TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Penyebab TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Posted on

Bengkeltv.idPenyebab TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala. Jika Kalian memiliki TV Sharp dan tiba-tiba mengalami masalah ketika TV mati total dan lampu indikator tidak menyala, tentunya hal ini akan membuat Kalian khawatir. Namun, jangan khawatir terlalu banyak, karena masalah ini bisa diatasi dengan beberapa langkah yang sederhana.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa solusi yang dapat Kalian lakukan sendiri untuk TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala. Kami akan memberikan langkah-langkah yang mudah diikuti serta beberapa pertanyaan umum yang mungkin Kalian miliki mengenai masalah ini.

Penyebab Umum TV Sharp Rusak

Beberapa penyebab umum kerusakan pada TV Sharp antara lain:

Masalah pada power supply

Sistem catu daya atau power supply merupakan komponen yang penting dalam TV. Jika power supply tidak berfungsi dengan baik, TV akan mati atau tidak mau menyala sama sekali.

Kerusakan pada layar

Layar TV Sharp dapat rusak akibat tekanan fisik, goresan atau benturan keras. Kerusakan pada layar dapat membuat gambar yang tampil di TV menjadi tidak jelas atau bahkan tidak tampil sama sekali.

Baca juga:  Cara Setting TV Sharp Tabung Paling Mudah dan Tepat

Kerusakan pada bagian suara

Jika suara yang dihasilkan TV Sharp terdengar pecah atau tidak jelas, bisa jadi ada kerusakan pada bagian suara seperti speaker atau amplifier.

Komponen elektronik rusak

Pada TV Sharp, terdapat banyak komponen elektronik seperti IC, transistor, resistor, dan kapasitor. Jika salah satu komponen tersebut rusak atau mengalami kerusakan, maka kinerja TV Sharp dapat terganggu atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Kerusakan pada remote control

Jika remote control tidak berfungsi dengan baik, bisa jadi ada masalah pada sensor infra merah pada TV Sharp atau baterai remote control yang sudah habis.

Penting untuk diingat bahwa beberapa kerusakan TV Sharp memerlukan perbaikan dari teknisi ahli dan bukan untuk diperbaiki secara mandiri oleh pengguna yang tidak berpengalaman.

Penyebab TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Sebelum melakukan perbaikan, penting untuk mencari tahu penyebab TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala terlebih dahulu. Biasanya ada dua masalah umum yang menyebabkan televisi mati total. Berikut adalah gejalanya:

1. Block Output Power Supply

TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Penyebab masalah pertama adalah blok pada output power supply. Ini sering kali menyebabkan TV tidak dapat dihidupkan, meskipun lampu indikator masih menyala

2. Primer Power Supply

TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Penyebab lainnya adalah kerusakan pada primer power supply. Jika tidak segera diperbaiki, masalah ini dapat menyebabkan TV LED mati total. Biasanya, masalah ini juga dapat menyebabkan MCP trip atau bahkan pemutusan aliran listrik.

Cara Mengatasi TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Jika terjadi masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Kalian lakukan untuk memperbaikinya, asalkan kerusakan masih dalam level sederhana. Namun, jika kerusakan sudah parah, sebaiknya segera kunjungi bengkel elektronika terdekat.

Baca juga:  Cara Mencari Channel TV Sharp Secara Otomatis & Cepat

Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin terjadi pada TV Sharp dan cara mengatasinya ketika lampu indikator mati normal.

1. Cek AC 220V Cable

Kadang-kadang masalah ini dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, masalah pada kabel AC 220V bisa menjadi penyebab utama TV mati total. Kabel AC ini adalah jalur utama untuk masuknya sumber listrik ke dalam TV. Masalah pada kabel ini bisa disebabkan oleh gigitan tikus, steker yang terbakar, kabel yang berkualitas rendah, dan sebagainya.

Untuk memeriksanya, Kalian bisa menggunakan Volt Meter AC dengan maksimum 1000 Volt. Lakukan pemeriksaan sebelum komponen Dioda. Cara lain untuk memeriksanya adalah dengan mencabut steker dan memastikan jack AC terhubung dengan baik ke perangkat. Selama melakukan pengecekan, pastikan untuk tidak menghubungkan ke sumber tegangan listrik.

2. Periksa Bagian Saklar

TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Salah satu cara untuk mengatasi TV LED Sharp 24 inch yang mati total adalah dengan memeriksa saklar. Pastikan bahwa saklar tersebut berfungsi dengan baik. Anda dapat melakukan pemeriksaan menggunakan steker.

Kerusakan pada saklar ini dapat terlihat saat TV harus dinyalakan berkali-kali sebelum akhirnya dapat menyala. Dengan memperbaiki bagian saklar, televisi akan dapat kembali menyala seperti sedia kala

3. Fuse Regulator

Masalah lain yang dapat menyebabkan televisi mati adalah kerusakan pada regulator fuse. Jika fuse putus, ada dua kemungkinan penyebabnya. Pertama, fuse tidak dapat menahan arus listrik. Kedua, terjadi short circuit di dalam rangkaian televisi.

Untuk memperbaiki masalah ini, Kalian dapat mengganti komponen fuse dengan lampu DOP 100 W sebagai tindakan awal. Selanjutnya, pastikan apakah hanya fuse saja yang putus atau ada masalah lainnya. Jika lampu menyala, maka masalahnya mungkin ada pada bagian output atau di rangkaian Power Supply.

Baca juga:  Cara Mengetahui Kode TV Sharp dengan Benar

4. Dioda Primer

TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Jika setelah melakukan pengecekan pada langkah sebelumnya tidak menemukan kerusakan, kemungkinan masalah ada pada dioda primer. Jika sudah seperti ini, biasanya saat melakukan perbaikan, MCB listrik menjadi anjlok.

Akibatnya, saat diperbaiki, listrik rumah dapat mati secara terus-menerus. Langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa dioda primer.

Penutup

Demikianlah ulasan dari bengkeltv.id mengenai TV Sharp Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Kalian dalam memperbaiki masalah pada TV Sharp Kalian.

Penting untuk selalu berhati-hati dalam melakukan perbaikan dan jika memungkinkan, serahkan kepada teknisi yang ahli. Dengan perbaikan yang tepat, TV Sharp Kalian dapat kembali berfungsi dengan normal dan Kalian dapat menikmati hiburan di rumah dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *