Peralatan Instalasi Listrik

14 Nama Peralatan Instalasi Listrik : Pembahasan Lengkap

Posted on

Bengkeltv.id14 Nama Peralatan Instalasi Listrik : Pembahasan Lengkap. Ketika memasuki era teknologi yang serba canggih ini, keberadaan listrik tidak hanya menjadi kebutuhan pokok, tetapi juga sebagai penunjang berbagai inovasi dan kemajuan. Listrik telah menjadi nadi bagi perkembangan peradaban modern.

Dalam konteks ini, penting bagi kita untuk memahami berbagai aspek yang terlibat dalam proses instalasi listrik, terutama peralatan yang digunakan. Artikel ini akan mengupas tuntas mengenai “Peralatan Instalasi Listrik” yang memegang peranan penting dalam memastikan keKalianlan dan keselamatan sistem kelistrikan di berbagai lingkungan, baik rumah, kantor, maupun industri.

Nama Peralatan Instalasi Listrik dan Gambarnya

Agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian, berikut ini adalah daftar peralatan instalasi listrik beserta gambarnya. Jangan lupa untuk memahami fungsi dari setiap alat dan disarankan hanya membeli yang benar-benar diperlukan. Tanpa perlu berlama-lama, mari kita lihat daftarnya sebagai berikut:

1. MCB

MCB atau Miniature Circuit Breaker memiliki fungsi untuk memutus arus listrik. Alat ini secara otomatis akan memutuskan aliran listrik jika terdeteksi adanya beban berlebihan.

Dengan adanya MCB ini, komponen kelistrikan akan tetap aman dari kejadian yang tidak diinginkan. Alat ini merupakan salah satu perangkat wajib yang harus ada di rumah.

2. Fitting Lampu

Peralatan instalasi listrik ini pada dasarnya berfungsi sebagai penempatan lampu. Mengingat lampu memiliki berbagai ukuran, fitting lampu juga hadir dengan diameter yang beragam.

Di dalam fitting lampu terdapat komponen yang menghantarkan arus listrik ke filamen lampu. Untuk mendapatkan penyebaran cahaya yang merata, fitting ini dipasang dengan presisi pada plafon rumah atau bangunan.

3. Pengaman Lebur

Dikenal juga dengan sebutan fuse, perangkat ini berperan sebagai pengaman. Ketika terjadi hubungan arus pendek, fuse akan segera memutuskan aliran listrik.

Baca juga:  Kelebihan Dan Kekurangan TV Polytron yang Perlu Diketahui

Terdapat dua jenis fuse, yaitu tombol dan kawat. Pada jenis tombol, penggunaannya sangat sederhana, cukup dengan menekan tombolnya dan aliran listrik akan kembali normal.

Sementara itu, pada jenis kawat, fuse akan meleleh untuk memutuskan aliran listrik dalam tabung.

4. Stop Kontak

Mengapa disebut stop kontak? Nama tersebut mengacu pada fungsi utamanya, yaitu menghentikan aliran listrik. Namun, stop kontak juga dapat digunakan untuk menghubungkan aliran listrik.

Secara umum, masyarakat sering menyebut peralatan instalasi listrik ini sebagai sakelar. Salah satu fungsi sakelar di rumah adalah untuk menghidupkan atau mematikan lampu. Selain itu, ada juga benda elektronik lain, seperti terminal kabel, yang menggunakan stop kontak sebagai sumber daya listrik.

5. Ballast Lampu

Ballast lampu adalah komponen yang sering kali disertakan dalam satu paket dengan fitting lampu. Kedua komponen ini digunakan baik dalam instalasi lampu di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Fungsi ballast lampu adalah untuk menstabilkan dan mengatur arus listrik yang masuk ke lampu. Dengan demikian, aliran listrik tetap terjaga dengan baik.

Keberadaan ballast ini dapat memperpanjang masa pakai lampu dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Ballast dapat dipasang di dalam kap lampu atau pada fitting lampu itu sendiri.

6. Kabel

Semua orang pasti tahu fungsi penting dari peralatan instalasi listrik ini, yaitu mengalirkan arus listrik dari sumber ke pengguna. Sebagai tambahan informasi, terdapat beberapa jenis kabel listrik, antara lain:

  • Kabel NYA
    Kabel ini memiliki beragam warna dan berfungsi sebagai kawat inti tunggal. Biasanya kabel ini dimasukkan ke dalam pipa pelindung karena bahan yang digunakannya mudah terkelupas.
  • Kabel NYM
    Kabel NYM berwarna putih dan umumnya digunakan untuk penanaman di dinding. Kabel ini dilindungi oleh lapisan karet yang kuat.
  • Kabel NYY
    Kabel NYY memiliki warna hitam pekat. Bahan pembuatannya membuat kabel ini tahan lama dan cocok untuk penanaman di dalam tanah.
Baca juga:  Harga Borongan Instalasi Listrik Per Titik : Terbaru

7. Obeng

Sebagai perangkat listrik yang tak tergantikan, obeng memang merupakan kebutuhan yang penting. Obeng digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut. Terdapat dua jenis mata obeng, yaitu plus (+) dan minus (-). Penggunaan obeng dipilih sesuai dengan kepala baut yang akan dikencangkan atau dilonggarkan.

Meskipun obeng terbuat dari logam, penggunaannya aman karena dilengkapi dengan material isolasi listrik pada pegangan atau genggaman.

8. Soket Listrik

Peralatan instalasi listrik ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke berbagai perangkat yang memerlukan sambungan listrik, seperti telepon, televisi, kulkas, router wifi, komputer, dan banyak lagi. Arus listrik akan terputus jika tidak terhubung dengan soket listrik.

9. Arde

Arde atau grounding adalah perangkat yang seringkali tidak disadari betapa penting peranannya. Perangkat ini umumnya dipasang dekat dengan meteran listrik dan ditanam di bawah tanah.

Peran grounding sangat krusial dalam melindungi komponen-komponen kelistrikan. Ketika terjadi lonjakan tegangan yang tinggi, grounding akan mengalihkan arus tersebut dan menyalurkannya ke dalam tanah, sehingga menjaga keamanan komponen-komponen tersebut.

10. Steker Listrik

Steker listrik merupakan perangkat yang terletak di ujung kabel. Fungsinya adalah untuk disesuaikan dengan lubang aliran listrik. Beberapa orang juga menyebut steker sebagai colokan listrik.

Fungsinya mirip dengan sakelar, yaitu mengaktifkan dan mematikan aliran listrik. Beberapa contoh kabel yang menggunakan steker ini antara lain kabel charger, televisi, lampu meja, dan masih banyak lagi.

11. Pengaman Listrik

Seperti namanya yang mengandung makna perlindungan, peralatan instalasi listrik ini memiliki fungsi utama dalam melindungi komponen kelistrikan di rumah.

Alat ini dapat mencegah terjadinya korsleting dan kebakaran. Ketika terjadi aliran listrik yang berlebihan, peralatan ini akan memutuskan aliran dengan melelehkan kawat tipis di dalamnya.

12. Meteran Listrik

Dengan menggunakan peralatan ini, setiap orang dapat mengetahui seberapa besar penggunaan listrik mereka atau konsumsi listrik di sebuah rumah. Pada dasarnya, ini adalah sebuah alat pengukur.

Pihak PLN biasanya akan memberikan alat ini langsung kepada pelanggan mereka yang menggunakan layanan ini. Namun, jika menggunakan sumber listrik alternatif, kemungkinan tidak akan mendapatkan peralatan ini.

Baca juga:  Cara Login My Telkomsel tanpa SMS OTP dengan Mudah

13. PHB

PHB atau Panel Hubung Bagi merupakan perangkat inti dalam sistem listrik yang berfungsi untuk memberikan perlindungan dan pembatasan pada setiap area atau ruangan. Alat percabangan instalasi listrik ini umumnya digunakan pada bangunan-bangunan yang besar untuk menjaga keamanannya.

14. Alat Penghemat Listrik

Penggunaan listrik yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kenaikan tagihan yang tinggi. Oleh karena itu, beberapa orang memasang perangkat penghemat listrik untuk mengurangi biaya tersebut. Perangkat ini dapat ditemukan di toko-toko peralatan listrik dan terdiri dari pengukur tegangan, steker, dan lampu indikator.

Cara kerjanya, perangkat ini akan membatasi beban daya yang dihasilkan saat menggunakan perangkat elektronik. Namun, pendekatan ini sebenarnya dapat membuat perangkat elektronik menjadi lebih rentan terhadap kerusakan, karena dipaksa untuk beroperasi di bawah daya rata-rata.

Jika Kalian tidak ingin mengambil risiko tersebut, disarankan untuk menggunakan perangkat hanya saat benar-benar dibutuhkan. Ini akan lebih aman dan tidak memerlukan pembelian perangkat tambahan.

Kesimpulan

Sebagai simpulan, pemilihan dan penggunaan Peralatan Instalasi Listrik yang tepat merupakan kunci penting dalam menjamin keberlangsungan sistem kelistrikan yang efisien dan aman. Kualitas peralatan harus senantiasa menjadi pertimbangan utama, ditambah dengan memastikan bahwa instalasi dilakukan oleh tenaga profesional yang berpengalaman.

Dengan menanamkan pemahaman akan pentingnya peralatan yang berkualitas tinggi dan proses instalasi yang memadai, kita dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang tidak hanya produktif, tapi juga minim risiko.

Selalu ingat bahwa ketelitian dan kesadaran akan stKalianr keamanan adalah investasi jangka panjang terhadap keKalianlan dan keberlanjutan infrastruktur listrik. Mari kita prioritaskan keselamatan dan efisiensi dengan memilih peralatan instalasi listrik yang tepat. Semoga informasi dari bengkeltv.id mengenai Peralatan Instalasi Listrik ini bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *