Jenis Kerusakan TV LED Toshiba

Jenis Kerusakan TV LED Toshiba : Panduan Lengkap untuk Perbaikan

Posted on

Bengkeltv.idJenis Kerusakan TV LED Toshiba : Panduan Lengkap untuk Perbaikan. Pernahkah Kalian merasa frustrasi saat menyalakan TV LED Toshiba kesayangan Kalian, namun yang Kalian temukan hanyalah layar kosong atau berkedip-kedip? Jika demikian, kemungkinan Kalian berhadapan dengan kerusakan TV LED Toshiba. Kerusakan pada perangkat elektronik memang hal yang tak bisa diprediksi, dan kerap kali menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang.

Mengenal lebih dalam tentang berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi pada TV LED Toshiba dan cara memperbaikinya bukanlah hal yang sia-sia. Melalui artikel ini, kita akan membahas tuntas mengenai problematika tersebut, dari sebab-sebab kerusakan, cara mengatasinya, hingga pencegahan yang bisa kita lakukan. Jadi, mari kita mulai eksplorasi kita tentang dunia TV LED Toshiba dan berbagai permasalahannya.

Sekilas Tentang Toshiba

Toshiba Corporation, sebuah perusahaan multinasional dengan markas besar di Minato, Tokyo, merupakan sebuah konglomerat yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan. Rangkaian produk dan jasa mereka mencakup sistem energi, industri dan infrastruktur sosial, elevator dan eskalator, komponen elektronik, semikonduktor, hard disk drive, printer, baterai, pencahayaan, serta solusi teknologi informasi termasuk kriptografi kuantum.

Toshiba, pada masanya, pernah menjadi produsen terbesar di dunia untuk berbagai produk seperti komputer pribadi, elektronik konsumen, perabot rumah, dan alat kesehatan. Tak hanya itu, Toshiba juga dikenal sebagai produsen semikonduktor dan pelopor dalam penciptaan memori kilat, menjadikannya salah satu dari sepuluh produsen chip terbesar di dunia.

Pada akhir dekade 2010-an, Toshiba memisahkan unit bisnis memori kilatnya menjadi Toshiba Memory, yang kemudian berubah menjadi Kioxia.

Nama Toshiba sendiri berasal dari penggabungan Tokyo Shibaura Denki K.K. (didirikan tahun 1939), Shibaura Seisaku-sho (didirikan tahun 1875), dan Tokyo Denki (didirikan tahun 1890). Nama resmi perusahaan ini berubah menjadi Toshiba Corporation pada tahun 1978.

Toshiba tercatat di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham Nagoya, dan Bursa Saham London, dan hingga Agustus 2018 menjadi salah satu bagian dari indeks Nikkei 225 dan TOPIX.

Baca juga:  Daftar Kode Remot TV Mito Lengkap dengan Cara Settingya

Dengan sejarah yang panjang dan berbagai bisnis, Toshiba telah menjadi merek terkemuka untuk perabot di Jepang dan dianggap sebagai lambang keunggulan teknologi Jepang.

Namun, reputasi perusahaan ini menurun setelah terjadinya skKalianl akuntansi pada tahun 2015 dan kebangkrutan anak perusahaannya, Westinghouse, pada tahun 2017. Peristiwa ini mengakibatkan Toshiba harus menghentikan operasi beberapa unit bisnis yang kurang menguntungkan dan menarik diri dari pasar ritel.

Penyebab & Cara Mengatasi Kerusakan TV LED Toshiba

Berikut ini adalah berbagai jenis kerusakan yang kerap terjadi pada TV LCD / LED Toshiba dan cara memperbaikinya:

1. TV Toshiba Power Mati Standby

Permasalahan: Pada situasi ini, TV Toshiba tidak dapat dinyalakan dan hanya berada dalam status siaga, dengan lampu indikator LED berkedip saat dicoba untuk dinyalakan. Baik menggunakan remote maupun tombol power pada TV, perangkat ini tetap tak bisa diaktifkan.

Solusi: Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh masalah pada firmware. Untuk memperbaikinya, diperlukan proses flashing pada TV Toshiba tersebut. Berikut adalah cara melakukan flashing secara manual:

  • Pertama-tama, lepaskan IC flash dari televisi.
  • Selanjutnya, pasang IC flash ke alat eeplus 2 dengan kabel jumper.
  • Setelah proses flashing selesai, kembalikan IC flash ke main board.

2. TV Toshiba Gambar Setengah

Permasalahan: Biasanya, pada kondisi kerusakan ini, gambar yang muncul hanya separuh saat TV dinyalakan. Umumnya, bagian layar kiri menampilkan gambar dengan normal, sedangkan bagian kanan hanya menampilkan garis vertikal atau layar putih.

Solusi: Untuk memperbaiki kerusakan ini, diperlukan langkah-langkah khusus karena berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya, termasuk masalah pada panel layar. Inilah langkah-langkah perbaikannya:

  • Buka casing TV dan panel layar, kemudian lepaskan semua board yang ada di belakang panel.
  • Bersihkan semua bagian belakang panel dengan alat khusus.
  • Periksa kabel penghubung antara PCP dengan layar.

Jika kerusakan gambar terjadi di bagian kanan, cek kabel penghubung di sisi kanan. Cara memperbaikinya cukup dengan memanaskan IC yang ada pada kabel penghubung tersebut. Setelah dipanaskan, gambar pada TV seharusnya akan kembali normal.

3. TV Toshiba Mati Total

Permasalahan: TV tidak dapat dinyalakan sama sekali dan lampu indikator juga mati.

Solusi: Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa semua komponen untuk mengetahui mana yang rusak. Lakukan pengecekan pada beberapa titik, seperti:

Baca juga:  Mengatasi Kerusakan TV LED Toshiba dengan Mudah

  • Sekring.
  • Tegangan 300 volt dari dioda.
  • Dioda penyearah sekunder, dengan tegangan 15 volt dan 5 volt.

Jika ditemukan masalah pada salah satu tegangan di atas, segera ganti komponen tersebut. Jika semua tegangan di atas normal, maka selanjutnya periksa IC strw605. Jika ditemukan masalah tegangan pada komponen ini, segera lakukan penggantian.n.

Biaya Service TV LED Toshiba

Apabila Kalian telah berhasil mengidentifikasi beberapa kerusakan yang membuat TV LED tidak menampilkan gambar dan tidak mengeluarkan suara, langkah berikutnya adalah mengestimasi berapa biaya yang perlu disiapkan untuk memperbaiki komponen yang rusak tersebut.

Biaya perbaikan TV LED bisa sangat beragam, tergantung pada tingkat kerusakan, jenis TV, komponen yang perlu diganti, serta biaya jasa servis.

Karena itu, biaya untuk perbaikan atau servis TV LED bisa berbeda-beda, terutama untuk berbagai wilayah yang berbeda.

Untuk servis TV LED yang tidak menampilkan gambar dan suara, biayanya biasanya berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 350.000. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya untuk penggantian komponen yang rusak.

Misalnya, harga backlight adalah Rp 175.000 dan speaker sekitar Rp 90.000. Jadi, Kalian bisa menambahkan harga komponen-komponen tersebut dengan biaya servis yang ditentukan oleh teknisi.

Harap dicatat bahwa harga yang kami berikan di atas bukan merupakan patokan pasti untuk menghitung biaya. Sebab, harga atau biaya jasa servis ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Selain itu, harga komponen tersebut kami dapatkan dari situs jual beli online yang terpercaya.

Kelebihan TV Toshiba

Sejak era digital mulai merajai, industri televisi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Banyak masyarakat yang beralih dari model televisi tabung ke perangkat TV LED, khususnya merk Toshiba yang memiliki banyak keunggulan..

1. Gambar Natural

Meski desain TV LED pada umumnya serupa, merk Toshiba menonjol dalam aspek kualitas gambar. Dengan teknologi 10-bit Video Processing, Toshiba mampu menghasilkan hingga 1 miliar warna, yang menciptakan detail gambar yang realistis.

Kelebihan ini 64 kali lebih superior dibandingkan dengan prosesor konvensional, sehingga tidak mengherankan jika kualitas gambar TV LED Toshiba begitu tajam dan jernih. Hal ini berarti pengalaman menonton siaran digital menjadi semakin menyenangkan dengan reproduksi warna yang alami.

2. Mirror Display

TV LED Toshiba yang dilengkapi dengan tuner digital DVB-T2 umumnya telah mendukung fitur Mirror Display. Fitur ini meningkatkan konektivitas dengan perangkat eksternal, khususnya smartphone.

Baca juga:  Cara Membersihkan Layar LED TV : Panduan Lengkap untuk Pemula

Menggunakan koneksi MHL, Kalian dapat membagikan tampilan layar sehingga konten yang ada di ponsel Kalian dapat ditampilkan pada layar TV LED Toshiba. Selain itu, perangkat seluler Kalian juga akan otomatis mengisi daya selama terhubung ke televisi.

3. Perekam Siaran

TV Toshiba memiliki berbagai port konektivitas seperti USB, HDMI, Antena, AV, dan Audio. Hal ini menjadikan produknya semakin fleksibel dalam memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Ditambah lagi, fitur Personal Video Recording memungkinkan pengguna untuk merekam siaran televisi dan menyimpannya ke dalam flash drive. Konten tersebut dapat diputar kapan saja, sehingga Kalian tak akan ketinggalan jadwal acara favorit.

4. Merek Ternama

Toshiba adalah merk terpercaya yang telah sangat dikenal dengan reputasinya di tingkat global. Produk-produk yang dikeluarkannya umumnya berkualitas tinggi dan tahan lama.

Jika Kalian mengedepankan nama merk dalam memilih perangkat elektronik, maka Toshiba bisa menjadi pilihan yang tepat. Sejajar dengan kompetitor lainnya, Toshiba adalah salah satu perusahaan besar yang memiliki stKalianr kualitas yang ketat.

Penutup

Sebagai penutup, kerusakan pada TV LED Toshiba dapat bervariasi, mulai dari masalah daya, gambar setengah, hingga mati total. Setiap kerusakan memerlukan penanganan yang berbeda-beda, dan tentunya akan lebih baik jika ditangani oleh tenaga profesional untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Meski begitu, penting untuk memahami jenis kerusakan yang mungkin terjadi agar kita dapat melakukan tindakan preventif.

Biaya perbaikan pun tentunya akan beragam, bergantung pada jenis kerusakan dan komponen yang perlu diganti. Meski demikian, investasi untuk perbaikan kerap menjadi pilihan yang lebih ekonomis dibandingkan membeli unit baru, khususnya jika TV Kalian masih relatif baru atau model high-end.

TV LED Toshiba, dengan segala keunggulannya, tetap merupakan perangkat elektronik yang bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, pemeliharaan yang baik dan penanganan kerusakan yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap umur dan kualitas tampilan TV Kalian. Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai Kerusakan TV LED Toshiba, semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *