir salah menekannya.

8. Tombol Source

Tombol source pada remote TV Polytron berfungsi untuk menemukan, menampilkan, dan memilih sumber audio video yang tersedia pada televisi.

Namun, fitur ini tidak tersedia pada remote TV Polytron untuk TV jenis tabung, Slim, atau tipe selain smart TV karena perangkat TV-nya tidak mendukung fitur tersebut.

9. Tombol Mute

Tombol mute pada remote TV Polytron berguna untuk mematikan suara secara total pada TV. Dengan adanya tombol ini, pengguna tidak perlu lagi mengubah volume menjadi 0 secara manual.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Fungsi Tombol Remot TV Polytron. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu pembaca dalam memahami fungsi dari setiap tombol pada remote TV Polytron.

Dengan memahami fungsi tombol remot TV Polytron, pengguna akan lebih mudah dan nyaman dalam mengoperasikan televisi mereka. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di ulasan bermanfaat kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *