Harga Instalasi Listrik per Titik

Harga Instalasi Listrik per Titik : UPDATE Terbaru

Posted on

Bengkeltv.idHarga Instalasi Listrik per Titik : UPDATE Terbaru. Dalam era modern yang serba canggih ini, listrik telah menjadi kebutuhan pokok yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari rumah tangga, perkantoran, hingga industri memerlukan pasokan listrik yang stabil untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Tentu saja, ketika berbicara tentang pemasangan instalasi listrik, ada berbagai aspek yang harus diperhatikan, salah satunya adalah biaya. Harga Instalasi Listrik per Titik menjadi salah satu faktor yang seringkali menjadi pertimbangan utama bagi siapa saja yang ingin melakukan instalasi listrik baru atau renovasi sistem listrik yang sudah ada.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai harga instalasi listrik per titik, faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta tips dan trik dalam memilih jasa instalasi listrik yang berkualitas dan ekonomis. Mari kita awali dengan memahami pentingnya instalasi listrik yang tepat bagi berbagai keperluan kita.

Mengenal Titik Instalasi Listrik

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Harga Instalasi Listrik per Titik, penting untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan “titik instalasi” dalam konteks rangkaian listrik. Masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami konsep ini.

Titik instalasi listrik merujuk pada jumlah titik yang ada dalam suatu instalasi listrik. Secara lebih rinci, hal ini mengacu pada jumlah stop kontak dan saklar yang dipasang dalam sebuah instalasi listrik. Memahami konsep ini penting agar Kalian dapat menentukan jumlah titik instalasi yang sesuai dengan anggaran yang telah Kalian siapkan.

Setiap titik instalasi dalam rangkaian listrik ini akan memerlukan biaya untuk pemasangannya.

Biaya Pemasangan Listrik yang Baru

Pemasangan listrik di tempat yang baru dapat dilakukan dengan beberapa biaya tambahan. Berbeda dengan biaya pemasangan setiap titik yang telah disebutkan sebelumnya, pemasangan ini melibatkan beberapa biaya lainnya, antara lain:

  • Biaya Penyambungan (BP).
  • Uang Jaminan Langganan (UJL).
  • Biaya Materai.
  • Biaya Pembelian Stroom (Token).
Baca juga:  Memahami Lebih Dalam : Jenis-jenis Komponen Elektronika

Misalnya, jika ingin memasang daya sebesar 1.300 watt, berikut adalah perkiraan biaya untuk komponen-komponen di atas:

  • Biaya penyambungan sebesar Rp. 1.280.000,-.
  • Biaya pembelian token pertama kali sebesar Rp. 20.000,-.
  • Pajak penerangan jalan sebesar Rp. 583,-.
  • Token yang dikonversi ke dalam kWh sebesar Rp. 19.417,-.
  • Biaya materai sebesar Rp. 10.000,-.

Namun, biaya tersebut dapat bervariasi tergantung dari setiap daerah dan besaran daya yang dipilih.

Harga Instalasi Listrik per Titik 2023

Setelah menjelaskan tentang biaya pemasangan listrik baru secara keseluruhan di atas, selanjutnya akan dibahas mengenai biaya instalasi per titik. Biaya instalasi per titik dapat dipilih berdasarkan jenis layanan yang tersedia, yaitu borongan tanpa material dan borongan dengan material.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai borongan pada pemasangan listrik per titik:

1. Borongan Instalasi Listrik Tanpa Material

Instalasi listrik per titik tanpa material mengacu pada situasi di mana pengguna telah menyediakan sendiri bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pemasangan listrik di titik tertentu. Jenis-jenis pemasangan ini dapat ditemukan di bawah ini:

Jenis Instalasi ListrikHarga per Titik
Listrik non materialRp. 50.000,-
Stop kontakRp. 50.000,-
Stop kontak ACRp. 75.000,-
Stop kontak water heaterRp. 70.000,-
LampuRp. 60.000,-
Lampu tamanRp. 90.000,-
Kabel antena TVRp. 75.000,-
Radar pompa airRp. 80.000,-
Panel MCB listrikRp. 50.000,-
Kabel indukRp. 110.000,- (per meter)
Kabel teleponRp. 75.000,-
GroundingRp. 195.000,- (per meter)

2. Borongan Instalasi Listrik dengan Material

Terkait dengan perbedaan tersebut, jika Kalian memilih menggunakan layanan instalasi listrik dengan material per titik, maka harga yang akan dikenakan akan berbeda. Tentu saja, harganya akan lebih mahal. Hal ini bisa dimengerti karena pada jenis layanan ini, penyedia jasa bertanggung jawab untuk menyediakan semua material yang diperlukan dalam instalasi listrik per titik.

Untuk rincian biaya instalasi listrik per titik dengan material tahun 2023, silakan lihat kolom di bawah ini:

Jenis Instalasi ListrikHarga per Titik
Listrik dengan materialRp. 150.000,-
Stop kontakRp.1 50.000,-
Stop kontak ACRp. 275.000,- – Rp. 450.000,-
Stop kontak water heaterRp. 275.000,-
LampuRp. 155.000,-
Lampu tamanRp. 265.000,-
Kabel antena TVRp. 235.000,-
Radar pompa airRp. 245.000,-
Panel MCB listrikRp. 215.000,- (per unit)
Group + MCBRp. 250000,- (per unit)
Kabel teleponRp. 270.000,- – Rp. 300.000,-
Baca juga:  Cara Log In IndiHome TV : Panduan Pemula

3. Instalasi Listrik Aksesoris

Baik dalam rumah minimalis maupun mewah, biasanya ada keinginan untuk menambahkan aksesoris-aksesoris guna meningkatkan desain konsep rumah. Namun, penting untuk diketahui bahwa pemasangan aksesoris dalam konteks harga instalasi listrik per titik 2023 akan melibatkan biaya tambahan.

Untuk aksesoris yang umum digunakan, seperti lampu hias dan lain sebagainya, penyedia jasa instalasi listrik menawarkan paket harga khusus. Berikut ini adalah contoh harga borongan yang ditawarkan:

Jenis Instalasi ListrikHargaSatuan
Fiting lampuRp. 10.000,-Per set
Lampu down lightRp. 20.000,- – Rp. 25.000,-Per titik
Lampu TL TKORp. 35.000,-Per titik
Lampu TL TKIRp. 40.000,-Per titik
Fiting plafonRp. 8.000,- – Rp. 10.000,-Per titik
Lampu gantungRp. 40.000,- – Rp. 250.000,-Per titik
Stop kontak dan saklarRp. 6.000 – Rp.8.000,-Per pcs
Kipas angin gantungRp. 145.000,-Per unit
Exhaust fanRp. 30.000,-Per unit

Cara Menghitung Harga Instalasi Listrik per Titik

Apabila ingin mengetahui estimasi biaya berdasarkan harga instalasi listrik per titik 2023 yang disebutkan di atas, dapat dilakukan perhitungan terlebih dahulu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghitung harga instalasi listrik berdasarkan komponen yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, jika seseorang ingin memasang komponen utama listrik pada rumah tipe 45/80, berikut adalah beberapa contoh perhitungan harga borongan instalasi tanpa material seperti berikut:

  • Instalasi lampu = 8 titik x Rp. 60.000,- = Rp. 480.000,-
  • Instalasi stop kontak = 7 titik x Rp. 50.000,- = Rp. 350.000,-
  • Instalasi lampu taman = 3 titik x Rp. 90.000,- = Rp. 270.000,-
  • Instalasi radar pompa air = 2 titik x Rp. 80.000,- = Rp. 160.000,-
  • Instalasi MCB = 1 titik x Rp. 45.000,- = Rp. 45.000,-

Dengan melakukan perhitungan ini, dapat diketahui perkiraan biaya yang harus dikeluarkan secara lebih akurat. Namun, perlu diperhatikan bahwa biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips Instalasi Listrik di Rumah dengan Aman

Di atas telah diberikan informasi dan contoh singkat untuk mengestimasi harga borongan pada instalasi listrik per titik dengan atau tanpa material. Hal ini memberikan gambaran yang jelas ketika akan melakukan pemasangan kabel.

Baca juga:  Panduan Praktis : Cara Memasang SIM Card Samsung J2 Pro

Namun, penting untuk mencatat bahwa saat melakukan pemasangan, perlu konfirmasi terlebih dahulu kepada jasa tukang listrik yang melakukan pemasangan. Pastikan apakah kabel listrik yang digunakan sudah memenuhi stKalianr SNI. Meskipun harganya mungkin lebih mahal, namun hal ini akan lebih aman.

Tujuannya adalah agar pemasangan instalasi listrik tidak mengalami konsleting atau arus pendek, dan lebih tahan lama tentunya. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan instalasi listrik yang aman:

  • Mencari denah yang tepat untuk instalasi listrik di rumah.
  • Membagikan jalur kabel untuk setiap kebutuhan listrik yang ada.
  • Menggunakan jalur khusus untuk perangkat-perangkat yang memiliki daya besar.
  • Melakukan grounding sejak awal instalasi listrik.
  • Menggunakan bahan material yang berkualitas.
  • Melakukan pemeriksaan berkala terhadap kualitas instalasi listrik.
  • Melakukan pemasangan oleh teknisi kelistrikan yang berpengalaman.

Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan instalasi listrik dapat dilakukan dengan aman dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, memahami harga instalasi listrik per titik sangat penting bagi setiap individu yang ingin melakukan pemasangan instalasi listrik, baik untuk rumah tinggal, perkantoran, maupun proyek lainnya. Perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan tidak hanya mencakup harga peralatan, tetapi juga tenaga kerja, keamanan, dan kualitas dari bahan yang digunakan.

Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli dan melakukan penelitian yang mendalam sebelum membuat keputusan. Dengan perencanaan yang matang dan pemilihan bahan berkualitas, kita dapat memastikan bahwa instalasi listrik akan berfungsi secara optimal dan berkelanjutan, sekaligus meminimalkan risiko gangguan dan kerugian di masa depan.

Investasi yang tepat pada instalasi listrik tidak hanya menghemat biaya dalam jangka panjang, tetapi juga berkontribusi terhadap keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Harga Instalasi Listrik per Titik, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *