TV LED Toshiba Suara Hilang

Penyebab TV LED Toshiba Suara Hilang : Simak Cara Mengatasinya

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV LED Toshiba Suara Hilang : Simak Cara Mengatasinya. TV LED Toshiba menjadi salah satu produk elektronik yang mendapatkan banyak minat di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena kualitas gambar yang tajam dan warna yang cerah, TV LED Toshiba juga dikenal dengan fitur-fitur canggihnya yang memberikan pengalaman menonton yang tak terlupakan.

Namun, tak jarang kita mendapati beberapa masalah pada perangkat ini, seperti misalnya suara yang hilang. Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa TV LED Toshiba memiliki kualitas yang buruk. Kita akan membahas bagaimana mengatasi masalah TV LED Toshiba suara hilang ini dalam artikel berikut.

Apa itu TV LED

LED merupakan singkatan dari Dioda Pengeluaran Cahaya. TV LED beroperasi dengan cara yang serupa dengan panel LCD, tetapi menggunakan lampu LED sebagai sumber cahaya. Jika Kalian memiliki TV LED, berarti panel yang digunakan adalah panel LCD yang menggunakan LED sebagai sumber cahaya.

Pada TV LCD, lampu fluoresen selalu terletak di belakang layar. Namun, pada TV LED, LED penerangan dapat ditempatkan di belakang layar atau di sekitar tepi layar. Perbedaan dalam jenis lampu dan penempatan cahaya ini memungkinkan TV LED menjadi lebih tipis daripada LCD, walaupun situasinya mulai berubah.

Hal ini juga berarti bahwa TV LED memiliki efisiensi energi yang lebih baik dan mampu menghasilkan gambar yang lebih jelas dan terang dibandingkan dengan TV LCD secara umum.

Cara Mengatasi TV LED Toshiba Suara Hilang

Seiring dengan penggunaan dan umur mesin, sebuah televisi pasti akan mengalami kerusakan, baik di bagian internal maupun eksternal. Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi adalah pada sistem audio atau suara.

Masalah umum pada sistem suara televisi meliputi suara kecil, suara serak, suara berdesis, bahkan hilangnya suara sama sekali. Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi, dan berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

Baca juga:  Penyebab & Cara Mengatasi TV Samsung Tidak Bisa Membaca USB

1. Pastikan Pengaturan Suara Sudah Benar

Silakan periksa apakah televisi kita berada dalam mode “MUTE”. Jika televisi dalam mode mute, meskipun diganti saluran, suara tidak akan keluar. Biasanya, terdapat logo atau ikon berupa gambar speaker yang disilang di pojok layar televisi jika televisi dalam mode mute. Untuk mematikannya, cukup tekan tombol mute pada remote.

2. Periksa Kondisi Speaker

Speaker adalah komponen utama dalam sebuah televisi yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi speaker apakah masih berfungsi normal atau sudah rusak ketika menghadapi masalah suara yang hilang pada TV.

Sebuah TV umumnya dilengkapi dengan dua speaker untuk menciptakan suara stereo yang nyaman didengar. Kerusakan yang sering terjadi pada speaker adalah putusnya gulungan tembaga di dalamnya atau putusnya kabel, yang menyebabkan suara tidak keluar atau hilang.

3. Cek Tegangan Jalur Audio

Secara umum, tegangan IC Audio pada televisi berkisar antara 12 hingga 15 volt arus searah (DC). Jika tegangan tersebut kurang dari nilai tersebut, kemungkinan besar kerusakan atau masalah yang menyebabkan hilangnya suara pada TV terjadi pada IC Audio. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa tegangan pada jalur audio, karena komponen ini merupakan pengendali penting untuk suara TV.

4. Menyolder Ulang Kaki IC Audio

Jika kita mengalami masalah di mana suara pada TV yang sudah tua atau digunakan dalam jangka waktu yang lama hilang, biasanya disebabkan oleh retakan atau kekendoran solder yang mengakibatkan IC tidak terhubung dengan baik.

Umumnya, jika solderan mengalami retakan dan tidak terhubung dengan baik, suara akan muncul kembali saat TV digoyangkan atau dipukul. Terkadang, suara hanya muncul sebentar kemudian hilang kembali.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat melakukan proses solder ulang pada semua kaki IC Audio. Selanjutnya, setelah penyolderan selesai, periksa juga kondisi IC Control pada TV, karena mungkin ada solderan yang longgar pada kaki IC Control.

Penyebab TV LED Toshiba Suara Hilang

Setelah membahas cara mengatasi masalah hilangnya suara pada televisi, tentunya kita menjadi penasaran dengan penyebab sebenarnya yang dapat menyebabkan masalah tersebut terjadi. Mungkin tidak semua kasus serupa, tetapi biasanya masalah ini disebabkan oleh adanya masalah pada sistem audio.

Penyebab umumnya adalah kerusakan pada speaker, IC Audio, atau ada jalur yang terputus. Kerusakan tersebut bisa disebabkan oleh koneksi yang longgar atau tidak cukup kencang, atau mungkin komponen yang sudah lemah dan perlu diganti dengan yang baru.

Baca juga:  Cara Menyalakan TV Coocaa Tanpa Remot : Mudah Dilakukan

Selain beberapa kasus di atas, ada juga kasus lain yang bisa menyebabkan hilangnya suara pada televisi. Berikut adalah contoh kasus tersebut:

Sebelum kita melangkah ke langkah-langkah penyelesaiannya, perlu diketahui bahwa masalah yang dihadapi adalah tidak adanya suara namun gambar tetap baik. Untuk itu, kita perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, dan berikut adalah beberapa poin yang ditemukan:

  • Televisi menggunakan modul IF yang berisi penguat IF gambar dan MSP (prosesor sinyal suara).
  • MSP berfungsi untuk memproses penerimaan suara stereo dan mengontrol suara.
  • Penguat audio berfungsi dengan normal.
  • Setelah diperiksa menggunakan osiloskop, bagian IF modul tidak mengeluarkan suara (pin-16/18) audio out.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah hilangnya suara pada TV Toshiba dengan penyebab di atas:

1. Cek Komunikasi Data SDA/SCL

Langkah pertama adalah memeriksa komunikasi data SDA/SCL antara mikrokontroler dan IC MSP yang terdapat dalam modul. Untuk melakukan hal ini, kita dapat menggunakan fasilitas SELF CHECK yang disediakan oleh modul tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke “service mode” terlebih dahulu.
  • Tekan tombol “sembilan” (9).
  • Tampilan akan menunjukkan apakah ada masalah pada sistem BUS LINE (SDA/SCL).
  • Jika BUS LINE tidak menunjukkan masalah, berarti IC MSP masih berfungsi normal.

Karena IC MSP masih normal, langkah selanjutnya adalah memeriksa “data EEPROM”.

2. Cek Data Eprom

Langkah kedua adalah memeriksa data EEPROM melalui MODE DESAIN. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke “service mode” terlebih dahulu.
  • Tahan tombol “DISPLAY” (CALL) pada remote, dan tekan tombol “MENU” pada TV.
  • Gunakan tombol “PROGRAM UP/DOWN” untuk mencari dan memilih item MTS.
  • Jika data MTS berubah menjadi “0”, ini menunjukkan adanya masalah. Ubah data tersebut menjadi “1” dengan menggunakan tombol “VOL-UP”.
  • Selanjutnya, keluar dari MODE DESAIN dengan mematikan daya TV.
  • Terakhir, nyalakan kembali TV, dan suara akan kembali normal.

Apa saja fitur unggulan TV LED Toshiba?

Berikut adalah beberapa fitur unggulan dari TV LED Toshiba:

1. Perekam Siaran TV

Fitur yang dikenal dengan nama Personal Video Recording ini memungkinkan Kalian merekam siaran televisi dan menyimpannya ke dalam flash drive. Kemudian, Kalian dapat menonton program tersebut kembali kapan pun Kalian inginkan. Sebagai contoh, fitur ini dapat digunakan untuk merekam siaran pertandingan olahraga favorit dan menontonnya kembali di lain waktu.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Bercak Hitam pada TV LED : Tips Efektif.

2. Mobile High-Definition Link (MHL)

Fitur ini sangat berguna jika Kalian ingin menonton konten dari ponsel dengan layar yang lebih besar. Dengan sistem ini, Kalian dapat menampilkan konten berupa film atau video dari ponsel Kalian ke layar Toshiba LED TV.

Yang lebih menarik, saat ponsel Kalian terhubung dengan TV, ponsel Kalian dapat diisi dayanya secara otomatis. Jadi, Kalian tidak perlu khawatir baterai ponsel Kalian akan terkuras banyak saat digunakan.

3. Cevo Engine Premium

Bagi Kalian yang ingin merasakan pengalaman menonton yang memanjakan mata, Toshiba LED TV dilengkapi dengan fitur Cevo Engine Premium. Teknologi ini memungkinkan perangkat menghasilkan gambar dengan warna yang penuh dan jelas.

Sistem TV akan menganalisis dan mengatur kualitas gambar konten serta menghasilkan gambar dengan detail yang lebih tajam. Dengan begitu, Kalian akan mendapatkan tampilan grafis yang realistis dan mengagumkan.

Baca Juga :

Penutup

Sebagai penutup, kita dapat menyimpulkan bahwa kendala suara yang hilang pada TV LED Toshiba mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari permasalahan teknis hingga kerusakan komponen internal. Meskipun beberapa cara dapat dicoba di rumah, seperti mereset pengaturan suara atau mencoba menghubungkan ke perangkat eksternal, permasalahan yang lebih kompleks mungkin memerlukan perbaikan profesional.

Toshiba memiliki reputasi kuat dalam menyediakan produk berkualitas tinggi dan mendukung konsumennya dengan layanan purna jual yang baik. Jika Kalian mengalami permasalahan suara yang hilang pada TV LED Toshiba Kalian, sangat disarankan untuk menghubungi pusat layanan Toshiba. Teknisi yang berpengalaman akan membantu menemukan dan memperbaiki masalah tersebut.

Ingatlah selalu untuk merawat dan menjaga perangkat elektronik Kalian, dan memastikan bahwa mereka digunakan sesuai petunjuk untuk mencegah kerusakan berkelanjutan. Jika diperlukan, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional. Meski TV LED Toshiba Kalian mengalami permasalahan suara yang hilang, jangan lupa bahwa ada banyak solusi yang tersedia dan Kalian tidak perlu merasa frustrasi. Demikian ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV LED Toshiba Suara Hilang. Semoga bermanfaat untuk Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *